Edge of Sanity “Nothing but Death Remains”

Andria Sonhedi

gw-edge1

gw-edge2

saat mengetahui Dan Swano pernah main di grup death metal Swedia bernama Edge of Sanity saya segera mencari-cari kaset lama saya. saya memang pernah beli kaset Edge of Sanity – Nothing but Death Remains di era 90-an. sayangnya album tadi tak seperti yang saya kira karena walau ada Dan Swano cuma seperti album death metal biasa. Mungkin karena ini adalah album pertama mereka di era permulaan death metal menggejala di swedia.

Dan Swano dikenal karena keikutsertaannya di scene progressive (death) metal karena kemampuannya sebagai multi instrumentalis. Selain di grup Edge of Sanity (album death prog Unorthodox sayangnya tak saya beli) juga di Nightingale, Star One-nya Arjen Lucassen, proyek Odyssey, atau solo karir dgn namanya sendiri. album solo Moontower yang membuat saya kenal dgn Dan Swano. Memang Dan Swano menyanyi dengan vokal parau/growl namun tetap bisa dinikmati karena musiknya yg bisa dianggap ngeprog tadi.

8 Responses to “Edge of Sanity “Nothing but Death Remains””

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas andria sedulurku

    Pagi-pagi setelah nyaponi(menyapu)latar,lalu mempersiapkan apa-apa yg harus saya bawa ke tempat kerja dikarenakan membaca tulisan njenengan maka saya sertakan cd Aeon didalam daftar yg harus saya bawa selain berkas-berkas SPJ dan bontot/bekal untuk makan siang nanti(inilah nasib orang yg ndak hobi marung,uang makan bisa untuk nambahi dana buat beli kaset/cd/ph…he he he).
    Niki(ini)njenengan sedang di Magetan apa Blora njih?

    Sugeng ngayahi tugas(selamat bekerja)…………

  2. andria h8 Says:

    saya masih di Blora mas, nanti sore baru ke magetan lagi.
    saya pernah donlot Aeon juga , sepertinya ini death metal swedia juga kan? semalam coba nyari Edge of Sanity – Crimson, ternyata 40 menit cuma 1 lagu😀
    konsep album & prog beneran wl pakai teriak2 & growl🙂

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Andria sedulurku

      Leres(benar)sekali mas,mereka juga memainkan technical death metal. Sedikit mau curhat nih(waduh kosakata saya kok kaya ABG he he he).Besok adalah hari libur(ada Pileg),tapi bener-bener menyebalkan buat saya.Ndak bisa ngluyur mas.Bayangkan njih nanti itu mesti ikut menyediakan apa aja yg masih kurang di TPS,juga memastikan plokis(rival berat dalam olahraga balapan lari disetiap pertunjukkan metal dulu) yg bagian jaga agar ndak sampe keluwen seperti tahun-tahun yg lalu(padahal saya ini bukan petugasnya).
      Besoknya bangun pagi-pagi membantu ibu-ibu PKK memberian bantuan logistik di TPS-TPS lingkungan saya,belum lagi siangnya,belum lagi malamnya,ampuuuun tenan.
      Benar-benar ketiban awu anget(tertimpa abu hangat) saya mas…he he he he he

      Dalam perjalanan ke gudang Gondang Legi,ditemani Aeon album Bleeding The False.

      • andria h8 Says:

        masih lumayan mas, minggu lalu saya diikutkan ronda padahal jam 4.30 harus nyetir ke Blora. untung yg tadi malam saya pamit tak ikut

  3. prasetyoindro Says:

    makasih mas andria…mengingatkan dahsyatnya grup ini jg prnh diulas oleh mas G di http://www.progarchives.com/Review.asp?id=180403

  4. Didi Says:

    Iya itu Mas, yang judulnya Crimson durasinya 40 menit. Tapi memang mantaf benar lagunya.
    Lagunya Green Carnation ( end of day, day of darkness ) malah lebih awet lagi. Kalo gak salah sekitar 45 menitan.

  5. Gatot Widayanto Says:

    Saya pernah review yang Crimson II:

    http://www.progarchives.com/Review.asp?id=180403

    My first experience, and I like it!

    Yeah! I like this album very much! The reason being: it has great energy (welcome to metal world, my friends!) and catchy melody. Historically, I do not like music that is recorded by a one man band but this one which mainly played by the band’s mastermind Dan Swanö is different. It’s probably he’s quite genius that the listeners (including me) do not really care about how each instrument used in the album means to the listeners. It’s because the composition is really solid and the music flows is quite natural and energetic. It starts with something symphonic using keyboard. But what follows later is truly a blast of heavy riff music with beautiful rhythm section, played in fast tempo. I do enjoy this opening track “The Forbidden Words” (1:39) which uses growling vocal but it’s nice. It flows almost seamlessly to the next heavy riffs music “Incantation” (5:59). There are many style and tempo changes throughout the song and it makes the progressive feel prevalent.

    The transition to next track “Passage Of Time” (5:27) is so seamless and it happens to other tracks as well. So, overall the music sounds like one epic with approx 40 minutes duration in 9 parts. What I do not understand is why the album is divided into 44 sections. But it does not matter to me. What matters most to me is that the album has a solid energy and dynamics throughout the song. The intertwining roles of guitar, keyboard and drums throughout the passages of the music are really great so that the album produces excellent harmony. The growling vocal sometimes sounds like Opeth. The music sometimes delivers breaks with catchy melody of guitar work or keyboard. Even though all songs sound alike but when I listen to the album in its entirety I don’t experience getting bored with the riffs or the melody. All of the passages move so nice. Overall, this is an excellent progressive metal album with great music dynamics and many tempo changes performed mostly in fast speed. This is metal, my friends!

  6. andria h8 Says:

    utk Dan Swano ternyata pak Gatot mengecualikan nyanyi muntah kolak-nya🙂

Leave a Reply

