Stamina Rocker

Wahyu Triantono

images-10

Berbicara tentang band rock pasti tidak bisa terlepas dari lagu, syair, kekompakan band, para personil band sekaligus performance dan stamina dari pemain band rock itu sendiri. dari beberapa item yang saya sebutkan diatas saya paling kagum dengan performance dan stamina mereka pada waktu di atas panggung, mulai dari The Beatles, The Who, Rolling Stone, LedZep, Deep Purple, Black Sabbath, Yes, Genesis dan lain lain, dengan durasi kurang lebih 2 jam (kecuali the beatles kalo manggung hanya sekitar 25 menit) mereka berlari dari ujung panggung ke ujung panggung lainnya (khususnya the rolling stone) tanpa kelihatan rasa lelah sedangkan untuk band progressive selama 2 jam mereka memainkan lagu yang cukup njelimet tanpa salah..kehadiran seorang vokalis untuk band hard rock adalah unsur yang paling penting ketika berada dipanggung, coba lihat saja Ian Gillan dengan lagu lagu kerasnya dia bisa konsisten hingga show selesai..

Hal inilah yang membuat saya takjub..dan lebih takjub lagi ketika mereka sudah tidak muda lagi kegarangan dan kekuatan stamina hampir sama pada waktu manggung seperti era masih muda dulu, meskipun rambut sudah memutih, botak, kulit sudah tidak kencang lagi mereka masih mampu menyanyikan lagu lagu yang sangat kencang. Mick Jagger dengan usianya sudah 70 tahun masih mampu lompat sana sini..(gendeng tenan)..Hal inilah menunjukkan betapa profesionalnya mereka karena mereka sadar bahwa dari manggung itulah mereka bisa makan, bisa punya mobil, rumah dan istri yang banyak hehe..

Kalo kita bandingkan dengan band rock Indonesia apakah bisa dikatakan sama dengan mereka?? GodBless adalah band rock Indonesia yang masih eksis hingga saat ini tapi mengenai stamina mereka banyak kedodoran padahal usia tidak jauh dari Group group diatas..ada apa dengan hal ini ? Terlepas dari itu semua saya tetap bangga dengan Band Rock Indonesia..salam Rock..SHOW MUST GO ON…

6 Responses to “Stamina Rocker”

  1. andria h8 Says:

    saya pernah baca kl tak salah Graham Bonnet pernah bilang kl pita suara penyanyi itu harus selalu dilatih. diibaratkan seperti pesenam yg harus selalu latihan utk tetap menjaga kelenturan badannya. mungkin Achmad Albar nggak pernah rutin latihan teriak-teriak lagi setelah umur 40 tahun.

  2. Budi Putra Says:

    saya salut dg stamina rocker luar…liat aja Jagger, Ian Gillan, Robert Plan, di sektor rock atau yg trash cavalera, hetfield, mustaine….msh garang di panggung. mungkin utk Indonesia yg msh power full, iwan fals….

  3. kukuh tawanggono Says:

    Mas Wahyu sedulurku lanang

    Kalo kita berbicara antara musisi luar neger dengan musisi dalam negeri memang beda jauh njih.Kalo musisi luar itu kan mereka bisa begitu total karena profesi itu bisa menghidupi mereka.Disana semuanya serba jelas,baik tentang hak-hak yg mereka peroleh maupun kewajiban yg harus mereka kerjakan.Lha kalo disini,profesi musisi itu seperti hidup ditempat yg bersifat abstrak.Ndak jelas hak apa saja yg mereka peroleh akibatnya mereka juga menekuni profesi lain untuk menyambung hidup.Contohnya tentang UU hak cipta,yg katanya untuk melindungi hak-hak para seniman.Saya temui di lapangan begitu banyak lagu ciptaan musisi tertentu dibawakan tanpa jelas hitung-hitungannya,pembajakkan karya-karya musisi negeri ini yg teramat parah,dll.Ini belum juga bagaimana intervensi para kartel rekaman dalam setiap olah kerja musisi tersebut,plagiat-plagiat busuk malah diberi kesempatan untuk berkarya sedang mereka yg menonjolkan kualitasa seni malah dipinggirkan,dll.
    Jadi pada intinya kita ndak bisa mas kalo membandingkan musisi-musisi kita dengan yg dari luar negeri(bukannya saya membela sedulur-sedulur di GodBless njih………he he he).Karena inilah kenyataan asli dilapangan yg begitu memprihatinkan,dan layak kita jadikan sebagai bahan perenungan bersama.

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Wahyu sepuntene ingkang kathah njih(mohon maaf),apabila ada tutur saya dalam mengeluarkan komentar tidak berkenan.

  4. Wahyu Says:

    Terima kasih banyak Pak Gatot berkenan memposting tulisan ini..kalo pendapat saya pribadi sebenarnya bermusik di Indonesia saat ini sudah bisa untuk menjamin hidup para musisi..lihat saja musisi Indonesia sudah banyak yang menjadi milyuner..namun sayangnya banyak musisi Indonesia cepat merasa puas dengan hasil yang didapat akhirnya menjadi asal asalan dengan kata lain tidak menjaga performance..sing penting masih dikenal..

    • Gatot Widayanto Says:

      Sama2 mas Wahyu …

      Antara foto dan cerita gak nyambung ya. Tapi ada maksud tertentu mengapa saya pasang foto tsb. Siapakah gerangan ini? Tentu pada tahu semuanya ….he he he …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: