Gorky Park “Парк Горького”

Budi Putra

IMG-20140413-00089


Saat ini tidak banyak penikmat musik genre glam rock era 90-an, yang mengetahui tentang perkembangan grup band asal Rusia, Gorky Park yang dibentuk pada tahun 1987. Apa sebab, setelah  album Moscow Calling (1992-1993) kiprah mereka di panggung musik rock dunia sepertinya tak terdengar lagi. Padahal secara musikal, kualitas mereka tak kalah dibanding band-band glam rock lainnya yang lebih dulu muncul.

Gorky Park adalah sebuah taman besar yang sangat terkenal di Moskow, Rusia, yang diambil dari nama sastrawan sosialis terkemuka, Maxim Gorky. Taman ini sangat bersejarah karena menjadi saksi bisu perubahan besar-besaran di negeri yang pernah dijuluki sebagai “negeri tirai besi atau beruang merah” ini. Namun, pada awal 90-an, di Jakarta khususnya, nama Gorky Park lebih dikenal sebagai salah satu grup glam rock yang cukup populer dikalangan remaja. Lewat lagu-lagu mereka seperti “Try To Find Me”, “Child Of The Wind”, dan tembang daur ulang milik The Who, “My Generation”, grup yang awalnya digawangi  Nikolai Noskov (vokal), Alexey Belov (gitar), Alexander Minkov (bass), Yan Yanenkov (guitar), dan  Alexander Lvov (drums) itu sempat mewarnai blantika musik rock dunia pada saat itu. Pada era itu, Gorky Park memang boleh dibilang sebagai salah satu musisi atau grup asal Rusia yang paling dikenal. Berkat kebijakan Glasnost dan Perestroika yang
 diperkenalkan Mikhail Gorbachebv, Gorky Park memanfaatkan peluang itu dengan hengkang ke Ameirka Serikat (AS), dan Gorky Park berhasil meraih bintang mereka, menjadi rock star apalagi ditambah sentuhan apik dari Jon Bon Jovi dan Ritchie Sambora.

Seingat saya Radio Mustang FM, Jakarta, termasuk yang ikut mempopulerkan grup ini. Setelah  nomer-nomer cadas (metal), diakhir acara lagu “Try To Find Me” kerap diputar. Maka setelah berheadbanger ria bersama lagu-lagu metal, mendengar lagu ini serasa syahdu nian namun tak kehilangan taji berkat permainan solo gitar Alexey Belov yang sangat apik. Saya sendiri bila mendengar “Try To Find Me” selalu terkenang dengan teman saya semasa di kampung dahulu, Edi, yang memperkenalkan grup ini selain band Bullet Lavolta yang hingar bingar itu. Teman saya ini selalu bangga dengan band asal Rusia ini yang menurutnya lebih berkarakter dibanding band-band glam rock asal Amerika atau Eropa.

Selain easy listening, khas lagu-lagu balada band-band glam rock, lirik lagu “Try To Find Me” juga sangat inspiratif, bercerita tentang kehidupan seperti pada karya Maxim Gorky, “Ibu” yang pernah diterjemahkan sastrawan Pramoedy Ananta Toer.

Songs~

Bang – 4:47
Try to Find Me – 5:08
Hit Me with the News – 3:52
Sometimes at Night – 5:08
Peace in Our Time (Jon Bon Jovi, Richie Sambora) – 5:56
My Generation (Pete Townshend, includes Prokofiev’s “Alexander Nevsky”) – 4:44
Within Your Eyes – 4:55
Child of the Wind – 5:22
Fortress – 4:04
Danger – 3:30
Action – 3:55

18 Responses to “Gorky Park “Парк Горького””

  1. Budi Putra Says:

    Mas Gatot terimakasih sdh di posting reviews singkat ini.

  2. andria Says:

    saya kenal grup ini saat kelas III sma. teman saya yg suka bereksperimen mendengarkan grup2 baru sdh membelinya duluan. pengaruhnya dia lalu ikut2an menuliskan namanya memakai aksara Rusia😀
    saya sepakat dgn teman pak Budi, album ini lain dgn grup2 glam dari amerika saat itu. bahkan lagu My Generation karya the Who saya anggap lebih megah saat mereka cover.
    saya juga punya kaset yg seperti di atas itu. setelah Vertigo diambil alih Suara Sentral sejati maka cover kasetnya berubah horizontal dgn warna merah saja.
    ada kaset Gorky Park II tapi rasanya sdh beda dgn ini, dia radio dulu yg sering diputar adalah the Candle

    • Budi Putra Says:

      Mas Andria, memang tdk semua band glam/hair sy sukai atau miliki kasetnya. Utk band spt Bon Jovi, Poison, Great White, Warran, Kix, Steel Heart, sama sekali tdk sy sentuh. Tp utk Gorky Park, pertama, krn diperkenalkan teman sy jd mau mendengar band ini, kedua sy tertarik Rusia punya band rock bagus pada saat itu. Dan pastinya beda/unik dibanding band glam yg sdh ada. Dan memang stlh sy denger musiknya lbh berkarakter apalagi permainn gitar Alexey Belov yg ternyata dahsyat dan lebih bertaji dibanding band glam lainnya dlm membawakan nomer balada.

  3. kukuh tawanggono Says:

    Mas Budi sedulurku

    He he he he……….Akhirnya muncul lagi karya sedulur lanangku(saudara laki-lakiku)yg membuat saya seakan membaca jurnal-jurnal buah karya Che Guevara.Bahkan kala membahas sebuah band glamrock yg tak begitu menjadi perhatian orangpun,masih sempat menyemai benih-benih untuk selalu kritis pada keadaan disekitar kita.
    Mas Budi ,Maxim Gorky adalah salah satu sastrawan yg menjadi pujaan saya.Penggambarannya tentang realitas kehidupan begitu nyata(walau kadang bersifat seakan hiperbola)namun itu semua untuk menarik perhatian kita pada nasib kelas tertindas.
    Sepuntene ingkang kathah(mohon maaf)apabila komentar saya malah pada sosok Maxim Gorky.
    Mas Budi sedulur sigarane atiku(saudara belahan hatiku)tulisan njenengan ini seakan menyentil telinga saya,agar ndak lupa pada asal mula saya(buruh kasar biasa).
    Semoga mas Budi sekeluarga dianugerahi nikmat dan rahmatipun gusti Allah SWT.
    Matur suwon sanget(terima kasih)mas

    • Budi Putra Says:

      Mas Kukuh kan gak semua band glam/hair identik dgn wanita, sex, drugs and rock n roll…kecuali si anak nakal Motley Crue atau Poison…hehehe. Band ini punya lirik yg bagus2 kok, masa sdh pake nama Maxim Gorky mau ikut2an jd nakal…hehehe, nakalnya sm penguasa aja mas Kukuh. Cuma mmg band hair krg dilirik penggemar musik rock pd umumnya krn beatnya nanggung gak nendang beda bila dengerin metal sekalian yg nyentak dan nendang…hehehe. Mknya band bergenre glam era kini spt hilang ditelan jaman, beda dg heavy metal yg terus berinkarnasi, punk yg terus berkembang walau menelan ludah sendiri krn kecemplung di major label spt yg dialami Green Day, Offspring, atau Rancid…itu menurut pengamatan sy pribadi.

  4. andria Says:

    pak Budi, saya ingat kaset Bullet Lavolta – the Gift pernah diresensi tabloid Citra Musik. saya pernah lihat kaset sekennya tapi ya nggak pernah beli & sampai sekarang blm pernah lihat lagi. mp3-nya saya dapatkan juga dgn sedikit perjuangan di internet cuma sayangnya tak ada lagunya yg bisa diingat🙂

    • Budi Putra Says:

      Betul mas Andria, sy jg bingung kok bisa2nya teman sy mengoleksi dan meminjamkan kaset Bullet Lavolta (Gift) ke saya…dan memang pd saat itu stlh sy puter berkali-kali sy gak nemuin lagu mana yg bs dikategorikan enak dinikmati…??? Mungkin bg temen sy krn unik namanya atau memang dia sdh tingkat dewa dlm memahami sebuah musik/band sejenis Bullet Lavolta ini…hehehe.

  5. kukuh tawanggono Says:

    Ha ha ha ha ha …………jadi ingat obrolan saya dengan sam OT(ovan tobing)sama teman-teman cartel.Mas Budi kulo mbok nedi no hpne(saya minta no hpne).No hp yg njenengan kasih itu lha kok lupa saya save.Tadi ada barang bagus,gara-gara no hpne mas Budi hilang aq cuma melongo(ndak bisa hubungi njenengan) waktu barang disikat habis, ndak berani hold aq mas takute kalo sampean ndak cocok.

  6. Budi Putra Says:

    Mas Kukuh ini nno hp saya: 087875482769…yg penting band bagus, barang bagus, harga bagus mas Kukuh…hahaha.

  7. hippienov Says:

    Mas Budi, aku sempat punya kaset Gorky Park ini. Waktu itu saat single “try to find me” sedang ngetop banget dan sering diputar di radio dan klip nya sering muncul di tv. Kalo gak salah yang mengorbitkan band ini adalah Jon Bon Jovi sama seperti dia mengorbitkan Skid Row.
    Sayang kaset ini sudah lama raib hilang entah kemana dan sekarang jadi barang langka, cd nya pun kayaknya susah dicari. Toubz mas…keren…

    • Budi Putra Says:

      Memang “Try to Find Me” yg bikin grup ini dikenal…selain berkt sentuhan pik JBJ pd album ini. Kasetnya mmg agk susah dicari, mknya begitu lgsg sy bungkus aja.

  8. hippienov Says:

    Kalo semisal sudah bosen dengan Gorky Park dan mas Budi sudah mau total mengkhususkan diri hanya mengkoleksi prog serta metal, dengan senang hati aku akan menampung serta merawat kaset ini mas, hahaha…
    btw, ini no telp ku buat bertukar kaset eh… info musik (kaset juga boleh) : 0818-082-33033
    Suwun

    • Budi Putra Says:

      Siip mas Hippie, nanti akan sy hibahkan kpd org yg tepat…hehehe. Kalo yg metal sy msh penasaran dg Testament (Practice What You Preach), Sacred Reich (Americn Way), Death Angel (Act III), Powermad (Absolute Power), Rigor Mortis, Voivod (Nothing Face), kayaknya ada semua di mas Andria…hahaha

      • kukuh tawanggono Says:

        Rupanya ada yg menyebut daftar cd milik saya,berminat njih………..ha ha ha ha ha ha ha ha

  9. hippienov Says:

    Hehehe… just kidding loh mas…
    Dari beberapa nama band yang mas sebut, Testament prctice aku sempat punya tapi karena waktu itu aku rasa kurang sreg akhirnya aku lepas ke temenku bersama dengan album Souls of Black (sekarang nyesel, hiks…). Saat itu aku terpikat banget dengan Testament album legacy dan the new order mas.
    Sacred Reich aku punya kaset album independent mas, aku suka album itu, sampai sekarang masih kemricing suaranya. Kapan-kapan tak posting ya mas.
    Powermad sempat punya tapi dasar sial pitanya kemudian mulai bergelombang dan akhirnya aku lego.
    Voivod dulu buatku terlalu aneh musiknya, jadi gak gitu ngikutin. Sempat pinjam album rrroooaaarrr dan killing technology dari temen SMA ku dulu tapi gak pernah niat buat beli sendiri.

  10. andria h8 Says:

    kl Sacred Reich (Americn Way), Rigor Mortis, Voivod (Nothing Face) saya tak punya🙂

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Andria amit sewu nedi no hpne njenengan(permisi minta no hpne njenengan).Nanti kalo ada cd metal prog eropa pesenane njenengan saya bisa hold
      Sepuntene njih(mohon maaf)apabila baru memintanya sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: