Mad Season “Above”

Hippienov

madseasonfrontEntah kenapa hasratku untuk menulis postingan di blog belakangan ini lumayan membara dan hari ini kebetulan sudah hampir jam turun makan jadi aku pikir gak ada salahnya “korupsi” waktu kerja sedikit untuk menulis postingan ini. Toh ini juga bagian dari kerja kok, bedanya bukan untuk kantor tempat aku kerja tapi gawe untuk meramaikan blog serta berbagi informasi dengan rekan-rekan semua. Kiranya berkenan dan bisa menambah informasi.

Pada tahun 1994 disela sesi rekaman album Pearl Jam “Vitalogy”, gitaris Mike McCready memutuskan untuk masuk panti rehab dalam usahanya mengatasi kecanduannya terhadap madseasonback“forbidden medicine” (istilah baru untuk narkoba/drugs/zat psikotropika yang diciptakan oleh hippienov, wakakak…) di Minneapolis, Minnesota. Di panti rehab inilah Mike bertemu dengan sesama musisi yang sedang rehab juga yaitu John Baker Saunders. Keduanya kemudian punya rencana untuk membentuk suatu band rock sebagai side project mereka. Setelah keduanya kembali ke Seattle mereka mengajak gabung Barret Martin dari The Screaming Trees. Formasi ini dilengkapi dengan diajaknya Layne Staley untuk mengisi posisi vokal. Layne Staley adalah seorang vokalis handal yang tergabung di band rock Seattle lainnya Alice in Chains tetapi punya kebiasaan buruk mengkonsumsi heroin yang pada akhirnya membunuhnya. Harapan McCready dan kawan-kawan dengan mengajak Layne gabung bisa membuatnya mengurangi
 kebiasaan buruknya mengkonsumsi forbidden medicine.
Dengan bergabungnya Layne Staley maka formasi selengkapnya adalah:
1. Mike McCready-guitar dari Pearl Jam
2. Barret Martin-drums dari The Screaming Trees
3. John Baker Saunders-bass dari The Lamont Cranston Band
4. Layne Staley-vocals dari Alice in Chains

Band ini sebenarnya diberi nama The Gacy Bunch tapi kemudian diganti menjadi Mad Season yang menurut McCready punya arti “the seasons of drinking and drug abuse”. Setahun berikutnya di tahun 1995 Mad Season merilis debut album mereka yang ternyata juga menjadi satu-satunya album yang pernah mereka rilis bertajuk “Above”. Musik Mad Season digambarkan sebagai gabungan dari musik Pearl Jam dan Alice in Chains berbasis rock dengan elemen blues, jazz, classic rock, arena rock dan progressive rock di dalamnya. Single mereka yang terkenal antara lain river of deceit dan I don’t know anything. Secara lengkap sebagai berikut:


1. Wake up
2. X-ray mind
3. River of deceit
4. I’m above
5. Artificial red
6. Lifeless dead
7. I don’t know anything
8. Long gone day
9. November hotel
10. All alone

Layne Staley menulis semua lirik pada album tersebut sekaligus menggambar cover album Mad Season. Layne menggambarkan lirik yang dia tulis sebagai terjemahan dari kehidupan pribadinya berjuang melawan kebiasaannya bersahabat dengan heroin serta persoalan hidup lainnya. Aku sendiri menilai musik Mad Season sebagai sebuah kesuraman, bahkan dari sampul albumnya mereka sebenarnya sudah mencoba menyampaikan kalau musik mereka penuh kepedihan.
Pertama kali aku beli kasetnya tahun 95/96 setelah melihat video klip “I don’t know anything” aku berharap akan disajikan musik rock ala Oasis, Blur, Pulp atau Supergrass yang cenderung ceria, tapi harapanku meleset. Seperti covernya yang didominasi warna hitam, Mad Season ternyata memainkan musik yang mencerminkan kehidupan pribadi sebagian besar anggotanya yang kecanduan narkotika terlebih sang vokalis Layne Staley yang tanpa disadari oleh semua orang “was heading toward his mourning and isolated life and finally his death”.
Lagu per lagu aku dengarkan dan tidak ada satupun yang ceria, dan yang paling aku suka adalah I don’t know anything yang menurutku bernuansa psikedelik.

Debut album ini terbilang sukses tapi keutuhan supergroup ini tidak bisa dipertahankan, tahun 1997 Layne Staley cabut dari band sebagai akibat dari ketergantungannya pada obat-obat terlarang yang ternyata tidak berkurang sedikitpun. 3 anggota lainnya masih berusaha bertahan dengan mencoba membuat rencana merekam album kedua mereka namun kenyataan berkata lain. Tahun 1999 John Baker Saunders sang bassist ditemukan tewas karena overdose, dan Layne Staley menyatakan bahwa Mad Season sudah benar-benar resmi bubar setelah Saunders tewas. Tapi yang tidak diketahui bahwa wafatnya Saunders membuat Staley makin terhanyut dalam kesediahn yang mendalam ditambah dengan tewasnya pula mantan tunangan Layne Staley membuat Layne semakin tenggelam dalam heroin abuse dan mengundurkan diri dari sorotan publik dan dunia musik yang membesarkan namanya dengan mengucilkan diri di apartemennya sampai akhirnya ditemukan tewas tahun 2002 akibat overdosis.

Sebuah kisah “supergroup” yang tragis menurutku, padahal sebenarnya Mad Season punya potensi untuk jadi “besar” bahkan mungkin melegenda. Satu-satunya warisan yang mereka tinggalkan adalah debut album “Above” yang sekarangpun sepertinya sudah nyaris gak ada di toko-toko musik. Beruntung aku masih punya kaset album ini walaupun sebenarnya jarang pula aku setel ^_^

I recommend this band and their one and only album…

Matursuwun Mas G atas waktu dan kesempatan yang diberikan dan juga untuk rekan-rekan yang sudah meluangkan waktu mampir membaca.

12 Responses to “Mad Season “Above””

  1. diansyah Says:

    track 1 – wake up juga oke meskipun chordnya sederhana. Dentuman Bas menjadi dasar lagu yang apik. Suka Juga long gone day yang semi akustik dan perkusi. Secara keseluruhan memang lagu2nya muram, khas dari musik seatte. Warisan berharga pendekar2 grunge yang tak boleh terlewat. alhamdulilah, kasetnya masih ada. Beli sekenan di cihapit bandung sewaktu masih kuli ah… Trims udah dibahas

  2. andria Says:

    saya tak sempat dapat kaset ini, juga utk kaset Temple of the Dogs yg dipakai utk menghormati Andy Woods (Mother Love Bones).

  3. Budi Putra Says:

    Sy sempet liat ini kaset cm krn era grunge nyaris hilang gak jd sy beli. Selain itu band2 lain yg sempet mampir yakni Mudhoney, Screaming Trees, Alice in Chains, Soundgarden, Mother Love Bone…wah ini band2 keren. Mas Hippie, luar biasa bukan hanya Prog Fusion, Blues Rock, tp yg ngegrunge jg dilibas…mantabs jaya dah!

  4. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulur lanangku

    Alasan saya ketika membeli cd tersebut adalah cover albumnya.Saya menangkap semacam pesan,bahwa inilah jiwa-jiwa yg sedang sekarat berharap malaikat maut secepatnya tunaikan tugas.
    Ternyata apa yg saya rasakan memang benar adanya.

    • Budi Putra Says:

      Alice in Chains sbnrnya band bagus….ketika Layne vokalnya…tipikal vokalnya khas sekali.

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Budi,jika bicara orang lagi…………….saya kok jadi ingat peristiwae adik sekolah waktu smp dulu.Dia(anakke cewek) seneng pake narkoba(terutama pil koplo) ,bahkan waktu disekolah.Suatu hari waktu fly lha kok memanggil-manggil namaku se.Akhirnya aku dipanggil guru BP ditanyai macem-macem(dikiranya saya yg memberi pil itu),padahal saya ndak tahu apa-apa.Waktu itu saya bersikeras ndak mengaku mas,wong memang saya ndak tahu apa-apa.Esok harinya orang tua saya melabrak kesekolah,ndak terima saya dituduh yg ndak-ndak.Akhirnya pihak sekolah meminta maaf kepada orang tua saya mas,atas tindakkan mereka tersebut.
        Gara-gara peristiwa ini,saya dicuekki” Nona R”sampai sebulan(kami berpacaran sejak smp)dikiranya saya selingkuh……..apes mas.
        Akhirnya waktu saya kelas 2 smk,adik kelas saya yg bernama Y itu ditemukan gantung diri dirumahnya.

      • Gatot Widayanto Says:

        Yo salahmu dewe to mas Kukuh … lha wong jik piyek lagi sekolah SMP kok wis pacaran … ngesir bocah wadon ya boleh ….tapi mosok pacaran sejak SMP. Jangan2 si Y itu naksir mas Kukuh yo sejak SMP namun kalah kambek Nona R …makanya Ngoplo ….sambil mbayangin mas Kukuh sing nggiyantheng dewe sak Malang ….
        Makanya saat ditemukan menyebut nama mas Kukuh ya bukan salah Nona Y ….lha wong cinta tak sampai dengan Tuan K je!

        Kalau saya jadi mas Kukuh:

        Begitu Nona R ninggalin mas Kukuh, sambet aja Nona Y ….lebih keren mas …. karena itulan initial dari lagu keren dari Rush …. Yyz …. Sumpah lagu ini keren dan prog abiz. Mas GT aja kepincut ketika denger lagu ini saat kami ngopi progring di Corelli dan lagu itu dipasang Imam di Udinesse ….

        Lagian kalau mas kukuh pacarin Nona Y ….amal soleh juga ….dia gak gantung diri dan mas Kukuh gak selingkuh sama Jembrès …..wakakakakak …..

        Mblayu aku …..daripada ditimpuk rolling stones sama mas Kukuh ….

        Whoa ha ha ha …..

        Wueeeeeeer …….mlesat!!!

      • kukuh tawanggono Says:

        Ha ha ha ha ha ha ha ha ha………………..ya Allah gustiiiiii lha kulo kok maleh didukani(saya kok jadi dimarahi)mas.
        Satu yg saya ingat waktu saya dipanggil guru BP.”Nona R”ini,begitu bel pulang berbunyi menunggui saya dari luar ruangan.Bahkan sampai sekolah sudah sepi(waktu itu saya diintrograsi sampai lama sekali),sampai-sampai dia dijewer sama bu Mimin guru EKOP.Tapi dia tetap bertahan menunggu,sampai saya keluar ruangan.Begitu keluar segera dia menghampiri saya,terus tanya -tanya ada masalah apa dan menenangkan saya.
        Njenengkan bayangkan mas,waktu itu umur kami masih belum dewasa dan dia sudah menunjukkan kesetiaan seperti itu.
        Akankah saya temui lagi cinta yg seperti itu…………………

      • Gatot Widayanto Says:

        Lha yen cinta kok terus pedhot to mas?

    • kukuh tawanggono Says:

      Saya ini pacaran sama dia 10 tahun lebih,bahkan saya pernah mbantu uang buat biaya kuliahe.Lha kok ndak hujan,ndak ada angin saya tiba-tiba ditinggal pergi(padahal selama itu saya selalu setia sama dia)lho salah saya ini apa……………….dan setiap saya tanya dia cuma menangis sambil bilang Kukuh Please….Kukuh Please apa saya ndak bingung to mas kalo begini.

      • kukuh tawanggono Says:

        Amit sewu(permisi)mas,sepuntene ingkang kathah(mohon maaf)mas,apabila ada tutur kata saya yg tidak berkenan.

      • Gatot Widayanto Says:

        Misteri …
        Tapi ya udah mas lupakan saja Nona R
        Life must move on

        Golèk sing liyane …
        Pasti rencana Allah lebih hebat dari rencana kita meski keliatannya pahit …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: