Dahzyatnya The Flower Kings (3 dari 15)

Herwinto

image

Flower Power Track 01

Bagi Anda yang tidak berjiwa prog jangan coba coba mendengarkan album ini karena pasti Anda akan lari terbirit birit, juga bagi Anda yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga mendengarkan musik hanya sambil lalu saja dijamin nggak akan dapat ‘soul’ nya album ini, di album yang bertajuk Flower Power ini memang Roine Stolt mengajak kita untuk secara totalitas menikmati album ini, jadi hati, pikiran dan waktu kita juga harus benar benar prog….bagaimana tidak??? lha wong di album ini baru track pembuka saja yaitu track 01 yang berjudul Garden Of Dreams waktunya sudah 59 menit 16 detik, edaaaaaan!!! itu baru track 01 padahal masih ada 14 track lagi….hwa ha ha ha ha…… ini album memang ngguwajak tenan!!

image

Garden Of Dreams ini terdiri dari 18 sub judul lagu, total durasi waktu album ini adalah 140 menit, sekitar 2 jam lebih 20 menit..sungguh melebihi durasi waktu Foxtrot nya Genesis maupun Topographic nya Yes. Pada tret kali ini saya bahas dulu saja track 01 sisanya di tret selanjutnya.

Menikmati lagu ini layaknya menikmati Suppers Ready ataupun The Lamb Lies Down yang merupakan potongan potongan segmen cerita yang menjadi satu kesatuan utuh, sungguh menikmati lagu ini merupakan sebuah pengalaman spiritual yang tak bisa dilukiskan dengan kata kata, syaratnya hanya satu!! yaitu konsentrasi, cari waktu yang hening, misal di malam hari dan nikmati dengan sungguh sungguh setiap segmen lagunya, ikuti saja seperti air mengalir…..sungguh keren, warna warni musiknya benar benar membuat kita terbang jauh menembus cakrawala tanpa batas…Salah satu kesukaan saya dalam mendengarkan musik adalah adanya suara gitar yang melodius (melodinya sungguh indah) dan suara kibor yang bersahut sahutan, dan ini ada serta saya temukan di The Flower Kings, pas sudah, memang musik mereka benar benar indah, salah satu nomor yang saya putar berulang ulang di lagu ini yaitu Sunny Lane kemudian nyambung ke Gardens Revisited melodinya sederhana namun benar benar mantab, sukar saya menjelaskannya, silahkan Anda mendengarkan sendiri deh..

Memang motor The Flower Kings terletak pada Roine Stolt yang permainan gitarnya mengaduk aduk emosi serta Thomas Bodin yang juga permainan kibornya nunjek ulu hati….. Musik telah banyak menyanyikan banyak fase dalam kehidupan kita, bahkan sampai pada hal yang tak terbayangkan -yakni sisi gelap kemanusiaan-, seperti yang sering kita jumpai pada kebanyakan musik metal, meskipun tak selalu demikian, tapi jika ada harapan terhadap musik sebagai penerang jalan menuju keadaan yang lebih baik tetap saja dapat dikatakan lebih banyak ilham yang bisa dieksplorasi dari segi segi yang sarat kegembiraan. Adalah Roine Stolt salah satu musisi masa kini yang sangat meyakini hal itu, dia memang tak dikenal di tataran populer atau mainstream, namanya tak banyak dikenal, walau demikian melalui kegiatan bermusiknya lewat band The Flower Kings yang dia bentuk di tahun 1994 dialah personifikasi yang tepat untuk dukungan terhadap ”kekuatan kekuatan baik”, ”cinta”, ”cahaya” dan ”kedamaian”. Mengapa hal itu penting? Keinginan Stolt sederhana saja, ”Saya ingin muncul sebagai alternatif bagi banjir musik metal masa kini yang cenderung destruktif, gelap dan jahat, hitam dan cenderung bunuh diri” ungkapnya dalam pengantar solo albumnya yang berjudul The Flower King yang menjadi fondasi pendirian The Flower Kings.

Waduuuh saya kok nglantur kemana mana nih, ha ha ha ini gara gara pengaruh Sunny Lane yang membuat pikiran saya terbang kemana mana juga…..saat ini saya baru sebatas menikmati musiknya saja, belum merambah ke pesan pesan yang terselip di lirik lirik lagunya, mungkin perlu waktu untuk mendalami pesan pesan di balik lagunya. Mungkin senior saya mas Khalil lebih menguasai tentang pesan pesan dibalik lagu lagu The Flower Kings.

Garden Of Dreams (59:16)
-Dawn
-Simple Song
-Business Vamp
-All You Can Save
-Attack Of The Monster Briefcase
-Mr Hope Goes To Wall Street
-Did I Tell You?
-Garden Of Dreams
-Dont Let The d’Evil In
-Love Is The Word
-There’s No Such Night
-The Mean Machine
-Dungeon Of The Deep
-Indian Summer
-Sunny Lane
-Gardens Revisited
-Shadowland
-The Final Deal

11 Responses to “Dahzyatnya The Flower Kings (3 dari 15)”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Herwinto sedulurku lanang

    Membaca pengalaman njenengan itu lha kok sama dengan yg saya lakukan setiap mendengar musik klasik.Harus hati-hati,ndak boleh sembarangan,dan yg utama suasana harus tenang.

  2. Koh Win Says:

    Trimakasih mas Gatot sudah ditampilkan….selamat berkarya…

  3. Apec Says:

    Satu lagunya stolt ini sdh menyamai satu albumnya penyanyi lain..

  4. Rully Says:

    Luar biasa membaca ulasan ini. Kata kata pembukanya saja sudah berani! berani mempertanyakan eksitensi seorang prog! Siapaun yg pembacanya pasti langsung dapat dorongan batin utk cepat cepat memutar album flower kings… Saya contohnya whehe

  5. Koh Win Says:

    Mungkin kawan kawan di blog ini bisa membuat tret yang judulnya ” 10 Lagu Prog Terpanjang ” biar kita bisa tahu lagu lagu prog yang dowo dowo (puanjang banget)….he he he…

  6. hippienov Says:

    Wah aku belum sempat dengerin album ini mas, tapi uedyan tenan durasinya sampai hampir 1 jam…
    Bagus juga ide Koh Win membuat list 10 lagu prog terpanjang… Ayo siapa mau buat? ^_^

  7. Didi Says:

    Untuk daftar lagu2 yang durasinya panjang2 ada di http://www.dprp.net/longsongs. Ada lagu yang durasinya sampai 7 jam.

  8. Citraz Says:

    Wuiihh ada ya band yg begini he… Kang Herwinto izin share nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: