Musik Yes di Ambang Senja (9 of 10)

Herwinto

image

Saya Benci Kompilasi Ini !!!

Inilah contoh kompilasi yang tidak saya sukai, kenapa?? karena kompilasi ini sungguh tidak adil, dan mempunyai kesalahan kesalahan yang fatal. Mari kita tengok daftar pilihan lagunya, untuk album Yes dipilih Survival dan album Time And A Word dipilih Then, okelah ini bisa saya terima bahkan cukup, selanjutnya album The Yes Album dipilih Your’s Is No Disgrace, I’ve Seen All Good People dan Starship Trooper ini sangat tepat, album Fragile dipilih Roundabout, Heart Of The Sunrise dan Long Distance Runaround bagi saya ini good!!

Setelah masuk album Close To The Edge yang dipilih adalah Siberian Khatru dan And You And I, disini saya mulai tidak sreg, kenapa? karena bagi saya album ini sangat excellent artinya ketiga lagu harus masuk, kalaupun harus perwakilan maka Close To The Edge harus dipilih dengan asumsi waktu untuk Siberian dan And You And I sama dengan waktu Close To The Edge, meninggalkan Close To The Edge dalam kompilasi Yes adalah sebuah kesalahan yang sangat fatal.

Album Topographic dipilih Ritual, okelah mungkin ini cukup meskipun saya lebih sreg The Revealing, tapi tidak mengapa toh bobotnya sama. Ketika sampai album Relayer sungguh menyedihkan karena kompilasi ini hanya mencomot single edit dari Soon, waduuuh….meninggalkan epik Gates of Dellirium dari Yes adalah tindakan yang tak termaafkan lagi bagi saya….

Menginjak album Going For The One kompilasi ini selamat dari ketergelinciran sebab memilih Going For The One, Wonderous Stories dan Awaken, coba kalau Awaken ditinggal…album selanjutnya Tormato kompilasi ini memilih Dont Kill The Whale sebuah pilihan yang benar!! Pada album Drama dipilih Tempus Fugit, okelah tapi sebenarnya Machine Messiah harus disertakan karena ini essensial, untuk menggantikan nomor nomor yang justru tidak penting yang akan saya sebutkan nanti.

Album 90125 dipilih Owner of A Lonely Heart yang bagi saya ini penting dilihat dari sisi berjasanya lagu ini bagi Yes tapi mestinya cukup ini saja tidak perlu memasukkan Leave It dan It Can Happen, untuk album Big Generator mestinya tidak usah dipilih, kalau alasannya tiap album harus ada perwakilannya kenapa pada album Keys To Ascension tak ada satupun lagu yang masuk? padahal semua keren!!. Untuk Union dipilih Lift Me Up ini menurut saya pertimbangan hit, mestinya justru Angkor Wat apa Without Hope You Cannot Start The Day….he he he maksa banget…..

Talk dipilih I am Calling, mestinya Endless Dream lah karena inilah karya brilliant Mr Trevor Rabin yang Yes banget….Open Your Eyes tak ada yang dipilih Alhamdulillah……The Ladder dipilih Homeworld…bagus!!! tapi kesalahan cukup fatal terjadi lagi karena tak satupun lagu Keys dipilih padahal inilah album yang benar benar prog asli Yes….mungkin ada yang protes begini ”wah kalau lagu lagu panjang selalu dimasukkan tak mungkin lah”…yah lebih baik ga usah bikin kompilasi..nikmati aja per album…itulah yang keren…demikianlah kesan saya terhadap kompilasi ini,… pantesan saja mas GW di prog archieve hanya memberi satu bintang…mesakke temen…he he he…

5 Responses to “Musik Yes di Ambang Senja (9 of 10)”

  1. andria h8 Says:

    saya kl diberi cd ini mau kok🙂

  2. Budi Putra Says:

    Saya juga mau mas Andria…hehehe

  3. Rizki Says:

    Bicara tentang kompilasi, saya rasa memang sulit mendapatkan seleksi yang ideal karena selera yang berbeda beda dan pilihan lagu yang banyak sekali.

    Mengenai album kompilasi YES, saya sendiri hanya suka tiga album saja yaitu Yesterdays, Classic Yes dan Yes Years. Dua album pertama karena menurut saya pilihan lagunya pas sementara yang terakhir karena merupakan box set yang dilengkapi booklet cantik dan ada beberapa lagu yang belum pernah dikeluarkan atau lagu dengan arransemen berbeda.

    Album Yesterdays merupakan kompilasi dua album pertama YES, sementara Classic berisi kumpulan lagu-lagu dari The Yes album, Fragile, CTTE dan GFTO ditambah dua lagu yang dibawa kan secara live sebagai bonus. Beranjak dari cara penyusunan dikedua album tersebut, lima album “dream compilation” versi saya:

    Kompilasi 1 “Another Classic” – berisi lagu lagu dari The Yes album, Fragile, CTTE dan GFTO yang belum dimuat di classic YES.

    Kompilasi 2 “Adventures” – seleksi lagu lagu dari TOPO dan Relayer

    Kompilasi 3 “Transition” – Dengan lagu lagu dari album Tormato, Drama, dan Fly From Here

    Kompilasi 4 “Rock” – Memuat lagu lagu dari album 90125, Big Generator, Union, Talk, dan Open Your Eyes

    Kompilasi 5 “Back to Classic” – Seleksi dari album Keys to Ascension 1&2, The Ladder, dan Magnification

    Tentunya di album mimpi ini, design covernya dibuat juga oleh Roger Dean🙂

  4. Koh Win Says:

    Top mas Rizki….mantab!!!

  5. hippienov Says:

    Aku punya kompilasi ini dan aku juga kurang sreg dengan pemilihan lagu-lgunya , malah kalo gak salah ada lagu yang diedit durasinya… Tapi kemudian aku menduga alasan pemilihan lagu-lagu di kompilasi ini mungkin disesuaikan dengan daya tampung (durasi) cd yang terbatas sedangkan sang produser berniat memasukkan perwakilan semua album Yes. dengan pemilihan lagu seperti ini saja mereka harus memakai 2 keping cd. Jika lagu-lagu epic Yes berdurasi panjang dimasukkan semua bisa jadi kompilasi dirilis sebagai kompilasi 3-4 keping cd. Kalo keputusan ini diambil bisa berbahaya karena pasti harga jualnya akan tinggi dan kemungkinan orang enggan membelinya akan besar pula.

    Akupun jarang spin cd kompilasi ini mas, malah belakangan aku membuat sendiri semacam kompilasi lagu-lagu Yes dan ternyata dugaanku benar, sampai sekarang sudah 5 cd terpakai dan itupun aku rasa masih belum semua lagu nuansamatik Yes masuk..

    Aku setuju dengan Koh Win, untuk group progrock akan sangat sulit membuat kompilasi the best nya dan beberapa group yang gak menurutk sulit dibuat seleksi the best nya antara lain:
    Yes-Pink Floyd-Genesis-E.L.P-Marillion-Beatles-Rolling Stones.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: