Musik Yes di Ambang Senja (6 of 10)

Herwinto
Big Generator……Waduuuuh kok Yes kayak gini?
big
Ada dua alasan mengapa album ini tidak saya masukkan di tret Indahnya Musik Yes, sementara saudara kandungnya yakni 90125 saya masukkan. Alasan pertama, 90125 adalah album yang memiliki jasa besar mempopulerkan Yes sehingga Yes memiliki pengikut dari generasi  baru yakni generasi tahun 80 an yang kemudian ikut menjelajah keindahan musik Yes di era 70 an, inilah jasa yang tidak bisa dilupakan!! dan saya sangat gembira banyak yang akhirnya kenal Yes dan menggandrungi Close To The Edge walau awalnya adalah 90125.Alasan kedua, 90125 bukanlah album yang parah karena di album tersebut terselip karya karya yang sungguh masih sangat progresif seperti Changes yang begitu indah, Cinema yang begitu ngerock serta Our Song yang begitu menawan…namun jika saya menengok Big Generator album ini tak ada lagu yang bisa saya banggakan selain Love Will Find A Way, lagu lagu yang lain sudah terlalu ngepop dan album ini dirilis di waktu yang tidak tepat sehingga kesuksesan 90125 tak bisa lagi diulang, di tahun 1987 telah banyak band band baru beraliran new wave yang lebih digandrungi anak anak muda saat itu, praktis Yes telah dilupakan.

7 Responses to “Musik Yes di Ambang Senja (6 of 10)”

  1. andria Says:

    saya juga heran saat dengar kaset ini pak, saat itu saya nebeng ndengar milik kakak kelas saya SMA. rasanya kok popnya juga nanggung & tak ada jejak 90125. saya dulu beli sekennya juga utk sekedar melengkapi koleksi aja.

  2. Budi Putra Says:

    Saya membeli album ini saat berkunjung ke Jogya…tidak seperti lagu2 Yes era sblmnya yg rada rumit utk didengarkan, “Love Will Find A Way” memang lbh mudah dinikmati krn sentuhan pop pada lagu ini dan bbrp lagu lainnya. Eranya sdh berubah, prog sdh mulai tergeser gelombang new wave atau punk. Di tambah pd album ini proses rekaman kemudian menjadi sangat sulit dengan konflik personal antar anggota dan Yes gagal mempertahankan momentum yang telah diraih dengan 90125. Ketika Big Generator diluncurkan nyaris 3 tahun kemudian, mereka telah hampir terlupakan karena banyak artis baru juga muncul.

  3. hippienov Says:

    Beda dengan Koh Win, aku suka dengan lagu rhythm of love dari album ini. Tapi secara keseluruhan aku pun gak sreg dengan album ini. Album 90125 sudah aku burn mp3 nya ke bentuk cd audio tapi album big generator aku skip dulu, hehehe…

  4. dOmme Says:

    Mungkin inilah yang namanya selera ya. Kalau saya pribadi, salah satu lagu Yes yang paling saya sukai justeru di album Big G ini. Yaitu Shoot High Aim Low.. Mungkin ngepop, tapi melodinya menurut saya sangat menyentuh.

  5. andria h8 Says:

    benar demikian bang domme, masalah selera. dulu saat kakak kelas saya beli rekaman team record juga tak merasa rugi beli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: