Riot “Thundersteel” – Rockline

Andria Sonhedi

gw-riot

grup Riot bukanlah grup seterkenal Quiet Riot. maklum grup yang  memakai maskot cukup lucu, orang berkepala anjing laut, sering berubah-ubah style musik maupun personilnya. tercatat dua orang vokalis Riot sdh meninggal karena sakit atau kecelakaan. Hampir semua lagu-lagu Riot tak ada yang dikenal orang Indonesia. lagu yang sering dianggap bagus diantaranya Sword & Tequila.

album Riot – Thundersteel adalah satu-satunya album Riot yang saya punya dan benar2 saya sukai. Saya sempat mencoba kasetnya saat jaman kaset non royalty masih berjaya. awalnya membaca review kaset ini di harian Kedaulatan Rakyat Yogya yang memuji album ini. Walau bagus sayangnya saya belum tertarik beli, tapi syukurlah kaset sekennya akhir nya saya dapatkan beberapa tahun setelah era kaset non royalty berakhir.
Berbeda dengan trend hard rock/hair metal saat itu, Riot justru menggunakan adonan power metal ala Helloween (saat itu) untuk meramu lagu-lagunya. gambar sampulnya walau disebut kekanak-kanakan namun lebih mending daripada gambar manusia berkepala anjing laut🙂
Gitaris Mark Reale adalah satu-satunya anggota asli Riot yang tertinggal, mungkin karena itu corak musik Riot bisa berubah total, dan untungnya ke arah yang bagus. Lagu Thundersteel adalah lagu pembuka yang memukau saya, dgn irama speed yang sangat jarang didengar di album2 Amerika saat itu. Lagu Flight of the Warrior juga mempunyai ciri yang sama, dgn teriakan hogh pitch di akhir lagu. Drumnya juga bervariasi, dimainkan bergantian oleh Bobby Jarzombek (saudara Ron Jarzombek gitaris) dan Mark Edwards (Lion).
Saya tak tahu siapa itu Johnny yang balik pulang dalam lagu Johhny’s Back, yang jelas lagu ini termasuk yang bisa dipakai sing along.
lagu balada Bloodstreets bisa memperdaya anda yang suka lagu slow rock karena setelah Tony Moore berteriak “oh yeah” lagunya jadi lebih ngerock.
jangan lupa mendengarkan lagu On the Wings of Eagles, Sign of the Crimson Storm dan Fight or Fall yang tetap punya power walau tak secepat lagu Thundersteel. Ada satu lagu yg lumayan panjang & berjudul mengerikan, Burried Alive,
Secara umum lagu2 di album Thundersteel memamng mengusung tema fantasi, bukan tema cinta seperti yang dinyanyikan artis2 hard rock/metal saat itu.
setelah dapat kaset ini saya sempat nemu kaset2 seken Riot, sayangnya memamng berbeda jauh dari ini makanya tak saya beli.

14 Responses to “Riot “Thundersteel” – Rockline”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas Andria ………seribu jempol
    Saya njenengan ko tanpa ampun mas he he he he.saya punya album mereka yg born in america(bukan album bersejarah dalam perjalanan karir mereka),sedang album yg njenengan punyai itu adalah salah satu tonggak dalam perjalanan karir mereka(mulai memainkan power metal).
    Mas speednya lebih cepat mana kalo diadu dengan hellowen?

  2. andria Says:

    hampir mirip kecepatan di lagu Ride the Sky mas kukuh.

  3. Gatot Widayanto Says:

    Mas Kukuh, mas Andria,

    Saya gak kenal band ini. Bisa jadi di jaman normal saya melihat kaset ini namun tak saya lirik. Namun sekarang saya bahagia melihat foto sampul kasetnya terpampang di blog gemblung ini. Keren banget rasanya punya kaset seperti ini … Kalau istilahnya mas Hardi “seragam sehingga kalau dijejer kelihatan rapi keren” …ya kebayang aja kaset Rockline semuanya dijejer kan pasti keren …

  4. Bentar Lukman Says:

    Mantebs kasetnya mas Andria.. Jadi inget waktu smp di Bandung, beli kaset ini di Contemporer Palaguna, sekarang kasetnya sdh hilang, toko kasetnya juga hehe.. Flight of the warrior juga asyik tuh mas, double bas dramnya ngebut bgt. Saya cuma sempet denger 2 album, yg satu lagi format cd, Privilege of power, mereka bawain instrumentalnya Al-Dimeola..saya lupa judulnya, sekarang cdnya juga sudah raib..

  5. andria Says:

    artinya anda berada dalam kerugian yg serius pak Bentar 😀

    • Bentar Lukman Says:

      Hehe..sampai sekarang keduanya belum pernah saya lihat lagi penampakannya di lapak2 kaset antik.. kalaupun ada, sepertinya harganya bakal serius nih mas Andria🙂

  6. apec Says:

    Mas Bentar, saya menambahkan komen mas Andria, bahwa menghilangkan kaset tersebut,maka anda dalam kesesatan yang nyata,kecuali memang sengaja dihibahkan,he..he..

    • Bentar Lukman Says:

      Hehe kesesatan masa lalu..sekarang saya sedang berusaha kembali ke jalan yg benar kok mas Apec.. bertobat.. terutama sejak mendapat wejangan2 yg mencerahkan dari para suhu di blog gemblung ini😀 Alhamdulillah sudah membuahkan hasil, beberapa kaset yg punya nilai kenangan sudah kembali ke pangkuan. Cuma beberapa sih, belum banyak, yah namanya juga usaha mas🙂

  7. hardi Says:

    Betul pak Gatot, kaset jaman dulu itu kalau dijajar rapi akan simetris. Desain Rockline, Rockshots,Rock Album (billboard & Ego record) punya keindahan masing – masing, 8 s/d 10 kaset dengan label sama kalau digelar, taruh di rak atau dimeja kita lihatin gambarnya sdh mak nyuss. nyamleng suromenggolo
    Tanpa disetel di tape pun sdh terhibur, “spt untaian permata” kata teman kita di blog ini (sy lupa namanya)

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Hardi,

      Lha mbok yao ….kaset mas Hardi yang seragam difoto dan kemudian dikirim ke email saya supaya kemudian diupload di blog ini ….biar kerrreennn …

  8. andria Says:

    saya pernah baca di majalah calssic rock bahwa sang vokalis pertama, Guy Sprenza, bekerja di perusahaan pembasmi serangga selepas dari Riot. Lars Ulrich/Metallica pernah bercerita bahwa dia memanggil petugas pembasmi serangga utk rumahnya. saat petugasnya datang yg dia hadapi di depan pintu adalah Guy Sprenza.

    • Gatot Widayanto Says:

      kisahnya kok hampir sama dengan Mick Pointer: drummer Marillion yang merekrut Fish dan kemudian malah ditendang kekuar sama Fish setelah album Script.
      Selama 10 tahun Mick jadi kitchen designer sampe ketemu seorang fans Marillion yg kemudian memperkenalkan dengsn clive nolan. Maka lahirlah Arena yang keren itu.

  9. hardi Says:

    Tunggu aja Pak Gatot, pasti akan sy foto berjajar. Dalam waktu dekat akan ada penampakan
    group metal dari ” dunia lain” di blog ini dengan label rockline/shots : apocrypha, Anthrax.Bad news. Chastain. Crimson Glory. Deadly Blessing. exciter ,Fifth Angel, hexx, hallows eve, Hatrik. helloween, manowar. omen, Obsession. slayer, king diamond, prophet, pretty maids. omen. running wild. Sanctuary. slayer. Vampyr. Toxik. Trojan. Wrath dll.
    nanti pak Gatot n mas andria yg ulas musiknya, sy yg ulas gbr covernya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: