Wintersun s/t

Andria Sonhedi

wintersun-wintersunalbum

ini mungkin kali ke-2 saya menulis album yg saya cuma punya cd kopian & mp3nya (yg pertama adalah Wuthering Heights – Salt). awalnya saya cuma mendengarkan sepintas saja saat saya baru menerima cd kopian Wintersun ini. maklum waktu itu (mungkin 2006) saya sedang ingin mendengarkan musik2 baru dari berbagai genre (terutama yg saya anggap melodius) sebanyak-banyaknya setelah selama itu saya cuma mendengar selera pasar musik nu/hip metal yg tdk bisa saya nikmati.

Wintersun adalah grup death metal (atau melodic death metal) dari Finlandia. Sebenarnya awal mulanya adalah proyek solo gitaris/vokalis grup Viking Metal Finlandia (yg saat itu masih baru menanjak) Ensiferum. kalau kita lihat di kiri bawah cover CD ada tulisan Jari Maenpaa itulah namanya. awal mulanya Jari tidak menjadikan band ini sebagai grup yang serius, dia masih mantap di Ensiferum. Belakangan setelah melihat fans Wintersun benar2 menyukai grup ini membuat dia berubah pikiran dan serius menangani Wintersun, akhirnya Jari didepak dari Ensiferum.

awal mulanya saya memang cuma baca di internet ttg para penggemar Wintersun yang menunggu kehadiran album ke-2 mereka berjudul Time. saya cuma heran, sebagus apa musik mereka kok sampai saya kelewatan dgn album awal mereka di tahun 2004. Tadinya bahkan ada yg mengira album Time akan jadi Chinese Democracy ke-2 karena tak muncul-muncul. Akhirnya baru di akhir 2012 album Time I muncul, ada yang suka ada pula yang menganggap penantiannya sia-sia.

dari situlah awal mulanya saya mendengarkan Wintersun di tahun 2013 kemarin & ternyata memang asyik untuk didengarkan. Jelas karena genrenya death metal maka ada suara muntah kolaknya🙂 namun berbeda dengan grup semacam, beberapa lagu2 Wintersun cukup panjang & tidak didominasi melodi gitar yang cepat. lagu “Death & Healing” justru iramanya mid tempo dengan petikan gitar yang jernih ditingkahi distorsi gitar listrik. Teknik yang dipakai utk menyanyikan juga clean vocal.walau ada yang sinis menganggap Wintersun sebenarnya Power Metal dengan tambahan suara growl.
berikut lagu-lagunya:
1.Beyond the Dark Sun 2:38
2.Winter Madness 5:08
3.Sleeping Stars 5:41
4.Battle Against Time 7:03
5.Death and the Healing 7:13
6.Starchild 7:54
7.Beautiful Death 8:16
8.Sadness and Hate 10:16

dengan adanya variasi dalam memainkan alat musik (riff gitar yg dipakai mmg terdengar klise) & perpaduan koor, clean & growl vocal membuat album ini tidak membosankan bagi saya. rasanya tak sia-sia Jari didepak dari Ensiferum

sebagai catatan di album Time I lagu2 Wintersun tidak murni death metal, malah cenderung seperti Opeth & berpanjang-panjang. saat ini saya baru mencoba mendengarkan lagi. kalau lihat daftar lagu & rentang waktunya mungkin pak gatot langsung menganggap itu prog🙂

Time I
1.Fades Away 4:08
2.Sons of Winter and Stars 13:31
i. Rain of Stars
ii. Surrounded by Darkness
iii. Journey Inside a Dream
iv. Sons of Winter and Stars
3.Land of Snow and Sorrow 8:22
4.Darkness and Frost 2:24

12 Responses to “Wintersun s/t”

  1. andria h8 Says:

    trims pak gatot, mungkin Wintersun – Time I bisa dicoba

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas Andria seribu jempol
    Membaca tulisan njenengan ini saya lha kok merasa bahagia sekali.Ternyata sedulur lanangku ini ndak terjebak pada band-band metal amrik yg selalu itu-itu saja.Itu lho mas indahnya band-band metal dari tanah eropa.Rasa yg mereka tawarkan begitu beragam.Kalo saya rasakan Wintersun ini kok ada rasa folk-folknya.
    Untuk band ini saya ada dua album Wintersun seperti punyaan njenengan dan Time 1 rilisan tahun 2012.
    Mas kalo njenengan lagi senggang coba cari Windir mas,itu versi brutalle Wintersun he he he

  3. Budi Putra Says:

    Persis mas Kukuh, biasanya band2 eropa byk yg mengangkat myt/mitos, hikayat dlm tema2 albumnya krn sejarah bangsa eropa yg cukup beragam di banding amrik. Mknya unsur folk ada didalam lagu2 mrk. Di sektor black metal patut jg utk disimak band Watain.

    • kukuh tawanggono Says:

      Mas Budi kalo melihat lyrik-lyrik band-band metal eropa itu seperti seseorang berusaha mencari masa lalunya yg hilang.Lihatlah mas bagaimana mereka menafsirkan masa lalu itu dengan berapi-api dan tertatih-tatih.Serta lihat pula bagaimana kala mereka melihat puing-puing masa lalu kita yg masih utuh dengan decak kekaguman.
      Betapa beruntungnya mas kita ini generasi yg masih bisa melihat peninggalan masa lalu nenek moyang kita(sebelum agama samawi masuk di negara ini)semisal candi-candi bahkan lengkap dengan naskah-naskahnya pula yg berisi informasi-informasi penting.Lha kalo mereka ndak bisa mas,soalnya banyak yg sudah dihancurkan karena dianggap sesat(mohon maaf apabila kata-kata saya terlalu keras).

  4. andria h8 Says:

    sepertinya Ensiferum lebih kelihatan folknya mas Kukuh dibanding Wintersun.
    Windir, Korpiklaani, Amon Awrat eh Amarth sdh saya dengarkan juga
    saya pernah baca sebuah tagline di website heavymetalfromfinland.com yg kl tak salah pernah ada tulisan yg bombastis, kurang lebih “barangkali scene heavy metal terbaik di dunia”.
    Saya sekarang jarang donlot genre metal2 Amerika terutama yg blm saya kenal. tapi kl negaranya Eropa Barat & Timur biasanya langsung donlot🙂
    sampeyan beruntung punya cd aslinya mas, kl ada yg mau jual sekennya & murah😀 tolong saya diberitahu

  5. andria h8 Says:

    saya pernah baca Watain di Metal Hammer pak Budi, kl mp3-nya blm saya coba donlot. kl Viking Metal saya juga mendengarkan Turisas, terutama album Varangian Ways. ada lagi album menarik dari genre folk punk (wl menurut saya kok bisa dibilang metal juga) bernama Glittertind yg albumnya Landkening (sepertinya pakai bahasa Norwegia).

    • kukuh tawanggono Says:

      Beres mas Andria
      Coba juga albumnya Burzum mas,kalo ini benar-benar mbois ilakes.Saya sampe berdarah, penuh keringat, dan air mata dalam memburu album-album mereka he he he he he he

      • andria h8 Says:

        pokoknya selama musisi skandinavia, apa pun yg mas kukuh sampaikan kemungkinan saya tahu dan pernah nyoba (nggaya banget😀 ) biar para kritikus bilang liriknya klise, kekanak-kanakan atau mboseni saya tetap suka para northern warrior itu 🙂

      • Budi Putra Says:

        Mas Kukuh ojolali aku jg ya…yg murahan tp bermutu mas…hehehe ini no hp ku: 083890100499.

  6. kukuh tawanggono Says:

    Mas budi beres tapi alon-alon lo mas.Kalo njenengan cari band-band ekstrim yg baru-baru ada mas,tapi kalo band yg bermutu gitu ya datangnya agak lama mas tapi kondisinya dalam keadaan disegel dibandrol rata-rata 90000an,rekaman luar lo niki mas.

  7. andria h8 Says:

    kl folk metal & viking metal mudah nemu tidak mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: