Sabbat “History of a Time To Come” – Hins

Andria Sonhedi

image

Sabbat adalah grup thrash dari Inggris. musik mereka terpengaruh Venom, Slayer maupun Exodus. Saya dulu berharap musik mereka masih enak dinikmati seperti Metallica tapi ternyata musik mereka tidak diimbangi vokal yang ngethrash. Martin Walkyier (vokal) lebih memilih bersuara dgn high pitch mirip King Diamond. Martin nantinya akan menjadi vokalis grup folk metal SkyClad. maklumlah lirik2 di album Sabbat semua ditulis Martin & bertema ttg paganisme yg kemudian berlanjut di Skyclad. Sementara itu gabungan Andy Sneap (gitar), Frazer Craske (bass) dan Simon Negus (drums) membuat musik yang cukup mengasyikkan (utk yg seneng). Album ini keluar tahun 1988 dan ad di era akhir kaset non royalty. saya dapatkan kaset seken ini mungkin hampir belasan tahun kemudian. Sabbat akhirnya bubar karena masalah keuangan termasuk dalam ketidak cocokan penulisan lagu. Andy Sneap ingin membuat lagu2 panjang tapi Martin tidak ingin krn kesulitan menuliskan lirik2 lagunya. Sementara itu Noise Record tak memberi dukungan utk tour walau memberi kebebasan penuh dalam penulisan lagu. Andy Sneap sendiri sekarang menjadi produser rekaman metal yang sangat berhasil & disegani. album Opeth- Deliverance dan Megadeth – Endgame adalah contoh tangan dinginnya.

inilah album2 Sabbat yg pernah muncul History of a Time to Come (1988) Dreamweaver (Reflections of Our Yesterdays) (1989) Mourning Has Broken (1991)

di sisi B dimasukkan grup heavy metal dari Jerman, Vectom. sayangnya album ini tak ada yg bisa dikenang lagu2nya –evil has no boundaries

6 Responses to “Sabbat “History of a Time To Come” – Hins”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Sedulur-sedulur inilah tulisan yg merupakan bukti-bukti kehebatan metallica dalam mengukir karya-karyanya.bagaimana sebuah band yg bernama metallica telah berhasil menoreh pengaruhnya dengan begitu dalam pada setiap sanubari orang-orang yg pernah mendengar karya-karya mereka.bagaimana sebuah band yg bernama metallica berkarya didalam sebuah genre musik(yg begitu terbatas peminatnya),namun metallica dengan begitu indahnya berhasil membuat telinga-telinga yg asing/bahkan tidak suka pada genre tersebut untuk terdiam dan akhirnya terbang ke langit ke tujuh akibat kedahsyatan karya-karya mereka.kejadian ini sering saya saksikan bahkan baru-baru ini saya lihat sendiri pada konser mereka yg kemarin.saya melihat bagaimana orang-orang yg sesungguhnya bukan seorang metalhead,begitu nyaman,begitu terbuai,ketika lagu-lagu itu mengalir bahkan untuk lagu yg terkejam sekalipun(semisal kalo ndak salah ingat pada saat mereka membawakan one dan juga blackened dari album and justice for all).
    Mas andria terima kasih atas tulisannya yg membuat saya terkenang pada kejadian indah itu(jadi merasa hutang budi besar pada bos,yg memberi ijin libur untuk nglurug jakarta melihat metallica.begitu masuk kerja beliau berkata:kukuh kamu seperti yg dibilang alm bapakmu… bocah edan,sekarang kerja yg rajin sana .kata-kata ini beliau ucapkan sambil setengah mesem dan garuk-garuk kepala.

  2. andria Says:

    sampeyan beruntung pak Kukuh, saya kmarin nggak sempat nonton Metallica🙂

    • kukuh tawanggono Says:

      Pengalaman yg amat mengesankan mas.ketika mulai masuk stadion,saya merinding dan deg-degan ndak karuan.sampai waktu seringai main sebagai band pembuka benar-benar saya acuhkan ,saya hanya ingin cepat-cepat metallica main.
      Akhirnya ketika mereka keluar saya melongo dan tiba-tiba tanpa terasa air mata saya menetes(akhirnya setelah penantian yg begitu panjang gusti allah ijinkan saya menyaksikan salah satu karya-nya ,metallica sebuah band yg pada zaman kegelapan dulu turut andil mencegah saya dalam merusak diri saya sendiri).
      Cuma ya itu konser kemarin yg bikin saya geregetan cuma si rob trujillo.permainan basnya ndak menempel dengan teman-temannya yg lain(terlalu funky),habis itu gayanya waktu main itu lho ndak cocok blas bagi saya.untung permainan lars ulrich,james hetfield,dan kirk hammett begitu prima sehingga bisa menutupi lubang yg dibuat rob trujillo.entah apa pertimbangan mereka kok merekrut orang ini.
      Saya doakan kalau mereka kesini lagi njenengan bisa lihat mas.(Tapi jangan meniru ulah saya mas,saking semangate ketika mendengar gempuran lagu-lagu mereka leher saya jadi terkilir ndak bisa noleh he he he)
      .

  3. Budi Putra Says:

    Saya tau Sabbat ketika album Dream Weaver dlm dua tahap: pertama, versi copian yg didapat dr temen sekampung. Kedua, lucu juga saat lg asik nongkrong sore hari di lapak kaset taman puring yg berada ditrotoar jalan tiba2 ada pemulung yg pake gerobak berhenti pas didepan kt nongkrong…dia nawarin barang2 bawaannya, dg semangat bersama yg lain sy liat…weidihhh ada bbrp kaset keluaran VSP coklat dg band2 Sabbat, Death, Morbid Angel, dan lainnya sy lupa. Lgsg aja saya ambil ke tiga album itu sambil berebut dg yg lainnya. Sy tanya brp nih bang (harga), “terserah berapa aja…” Akhir sy byr tiga kaset 20 ribu saja. Tentu saja kehadiran abang pemulung ini membuat jengkel penjual kaset yg ada disitu…wah, kalo yg begini dtg terus bisa bangkrut kite…

    Sampe skrg kadang sy msh mikir tuh dr mana abang itu dpt kaset2 keren dan langka itu…naruhnya enak aja dibiarkan bergelatakan dg barang bekas lainnya…mungkin abang ini malaikat kali ya yg diutus utk mengirim kaset itu ke sy dan bbrp teman lainnya? Siapa tau…

    Wah, kok sy malah ngelantur cerita dapetin kasetnya ya….hehehe. Tp sy suka sekali dg Sabbat di album itu krn hentakan trashnya terasa sekali dan jd album favorit jg pd saat itu.

    Trims mas Andria utk ulasannya saya jd ingat lg bgm mendapatkan kaset Sabbat utk album Dream Weaver.

  4. youtube.com/watch?v=GoTuaulqCLE/ Says:

    Article submission services can make a significant difference,
    not just to your rankings, but also to your traffic.

    The vital component in the business atmosphere is taking advantage of
    each opportunity handed to you in order to promote your business.

    And because search engines are heavily used by users, as a means for searching
    information across the World Wide Web (WWW), SEO
    quickly became a very powerful Internet marketing technique.

Leave a Reply

