Iseng Bikin CD Kompilasi

Hippienov

Halo Mas G dan rekan-rekan, aku kembali lagi dengan tulisan ringan sekedar untuk meramaikan blog. Semoga asik dibaca dan berkenan untuk rekan-rekan.

Hari Sabtu malam kemarin saat rumah sudah sepi, kedua orang tuaku dan adikku yang sama penggila kaset/cd sedang pergi menginap ke rumah adik perempuanku dari sore sedangkan anak istriku dari jam 9-an sudah masuk kamar dan main-main bercanda sampai akhirnya mereka tertidur. Tinggal lah aku sendiri di ruang tengah sendiri ditemani acara tv lokal yang gak menarik blas. Akhirnya aku mendapat ide untuk nge-burn lagu dari format mp3 ke format audio, pikirku daripadaboring nonton acara tv. Aku pinjam notebook iparku, siapkan blank cd yang untungnya masih tersisa, cd mp3 yang jadi source dan start pilah-pilih lagu. Kebetulan cd mp3 yang jadi sumber “project” kali ini adalah koleksi mp3 yang diberikan Mas Yuddi saat Gala Progring lalu dan setelah proses pemilihan lagu yang lumayan bikin pusing karena banyak yang dipilih tapi hanya sedikit yang bisa masuk akibat keterbatasan kapasitas disertai proses “editing” (termasuk di dalamnya pemilihan sound equalizer supaya sound bass nya lebih “dum-dum”) akhirnya dimulailah proses burning yang berlangsung selama beberapa menit. Gak lama kemudian proyek kompilasi ini pun selesai dan karena sudah kelewat larut malam aku mengurungkan niat utuk menyepin nya, baru keesokan harinya aku spin cd kompilasi ini dan hasil akhirnya cukup lumayan dan bisa membuatku tersenyum…

Berikut lagu-lagu yang terpilih masuk dalam kompilasi, total ada 15 lagu:
1. Rainbow’s end / camel
2. The only thing she needs / UK
3. concerto in d (2nd movement) / Steve Howe
4. Tentacles / Patrick Moraz
5. Supertwister / Camel
6. Caesar’s Palace blues / UK
7. Release Release / Yes
8. Five G / Bill Bruford
9. Silver Screen / Patrick Moraz
10. Papillon / Refugee
11. Carrying no cross / UK
12. If you can’t stand the heat / Bill Bruford
13. Diary of a man who vanished / Steve Howe
14. The white rider / Camel
15. Presto vivace & reprise / UK

image

Tadinya kompilasi ini hendak aku beri headline “Family of Yes” karena semuanya punya relasi dengan Yes tapi lalu aku nyadar ada Camel disitu yang sepertinya gak punya hubungan apa-apa dengan Yes, jadi akhirnya kupilih judul “PROG FUSION”, biar keren, hehehe… Gak juga sih, kenapa aku akhirnya muncul dengan judul ini karena pada dasarnya kompilasi ini ber-genre Progressive tapi kudengar ada unsur Jazz nya pula terutama dari UK dan Bill Bruford. Kalo dikasih judul Prog Jazz kurang pas juga karena gak semuanya murni Jazz, ada unsur lain seperti Rock, Blues bahkan Classic. Akhirnya kuberi nama Prog Fusion, kompilasi lagu-lagu progrock yang bercampur jazz-classic-blues. Kira-kira itu filosofinya, gak nyambung ya? hehehe…

O ya, baru hari ini aku coba buat cover nya, tapi karena aku sama sekali gak bisa design seperti Mas Khalil dan Mas Herman, aku hanya nyomot gambar logo Yes dari internet lalu aku tambahkan judul-judul lagunya pakai “program” Paint di PC kantor, sederhana banget dan seadanya.

Demikian cerita singkatku kali ini, semoga berkenan dan matursuwun Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan serta untuk rekan-rekan semua yang sudah mapir membaca.

Fill your days with PROG… hippienov

17 Responses to “Iseng Bikin CD Kompilasi”

  1. andria Says:

    pak hippie saya dulu juga senang mem-burn mp3 dan audio cd. sampai2 saya beli blank cd yg ukuran cone biar jatuhnya cd bisa murah dgn jumlah banyak. sayangnya saya lama2 terlalu banyak punya album mp3 shg saya mulai males burn🙂

  2. Rizki Says:

    Mas Hippie, asik daftar lagunya dan judulnya juga ok🙂

  3. Koh Win Says:

    Hmmmm adem mripat iki nonton tulisan YES nya……

  4. hippienov Says:

    Mas Andria, boleh dilanjut lagi hobi nge-burn nya. Asik pada saat di awal sebelum mulai pilih lagu-lagunya kita harus tentukan dulu tema nya apa dan mau gimana nanti jadinya cd audio yang dibuat ini biar gak ngacak/berantakan ngasal lagu-lagunya. Saat kasih judul juga menarik mas, karena harus mikir juga gak bisa ngasal supaya ada hubungan antara isi dengan judul.

  5. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie sedulurku lanang

    Hasilnya bagus mas,kelas-kelasnya prof ini.Mulai dari pemilihan lagu sampai cover albumnya,kereeen habis.
    Seribu jempol untuk njenengan.

  6. yuddi_01 Says:

    mas Hippie, pilihan lagunya pasti sulit sekali utk mengepaskan dari grup2 yg berbeda apalagi ada Camel yg lebih dekat ke Canterbury.
    Pilihan lagunya benar2 pas dan top tenan🙂

  7. hippienov Says:

    Mas Rizki, final trigger aku bikin kompilasi ini karena aku amazed dengan “the only thing she needs” dan “carrying no cross” nya UK serta “rainbow’s end” nya Camel yang mellow menusuk hati. Akhirnya kupilih lagu-lagu lain yang serupa atau at least gak terlalu jauh beda sekali. Makanya nama-nama seperti Genesis, PF, Rush, E.L.P gak muncul mas, disamping karena di cd mp3 pemberian mas Yuddi yang jadi narasumber nama-nama itu gak termuat,he3..

    • Rizki Says:

      Sekali lagi daftarnya Top Mas – spt kata Mas Yuddi pilihannya benar2 pas …
      Oya, tambahan info aja – kalau Camel mau dihubungkan dengan Yes masih bisa kok (meskipun sedikit maksa, hehehe). Salah satu anggotanya, Mel Collins, pernah main bersama dengan Bill Bruford di King Crimson dan juga dialbum solo Chris Squire yang pertama🙂

  8. hippienov Says:

    Koh Win, cover nya hasil googling, aku ambil karena hampir semua isi cd ini related to Yes, except Camel.
    Kalo mas perhatikan ada gambar orang jalan dengan gaya seperti Phil Collins di cover album Genesis-the way we walk.

  9. hippienov Says:

    Mas Kukuh, biasa aja kok mas. Ini hasil keisenganku di tengah malam, jadilah 1 cd kompilasi, he3..
    Sayang mbakyu Joplin gak bisa masuk disini karena gak prog😀

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha mas Hippie mbuka catu lawas(luka lama)mbok pun ngoten mas(mbok jangan begitu mas).
      Mas tapi kalo menurut saya Camel itu kok yg rasanya menurut saya paling lezat.
      Mas cover njenengan itu bener-bener udah terkonsep.Pas dengan isi albumnya.Rupanya mas Hippie sedulurku yg satu ini punya keahlian tersembunyi membuat desain cover album.Mas andai cover njenengan itu dijadikan poster,terus dibingkai,diletakkan diruangan tempat nyimpen kaset…..keren sekali mas.

  10. Gatot Widayanto Says:

    Mas Hippe,

    Seru! Pilihan lagunya mantab. Ada yang poppy kayak Tentacles tapi nuansamatik.
    Cuman saya heran kok album pertama UK gak dapet porsi banyak ya? Ntar dimarahin Yngwie Malmsteen lho ….!!!
    Wakakakakak …

    Bill Bruford “Fainting in Coils” juga muwanteb bikin ngguweblak! Namun gak ada di kompilasi ini …he he he ..

  11. Gatot Widayanto Says:

    Bagi yang belum pernah lagu nunjek ati rempelo karangan Bill Bruford ini, silakan simak ini:

  12. Budi Putra Says:

    Bila saja Yess msh eksis sy yakin pilihan lagu2 mas Hippie ini akan masuk dlm list album kompilasi kaset Yess…keren mas Hippie!

  13. hippienov Says:

    Semua ini berawal dari kebaikan hati mas Yuddi memberikan cd mp3 yang mantep tenan isinya, matursuwun sanget mas🙂
    Bener mas Yuddi, gak gampang nentuin lagu mana yang akan di burn, semua bagus.. Proses yang paling makan waktu ya saat pemilihan lagu mas.

  14. hippienov Says:

    Wah iya ya mas Rizki, aku gak inget sama Mel Collins. Padahal bisa ya dikasih judul “family of yes”😀

  15. hippienov Says:

    Alo Mas G, iya mas karena keterbatasan kapasitas cd dan banyaknya pilihan lagu yang dipilih, aku kesulitan untuk menentukan mana yang akan kupilih dan mana yang tidak. Terpaksa ada banyak lagu nuansamatik yang disimpan dulu untuk volume berikutnya mas. Save the best for the last katanya, hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: