Kompilasi Album MP3 DIY

Andria Sonhedi

gw-cd diy

gara2 pak Hippie nulis ttg cd2 kompilasi buatannya akhirnya begitu sampai magetan saya lalu mencari-cari  cd yg pernah saya buat sendiri sekitar tahun 2004-2005. berbeda dengan pak hippie yang membuat album Prog Fusion berisi lagu2 pilihan, yang saya buat adalah sekedar mengumpulkan album2 yg saya konfersi dari cd kopian ke format mp3.

sekitar tahun itu saya baru mulai belajar mengkonfersi mp3 dari cd. maklum saat itu cd mp3 bajakan memang didominasi album2 pop & alternatif. sementara itu saya blm tahu cara mendownload lagu dari internet. kebetulan saat itu saya bekerja di Sidoarjo yang juga banyak menjual cd mp3 bajakan, setiap ada mp3 grup rock yg saya blm punya mesti saya beli. tapi ya itu, nggak pernah nemu yg berisi Manowar, Stratovarius, Gamma Ray apalagi death metal atau thrash macam Morbid Angel dan Testament.

eh kok ya suatu saat ada pedagang mp3 di depan Matahari/Ramayana Jl Gajahmada, Sidoarjo jualan cd kopian Riot – Thundersteel, Exodus, Ayreon dan grup2 tdk umum lainnya. satu CD kopian ditawarkan Rp 15.000. karena ingin bisa mendengarkan Riot sambil kerja di kantor akhirnya saya beli juga wl saya saat itu paling anti cd bajakan krn saya anggap tdk ada seninya. singkat cerita akhirnya saya dapat sumber cd kopian yang lebih lengkap dan bisa murah 🙂 dari situlah cd 2 kopian saya bermula. dari cuma 1 cd Riot (yg awalnya saya berjanji demi Riot aja saya beli cd kopian) akhirnya jadi banyak sekali, awalnya saya beli tradisional heavy metal & power metal serta beberapa grup thrash yang saya kenal. kemudian saya berpikir dari pada membawa semua cd ke kantor akan lebih baik kl saya menyatukan dalam 1 cd, cuma bagaimana caranya? tak sengaja saya baca di koran Jawa Pos kl ada software gratis bernama  CD to MP3 yang bisa memenuhi keinginan saya tadi.

akhirnya saya satukan album2 Mp3 grup beraliran Power Metal, progressive & gothic metal ke cd yg saya beri judul Power. saya ambil gambar Rhandy Rhoads utk covernya, warnanya sengaja saya ganti tiap cd biar mudah dicari. Tak terasa sampai 10 cd juga. setelah itu karena cd2 power metal dan heavy metal sdh jarang ada (krn saya beli terus tiap minggu) saya mulai cari melodic death metal macam in Flames dan Children of Bodom lalu cdnya saya namai House of Loud. Instrumental gitar yg saya punya cd aslinya pun saya konfersi ke mp3 dan saya namai Give ’em the  Axe & Ear Candy albumnya. pokoknya begitu ada 10 cd  ngumpul segera saya buatkan cd mp3nya.

sayangnya lama2 saya mulai kewalahan memburn cd-cd tadi, awalnya tetap membuat cd namun tanpa cover lalu lama-lama tidak melakukannya sama sekali🙂

beberapa cd tadi masih bisa diputar tapi ada juga yang tidak bisa. selain itu sempat juga saya membalik proses, album2 bagus yg saya dapat mp3nya lalu saya konfersi jadi CD, sekalian saya buatkan covernya pakai kertas manila putih. pakai kertas HVS tintanya kok terserap shg gambarnya kurang cerah. tapi akhirnya kegiatan saya itu pun terhenti karena bosan atau banyak kerjaan lain, sekarang mp3 yg baru saya dapat cuma saya simpan di external hard disc saja.

5 Responses to “Kompilasi Album MP3 DIY”

  1. andria Says:

    terima kasih atas dimuatnya ini pak gatot. ini ngetik sambil ditemani Marillion (sdh tadi) dan the Flower Kings – Retropolis

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Andria sedulurku lanang

    Kemahalen mas kalo cd kopian 15000,di Malang cuma 10000(isinya ya penuh gizi mulai GG,Genesis sampai Mardukpun ada).Cuma sudah beberapa bulan ini tiarap gara-garae ada ………….bapak(rupanya si bapak ini……….)

  3. andria Says:

    itu tahun 2004 mas, saat masih jarang ada. akhirnya saya menemukan sumbernya di Siola (Tunjungan Center) Surabaya. awalnya 10.000 tapi karena sdh langganan bisa 7.500. bahkan setelah Jawa timur dibersihkan dari cd2 bajakan saya masih bisa beli cd kopian via mas waras santoso. sayangnya saya kehilangan kontak dg mas Waras Santoso itu sekarang.

  4. Budi Putra Says:

    Mas Andria, dulu sy jg byk ngoleksi cd MP3…tp kebanyakan album prog sm claro…bbrp ada yg sy jual jg kalo ada temen yg pesen. Saat itu kondisinya memungkinkan krn sy kerja di kantornya mas Erros Djarot, di ruangan sy perangkat kompurternya mumpuni utk donlot via strawberrybricks.com dan burning cd sendiri…hampir 80 an cd yg sy burning…yg paling laku sy jual cd album band Djam Karet sm kompilasi karya2 Erros yg dinyanyiin Chrisye dan album Badai Pasti Berlalu. Dulu, spt cd copian hsl burning mmg msh laku jual, krn dibbrp lapak ada juga yg punya stok cd copian atau kaset copian spt mas Gunadi di Jogya, sy pernah beli Liquid Tension dg harga 20 ribu. Bahkan di Taman Puring pernah di jual jg kaset dan cd SOAD dn. RATM, yg covernya Che Guevara itu yg paling laku.

  5. hippienov Says:

    Wah keren koleksinya Mas Andria, kayaknya aku harus berguru sama njenengan nih.
    Sama mas, beberapa cd mp3 dan cd kopian yang aku beli di emperan atau aku buat sendiri sudah gak bisa diputar lagi. Kadang nyesel juga dapet cd bajakan emperan yang lagu-lagunya aku suka tapi pas mau diputar gak kebaca di player atau sound nya banyak skip.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: