Musik Yes di Ambang Senja (8 of 10)

Herwinto

Topography : The Yes Anthology

Saya tidak pernah tertarik membeli CD kompilasi dari grup progresif, apalagi grup seperti Yes, alasannya adalah bahwa sungguh susah menyusun sebuah kompilasi dari grup yang memiliki karya karya yang fenomenal apalagi terbiasa menelorkan karya karya epic yang panjang panjang, bila kompilasi identik dengan karya karya yang bagus sementara dalam memilih dibatasi oleh durasi waktu maka jelas yang akhirnya muncul bukan karya yang benar benar esensial namun justru yang easy listening atau hit radio. Contoh ini terjadi pada kompilasi Genesis Turn It On Again yang benar benar njelehi itu (membosankan). Namun ada juga kompilasi yang benar benar keren yakni Scanning The Greenhouse nya The Flower Kings mungkin karena kompilasi ini yang menyusun Roine Stolt sendiri ya….

Pada tahun 2011 saya kok tiba tertarik membeli kompilasi dari Yes yang waktu itu secara tidak terduga saya lihat di Popeye Jogja, kompilasi itu adalah Topography : The Yes Anthology yang langsung saya beli saat itu, ada dua alasan saya waktu itu mengambil kompilasi ini, pertama kovernya benar benar menarik saya, sungguh keren dengan warna redup hijau agak kebiruan terasa kesejukan ketika memandangnya, dengan gambar batu batu mengapung. Kedua, isi kompilasi ini menurut saya adalah mendekati ideal sebab nomor yang dipilih bisa mewakili sound Yes yang esensial meski ada nomor yang jelek yang justru berada di track 01, nomor nomor yang dipilih diambil dari rentang album The Yes Album hingga Magnification. Setidaknya ini bisa memberikan rangkuman gambaran warna musik Yes yang sesungguhnya.

Track List -Open Your Eyes -Your Is No Disgrace (Live) -I’ve Seen All Good People (Live) -Homeworld -Close To The Edge -And You And I -Excerpts from Tales from Topographic Oceans The Revealing Science of God, The Remembering, The Ancient, Ritual (Steve Howe Solo) -Gates of Delirium -To Be Over (Steve Howe Solo) -Awaken -Cinema -Owner of A Lonely Heart -In The Presence Of -Roundabout

2 Responses to “Musik Yes di Ambang Senja (8 of 10)”

  1. Koh Win Says:

    Trimakasih mas G sudah diposting, maaf fotonya ketinggalan, sudah saya susulkan tadi….

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Herwinto sedulurku lanang

    Njenengan telaten njih,saya sendiri ndak pernah melakukan hal tersebut.Ciri khas penggemar sejati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: