It’s Only Cassette, but It’s Damn Nuansamatic …!

image

Harus saya akui bahwa saya bukan penggemar fanatik the Rolling Stones namun band satu ini mau gak mau merupakan bagian dari masa remaja saya di Madiun. Seperti terlihat dari kasetnya jelas bahwa ini bukan milik saya namun mas Henky punya yang ia beli tanggal 6 Juli 1975,  saat saya kelas 3 SMP Negeri 1 Madiun dan saat itu saya sudah keburu keranjingan sama Yes “Fragile”,  “Tales from Topographic Ocean” dan juga ada Jethro Tull “Minstrel in The Gallery”. Kebayang bukan begitu sombongnya saya terhadap musik yang non prog karena yang didengerin aja album2 dahzyat yang ruwet nguweng nguweng kèk gitu ….mana mau masang The Rolling Stones lagi? Ha ha …

Namun karena tape deck di rumah Madiun hanya satu maka kadang mas Henky nyetel kaset ini juga sehingga lagu seperti “Ruby Tuesday” , “Lady Jane” maupun “Sitting on the Fence” menjadi bagian tak terpisahkan dari hari hari saya di Madiun …kadang sambil makan siang dengan sambel tempe atau sambil sore hari siram2 tanduran di halaman depan rumah ibu di Jl. Sumatra no. 26 …(sekarang nomer 28). Atau ..kadang pas saya lagi numpang baca majalah Aktuil kepunyaan mas Henky yang dibeli di toko Kaji yang lokasinya di pojokan Jl. Sumatra – Jl. Pahlawan. Pokoknya indah banget dah saat itu. Bukan musiknya yang penting namun “nuansa” ketika musik tersebut mengalun.

Memang bukan tujuan saya membuat tret ini mengulas musiknya karena pembaca banyak yang lebih ngelonthok memahami setiap lagu di album ini meski saya merasa terganggu dengan satu judul lagu di album ini yang sama sekali tak bagus … “Sympathy for the ….” …. Ngawur itu …masak naruh simpati kok ke musuh bebuyutan seumur hidup manusia! Gak mendidik blas itu ….he he he …

Sebenernya tak hanya kaset ini yang nuansamatik dan masih banyak kaset mas Henky lainnya ……termasuk rekaman Pop Discotic yang ada lagu “She is a Rainbow” yang pianonya asik itu . Belum lagi album Black and Blue yang saya suka setel kaset nya itu. Beruntung sekali lho saya masih bisa menyimpan kaset ini selama 39 tahun dan kualitas pitanya masih OK banget. Saat saya setel kaset ini yang menyeruak di kepala saya bukan keindahan musiknya namun justri nuansa jadulnya dan bunyi desis kaset yang justru memperindah nuansa ….

Wis to …

Pokoke menikmati musik via kaset itu paling bikin ndhredhegh karena sangat nunjek suasana batin. Orang bilang PH lebih hebat …saya bilang kagak! Tetep kaset lebih manteb! PH itu bukan kelas saya sejak remaja hingga usia gini karena mahalnya minta ampun dan tak sesuai prinsip hidup saya “value for money“. Dengan 10 ribu sd 25 ribu saja bisa nggeblak ngapain musti beli PH yang 300-400 ribu perak yang suaranya pun tak pernah mampir di telinga saya sejak remaja dulu. Udah gitu untuk nyetel PH musti ribet banget mbukak sleeve nya,  ngatur jarumnya …wah …ribet banget. Pokoke kaset tetep nomer satu!!! JrèNg!

image

Salam,
G

9 Responses to “It’s Only Cassette, but It’s Damn Nuansamatic …!”

  1. andria Says:

    album Flower itu kok juga p[as jadi jalan pembuka saya menyenangi RS yg jadul pak gatot. sampai sekarang saya blm pernah punya krn dulu juga pinjam mas Arkanoel kakak kelas SMA saya yg suka grup2 jazz,prog rock & rock.
    konsep murah meriah pun juga saya pegang, kaset lbih murah & punya tape-nya. begitu juga cd.kemungkinan kl dulu sempat beli LP seken juga cuma akan saya pajang saja wong tdk punya playernya.
    kemarin sempat ngobrol dgn mas Hardi Dokken ttg harga kaset seken yg tidak wajar harganya. utk kolektor + fans seamatir kami bisa dapat kaset bagus tapi murah itu benar2 nikmat tak ketulungan🙂

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Gatot guru kulo

    Cover kasetnya jadul habis he he he.Sebuah periode ketika semangat RS dalam bermusik begitu tinggi dan hanya bermusik tanpa yg lain sehingga menghasilkan karya-karya yg amat bermutu.
    Mas Gatot nyiwer(menjewer)telinga saya njih untuk PH…….he he he he.Lha yok nopo maleh mas,kadung remen niku(la bagaimana mas,terlanjur suka itu)ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha
    Kembang jagung dicuklek cina
    (Kembang jagung dipatahkan cina)
    Barang wis kadung arep dikapakna
    (Yg sudah terlanjur terjadi mau diapakan)ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Kukuh …ya sudah kalau sudah punya mau di apain lagi. Memang strata Anda beda sama saya …saya mah level kaset mas dari dulu …. ha ha ha ha …

      • kukuh tawanggono Says:

        Mas Gatot guru kulo

        Mana ada ceritanya seorang adipati Karna (sebagai seorang murid)mempunyai strata lebih tinggi daripada resi Rama Bargawa(guru adipati Karna)mboten(tidak)mungkin mas…he he he
        Oh njih mas kulo bade nderek tanglet(saya ingin mengajukan pertanyaan)Bagaimana menurut njenengan manajemen dalam memelihara koleksi kaset yg banyak?
        Sekarang saya ini menghadapi masalah yg gawat mas,banyak kaset saya yg kalau diputar langsung njegleg(kecuali rekaman yess),jadi pusing saya ini mas.Beberapa kaset itu memang saya putar cuma sekali,habis itu ya sudah saya letakkan di raknya.Terutama kaset-kaset yg saya ndak suka musiknya.Kalo terus-terusan begini bisa-bisa para kartel kaset itu selamatan 7 hari 7 malam kegirangan.Berharap agar kaset itu saya lempar ditukar dengan boxseth cd/ph.

  3. Budi Putra Says:

    Wah keren bgt cover kasetnya, jadul abizzz…hadeuhhh kalo dengerin Out Of Time dan Ruby Tuesday, jd inget jaman SMP…kebayang deh wajah2 temen sekelas dulu…indahnya masa muda.

    Mas Gatot memang luar biasa metode membangkitkan kenangannya…keren mas!

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Budi …saya aja mbrebes mili selagi nyetel kaset ini … Saya juga kaget ternyata meski gak ada di daftar lagu namun ada lagu “She’s a Rainbow” sebelum “Ruby Tuesday”. Wah nunjek kenangan lama nih … INget masa kecil saat main otopet …

Leave a Reply

