Menyelami Keindahan CIRCA HQ

Herwinto

 

Sekian lama tak menulis, kali ini saya akan mencoba menuliskan sebuah ulasan pendek versi pribadi mengenai grup Circa yang kali ini saya coba kupas album kedua mereka yang berjudul CIRCA cirrrrrHQ…album ini dirilis tahun 2009 beranggotakan Billy Sherwood vokal/ bass, Jimmy Haun gitar, Tony Kaye keyboard dan Jay Schellen drum menggantikan Alan White yang ingin fokus di Yes, grup yang merupakan keluarga Yes ini menelorkan 10 lagu pada album ini…Tanpa banyak cakap inilah reviewnya perlagu…..

1. If It’s No Too Late 10 : 50 Lagu ini dibuka dengan raungan gitar Jimmy Haun, drum dan bass segera menimpali dengan enerjik, terpadu dengan rapi, vokal Billy yang Gabriel abis langsung berpadu. Di menit ke 3 : 22 tempo berubah menjadi sunyi di susul petikan gitar nan jernih dibalut hammond Kaye yang tipis mengawang mengingatkan pendengar bahwa yang sedang didengarkan adalah grup prog, di menit ke 5 : 45 tempo kembali sunyi dan Haun mengisi dengan sayatan steel hawaian yang sangat atmosferik kemudian disusul gemuruh drum, pada menit ke 8 : 45 dimulailah duel sound hammond Kaye yang bernuansa 70 an dengan lengkingan lengkingan gitar Haun yang merobek robek perasaan saya, indah sekali bagian ini mengingatkan bagian akhir dari Starship Trooper.
2. Haun Solo 1 : 18 Ini adalah solo gitar layaknya album album Yes yang selalu ada solo gitar, ini menjadi overture yang pas sebelum masuk ke track selanjutnya.
3. False Start 5 : 08 Tanpa ada jeda dengan sebelumnya lagu ini mengalir begitu saja dengan renyahnya, Billy menyanyikannya dengan di back up vokal oleh Jimmy Haun, dan pada menit ke 2 : 20 lengkingan gitar Haun kembali mengajak kita terbang dengan lamunan indah yang menghanyutkan.
4. Chasing After Ghosts 7 : 05 Lagu ini dibuka dengan vokal Billy yang seperti orang sedang membaca mantra mantra, tapi itu tidak lama segera berubah menjadi raungan gitar Haun dan disusul dengan perubahan tempo lagu yang sunyi dan berubah lagi menjadi dinamis, gitar Haun cukup memenuhi ruang lagu. Lumayan sebagai jembatan untuk lagu berikutnya yang lebih dahsyat.
5. Set To Play 1 : 49 Dibuka dengan gebukan drum Jay dan tanpa ba-bi-bu langsung dihajar dengan hammond Kaye dan disambut pula dengan raungan gitar Haun yang tak kalah garang, sebelum disusul oleh vokal Billy, dasar lagu prog,…. saya tidak sadar bahwa sekarang lagu telah berubah ke track 6 ketika vocal masuk ini sudah track ke 6, tempo berubah tanpa terkesan dipaksakan.

6. Ever Changing World 4 : 18 Kenikmatan semakin bertambah ketika raungan gitar Haun dan keyboard Kaye saling berpacu pada lagu yang sangat enerjik dinamis ini.

7. We Can Last 9 : 16 Ini lagu yang sangat enak, dengan tempo lambat khas Circa namun dihiasi disana sini dengan nuansa gitar Haun yang atmosferik dan keyboard Kaye yang menimbulkan kesan sangat art rock, perubahan tempo disana sini semakin menguatkan kesan prognya lagu ini. Petikan petikan jernih Haun dibagian sunyi sungguh nunjek di ulu hati.

8. Twist Of Fate 5 : 17 Dibuka dengan drum dan sound hammond yang sangat dinamis lagu bertempo sedang ini sangat rancak, pada menit ke 2 : 03 dimulailah kejar kejaran hammond dan gitar yang diselingi dengan vokal Billy yang empuk…ini terus terjadi sampai akhir lagu.

9. All Intertwined 7 : 29 Sejak awal lagu sound hammond Tony Kaye sungguh memenuhi ruang lagu, dan pada menit ke 1 : 25 gitar Haun baru mulai ikut menjelajah ruang sepanjang lagu dengan ditimpali oleh gebukan drum dan dentuman bass yang saling mengisi.

10 Remember Along The Way 12 : 36 Inilah lagu yang sangat huebaaat di album ini, dibuka dengan raungan synthesizer yang terdengar megah langsung disusul dengan jeritan jeritan gitar Haun yang di back up dengan hammond lalu gebukan drum yang mantab di menit ke 00 : 55….lagu bertempo sedang ini sudah membuat saya terjungkal menderita kepuasan di menit menit awalnya…barulah di menit 3 : 53 vokal Billy masuk dengan lembut dengan diiringi dentingan gitar akustik serta flute yang membuat hati ini adem….bagian instrumen lebih banyak daripada vokal di lagu ini. Sambil menulis review ini lagu terakhir ini sudah saya putar lebih dari 6x padahal durasinya 12 menitan….uwediyaaaaannn….huenaaaak tenan….apalagi bagian penutupnya…hadeeeeh……pruoooooggg banget…..sik sik ini masuk di menit ke 10 : 00 saya harus mengheningkan cipta dulu…..aduhhh Gusti Allah nyuwun pangapunten……..wis cobalah sendiri…..
Demikian review (kata halus dari peracunan) dari saya, semoga bermanfaat buat semuanya….

5 Responses to “Menyelami Keindahan CIRCA HQ”

  1. Koh Win Says:

    Trimakasih mas G sudah ditampilkan dengan cepat…..

  2. andria h8 Says:

    Jay Schellen kl tak salah drumer grup hair metal Hurricane bareng gitaris Dough Aldrich & termasuk banyak dipuji permainannya saat itu

  3. Budi Putra Says:

    Gara2 ulasan mas Win sy pernah keracunan Iq (Ever), krn rayuan beliau dg detail pd tiap lagu2 perlagu dipaparkan. Utk skrg siapa pula yg tdk tergoda dg ungkapan: “Sambil menulis review ini lagu terakhir ini sudah saya putar lebih dari 6x padahal durasinya 12 menitan….uwediyaaaaannn….huenaaaak tenan….apalagi bagian penutupnya…hadeeeeh……pruoooooggg banget…..

    Hayoo siapa yg gak penasaran?! 12 menit, 6x putar…sedahsyat apa ya lagu itu?

    Mas Win, salam!

  4. kukuh tawanggono Says:

    Mas Herwinto seribu jempol
    Ulasan yg begitu berisi dan teramat detil.Sebuah review yg biasa saya temui pada pengamat-pengamat musik yg dianggap monster oleh band-band karbitan(karena teramat tajamnya dalam mengamati dan menilai).

    • Koh Win Says:

      Hwa ha ha ha……berarti saya monster ya mas Kukuh…Monster bin Drakula ha ha ha….barusan saya dah dapat email nih album Circa ke 3 dari pak Gatot Triono…..ntar malam baru saya nikmati….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: