When Phil Collins Meets Bill Bruford

Gatot Widayanto

Genesis - In Concert [w Bill Bruford] 1976

Pagi ini begitu indah …akhirnya saya menemukan secara tak sengaja permainan duo drums kesayangan saya : Phil Collins dan Bill Bruford dalam satu pertunjukan penuh selama empat puluh dua menit di tahun 1976. Tadinya selama ini saya hanya tahu dari rekaman resmi album Seconds Out dimana Bill Bruford main drums hanya di lagu Cinema Show saja. Namun di youtube yang saya temukan baru pagi ini, saya melihat betapa hebatnya permainan drum maling ketukan ala Bill Bruford dipadu indah dengan permainan rofel maut Phil Collins. Wah …bener2 mimpi menjadi kenyataan.

Bill Bruford

 

Di sini saya melihat alasan mengapa saya hingga kini tetep menyukai permainan Bill Bruford yang sampai detik ini masih tiada duanya. Menurut saya, Bill adalah drummer prog paling keren dan tak ada yang bisa mengalahkan hingga kini — tapi ini hanya versi saya lho. Mengapa saya berpendapat begini? pertama, Bill ini adalah seorang yang sangat inovatif karena menciptakan pukulan yang lari dari ketukan dasar sehingga musik terasa sumbang namun tetap indah. Saya gak tahu dia dulu dapat wangsit apa kok bisa bikin ketukan serba lari namun konsisten sepanjang ia bermain. Kedua, adalah suara snare drums nya yang unik dan sepertinya disetel kencenng sehingga suaranya kering namun kaya dengan nuansa. Coba Anda perhatikan setiap ada pukulan “THAK” bunyinya kering seperti ranting di musim kemarau namun memberikan nuansa yang memperkaya komposisi musik yang dibawakan. Coba dah Anda bandingkan Cinema Show versi Seconds Out dimana Bill main dengan indahnya dibandingkan versi studio dimana Phil Collins yang ngedrum. Bukannya drums Phil Collins gak bagus namun Bill Bruford memberikan tenaga dan nuansa tersendiri yang membuat kita ketagihan mendengarkannya.

Bagaimana dengan Phil Collins? Saya juga suka sekali melihat Phil Collins ngedrums. Kehebatan Phil dalam bermain drums justru pada variasi pukulannya yang cepat meski powernya gak sekuat Bill. namun justru inilah letak keunikan permainan Phil dalam memainkan stick drums nya. Kalau kita lihat dia main drums, kelihatan santai namun setiap variasi pukulan antara snare dan tomnya begitu mencolok sekali. Justru variasi inilah yang membuat pukulan drums Phil juga memiliki keunikan tersendiri yang tak dimiliki drummer lainnya.

Genesis Bruford

Konser ini difilmkan pada tahun 1976 langsung dari Apolo Theater, Glasgow. Secara keseluruhan memang konser pendek dan tak layaknya konser Genesis yang panjang. namun dari waktu yang pendek ini sekurangnya saya menikmati permainan dahzyat dua maestro drums kesukaan saya ini. lagu-lagunya meliputi:

Intro (stage rigging)

I Know What I Like

Broadway Melody of 1974 (instrumental)

Carpet Crawlers

Cinema Show (part two)

Entangled

Supper’s Ready (last part)

Los Endos

 

Pada I Know What I Like terasa ganjil memang bunyi drums nya karena tak seperti biasanya dan banyak kejutan tambahan bunyi snare drums. Phil pun menyanyi dengan sekaligus melucu dan asik dilihatnya. Perhatikan bagaimana Phil melawak dengan memberikan topi kepada pemain lainnya. dan .. pada bagian akhir lagu dia berdua-drums dengan Bill. perhatikan bagaimana ia memukul drums dengan berdiri dan menunjukkan begitu cekatan menyambar snare, tom dan cymbals. Pada Broadway melody of 1974 begitu indah perpaduan duo drummers Bruford – Collins … aduuuuuuuh indah banget dilihatnya , apalagi dengan suara kibor dan gitar nan mendayu-dayu membuat suasana hati melayang ke langit ke tujuh. Bagian paling indah adalah saat vokal gabriel akan masuk (versi studio) dimana musiknya membahana keren banget!

Ternyata Bill juga bisa main halus karena di Carpet Crawlers pun ia bisa mengiringi dengan baik ditambah beberapa kejutan suara THAK nan menawan. Hadew! Top banget dah! Cinema Show nya hanya kebagian instrumentalia saja dan sayangnya diberi ilustrasi film animasi ala Charlie Chaplin. namun tetep suara duo drums nya kentara banget. Apalagi di bagian akhir ada solo duo-drums antara Bill – Phil yang sungguh menawan dan menjadi ciri khas dari album Seconds Out.

Puncak kenggeblakan paripurna, setelah selama beberapa puluh menit disuguhi permainan innovatif ciamik antara Bill – Phil, adalah pada dua lagu terakhir yakni potongan akhir Supper’s Ready dan Los Endos. Di Los Endos kelihatan semua pemain begitu menunjukkan klimaks nya termasuk Steve Hackett yang menggosok gitarnya hingga berbunyi khas dan yang paling ciamik ya gilanya dan gokilnya permainan duo drums Bill Bruford dan Phil Collins. WHOOOOAAAAAAA …. ngguweblak ping kopang kaping !!! Tuooooooooooooobz!

Silakan KLIK buat nonton youtube nya.

15 Responses to “When Phil Collins Meets Bill Bruford”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Pertama kali saya suka Bruford ya dari Easy Money nya King Crimson yang live nya keren nuansamatik ini (semua masih muda):

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Gatot guru kulo

    Saya membaca tulisan njenengan itu malah terpaku pada……pukulan “THAK”bunyinya kering……..menyemburkan seribu tafsir didalam diri saya.Memang setiap drummer mempunyai style pukulan yg unik,dan jangan berharap orang lain dapat menirukannya.Setiap pukulan akan menghasilkan bunyi yg berbeda,tergantung apakah drummer tersebut mau bereksplorasi demi mendapatkannya.Rupanya si Bill Bruford ini rajin bereksplorasi sehingga mempunyai pukulan yg seunik itu.

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya mas Kukuh …sampe detik ini saya belum nemu drummer yang bisa menghasilkan THAK seperti Bruford ini. Makanya saya salut.

      Sebenernya drummer Greenslade terutama di album Time and Tide sudah menyerupai namun ketukkannya gak mencuri sehingga gak sama dengan Bruford ….

  3. Koh Win Says:

    Di konser ABWH yakni The Evening Of Yes Musik Plus….nomor nomor puncak Yes macam Close To The Edge, And You And I, Heart Of The Sunrise dll dimainkan dengan khas gebukan Bruford…penuh dengan suara THAK THAK TRATHAK THAK…..wah kuereeen…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya Koh Win …meski pake electric drum tetep keren. Namun cobalah tonton youtube ini. Bunyi THAK nya lebih garing dan nyaring seperti mengganggu musik namun bikin ketagihan ….meski gak sampek nenggak pil Koplo kayak Nona Yyz itu ….

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Gatot amit sewu(permisi)bocahe niku (anaknya itu)sebenarnya cantik,anaknya orang terpandang,tapi ya itu orang tuanya kurang perhatian sama anak-anaknya(saya tahu ini dari teman saya yg rumahnya dekat anak itu)jadinya dia salah pergaulan,terus sampai seperti itu.

      • Gatot Widayanto Says:

        wah …sayang ya mas Kukuh …kalau dari dulu mendapat kasih sayang dari mas Kukuh ya gak rusak begitu …

  4. herman Says:

    Mas GW, saya sependapat dengan Thak..Thak…nya Bill Brufford memang bikin musik Genesis lebih huuueenak didengar….di Carpet Crawlers Thak…thak nya lebih bagus dibanding yang versi studio aslinya….kita usulkan saja untuk album2 Genesis old song di remaster dengan Thak Thak drum Brufford…hehehe….

    • Gatot Widayanto Says:

      Justru itu lho mas … THAK khas Bruford ini yang gak ada tandingannya mas … Makanya saya seneng banget sama live concert 1976 ini karena Bruford yg pegang kendali drums dan kadang duet dengan Phil.

      THAK DUG THAK ..THAK …

      Ah jadi pengen nyetel

  5. Budi Putra Says:

    Anak sy seneng sekali nonton video solo drum, biasanya saya stelin Cobus krn lbh simpel perangkat drumnya, tp pas stel videonya ABWH, dg drum elelektrik dia seneng jg ktnya drumnya kok tipis2 dan ada yg diatas jg…hehehe. Sy gak ngerti ttg perangkat drum, sy bilang aja ini drum utk pemain yg sdh jago, jago sekali…soalnya kalo dia minta yg kayak Bruford mainin repot jg saya…hehehe.

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha …………….waaaah lha mas Budi kok ngakali(mencurangi)si kecil.Andai saya jadi si kecil saya pasti akan tanya:”Pa itu snare-nya kok pakai tiga,buat apa ya?Kok snarenya bisa tipis-tipis gitu kenapa ya, Pa?”Terus kalo sampai njawabnya ndak sip,saya akan nangis keras-keras,baru diam kalo dibelikan seperangkat drum lengkap……….he he he

  6. santo Says:

    wuih keren mas refrensinya, langsung saya donlot videonya biar bisa nonton offline jadinya 500mb, emang keren carpet crawlers walaupun kedengarannya jadi aneh, trus battle of drum di cinema show yg paling asyik ..kl suppers ready penontonnya serius sampe ada yg ngantuk

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya mas Santo,

      Bagi saya Bruford itu “sesuatu” banget ….apalagi di lagu Genesis yang aslinya bukan dia yang main. Cinema Show nya memang keren dengan adanya duo drummers. Mantab jaya. Saya belum download tapi saya rasa sebaiknya gitu ya.

      Salam

  7. herman Says:

    Mas Budi,….. sebagai masukan saja, anaknya dicarikan software musik yang ada drumnya, sehingga ada banyak pilihan bahkan bisa diperkaya dengan bunyi2an drum yang dari luar semacam font huruf yang ada bermacam-macam….biar nggak punya drum tapi bisa main drum dengan banyak seting…..yang saya kenal ada software Fruity Loops …

    • Budi Putra Says:

      Iya pak Herman terimakasih utk infonya…utk saat ini sy stel videonya Cobus Methode…dia seneng sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: