Jeff Berlin “Pump It!” – Yess

image

Gara-gara Yess diulas oleh majalah bergengsi Tempo,  maka adrenalin buat mengulas album musik yang direkam Yess jadi menyeruak kembali. Sengaja saya pilih yang jarang dibahas dan bisa dibilang langka karena saya yakin seri ini dicetaknya gak banyak …paling banter ya 200 kaset aja. Makanya perlu kita bahas bersama. Saya pun relatif jarang memutar kaset ini sehingga jangan kaget bila kondisi fisiknya kincling mengkilap kayak kepala botaknya Gentle Giant.

Siapa sih yang kenal Jeff Berlin?

Jarang sekali orang kenal dengan musisi satu ini termasuk saya saat itu. Saya baru ngeh dengan Jeff Berlin gara2 dia berani main bareng Bill Bruford di kaset Yess bertajuk “Bruford – One of a Kind” bersama Allan Holdsworrh dan Dave Stewart. Saya langsung kagum sama JB ini karena memang mainnya keren banget. Sosok JB memang unik karena khalayak bingung sebenernya dia ini musisi rock atau jazz. Namun bagi orang yang berjiwa prog pengkotakan seperti ini berarti pengkerdilan. Makanya saya sangat welcome dengan JB baik dalam membantu ABWH in concert maupun kontribusinya di Bruford. Wong prog,  apalagi yang gemblung,  pasti tak mengenal lagi dikhotomi rock atau jazz.

Dalam album ini JB menggaet dua gitaris handal:  Frank Gambale dan Paul Gilbert. Memang permaina n shredder nya Gilbert gak begitu terlihat karena memang komposisinya tak dibuat untuk itu. Saya mulai tadi malam dengan sid B yang dimulai dengan gubahan “Bach”. Wah bener2 maut mainnya. Musik Bach bisa diintsrpretasikannl dengan baik okh JB. Bass menjadi melodi tanpa meninggalkan perannya sebagai pengisi dintara gebikan drum. Pada track “Crossroads” Buddy Miles berkontribusi pada lead vocal dan bukan ngedrums. Puncak dari album ini sebenarnya justru di lagu “Manos de Piedra” dimana komposisinya sudah bwgitu matang dan JB bernain secara totalitas didukung musisi2 handal.

Di muka A ada track yang merupakan tindak lanjut dari karya JB yakni “Joe Frazier” Round 2 yang sebelumnya ada di album Bruford. Ternyata di round 2 ini musiknya berbeda dari versi pertama yg ia tulis untuk album Bruford,  namun tetap menawan. Buddy Miles juga nyanyi di title track “Pump It!”. Ada juga track yang merupakan tribut untuk Rush yakni “All The Greats”.

Pokoknya album ini seru dah. Musiknya jelas bernuansa jazz rock fusion. Selama muter kaset ini saya ingwt mas Rizki yang suka sama fusion. Album in terbit 1988 dalam fornat PH dan kaset Yess. Bari sepeluh tahun kemudian yaitu 1998 keluar versi CD nya. Wajib dimiliki ,  terutama kaset Yess nya. JrèNg!

image

13 Responses to “Jeff Berlin “Pump It!” – Yess”

  1. gt Says:

    Joe Frazier mantap Mas GW…

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Gatot guru kulo

    Wuiiiih,jantung saya langsung mandeg(berhenti)berdetak sesaat,setelah saya membaca tulisan njenengan.Terutama ketika njenengan menceritakan komposisi bach yg dimainkan,suatu komposisi yg sulit sekali.Jeff Berlin leres sanjange njenengan(benar sekali keterangan njenengan)saya ndak tahu sama sekali musisi ini.
    Kalo menurut saya lebih bangga punya kaset seperti kagungan(milik)njenengan,dari pada versi cd/phe(lebih antik mas).

  3. Budi Putra Says:

    Referensi baru buat sy…edan memang Yess ini. Bukan sembarang musik!

  4. andria Says:

    saya baru ingat kalau nama Jeff Berlin ada di konser ABWH (an Evening of Yes Music) megang bass menggantikan Tony Levin

  5. Rizki Says:

    Thank you Mas ud diingat ketika mendengar kaset ini🙂 Memang saya juga mengemari bassist ini. Anehnya, saya memiliki albumnya yang pertama (Champion) dan yang ketiga (Taking Notes), namun entah kenapa Pump It yang merupakan album kedua terlewatkan.

    Album JB lain yg saya juga rekomendasikan adalah album Kazumi Watanabe yg dimainkan bersama Bill Bruford.

    • Gatot Widayanto Says:

      Beneran lho mas …sambil nyimak kaset yang rekamannya bersih banget ini …saya ingat mas Rizki yang saya yakin punya albumnya ….

      Wah …JB lainnya wajib dicari ….

      • Rizki Says:

        Hehehe saya jadi kepancing utk bongkar2 lemari utk dengerin 2 album JB tsb trus lanjut ke album bassist2 yg lain ….

  6. Gatot Widayanto Says:

    Bagi yang ingin mendengarkan album ini FULL, silakan klik link di bawah ini (youtube) sebagai icip2 aja. Selanjutnya kudu cari kaset Yess nya …karena ada bonus tracks nya dia main sama Allan Holdsworth dan juga ada dengan Chad Wackerman … Seru dah pokoke!
    Perjatikan track “Pump It!” yang ada vokal Buddy Miles, musiknya cenderung ada rock nya meski jazz nya ada juga. Unik memang Jeff Berlin ini …

    Tracks:
    1 Pump It (5:55)
    2 Joe Frazier (Round 2) (6:10)
    3 All the Greats (6:41)
    4 Bach (4:47)
    5 Crossroads (5:44)
    6 Freight Train Shuffle (4:50)
    7 Manos de Piedra

    Personnel:
    Jeff Porcaro Tom-Tom
    Jeffrey Weber Vocals (Background), Producer
    Ron Reinhardt Keyboards
    Bryan Rutter Vocals (Background)
    Jeff Berlin Bass, Main Performer
    Brad Dutz Percussion
    Paul Gilbert Guitar
    Clare Fischer Keyboards
    Chris Hughes Vocals (Background)
    Tris Imboden Drums
    Buddy Miles Vocals
    Frank Gambale Guitar

    • Rizki Says:

      Sekedar menambahkan info saja. Kemarin setelah membaca tulisan diatas, saya terpancing utk mendengar kembali dua album JB yg lain. Berikut ini adalah ringkasan singkat ttg album2 tsb, semoga berguna. :
      Album solo JB yg pertama “Champion” berisikan delapan lagu Jazz Rock (6 instrumental dan 2 dengan vokal). Beberapa musisi yg bermain disini, termasuk drummer Neil Peart dan Steve Smith (Vital Information, ex Journey), keyboardist T. Levitz (ex Dixie Dregs), gitaris Scott Henderson (ex Tribal Tech) dan Nei Schon (Journey). Lagu-lagu yang menonjol buat saya hanya ada dua yaitu Motherlode dan 20,000 prayers.

      Album solo ketiga, Taking Notes – menampilkan jumlah lagu yang lebih banyak dan semuannya instrumental. Terdapat dua lagu cover yang dimainkan dengan menarik: Tears in Heaven milik Eric Clapton dan Imagine milik John Lennon. Musisi musisinya yang mendukung album banyak yang saya tidak tahu, kecuali keyboardist Scott Kinsey (Tribal Tech) dan perkusionist Alex Acuna (Studio/Session, ex Weather Report). Dibandingkan dengan album pertama, Taking Notes lebih enak didengar dan menampilkan komposisi dan permainan bass yang seru dari JB.

      Salam

      • Gatot Widayanto Says:

        wah …seru juga …. saya malah belum pernah denger album lainnya, mas Rizki … Terima kasih ulasannya …
        Sepertinya album pertama gak kupingable ya …

  7. Gatot Widayanto Says:

    Bersama Holdsworth (album Road Games): “Water on The Brain II :

  8. Nono Says:

    Wah.. jd bangga nih bg para prog mania sampe2 yess dimuat di mjlh tempo.
    Mas G, matur nuwun sdh ditampilkan JB meski smpe skrg sy blm memiliki kaset rec yess, tp paling tdk sdh sedikit terobati dg ditampilkan JB oleh mas G.

Leave a Reply

