Kemana Raibnya Kaset Yess?

Budi Putra

image

Sabtu (12/4) kemarin, bersama istri dan anak saya niatkan untuk mengunjungi Jalan Surabaya (jalsur). Tujuan utamanya yang saya sampaikan juga ke istri (menkeu), ingin membeli kaset seken di tempat itu. Apalagi kalau bukan membeli kaset seken rekaman Yess yang termashyur itu. Namun apa hasil, setelah menjajaki beberapa kios ternyata tak satupun kaset Yess saya jumpai. Sebagian besar hanya kaset-kaset rekaman standar dan lisensi saja. Penjual bilang kaset-kaset Yess sudah habis diborong. Nah loh!

Saya kurang tau persis apakah raibnya kaset-kaset Yess akibat dari liputan di majalah Tempo yang lalu? Sehingga sekarang banyak mata kini tertuju pada rekaman yang satu ini dengan segala macam kepentingannya: entah dia sebagai kolektor kelas kakap sehingga berkepentingan memborong habis kaset Yess. Atau ada upaya segelintir orang—istilahnya mas Kukuh, kartel—yang melakukan penimbunan agar kelak bisa dijual dengan harga menjulang (permainan pasar)? —kayak BBM aja, hahaha. Mungkin juga karena barang yang satu ini memang sudah langka dipasaran karena tingginya permintaan? Wah, pikiran saya saat itu jadi berduga-prasangka. Akibatnya, saya jadi enggak fokus nyari kaset karena pikiran saya yang melayang-layang kayak layang-layang yang dihempas angin. Untuk menghibur hati yang gundah gulana karena enggak nemuin kaset Yess, saya putuskan hanya membeli 2 buah kaset lisensi Queensryche (Promise Land) dan Gorky Park, dengan harga yang terbilang murah. Dan belakangan Gorky Park saya reviews di blog gemblung tercinta ini.

Berikutnya, penasaran karena belum juga mendapatkan kaset Yess, esoknya bersama istri dan anak mengunjungi Blok M Square. Kali ini selain ingin membeli kaset juga ingin membeli buku-buku bacaan untuk anak-anak mulai dari buku dongeng, seri teknologi untuk anak-anak dan buku permainan (puzel), dan mewarnai. Sampai di Blok M Square, ternyata sudah mendekati jam 12.00 Wib. Saya lihat cafe Corelli nampak lengang tanpa pengunjung—wah saya jadi inget wajah-wajah para penghuni blog gemblung. Saya bilang ke istri kalo pertemuan (progring) kemarin diadakan di cafe ini. Dan yang paling menggelisahkan saat saya tengok sebagian kios kaset seken nampak masih banyak yang tutup. Padahal hari sudah menjelang siang. Untung saja kios bang Oman dan Legend sudah mulai buka. Jadi di kios bang Oman saya menjelajahi rak-raknya tapi lagi-lagi saya tidak menemukan kaset yang saya inginkan. Di rak depan hanya ada 2 buah kaset Yess dari album Genesis “Wind and Wuthering” dan “Live and Studio” yang tempelan fotonya (cover) sudah enggak jelas, sehingga saya tidak minat sama sekali untuk membelinya. Lagi pula ini kaset pada saat progring juga sudah ada dan rupanya tidak ada peminatnya. Bang Oman bilang stok kaset masih belum berubah dari yang kemarin (pas progring). Kios Ary juga belum buka jadi saya mampir saja ke kios Legend yang saya amati stoknya juga gak banyak berubah, bahkan tidak ada satupun kaset Yess di kios ini. Akhirnya, karena tidak ingin membuang waktu saya ambil 4 buah kaset era lisensi dengan bonus 1 buah poster Jimi Hendrix yang saya pilih sendiri. Akhirnya untuk yang kedua kali saya menjumpai kekecewaan. Setelah makan dan rehat sejenak di A&W, kami beranjak pulang diiringi gerimis yang enggak diundang.

Alhasil akhir minggu ini serasa kelabu bagi saya karena kaset rekaman Yess yang saya inginkan belum bisa tergapai. Album-album dari band prog papan atas macam King Crimson, Yes, Pink Floyd, Genesis, Marillion, dan lainnya masih sebatas impian. Satu-satunya oleh-oleh yang menghibur saya pada kunjungan di Blok M Square kali ini ialah poster Jimi Hendrix (Woodstock, Live) yang lumayan keren ini.

19 Responses to “Kemana Raibnya Kaset Yess?”

  1. Rizki Says:

    Thanks atas info nya Mas Budi. Tadi saya juga ada rencana ingin mampir ke Jl Surabaya untuk hal yg sama – beruntung belum. Wah para predator kaset YESS memang cepat ya🙂.

    Kalau Blok M Square memang belum ada perubahan/penambahan yang berarti, terutama dalam hal kaset YESS. Beberapa hari yang lalu saya sempat mampir dan beruntung dapat kaset YESS Patrick Moraz Story of I dengan kondisi super mulus. Stok kaset YESS lainnya masih seperti yang Mas sebutkan (Genesis dsb). Yang paling menarik menurut saya di Blok M Square adalah koleksi PH yang semakin banyak dan mengiurkan, termasuk koleksi PH band/artist musik progressive.
    Salam

  2. Budi Putra Says:

    Iya mas Rizki, luar biasa kecepatan para predator Yess…kecepatnnya melebiihi cahaya…hahaha. Sewaktu di blok m square, sy udh feeling Yess dan stok lainnya tdk tersedia krn udh siang kok kios blm buka juga. Sayang utk ph sy blm tertarik mas Rizki, bukan apa2 pemutarny aja gk punya…hehehe. Trims mas Rizki utk info dan komennya.
    Salam

  3. hippienov Says:

    Mungkin kaset Yess makin diburu sejak liputan Yess di Tempo mas?
    Jangan-jangan harganya main tinggi nih, seperti prediksi Mas G jangan-jangan harganya sekarang bisa menyentuh 50 ribu per satunya, sadis…

    • Budi Putra Says:

      Bisa jd mas Hippie…feeling sy skrg mungkin sj byk orang yg jd ngeh Yess…ya itu dg brbagai kepentingan…hehehe. Cilaka 12 deh

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha………..
      Mas Rizki
      Ini adalah saatnya kita berperang melawan kartel-kartel,serbuuuuu ha ha ha ha(njenengan akan mengalami sensasi yg seperti saya rasakan)

      Mas Hippie
      Berburu malawan para Kartel,sensanyinya ndak bisa hilang seumur-umur asyiiiiiiik mas……..seru dan menegangkan

  4. kukuh tawanggono Says:

    Mas Budi sigarane atiku(belahan hatiku)

    Itu lho maksud salah satu komentar saya pada waktu njenengan nulis tentang majalah Tempo kemarin………….baru terasa njih he he he.Saya paling senang berburu melawan kolektor(mainnya halus),tapi kalo Kartel saya benci sekali(mainnya rata-rata kasar).
    Matur suwon(terima kasih)mas,konsep yg njenengan berikan akan saya jadikan pegangan saya selamanya.
    Oh njih kalo kepingin ngelawan Kartel,jadilah seorang Capo………………..(Kelemahan mereka hanya jika suplai dagangan mereka terganggu)………………ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha jadi kayak trilogine Godfather mawon(saja).Tapi tips ini sungguh manjur lho mas

  5. hippienov Says:

    Mas Kukuh, repotnya kalo “in war with” kartel kaset loak mereka punya dukungan dana yang terbilang kuat mas, sekali sikat bisa-bisa satu lemari disikat semua, dan akhirnya kita cuma kebagian sisa-sisa dari mereka. Malah lebih sedihnya kita mau gak mau datang ke mereka juga beli kaset dari mereka yang pasti sudah di-up harganya. Ambil contoh aku pernah ditawari oleh Bang Feri kaset Team Records edisi Master of Rock seharga (kalo gak salah) Rp 80,000/pc padahal band nya The Archies dan The Monkees. Buset d…walau aku minat mending mundur d. Next time aku “serang” lagi siapa tau dia mulai “desperate” dan mau ngejual murah. Kemarin saat Gala Progring Bang Feri menawarkan koleksi 1 paket LEd Zeppelin Rockline (1-8) dengan harga yang sudah turun dibandingkan pertama kali dia tawarin ke aku tapi buatku masih terlalu tinggi dan aku emoh… Besok-besok aku coba “hit” lagi dengan penawaran harga yang rendah, kalo masih gak mau ya aku “run” lagi.. Hit & run mas…hehehe…

    • Budi Putra Says:

      Bener mas Hippie, hit n run aja. Sy yakin mrk jg hrs muter modal apalagi mrk hrs byr sewa kios jg. Kt jg jual mahal aja: butuh gk butuh. Krn kondisi skrg kan kalo hanya sekedar mendengarkan aja kt bs browsing di internet. Kt liat sejauhmana mrk bertahan dg stok yg mrk punya…sy kira harga Yess msh berkisar 25/35 ribu…cm memang saat ini org byk ngelirik Yess, jd kaset tsb langka dipasaran…kalo yg beli bukan kolektor sejati pasti dilepas lg…seperti euforia Yess.

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha…………..kuasai mawon(saja)salah satu sumbernya mas.Kalo saya itu gini,saya selalu punya cd band-band lokal(ini paling cepet laku,walau untungnya ndak banyak),majalah Metal Hammer beserta cd-cd bonusnya,juga (maaf bukannya saya sombong njih)usaha sablon mulai dari kaos sampe jaket ini sudah berjalan kurang lebih setahunan(biasane kalo mereka order baju-baju metal kan ndak banyak ya saya terima saja),inilah mas yg saya maksud jadi Capo tadi.Jadinya mereka juga butuh saya mas,akibatnya ndak berani macam-macam wis.

      • kukuh tawanggono Says:

        Ngomong-ngomong saya ini punya kode etik mas Hippie.Kalau ketemu kolektor asli semacam njenengan,mas Budi,dll saya cenderung mengalah(istilahnya jadi baik),tapi kalo sama Kartel-Kartel itu………………. he he he

  6. hippienov Says:

    Setuju dengan pendapat Mas Budi, pastinya banyak orang yang mungkin belum kenal Yess akan penasaran dan pengin tahu serta ngeborong kaset Yess, tapi boleh jadi separuh dari fans Yess “dadakan” ini gak akan bertahan lama dan pada akhirnya akan melepas lagi koleksi Yess nya, karena memang rilisan Yess sangat tidak mainstream dan perlu waktu khusus untuk bisa memahami/menikmatinya. Kalo sudah dilepas lagi ke market pasti pasokan barang akan banyak lagi mas, mudah-mudahan harga jual pun bisa turun jadi 10-15 ribu per kasetnya gitu (termasuk untuk koleksi Gentle Giant Yess)? ngarep.com, hehehe…

    • Budi Putra Says:

      Mudah2an mas Hippie, kdg masyarakat kt msh suka euforia. Kalo kolektor kakap mesti sdh tuntas urusan Yess nya kec utk album2 yg bener2 langka aja. Kalo stok dipasaran byk harga pasti akan turun…cuma repotnya kalo yg main kartel mrk bs mainin kondisi pasar semaunya…krn ini bg mrk mmg smpingan jd pinter mengatur ritmenya. Kayak jaman buku2 kiri aja, karya2 Pram seoalah jd brg mahal atau buku di bawah bendera revolusi…tp stlh semakin byk buku2 terlarang yg dicetak harga jd murah. Tp apapun itu bagi kolektor/penikmat musik sejati jg punya strategi jitu…

  7. Apec Says:

    Wah, mas kukuh mroduksi kaos juga..boleh tuh dipamerkan hasil karya panjenengan..siapa tahu music for life perlu kaos kebangsaan.. Mas budi, memang mungkin ini efek Tempo..tapi di surabaya sebenarnya masih ada lapak sebagaimana yg saya postingan bbrp waktu lalu…Yess-nya buanyakkkkkkk, tapi ya gitu, harga perkepingnya 50 rb..memang seperti gak niat menjual, lha dia sebenarnya kolektor…atau bisa jadi Yess langka di pasaran jakarta bukan karena diborong, tp sengaja disembunyikan para pedagang sbg siasat untuk menaikkan harga

    • Budi Putra Says:

      Kemungkinan itu ada mas Apec, kok bisa2nya penjual di jalan Surabaya blg Yess sdh hbs diborong…kalo dlm teori ekonomi ini kan berrti demandnya/permintaan byk…smcm menciptakan kondisi pasar agar ada alasan utk menaikan harga…hahaha.

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Budi,
        Memang di Jalan Surabaya cukup jarang ada Yess kok. Makanya kalau ada, harganya murah sekitar 10-12.5 ribu saja karena dianggap sebagai kaset biasa. Namun dulu ketika saya sering beli …malah dinaikkan harganya. Ogah ah …
        Tapi memang di JalSur dari dulu jarang aset Yess ada, kecuali di Asril kadang ada dan disikat predator Klaten …

    • kukuh tawanggono Says:

      Hanya usaha kecil-kecilan mas(gara-gara teman usahanya bangkrut daripada diambil alih orang lain saya ambil alih sendiri)
      Beres nanti saya pasang gambare Jembres………… Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha

  8. 25she Says:

    Reblogged this on DOKUMENTASI……!!!!!!!!.

  9. Nono Says:

    Sktr 2minggu yg lalu sy kemalang, sengaja memang utk cari kaset yess, alhamdulillah dpt 5 kaset yess, trs sy minta alamat si pedagang krn katanya drmhnya dia msh nyimpan. Hrg berkisar 20-30rb. Seminggu kemudian sy kermh sipedagang dan dpt lg sampe terakhir sy ksna dpt krg lbh 12 kaset yess. Alamat di sekitar boldy malang.

  10. Heroe Glam Says:

    nunsewu mas2 penggila prog dan Yess…
    kebetulan saya baru dapat sekutar 60 an kaset Yess dan 20 an rekaman Monalisa. siapa tau ada yg berminat monggo call saya di 085704346399. atau kalo pas ke malang bisa mampir untuk sekedar berbincang dan denger prog lama….

Leave a Reply

