The 40-Year ProgGraphy (3 of 40)

Gatot Widayanto

Satria Bergitar Sapu Ijuk

Ini sebenarnya masih masuk dalam periode pra Prog bahkan bisa dibilang saya belum secara pasti mengukuhkan diri sebagai penggemar musik rock meski kecenderungan ke situ memang lebih kuat dibandingkan ke kecenderungan jenis musik lain seperti funky atau disco. Musik jazz masih belum masuk dalam hitungan saya karena bagi saya terlalu tuwek kalau mendengarkan musik sejenis jazz. Sedangkan jiwa muda kan penuh gelora berapi-api seperti novel Api di Bukit Menoreh ..halah! Kok jadi ngomongin Agung Sedayu dan Alap-alap Jalatunda. Tapi emang masa itu saya rajin juga baca novel ini selain Nogososro Sabuk Inten. Pokoknya nuansamatik tenan lah. Kadang memang saat membaca novel dimana ada pertarungan malam hari di tengah hutan, saya memang kadang senandung lagu-lagu jadul seperti dari the Bee Gees, the Cats, the Casuals …sambil membayangkan bagaimana pertarungan berlangsung seperti yang dituturkan di novel.

Saya masih ingat bahwa di rumah Madiun mas Henky punya kaset the Bee Gees rekaman Nirwana dan saya juga suka lagu yang ada senandung “pi pi pi pi pi ….pi pi pi pi …pi pi …” yang merupakan bagian dari lagu bertajuk “Holidays” (semoga tak salah judulnya). Saya juga suka lagu bertajuk “Words”. Saya lupa lagu lainnya, yang jelas kaset the best tersebut bagus semuanya, kalau gak salah ada yang “First of May”. Tentu juga ada The Cats yang terkenal dengan “Lea” , “I’ve got to Know What’s Going On”, “Scarlet Ribbons”, dll. Yang syahdu itu lagunya The Casuals bertajuk “Jesamine” … What am I supposed to do with the girl like Jesamine …. WHOAAAAAAA …ini lagu kuwerrrreeeen tenan! Lagu pop nan ngguwajak!

DP in rockHal lain yang mempengaruhi saya adalah radio Moderato yang pada setiap jam selalu mengumandangkan intro lagu Child In Time sebelum masuk relai siaran berita dari RRI Pusat. Lagu ini menjadi memiliki makna tersendiri bagi saya karena saking sering denger meski hanya intronya saja. Yang membuat saya terbelalak justru ketika suatu hari lagu ini diputar full, tak hanya intronya saja. Naun saya menjadi lebih suka lagi ketika ada lagu lain lagi yang saya tak tahu judulnya namun bener2 penuh semangat dan temponya cepat meski lagunya pendek. Barulah kemudian saya tahu bahwa itu lagu dari Led Zeppelin bertajuk “Immigrant Song”. Edan tuh tereakan vokal di awal lagu “Aaaa …a … Aaaa …a!” duk thak duk jes …..Edaaaaaannnn …. Ini baru lagu. Kegemaran saya jadi memuncak ketika denger lagu yang tereakannya ini ..”You need uleeee …..” theng teng theng teng jreng thak ejek thak ejek ….theng teng theng teng jreng thak ejek thak ejek …. Tahulah tentunya lagu beken dari Led Zeppelin II ini … Muantab jek!

Gara-gara “Whole Lotta Love” inilah saya langsung membayangkan menjadi sosok pemain gitar rock dan sering pethakilan menirukan gaya seorang pemain gitar rock yang sedang manggung. Dan lucunya …saya pake sapu ijuk dibalik seolah itu adalah gitar listrik beneran. Padahal saat itu saya belum tahuLZ IIbahwa yang main gitar namanya Jimmy Page. Saya juga belum tahu orangnya seperti apa. Tapi ya udahlah yang penting pethakilan, loncat-loncat seperti pemain gitar sedang beraksi. Rasanya kalau sudah pegang sapu begini saya menjadi rang paling gagah dan serasa rocker sejati. Padahal perbendaharaan lagu-lagu rock ya sebatas Uriah Heep, Grand Funk, Deep Purple dan Led Zeppelin ini. Sayangnya pula, saya gak punya album Led Zeppelin II ini, alias belum mampu beli kasetnya, kecuali dari radio aja saat itu dan jarang sekali diputar. Akhirnya ya sering bersenandung sendiri tanpa tahu kesudahannya giman. Rapopo …sing penting ngerock to ya?

Kalau inget periode ini, saya ingin senyum sendiri. Apalagi periode inipun saya juga rajin nonton pertunjukan wayang orang di gedung Ajen bersama Pak Rebo. Pada setiap hari tertentu, kalau gak salah Selasa malam, saya nonton wayang orang gratis karena saya kenal pak Sudjio yang anggota TNI karena gedung Ajen tersebut adalah milik TNI. Oh ya .. Pak Rebo ini sebenernya “rencang” (pembantu rumah tangga) nya pak Sudjio yang merupakan tetangga kami di Jl. Sumatra, Madiun. keluarga kami dekat sekali dengan keluarga Pak Djio (panggilan pak Sudjio) yang menempati sebuah kamar di Losmen Sumatra (tepat di depan rumah kami di Jl. Sumatra 26). Saya sudah dianggap anak oleh Bu Djio ini. Ibu saya hampir tiap hari berkomunikasi dengan Ibu Djio ini. Kalau nonton wayang orang biasanya saya naik becak dengan Pak Rebo (dipanggil Pak Bo) ini. Nuansamatik kemlitik tenan …bahkan segmen kehidupan ini saya kok malah jarang cerita dimana-mana ya? Padahal saat indah itu …karena kalau nonton wayang orang saya terbebas dari kewajiban belajar … ha ha ha ha …. Saya rasa saat itu masih sebelum SMP, jadi ya sekitar 1969 – 1972 gitu. What a wonderful segment of my life!

Lha opo tumon, ….suka ngerock tapi nonton Wrekudoro Sakti (pertunjukan wayang orang) ….?!!! Ngerock nya dimana coba? Ha ha ha ha ha ….

33 Responses to “The 40-Year ProgGraphy (3 of 40)”

  1. andria Says:

    musik rock memang selalu membuat pendengarnya pengin jadi gitaris pak gatot🙂

  2. Koh Win Says:

    Waduuuuh…..lagunya Bee Gees yang pakai ”pi pi pi pi pi pi…..pi pi pi pi pi…..pi pi……itu mengingatkan saya pada nona R mas Gatot ha ha ha ha……

    • Gatot Widayanto Says:

      Semuanya tersentuh dengan Nona R …. kayaknya nyetrum dengan mas Kukuh ya …. jangan2 orangnya sama ….

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha…………………sorot matanya,senyum simpulnya,soul yg dipancarkanya,tulusnya……………..Allahu Akbar benar-benar karya cipta yg begitu sempurna

      • Gatot Widayanto Says:

        Mestinya nyanyi lagunya A Rafiq …. “Lirikan matamu ….”

        Wis lah …sing penting ndang rabi …mosok kalah kambek Koh Win? Ditolak Nona R, ada seribu Nona S yang ngantri …. Ora kambek sliramu ora pathèken! Prèk!

        Wis gek ndang dandan trus golek sir2an kono …. ojok mbek Jembres yo ….! Wis lanang, kucing pisan!

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha haha ha ha………….kulo maos (saya membaca) tulisan njenengan ngakak pol(tertawa tergelak-gelak)sampai nyampluk wedang kopi hangat(sampai menumpahkan kopi hangat) disebelah saya.
        Ya Allah gustiiiiii,ngeten niki kulo (gini ini saya)kan jadi punya acara nyuci sprei pisan wis(tumpahannya juga mengenai sprei)…………ha ha ha ha ha ha mas Gatot ada-ada saja.

      • Gatot Widayanto Says:

        Hua ha ha ha …..sampek nyampluk cangkir ya ma ..

        Makanya mas Kukuh musti buruan omah2 sama manusia beneran ….dan harus wanita. Kalau laki2 nanti kena kutukan seperti kaum nabi Luth ….he he …

        Saya doakan agar mas Kukuh bisa segera nyampluk wanita dan menikahinya segera … single itu gak enak. Band prog aja kalau keluarin single pasti buntutnya keluarin album kok ….! Kenapa? Karena singke tak bisa berdiri sendiri ….harus ditemani full album ….

        Begitu mas …. Ayo buruan nyampluk selagi malem minggu …jangan lupa pake pomade Brisk atau Mandom ….ojok nganggo stenpet (vaseline) yo mas …..

      • Budi Putra Says:

        Hahahaha…mas Kukuh romantis amat ya…

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha…………..spreinya tadi habis saya cuci terus dijemur.Lha ini tadi saya lihat lha kok ujug-ujug sudah dijadikan jembres alas tidur mas.Rupanya tadi ditiup angin lantas jatuh,orang rumah ndak ada yg tahu,terus sama jembres langsung wis tidur mungker(meringkuk)diatasnya.
        Oalaaah nasiiib…….nasiiiib lha ini saya maleh nyuci sprei lagi ta,apes to’ hari ini saya mas.

  3. Koh Win Says:

    Saya juga penggemar Agung Sedayu mas….awalnya pemuda penakut….ha ha ha…..

  4. kukuh tawanggono Says:

    Mas Gatot guru kulo

    Njenengan nyindir kulo njih…………he he he he he,memang mas malam ini saya mau bersiap-siap menyaksikan pertunjungan wayang kulit.Saya dulu ketika pertama kali membaca tulisan-tulisan njenengan di blog ini,batin saya berkata orang ini dulu pasti pernah bersinggungan dengan bebunyian karawitan jawa klasik(Alunan musik gamelan Jawa itu rumit mas. Setiap bebunyiannya adalah gambaran kehidupan manusia,seperti juga musik prog).Hari ini rupanya gusti Allah SWT berkenan menjawabnya via tulisan njenengan.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Kukuh … Aku ora nyindir …mung nyemoni …wakakakakak …

      Kalau wayang kulit saya kurang begitu hobi karena not RAEL ….eh sorrry … NOT REAL ….he he he he … Sing omong mung dalange thok …

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha ha ha ha ha………………padahal kalo menurut saya banyak filosofi terdapat didalamnya,apalagi kalo kita sudah mencapai tahapan menikmatinya di balik kelir………….wuih ampuh sanget mas(sangat ampuh)

  5. andria Says:

    saya pas SMP juga membaca serial Agung Sedayu yg saya pinjam dari perpustakaan Keadulatan Rakyat. tapi gara2 saya terlalu over membacanya, setiap rampung langsung saya tukar baru, akhirnya saya sakit & akhirnya tak melanjutkan lagi.

  6. Budi Putra Says:

    Wah, tulisan mas Gatot mmg bener2 memancing memori saya…

    Sy msh ingat sekali sewaktu pulang sekolah (SD) Sepur Lama, Pasar Lontar, Tanah Abang, sy sm temen liat kaset Duo Kribo di tiko kaset kecil. Waktu itu sy liatnya aneh sekali…sy tertawa-tawa krn lucu liat orang rambutnya kribo. Mulai suka musik barat yakni The Beatles. Dulu kepikir gak ada musik yg bagus lainnya selain Beatles ini…pokoke Beatles habisss! Setelah dipinjemin the best Led Zeppelin, sy bingung dan bengong kok musiknya aneh…krn sy dengerin Whole Lotta Love yg ditengah lagu ada instrumen spt suara kereta api…wah, musik apaan nih?…gerutu sy. Tp dr situlah sy jd fans berat Led Zeppelin. Sampe2 punya gank namanya LZ, alias Led Zeppelin. Dr Zeppelin sy mulai kenal Deep Purple, Uriah Heep dan Grandfunk Railroad.

  7. Edi Apple Santoso Says:

    wayang wong ngesti pandowo ….

    • Budi Putra Says:

      Mas Edi, salam kenal mas sy jebolan Undar Jombang…mulai di Jombang sejak tahun 1994-2000. Sayang sekali sy selama disana blm pernah mampir ke cafe Apple. Sy punya temen satu organisasi di kampus, sekarang ini dia jd koordinator PWI Jombang, namanya Yusuf Wibisono alias Tumo. Dia bilang sering nongkrong di cafe nya mas Edi…

      • Edi Apple Santoso Says:

        saya sudah ketemu sama orangnya ( mas tumo ), dia bilang temannya mas Budi yang di music for life. beliau kadang upload berita di tempat saya …….
        angkringan apple ada sejak th 2006, jadi waktu mas Budi di jombang belum ada angkringan apple ….
        without deviation from the norm, progress is not possible – father zappa ……

      • Budi Putra Says:

        Oh gitu ya mas Edi, 2003 sy di Jogya dan 2004 s/d skrg di Jakarta. Sy menta Tumo utk sekalian meliput cafe Apple…cuma sampe skrg gak muncul2 beritanya…hehehe, rupanya dia sibuk sekali sbg Koord PWI.

      • Gatot Widayanto Says:

        Jangan2 berita Apple Cafe munculnya di koran mas … Jawa Pos …bukan di MfL …. ha ha ha …

        Jenenge apik … TUMO. Tumo kuwi cilik methisil tapi nylekit … ha ha ha ha ha …. Tapi mas Tumo temannya mas Budi pasti bukan begitu …

        Tumo kuwi wong Jowo nyebute “Tinggi” … yo pow ra mas Kukuh?

      • kukuh tawanggono Says:

        Njih leres(benar)

      • Budi Putra Says:

        Mas Gatot, sy jg lupa siapa yg beri nama Tumo ini, nama aslinya keren kok Yusuf Wibisono, anak kyai kampung di Jombamg. Kadang namanya suka diplesetan jadi Tu Mao, (Mao Tje Tung), mungkin yg tepat dia dipanggil itu krn tampilannya yg kucel…jarang mandi anak ini…hahaha. Kami mmg satu organisasi, saat sy dan teman2 bentuk organisasi mahasiswa, Tumo kami ajak gabung. Dia ini seniman juga mas, pinter main gitar dan bango. Biasanya dia bawain lagu2 folk…orgnya supel dan humoris…pokoknya kalo deket dia kita ketawa terus dah…hahaha.sekarang sy bahagia krn dia sukses meniti karir sbg wartawan dan kemudian terpilih jd ketua PWI Jombang…kadang kt suka BBM an, diskusi ttg berbagai hal trmasuk teknis menulis yg enak utk dibaca…dia skrg aktif di beritajatim.com.

  8. Gatot Widayanto Says:

    Ini saya cpas link youtube nya The Casuals “Jesamine” nan kuwerreeeennnn pol!
    (pas saya setel youtube ini ada iklan Monalisa Twins plays the Beatles …keren juga euy!)

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah lagu ini memang menghanyutkan banget …!!! What can you say with the girl like Jesamine …. Wouuuuwww!!! Nangis bombay kelingan wayang orang Madiun yang pasti sekarang gak ada lagi …

    • Gatot Widayanto Says:

      KOH WIN …. BRO NOVIAR …!!! Wajib nonton ini nih … While My Guitar Gently Weeps dimainkan Monalisa Twins ….!!

    • Gatot Widayanto Says:

      Pagi ini nonton youtube aja … gara2 tadi The Casuals ..merembet ke While my Guitar … terus ini ada PHIL COLLINS ngedrums. Aduuuuuh …kangen banget saya sama style ngedums nya Phil Collins ini … kerrreeeenn!!

    • Gatot Widayanto Says:

      Gila nih cewek kembar lagu2 yang dibawakan kok sesuai seleraku ya … Bus Stop nya The Hollies sekarang … Lucu video klip nya:

  9. santo Says:

    aduh saya juga keinget denger bee gees yg pi pi pi nya juga waktu kecil sama swan song .. . yang jesamine pernah denger cuma ga tau judulnya…trimaksih udah dikasih pencerahan emang nuansamatique

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha …rupanya pi pi pi pi itu mengena bagi banyak orang ya?

      Jesamine pancen keren tenan mas Santo ….!

  10. hippienov Says:

    Aku malah kenal bee gees, the cats, the casuals duluan daripada deep purple. Dan memang lagu-lagu mereka nuansamatik walaupun gak nge-rock.
    Aku suka terbalik antara lagu holiday nya bee gees dengan holiday nya scorpions, hehehe… Mana yang lebih aku suka? both of them…
    Jesamine keren banget Mas Santo, bikin hati berbunga-bunga.

Leave a Reply

