Prog Fusion vol. 2

Hippienov

image

Happy weekend Mas G dan rekan-rekan semua, aku kembali lagi dengan postingan ringan nan gemblung untuk meramaikan blog. Semoga berkenan dan kiranya menarik untuk dibaca serta bisa membuat rekan-rekan tersenyum.

Kerennya ini adalah sequel/lanjutan dari tret sebelumnya “Iseng Bikin CD Kompilasi” tapi untuk menghindari persepsi kalo aku double kirim untuk tulisan yang sama, aku memilih untuk pakai judul “Prog Fusion Vol. 2” karena memang tret ini masih seputar tentang keisenganku bikin cd kompilasi “Prog Fusion”. Semoga saja volume 2 Prog Fusion ini akan sama menariknya dengan volume sebelumnya ^_^

Ceritanya pada Rabu lalu setelah menggunakan hak pilih (progger juga mensukseskan pemilu loh, hehehe…) hampir seisi rumahku pergi jalan-jalan menikmati “hari libur dadakan” ini. Tinggallah di rumah aku bersama anak dan istri tercinta jadi kuncen, hehehe… Gak juga sih, kami pun punya rencana pergi muter-muter Depok dan sekitarnya tapi di sore hari itu. Rumah kosong, istri menemani anak kami tidur siang (umumnya tiap ada libur, istriku akan memanfaatkan kesempatan langka ini untuk re-charging tenaga dengan tidur tanpa aku disampingnya, hahaha…), dan akupun seperti deja vu ditinggal sendirian lagi bersama acara tv lokal yang mulai sibuk menayangkan hasil quick count pemilu yang baru saja digelar.

Gak mau terjebak dengan menonton acara tv yang bikin ngantuk dan untuk memanfaatkan waktu jeda sebelum pergi bersama keluarga di sore hari, aku segera putuskan untuk nge-burn lagu dari mp3 ke format audio. Setelah semua “gear” siap, mulailah aku berpikir mau tema apa untuk project burning-an ku kali ini. Berhubung yang lagi hangat adalah Prog Fusion, maka kuputuskan untuk membuat lanjutan kompilasi Prog Fusion yang akan kuberi judul Prog Fusion Vol. 2 karena kebetulan masih banyak koleksi lagu dari cd mp3 pemberian Mas Yuddi yang belum kebagian tempat di volume pertama plus sekalian menindaklanjuti masukan dari Mas G tentang lagu-lagu dari album perdana UK yang kurang kebagian porsi di Prog Fusion Vol. 1. Setelah proses pemilihan lagu yang lagi-lagi memakan waktu lumayan lama dan sedikit bingung untuk memutuskan mana yang akan masuk list dan mana yang harus “disimpan” lagi, akhirnya siap juga final list nya dan segera masuk proses burning… Berikut adalah playlist nya, kali ini total ada 20 lagu yang berhasil masuk :

1. Yes / Days (additional demo track di file Yes/Tormato dimana yang hanya berisi suara Jon Anderson tanpa background musik) 2. UK / Nothing to lose 3. Camel / Flight of the snow goose 4. Refugee / Ritt Mickley 5. Patrick Moraz / Kabala 6. Bill Bruford / Beelzebub 7. Steve Howe / Ram 8. UK / As long as you want me here 9. Yes / Soon (single edit) 10. Camel / Your love is stranger than mine 11. Chris Squire / You by my side 12. Steve Howe / Meadow rag 13. UK / Alaska 14. UK / Time to kill (aku amazed banget dengan 2 lagu ini, aslinya 2 lagu ini nyambung tapi karena di file yang aku punya ada jeda “putus” antara alaska ke time to kill, terpaksa aku “fade out” di akhir lagu alaska dan pas masuk time to kill aku “fade in” supaya efek putusnya lagu gak terlalu obvious dan raw banget. pasti Mas Rizki akan protes dengan tindakan editing ku ini, hehehe… So Sorry ya Mas Rizki…) 15. Bill Bruford / Hell’s Bells 16. Steve Howe / The Continental 17. Refugee / Someday 18. UK / Rendezvous 6:02 19. Yes / Sweet dreams 20. Camel / Eye of the storm.

Masih banyak lagu nuansamatik yang terpaksa gak bisa masuk termasuk “fainting in coils” nya Bruford yang direkomendasikan Mas G. Tenang Mas G, akan ada Prog Fusion Vol. 3 nanti, guess I’ll save the best for the last, hehehe…

Untuk cover/sampulnya aku punya niat untuk menampilkan cover tentang UK karena pada dasarnya kompilasi ini berawal dari takjubnya aku dengan band prog ini setelah dikasih cd mp3 nya oleh Mas Yuddi. Di volume 1 covernya “Yes” dan ada baiknya untuk volume 2 covernya something about UK jadi kalo digabungkan kira-kira punya makna “UK Yes!” Gak nyambung blas ya? hahahaha…. Saat sedang browsing mencari cover apa yang cocok tiba-tiba aku stuck dengan foto John Wetton saat konser dengan style yang keren banget, so 70s… so hippie dengan rambut gondrongnya… just like me, wakakakak…

Kira-kira demikian tulisanku kali ini yang sangat ringan, semoga berkenan dan menarik. Mohon maaf jika ada banyak kekurangan dalam penulisan. Seperti biasa matursuwun Mas G atas waktu dan kesempatan yang disediakan dan untuk rekan-rekan yang sudah meluangkan waktu mampir dan membaca…

Lots of great music are out there for us to find and enjoy them… hippienov

12 Responses to “Prog Fusion vol. 2”

  1. Rizki Says:

    Ga protest kok Mas Hippie, malah ter-kagum2 dg karya dan seleksi lagu2nya. Looking forward utk Prog Fusion 3🙂

  2. hippienov Says:

    Hahaha…bisa aja Mas Rizki… Tapi bener aku sebenarnya kurang sreg dengan editing di lagu alaska-time to kill mas, cuma kalo gak dibuat fade out-fade in lebih bikin miris hati karena ada jeda sekitar 2-3 detik antara lagunya.

    Siap Mas Rizki, your wish is my command ^_^ Prog Fusion Vol. 3 is next in my list…
    Suwun…

  3. hippienov Says:

    Mas G, matursuwun sanget sudah dimuat tulisanku…

  4. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulur lanangku

    Saya ini kok semakin kagum kepada njenengan njih.Dedikasi njenengan pada aliran prog itu lho mas,sampai membuat saya ini mbrabak(mau menangis).
    Semoga sifat positif ini dapat saya tiru mas.

  5. andria Says:

    bicara ttg dedikasi itu mbuat saya ingat cd Deadicated: A Tribute to the Grateful Dead yg tak pernah saya lirik jaman masih suka ke Jl. Surabaya tahun 1998 dulu. maklum saya blm tahu lagu2 the Grateful Dead saat itu. padahal sepertinya harganya bisa turun krn penjualnyapun paling juga tak paham.

    • kukuh tawanggono Says:

      Njenengan rugi besar mas,padahal itu cd yg penuh gizi,protein,vitamin dll yg dibutuhkan bagi perkembangan koleksi kita………..he he he
      Ketika ada orang menyebut Grateful Dead saya selalu teringat pada sosok Jerry Garcia.Rocker yg pernah membawakan sebuah lagu yg didesikan bagi seorang serial killer(zodiak killer) “Dire Wolf”

  6. Budi Putra Says:

    Luar biasa, mas Hippie mmg bener2 creative gemblumngers…tentu bukan kerjaan gampang nih bikin track spt ini dibutuhkan kejelian tk tinggi…krn prog fusion pula…mantabz! Sy aja mau bikin list band psikedelik era Jefferson Airplane tp msh blm bs nentuin lagu2 mana aja dr grup lainnya yg bs sy masukin sbg play list.

  7. hippienov Says:

    Mas Kukuh, beginilah kalau cita-cita jadi seniman musik gak kesampaian akhirnya pelampiasannya jadi tukang burning cd,ha3..
    Tapi kuakui memang sulit bikin kompilasi ini karena ada embel-embel “fusion” nya mas. Aku bolak-balik milih lagu supaya pas gak salah pilih. Yang gak kalah rumit saat menentukan urutan lagu, kalau ngasal dan ngacak takutnya jadi gak menarik, jadi aku beberapa kali “trial” ngurutin lagu-lagunya dan coba didengerin dulu sebelum final burning.. kalau aku rasa gak pas maka aku rombak lagi urutannya. Begitu terus sampai aku capek n bosen, he3.. Maksudku sampai ketemu yang pas menurutku baru di-burn ke cd.

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Hippie,John Wetton itu kalo sekelabatan mata wajahnya mirip-mirip Joe Perry(gitarisnya Aerosmith)njih

  8. hippienov Says:

    Hehehe…ini kerjaan seorang suami yang ditinggal tidur duluan sama istrinya, gak bisa “isengin istri” jadinya pelarian ke milah-milih lagu, ha3..

    U/ proyek Jefferson Airplane nya Mas Budi itu menarik banget, mungkin bisa dikasih judul “tales from psychedelic era”, dan selain JA mas Budi bisa masukin juga lagu-lagu dari Joplin, Easybeats, The Doors, Jimi Hendrix, GFR, CCR, The Guess Who, Cream, Blind Faith, Traffic, Joe Cocker, Mountain, Joe MacDonald, Donovan, Bob Dylan dan band lainnya dari era psikedelik 60an/flower generation atau bisa juga band/musisi dari era sesudahnya tapi yg musiknya bernuansa psikedelik. Kira-kira itu saranku mas, cuma saran gemblung dari gemblunger loch mas😀

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Hippie, hukumnya wajib itu memasukkan bidadari belahan hati saya JP yg tercinta………….ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha(yg penting happy mas,walau barusan pulang dari masjid tanpa ditemani sandal saya yg pergi entah kemana)ha ha ha ha ha ha ha ha

    • Budi Putra Says:

      Wah mantap mas Hippie, sy mau masukin jg The Byrd, The Beatles, Grateful Dead, The Animal, The Yardbird, kalo yg baru masuk jg tuh Bigelf. Dulu mas Hippie, selagi sy kerja di kantornya Erros Jarot, tiap malem, krn msh bujangan, sy tidur di kantor…jd jadwal sy mulai jam 12 malem sampe subuh sy burning tuh ke cd lagu prog yg sy ambil dr situs strawberrybricks…hampir semua band prog…Caravan, Tomorrow, Vandergraf, Camel, Fokus, Procol Harum, terus yg paling unik sy bikin jg CD nya band Djam Karet…ini band prog jg, tp yg bikin sy tertarik karena nmnya unik khas Indonesia…cuma sayangnya waktu sy pindah kerja gak sempet sy bw…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: