Dahzyatnya The Flower Kings (2 dari 15)

Herwinto

image

Begini ceritanya, awalnya saya susah banget menikmati album ini, sudah saya puter lebih dari tiga kali tetep aja susah banget saya memahami, nah suatu ketika saya ada pekerjaan kantor yang harus saya selesaikan malam hari itu juga, maka saya putuskan untuk lembur, ketika lembur inilah saya sengaja pasang album ini sekedar untuk mengusir kantuk dan menemani saya di keheningan malam karena pasti sampai larut….Awalnya masih biasa aja kayak sebelum sebelumnya juga, sampai ketika malam semakin menuju puncaknya saya sudah kembali putar ke track 1 lagi….Gila!!! di putaran yang kedua ini saya baru bisa merasakan betapa dahzyatnya album ini…

Track 1 dari album ini berjudul I Am The Sun -part one 15:03 benar benar membuktikan betapa prog nya lagu ini, lagu yang dibuka dengan dentingan gitar yang pelan dan di lapisi sentuhan tipis kibor ini benar benar berliku liku, penuh kelokan kelokan tajam yang tanpa diduga sebelumnya, mengalir terus dengan berbagai perubahan tempo serta tonjokan tonjokan melodi baik gitar maupun kibor yang dramatis sekali….memang benar kekuatan TFK terletak pada Roine Stolt yang dipengaruhi Genesis dan Thomas Bodin yang sangat dipengaruhi Rick Wakeman…gitar dan kibor benar benar bisa bersenyawa untuk bersatu padu membunuh siapapun yang mendengarnya tanpa ampun….bagi penggemar Genesis silahkan menikmati lagu ini dijamin anda akan menemukan semua melodi melodi indah Genesis lama yang dipadu dengan gaya khas TFK yang berwarna warni, ada sentuhan King Crimson juga lewat permainan saxophone yang rumit, lagu ini juga mendapat pengaruh jazz fussion…puwasssss benar menikmati lagu ini!!!!

Track kedua Dream On Dreamer 02:43 mengingatkan saya pada lagu nya King Crimson, I Talk To The Wind lembut dengan iringan saxophone, track ketiga Rumble Fish Twist 08:06 sungguh merupakan lagu yang sangat megah dan indah, sangat kaya elemen elemen instrument 70 an, struktur yang berlapis lapis dimulai dengan pembukaan yang sangat dinamis hingga sangat rumit khas Yes di menit ke 03:17 hingga berubah sahdu sunyi di menit ke 03:40 benar benar nikmat, suara alunan kibor yang menerbangkan saya entah ke dunia mana….benar benar sajian musik yang sarat olah jiwa…

Masuk ke track keempat Monster Within 12:55 dengan pembukaan nan indah sekali, kemudian berubah garang, sangat ngerock dan di selingi suara raksasa tertawa…benar benar art rock…disusul dengan vokal yang bergerak dalam tempo agak lambat sampai dengan menit ke 03:35 musik menjadi berubah seperti dalam drama musikal, benar benar megah dan pada menit ke 03:45 berubah menjadi rumit dan dinamis dengan iringan kibor layaknya Tony Banks pada era Fontain Salmacis, benar benar sajian penuh warna warni…..dan pada menit ke 09:30 melodi kembali seperti pada saat pembukaan lagu hanya dalam tempo yang cepat…benar benar kuereeen lagu ini!!!

Track selanjutnya berjudul Chicken Farmer Song 05:09 lagu yang sangat enak dengan vokal yang sungguh empuk, sangat pas untuk jeda dari lagu sebelumnya yang begitu kompleks.

Track keenam adalah Underdog 05:29 lagu yang lumayan enak juga meski di menit ke 04:00 menjadi sangat berisik dengan bebunyian instrumen yang begitu keras. Track selanjutnya You Dont Know What You’ve Got 02:39 adalah lagu yang awalnya terdengar agak pop tapi saya ditipu mentah mentah!! di menit ke 02:33 sifat prog nya TFK langsung muncul….lagu berubah menjadi sangat prog dengan sedikit memunculkan nuansa ELP nya…..edaaann!!! lagu diakhiri dengan lolongan gitar Stolt yang merobek robek isi jerohan hati saya…..

Track selanjutnya Kings Prayer 06:02 benar benar lagu yang sangat indah….seindah judulnya….wah kalau dengar lagu ini pasti saya terpancing untuk ikut teriak teriak…..sungguh keren melodinya…..juga teriakan Stolt yang sungguh bertenaga…dan sebagai track penutup album ini adalah I Am The Sun-part two 10:48 ini lagu juga sungguh keren, musiknya pun sungguh menawan, penggunaan saxophone yang tepat dipadukan dengan kibor beserta dentingan gitar akustik sungguh melenakan, benar benar kompleks musiknya. Kenikmatan yang sudah disajikan pada track pertama diulang dengan tempo yang lebih halus pada track pamungkas ini….benar benar sajian nan dahsyat….banyak yang menyebutkan bahwa album ini jika tidak bisa disebut sebagai album terbaik, setidaknya salah satu album terbaik TFK…..Salam!!!!

11 Responses to “Dahzyatnya The Flower Kings (2 dari 15)”

  1. Koh Win Says:

    Trimakasih mas G sudah muncul tulisan kedua ini……album yang sungguh luar biasa bagi saya…..!!!

    • Gatot Widayanto Says:

      Koh Win …mohon maaf telat upload karena saya kemarin sedang berjalan kaki ke dokter mengingat “I got sunshine in my stomach” selama seminggu kok ndak tuntas2 … Untung dapet dokter yang baik. Mohon doanya ya agar segera pulih seratus persen … Saya lagi memikir apa sebabnya bisa sakit perut dan lama sekali (8 hari) …bawaannya males ….

      Akhirnya bisa posting ulasan dahzyat ini … Suwun ya Koh Win ..

      • kukuh tawanggono Says:

        Astaghfirullah…………….
        Mas Gatot gerah(sakit)njih………..Saya doakan semoga gusti Allah SWT segera menyembuhkan penyakite njenengan mas.

      • Koh Win Says:

        Semoga Allah segera memberi kesembuhan mas, dan ambil hikmahnya sakit yang diberikan Allah adalah bagian dari kasihNya kepada kita agar kita selalu ingat betapa kecil dan lemahnya kita…..semoga segera pulih mas….

      • Gatot Widayanto Says:

        Aaminn … Suwun Koh Win …

      • herman Says:

        Semoga lekas sembuh dan sehat kembali Mas GW,……apa pernah terlambat makan ?

      • Budi Putra Says:

        Mas Gatot segera pulih kembali, dan semoga Allah memberikan kesehatan sepenuhnya. O ya mas, sekedar berbagi, apa yg mas Gatot alami itu sering sy alami mas…dokter blg sih gejala mag atau asam lambung. Hal ini terjadi krn awalnya sy gak di siplin dlm makan…sering telat makan tp byk ngopi…hehehe.

      • Gatot Widayanto Says:

        Temen2 semuanya …. terima kasih ata doanya …. Sebenarnya saya juga heran karena baru kali ini kena masalah perut cukup lama, lebih daro seminggu. Awalnya memang diare …tapi terus gak lagi namun perut gak enak banget dan pada periode tertentu pengen ke belakang tapi gak signifikan keluar nya. Makanya Jumat malam ke dokter. Katanya ada gangguan pencernaan dan sdh dikasih obat.

        Sabtu kemarin saya praktis di rumah terus hingga sore ini. Herannya ….bawaan saya males melulu …ngapain aja males … saya gak tahu kenapa.

        Malem minggu saya isi dengan nonton dvd Omar bin Khattab yang ternyata ada 30 episode di youtube ….nonton sampe jam 2 dinihari. Itupun hanya 4 episode. Ini tadi tambah 2 episode. Wah …nangis beneran nonton film ini …Wajib tonton.

        Ok …segitu dulu …

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Herwinto sedulur lanangku

    Siang berisikan keributan
    Keributan berisikan ketidak tahuan

    Malam berisikan keheningan
    Keheningan berisikan pengertian

    Musik prog,blues,klasik memang paling pas dinikmati malam hari.Terutama tengah malam menjelang sepertiga malam.Sehabis itu mengaji terus menunaikan shalat subuh berjama’ah.Terasa damai dan bahagia sekali mas.
    Matur suwon sanget(terima kasih)mas,sudah mengupas karya dengan hati.Seribu jempol untuk njenengan.

  3. hippienov Says:

    Space revolver adalah album TFK yang pertama kali aku beli setelah sebelumnya membaca ulasan tentang band ini di internet saat masih kerja di distributor cerutu awal tahun 2001an saat aku sedang rajin-rajinnya ngumpulin album-album prog. Aku pergi ke DS plaza indonesia dan ketemu beberapa album TFK dan entah kenapa yang aku pilih adalah album space revolver (harganya lumayan mahal tapi karena udah niat beli TFK ya nekat aja, gesek dulu, ngutang pake kartu :-D) padahal jujur aku sama sekali gak tahu menahu soal album-album TFK. Belakangan aku baru tahu kalau album ini salah satu album terbaik mereka, baru setelah itu aku beli album retropolis (yang juga harganya menguras kocek). Sayangnya lama kelamaan aku mulai kewalahan ngumpulin TFK karena harga cd nya yang terbilang mahal dan banyak album-album prog lain yang ingin aku beli juga, akhirnya cuma 2 album itu saja yang aku punya sampai beberapa waktu lalu “kakak seperguruan” ku koh Win berbaik hati men-JNE-kan beberapa kopian album TFK. Wah sueneng buanget bisa denger dan punya album-album TFK yang lain dan I believe they are one of the greatest and admired progrock bands of all time.. Suwun..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: