Bo Hansson “Lord of the Rings”

Hippenov

 

Selamat jumpa Mas G dan rekan-rekan semua, kali ini ijinkan aku untuk membuat tulisan sederhana tentang album Bo Hansson “Lord of the Rings”. Semoga berkenan…
bo hansson-frontNama Bo Hansson mungkin jarang kita dengar dan bahkan aku sendiri belum pernah kenal siapa beliau sampai suatu hari saat sedang browsing gak sengaja aku menemukan nama Bo Hansson yang disebut sebagai musisi prog-rock yang merilis album “Lord of the Rings” yang sempat jadi perbincangan di dunia musik prog.
Seperti biasa rasa penasaran ini membawaku untuk bertanya pada teman-teman di Metal Bleeding Corp – Medan sekiranya mereka punya album ini dalam katalognya dan walah ternyata ada! Cerita selanjutnya sudah pasti 1 kopi cd Bo Hansson + yang lain-lain terbang dari Medan ke Depok walaupun saat itu aku sama sekali gak paham seperti apa musik Bo Hansson yang dibilang prog ini.
Bo Hansson adalah musisi dengan spesialisasi instrument hammond organ serta guitar kelahiran Swedia tanggal 10 April 1943 dan wafat pada 23 April 2010 lalu. Pada awal karirnya dia tergabung bo hansson-backdalam group The Merrymen sebagai gitaris yang sempat jadi supporting band untuk tour awal Rolling Stones di Scandinavia. Kemudian Bo Hansson meninggalkan The Merrymen setelah tertarik untuk mempelajari dan berganti instrumen ke hammond organ. Tidak lama setelahnya Bo Hansson bertemu dengan drummer Janne Karlsson dan membentuk duo Hansson & Karlsson yang terbilang sukses antara kurun waktu 1967-1969. Kesuksesan duo ini menyebabkan mereka sering muncul di acara-acara tv lokal Swedia dan pada akhirnya membuat Karlsson terkenal sebagai seorang pembawa acara tv serta seorang komedian. Hal ini membuat Hansson memutuskan untuk mencoba bersolo karir dan berpisah dari Karlsson yang sibuk dengan dunia barunya.
Saat mulai beripikir untuk bersolo karir Bo Hansson secara kebetulan mendapat inspirasi dari buku karya Tolkien “The Lord of the Rings” dan kemudian memutuskan untuk membuat musik yang diadaptasi dari cerita buku tersebut.
Singkat kata debut album solo Bo Hansson dirilis tahun 1970 di Swedia berjudul “Sagan Om Ringen” dan mendapat sambutan cukup baik di Swedia sampai akhirnya seorang produser Inggris pada tahun 1972 tertarik untuk merilis ulang album perdana Bo Hansson dalam “versi Inggris” dan merubah judul albumnya jadi “Music Inspired by Lord of the Rings” atau kemudian sering disingkat “Lord of the Rings”.
Album ini mendapat sambutan baik dari kritisi musik dan disebut-sebut as one of the classic prog albums, dan nama Bo Hansson pun sering disandingkan dengan Rick Wakeman, Brian Eno dan Mike Oldfield. Namun memang pada perkembangannya karir Bo Hansson tidak sesukses Wakeman, Eno ataupun Oldfield.
Meski begitu, album “Lord of the Rings” karya Bo Hansson telah menjadi bagian sejarah panjang musik progrock dan bisa disebut sebagai salah satu album progrock yang menarik untuk disimak dan dikoleksi tentunya…
Nah sekarang dari pandanganku setelah mendengarkan album ini… Sebelumnya aku berharap akan mendapatkan sebuah album instrumental prog yang dinamis ala “six wives” nya Rick Wakeman tapi setelah mendengarkannya album ini mungkin lebih cenderung seperti “tubular bells” Mike Oldfiled, instrumental yang panjang dan cenderung datar tidak seakrobatik permainan Wakeman. Bahkan setelah berkali-kali memutar cd nya aku masih belum bisa menemukan something in it yang bisa membuatku berkata album ini nuansamatik… Pendeknya aku masih juga belum mengerti album karya Bo Hansson ini, tapi bukan berarti album ini jelek loh… Album ini indah karena pada masanya mendapat pujian dan terkenal di ranah musik prog, hanya saja karena mungkin terlau berseni ultra-tinggi yang mengakibatkan aku belum bisa betul-betul memahaminya.
No more words to say… I present you Bo Hansson’s Lord of the Rings… Enjoy…
Matursuwun Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan, dan tak lupa untuk rekan-rekan yang telah mampir membaca aku haturkan terima kasih… Mohon maaf jika banyak kekurangan dalam penulisan.
Typing like a crazy old progger…
hippienov

 

12 Responses to “Bo Hansson “Lord of the Rings””

  1. hippienov Says:

    Matursuwun mas G tulisan asal-asalan ku ini sudah muncul di blog top markotop…

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippenov sedulur lanangku sing tak tresnani(saudara lelaki tercintaku)

    Seribu jempol mas,njenengan untung sekali.Novel Lord Of The Ring itu termasuk novel yg saya sukai,bahkan novel itu saya letakkkan dekat box sethnya Burzum(band pecinta novel tersebut).Sedulur lanang njenengan ini hanya pernah menikmati album yg terinspirasi oleh novel tersebut melalui genre black metal,folk,serta power metal.Kalo genre prog belum pernah mas.
    Mas apakah di album tersebut juga ada nuansa folk dan klasik ciri khas musisi-musisi scandinavia njih?

  3. apec Says:

    Mas Kukuh, ada lagi yg terinspirasi oleh Lord of The Ring, yaitu Blind Guardian yg cover albumnya sungguh ciamik..dan juga Luca Turilli dengan bandnya Rhapsody of Fire (dulu Rhapsody only saja)

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Apec sedulurku priyayi agung saka Surabaya

      Blind Guardian itu saya beli albumnya karena cover albumnya yg keren,seperti ngendikane(omongannya)mas Apec.Tapi ya itu mas,karena saya ini wong edan cd Blind Guardian itu saya jadikan alat barter.Seingat saya 2 cd Blind Guardian itu saya barter dengan Boxseth Pantera.

  4. Budi Putra Says:

    Wah, mas Hippie mmg seorang pemburu ulung kok bisa nemu yg spt ini. Kalo diadaptasi dr alur cerita “Lord of the Rings” mesti kualitas seni tingkat tinggi nih musiknya…sy blm nyampe kesana mas Hippie…keren ulasannya, membuka cakrawala baru prog yg luas dan nguweng-nguweng!

  5. hippienov Says:

    Salam jumpa mas Kukuh, monggo dicoba album Bo Hansson ini mas. Aku yakin panjenengan akan menikmatinya. Inggih mas di album ini nuansa “folk” Scandinavia cukup terasa mas. Album ini unik, gaya musik Hansson beda dengan Wakeman yang sangat menonjol di tiap komposisi yang dia ciptakan. Disini Bo Hansson menyamaratakan semua instrumen dalam komposisi yang dia buat jadi seperti mendengarkan sebuah goup simfoni klasik bermain, bedanya suara alat musik gesek dan tiup nyaris tidak ada digantikan oleh suara organ Hansson.
    Suwun…

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Hippie,menciptakan komposisi tanpa ada yg menonjol dan semuanya sama itu hal yg teramat sulit.Soalle ada pertarungan hati didalamnya sehingga jarang terjadi.
      Berarti Bo Hansson itu hebat mas(kalo mencari musisi yg menonjol itu ada tapi mencari musisi yg menonjol malah menyembunyikan kemampuannya didalam permainan teman-temannya itu jarang sekali ada).

      • apec Says:

        Mas Kukuh yg andhap asor ( kalo hamba ini andhap lan nyosor), salah satu musisi hebat yg tdk pernah menonjolkan kemampuannya adalah Richard Wright dan Tony Banks…

      • kukuh tawanggono Says:

        Ada lagi mas Apec,nama bandnya ”Dedemit”,musisinya 666 vocal,Ghost Face guitar,KK The Mad Man drum,Mad Monk bass.
        Saking rendah hatinya dikasih kesempatan main walau ndak dibayar seneeeeeeeeeng sekali.
        Sempat mengeluarkan satu album,langsung bubar jalan(gara-gara personilnya semua kena stroke menghadapi kenyataan biaya rekaman itu ternyata maaaaaaaaaahaaaaaaal sekali)ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha
        Mohon maaf mas Hippie dan mas Apec apabila ceritanya ngelantur ke masa lalu.

  6. hippienov Says:

    Mas Budi, walah aku cuma kebetulan saja ketemu album ini. Iseng-iseng browsing eh kok ngebaca ada album “Lord of the Rings” dari seorang musisi prog yang namanya pun belum pernah aku dengar, makanya jadi penasaran. Menurutku yang harus diacungi jempol adalah teman-teman di Metal Bleeding Corp Medan yang ternyata memiliki album langka ini di katalog mereka ^_^

  7. andria h8 Says:

    jaman saya masih suka mendonlot cover cd (saat saya blm bisa donlot mp3) saya pernah tahu Bo Hansson ini.

  8. hippienov Says:

    Nah mas Andria malah jauh lebih dulu tau album ini daripada aku🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: