The Winery Dogs

Hippienov

 

Apa kabar MAs G dan rekan-rekan semua? Mohon maaf sekian lama aku absent dari hingar-bingar THEWINERYDOGS-FRONTaktivitas blog gemblung yang kian menarik dan beragam bahasannya. Tapi aku gak pernah lupa kok dengan blog yahud ini, tiap ada kesempatan aku selalu membaca tret-tret menarik yang muncul hanya saja jarang sekali ikut nimbrung komentar, hehehe…
Sekarang pas ada ide buru-buru aku tumpahkan semua sebelum menguap dan akhirnya lupa blas…
Semoga menarik dan dapat meramaikan blog… Matursuwun…

Selepas dari Dream Theater (yang sepertinya kemudian menjadi sebuah penyesalan) Mike Portnoy sang drummer terlibat dalam berbagai proyek musik dan salah satu diantaranya dan yang mungkin tergolong baru adalah The Winery Dogs. Di mbah Wiki band ini dijuluki “supergroup” karena mungkin anggotanya merupakan musisi kelas dunia yang sarat pengalaman dan sudah lama malang-melintang di dunia musik rock.
The Winery Dogs adalah proyek bersama
Mike Portnoy : Drums
Billy Sheehan : Bass
Ritchie Kotzen : Guitars, Vocals

Dalam sebuah wawancara Portnoy mendefinisikan proyek baru ini (The Winery Dogs) sebagai band classic rock yang sangat terpengaruh oleh Led Zeppelin, Cream, Jimi Hendrix, Grand Funk Railroad, Soundgarden, Alice In Chains, Black Crowes dan Lenny Kravitz.

Aku membaca nama The Winery Dogs saat aku sedang browsing mengenai aktifitas Mike Portnoy selepas dari Dream Theater, dan disebutkan bahwa The Winery Dogs merupakan salah satu proyek THE WINERYDOGS-BACKterbaru Portnoy bersama 2 dewa gitar Billy Sheehan dan Ritchie Kotzen. Tertarik untuk mengetahui lebih dalam seperti apa musiknya aku pun menghubungi teman-teman di Metal Bleeding Corp Medan untuk menanyakan jikalau The Winery Dogs ada dalam katalog mereka, dan walah ternyata ada. Pikir-pikir daripada nyari cd ori nya yang belum pernah aku lihat juga di Sarinah/Sabang dan kalaupun ada pasti harga jualnya bikin isi dompetku menjerit, aku putuskan untuk order kopiannya dari teman-teman di Medan, murah meriah…pas untuk isi dompet yang super tipis ini, hehehe…

Musik mereka persis seperti yang aku baca di wiki, classic rock dengan sentuhan blues serta hard rock yang bikin adrenalin ini terbakar dan mencuat ke ubun-ubun. Permainan gitar Kotzen sangat apik penuh dengan melodi di tiap lagunya didukung dengan bass Billy Sheehan yang kadang tampil mengisi solo bass.
Drumming Mike Portnoy seperti biasa tetap luar biasa walau kali ini permainannya gak seteatrikal seperti di DT, but still amazes me… Vokal Kotzen pun terasa pas dengan tipikal musik yang mereka mainkan, serak-serak becek ala blues rock. Tadinya aku kira yag jadi vokalis adalah Chris Cornell nya Soundgarden karena menurutku suaranya mirip dengan Cornell, ternyata aku salah karena yang cuap-cuap adalah Ritchie Kotzen.
All in all mendengarkan The Winery Dogs menurutku seperti mendengarkan sebuah band rock ber-jam session, it is pure rock n’ roll with no crap at all.. Sayang aku gak dengar ada suara hammond organ di album ini yang mungkin bisa menambah nuansa classic rock dan membuat musik band ini jadi lebih majectic.

Matursuwun Mas G untuk kesempatan dan waktu yang diberikan, mohon maaf jika ada kekurangan dalam penulisan.

Try this one, spin it, listen to it and bang your ears with rock n’ roll…
hippienov…

10 Responses to “The Winery Dogs”

  1. andria Says:

    sepertinya proyek2 baru Portnoy yg nyantol baru Flying Colors pak, si Winery Dogs blm saya dengar lebih serius

  2. Budi Putra Says:

    Mas hippie, sekali muncul lgsg dg gebrakan…sy baru tau nih mas dg project Portnoy yg ini. Pastinya keren krn ada nama2 besar disitu Sheehan dan Kotzen, dan ini patut utk disimak. Selain giat membuat bbrp project ia jg mencari band2 prog berbakat utk diikutsertakan dlm konser Progressive Nation (PN). Band2 spt PT, Spock’s Beard, PoS, Opeth, King’s X, Redemption, Bigelf, Zappa Plays Zappa, dll…namun ketika ditanya siapa band muda yg menjajikan Bigelf, jawabnya.

  3. danangsuryono2112 Says:

    Selepas dari DT aktivitas MP memang ibarat sopir tembak, main dimana-mana. Sempat main bareng A7X segala. Beruntung saya bisa menikmati Mike Portnoy main di Jakarta barengan Billy Sheehan, Tony McAlpine dan Derek Sherinian dalm band bernama PSMS. Tata letak band PSMS sungguh menonjolkan Portnoy, dimana drumset diberi tempat di depan panggung bukan di belakang layaknya konser band lain. MP memang jago dan menghibur, sayangnya kakehancangkem

  4. kukuh tawanggono Says:

    Mas Hippie ,seribu jempol
    Andai bersanding Lars Ulrich gitu bagaimana ya mas?

  5. hippienov Says:

    Apa kabar teman-yeman semua? Mohon maaf sudah lama gak ikut nimbrung…
    Mas Andria, aku juga suka Flying Colors, band itu juga hebat…ada Neal Morse pada kibor+vocals dan Steve Morse pada gitar. Musiknya beda dengan The Winery Dogs dan mungkin bisa dibilang prog-pop ya mas? Aku suka lagu Kaylaa yang balada itu.
    Coba dinikmati lagi Winery Dogs mas, pasti akan suka juga.
    Suwun

  6. hippienov Says:

    Alo mas Danang, betul mas selepas DT sepertinya Mike Portnoy berusaha melupakan penyesalannya dengan ikut berbagai proyek musik. Aku berani jamin Portnoy nyesel seribu jaman ngomong cabut dari DT. Tapi untungnya proyek-proyek serabutan Portnoy cukup hebat dan gak sembarangan, dia berhasil bergabung musisi-musisi hebat lain contohnya Flying Colors dan The Winery Dogs. Tapi yang jadi pertanyaanku apakah proyek-proyek tersebut bisa bertahan lama seperti DT? Karena yang ada di proyek-proyek itu juga punya “homebase” masing-masing yang pastinya akan lebih menuntut untuk fokus disana.

  7. hippienov Says:

    Alo mas Kukuh, piye kabare? Ide mas sangat menarik andai Mike Portnoy dan Lars Ulrich bikin proyek bareng untuk “battle of the drums” dijamin bakalan seru… Seandainya Keith Moon, Cozy Powell dan John Bonham masih hidup dan ikut gabung dengan mereka berdua, wuih… gak bisa dibayangkan gimana jadinya nanti…hehehe… Matursuwun mas…

    • kukuh tawanggono Says:

      Nanti dikasih judul mas:keteraturan(Portnoy)vskeliaran(Lars)duel drumer terbesar tahun ini he he he he he

  8. andria Says:

    contoh MP tak menetap adalah di Adrenalin Mob, sepertinya yg baru sdh tak ada dia

  9. hippienov Says:

    Kemungkinan ini salah satu bentuk pelarian Portnoy karena nyesel sudah keluar dari DT, ditambah lagi saat dia mau kembali kesana ditolak rekan-rekan DT lainnya karena sudah ada drummer baru. Yang aku denger Flying Colors sudah siap materi untuk album kedua mas, semoga aja MP masih betah ya…
    Untuk Winery Dogs aku belum denger berita apa-apa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: