CD Kompilasi Europe

Hippienov

europe-carricature

Berawal dari iseng-iseng nge-burn mp3 Europe album “wings of tomorrow” dan ternyata album ini menurutku lebih keren dibanding album “the final countdown”. Kenapa aku bilang keren? Karena di album ini musik Europe masih terlihat garang dengan heavy metalnya, malah sering aku dengar permainan double bass drum di banyak lagu, suatu hal yang sepertinya tidak aku dengar di album selanjutnya. Memang secara komersil album “wings” pastinya kalah dibandingkan album “countdown” tapi secara musikal aku lebih suka album “wings”.

Selanjutnya aku terpikir untuk membuat kompilasi lagu-lagu Europe yang aku suka dan aku coba untuk sedikit berbeda dalam pemilihan lagunya agar gak “mainstream” dengan kompilasi “the best of” atau “greatest hits” Europe era lisensi yang ada di pasaran. Ide awalnya memang keren dan revolusioner namun dalam prakteknya ternyata dari dari total 19 lagu yang masuk kompilasi tidak resmi ini, 12 diantaranya merupakan nomor-nomor yang lazim muncul di kompilasi resmi Europe dan hanya 7 diantaranya yang selama ini jarang atau nyaris tidak pernah muncul. Ide awalku yang maunya breakthrough nyatanya harus kompromi juga dengan faktor selera dan aku akui seleraku ternyata masih tergolong mainstream karena lebih dari 50% lagu-lagu yang terpilih masuk kompilasi abal-abal ini dengan mudah kita jumpai di cd atau kaset authorized compilation of Europe.
Berikut playlist nya, fellas:

1. Halfway to heaven;
2. Prisoners in paradise;
3. On broken wings;
4. Tomorrow;
5. Superstitious;
6. Scream of anger;
7. I’ll cry for you;
8. Open your heart;
9. Aphasia;
10. Ready or not;
11. Wings of tomorrow;
12. Carrie;
13. Dance the night away;
14. Wasted time;
15. Seven doors hotel;
16. Dreamer;
17. Stormwind;
18. Lyin’ eyes;
19. The final countdown.

Judul kompilasi ini cukup panjang “Prisoners in Paradise… Halfway to Heaven: A Journey of EUROPE” dan jujur saat pemilihan judul ada faktor sentimental pribadi yang berperan karena sepertinya kalau sedang dalam kondisi biasa-biasa saja and nothing’s going on aku gak akan kepikiran dengan judul yang panjang kayak gitu.
Banyak nomor dari album “wings of tomorrow” yang terpilih masuk kompilasi dan lainnya aku ambil mulai dari album “europe-the final countdown-out of this world dan prisoners in paradise” termasuk judul kompilasi yang diambil dari 2 lagu di album “prisoners”.

Kalau diperhatikan secara teliti maka album ini punya rumusan dalam track ordernya yang sengaja aku buat demikian yaitu 3:1 (tiga lagu bernuansa rock dan setelah itu 1 lagu balada, kemudian kembali lagi dengan 3 lagu berikutnya yang bertempo cepat disusul 1 lagu balada). Rumusan ini berulang selama running time namun setelah tiga nomor terakhir aku gak bisa memasukkan 1 lagu balada terakhir karena kapasitas cd sudah full nyaris 80 menit kurang beberapa belas detik saja.

Semoga tulisan ini bisa meramaikan topik di blog yang kian hari kian marak dan sangat beragam topiknya yang semuanya top markotop.
Matursuwun Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan serta selalu terima kasih untuk semua yang telah sudi mampir membaca postingan gemblung ini.

We’re just prisoners in paradise…
hippienov

europe-carricature.jpg

 

12 Responses to “CD Kompilasi Europe”

  1. andria h8 Says:

    kemarin saya beli cd Europe yg Last Look at Eden di Lokananta pak Hippie, itu album pasca reuni
    kompilasinya bagus lho, saya juga tak terlalu suka lagu2 di tFC. saya saat beli the best Europe buatan Aquarius dulu malah juga seneng nomor2 awal Europe, termasuk di antaranya yg Broken Wings, Open Your Heart & Seven Doors Hotel itu.
    Let the Good Time Rock tak masuk ya?🙂

  2. hippienov Says:

    Mas Andria, aku malah setelah album prisoners gak ngikutin Europe lagi, terakhir beli kaset Europe album kompilasi 1982-1992 mas. Gimana musik mereka sekarang mas? Apa seperti era final countdown atau era awal-awal Europe?
    Tadinya let the good time rock masuk mas, tapi karena total running timenya sampai 80 menit lebih akhirnya terpaksa tergusur mas. Kalo gak salah kalah sama lyin’ eyes dan dance the night away. Duh kayaknya salah ya keputusanku mas?

    • Budi Putra Says:

      O ya sy pernah dengerin lagu Europe dr album kalo tdk salah Back Bones…loh kok di lagu pertama ky Zeppelin dan bbrp lagu lainnya ada ngeblues nya jg…di coba deh.

  3. andria h8 Says:

    setelah reuni agak condong ke blues. sdh coba yg album almost unplugged kah? tahun 2008 keluarnya. ada cover Pink Floyd -Wish you Were Here ,Love to Love (UFO), Since I’ve Been Lovin’ You (Led Zeppelin) dan Suicide (Thin Lizzy). yg berubah drastis malah the Final Countdown-nya.

  4. hippienov Says:

    Wah kayaknya menarik nih mas kalo mereka condong ke blues sekarang. aku blas gak pernah follow rilisan Europe lagi setelah mereka vakum mas. Aku malah gak tahu apa John Norum ikut gabung lagi di era reuni atau gak. O ya salah anggota Europe sekarang ada yang plontos, itu member baru atau drummer lama mereka mas? (Ian Haughland ya kalo gak salah)

  5. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang

    Yg saya kagumi dari band ini adalah sosok Mic Michaeli dengan segala keunikannya.Permainan keyboardnya begitu garang serta ganas sekali,style permainan seperti ini biasanya hanya saya temui pada gitaris-gitaris penghuni langit-langit hitam underground.

  6. andria h8 Says:

    Europe termasuk jarang ganti orang, sepertinya John Norum balik sejak reuni itu. Kee Marcelo muncul terakhir di album Prisoner & yg gundul itu drumernya.

  7. Budi Putra Says:

    Ini memang pilihan yg sangat tepat utk lagu2 Europe versinya mas Hippie…keren2 semua lagu2nya. Europe mmg memiliki kualitas tersendiri di banding band sengkatannya…vokal dan permainan gitar bener2 menghanyutkan kita pd lagu2 baladanya. Secara keseluruhan sy semua pilihan lagu2 di cd kompilasi ini. Keren mas Hipiie!

  8. hippienov Says:

    Mas Kukuh, piye kabare mas? Permainan kibor di semua lagu Europe yang paling memorable buatku di lagu the final countdown, dari mulai aku kenal lagu ini jaman SMP sampai sekarang selalu terngiang-ngiang di kepalaku. Tapi yang aku baca salah satu alasan John Norum waktu itu hengkang dari Europe karena dia kurang setuju dengan arah musik Europe yang mulai berubah dari guitar oriented jadi cenderung keyboard oriented sejak album the final countdown. But anyway, era Europe mulai album Europe sampai Prisoners buatku semuanya menarik dan memorable terlepas dari musik mereka yang guitar dominated atau keyboard oriented.

    • kukuh tawanggono Says:

      Alhamdulillah sae mas,kalo menurut saya kok inilah letak keunikkan band ini.Departemen keyboad mereka begitu kuat,memberi warna pada semua hampir semua bagian lagu.
      Ini jarang terjadi lho,sayangnya mereka kok ndak bisa membaca ini.

  9. hippienov Says:

    Album-album solo John Norum juga “nonjok” loh mas. Aku punya mp3 beberapa album solonya dan musiknya mengingatkanku pada era-era awal mereka. Berarti keren kalo Norum gabung lagi ke Europe sekarang, kapan-kapan nyari album-album anyar Europe ah… tapi seken nya aja, mahal kalo beli yang masih segelan, hehehe.

  10. hippienov Says:

    Matursuwun Mas Budi apresiasinya, menurutku masih banyak lagu-lagu mereka yang keren yang gak kebagian tempat di kompilasi ini mas. Contohnya in the future to come, yesterday’s news, sweet love child yang rada bluesy itu, let the good time rock, etc.
    Agak sulit juga memilah mana yang paling pas untuk masuk kompilasi, yang pasti aku mengambil perwakilan dari tiap album mulai dari europe sampai prisoners. Yang bikin sebel juga mas ada file mp3 Europe punyaku yang kualitasnya gak bagus padahal lagunya keren. Jadinya terpaksa gak bisa aku masukin ke kompilasi karena kalo dipaksakan malah bikin jelek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: