Trusonic yang “ngik” dan BASF yang mendem

Setelah ketemuan di Corelli hari Rabu sore, saya dan mas dananG nyambangi lapak Ari yang juga siap-siap mau tutup dan ada keluhan darnya “Dagangan sepi karena hujan …”. Saya coba telusuri kaset-kaset yang ada di kotak “jazz” dan akhirnya memang membawa tiga kaset jazz dan satu kaset blues kompilasi Prambors bertajuk “Bars in Blues”. Memang kaset blues yang satu ini sebenernya sudah saya incar sejak progring namun saya ragu karena pitanya Trusonic yang biasanya gak begitu bagus kualitasnya. Namun kasetnya mulus. Akhirnya saya tatapkan hati untuk mengakuisinya pada Rabu malam itu . Keren lho kasetnya …apalagi blues gitu loh! Sekurangnya saya bisa dapetin daftar lagunya dan bentuk kasetnya nan sexy seperti ini:

IMG-20140302-07473

IMG-20140302-07475

Namun seribu sayang …dugaan saya benar ..ternyata kaset dengan pita TRUSONIC sangat mbelgedhesz menyebalkan karena pada saat disetel di playernya bunyi suara “ngiiiiiik” dan suara yang keluar di speaker juga mendem. Padahal, sebelumnya saya sudah detox dengan Herman Technology dan di kertas tissue memang banyak “gidhal” (kotoran – red.) nya. namun tetep aja kasetnya gak bunyi sama sekali. wah bener2 nyesel saya. Padahal banyak lagu2 yang antik dan saya coba browse MP3 nya ada beberapa yang sulit diperoleh.

Selain kaset Prambors, saya juga beli dua kaset rekaman Jazz Cronoissure yang kemasannya sungguh elegant dan satu kaset rekaman Legend (Miles Davis). Tiga kaset ini semuanya pitanya BASF namun yang rekaman Legend sungguh keren dan jernih sedangkan dua lainnya (Eric Gale dan Bossa) mbelgedhez juga. Padahal dua kaset rekaman Jazz Cronoissure (nulies piye to?) penampilannya sexy dan mulus banget. Rencananya kalau memang bagus saya akan ngumpulin kaset jazz keluaran JC ini. Namun sayang …MENYEBALKAN!

Semuanya BASF tapi hanya Miles Davis yang bagus (rekaman Legend)

Semuanya BASF tapi hanya Miles Davis yang bagus (rekaman Legend)

Dari segi tampilan luar sungguh sexy dan pengen banget koleksi. Namun ... GAK LAH ... BASF itu juwelek! (kecuali rekaman Legend)

Dari segi tampilan luar sungguh sexy dan pengen banget koleksi. Namun … GAK LAH … BASF itu juwelek! (kecuali rekaman Legend)

Sedangkan rekaman Yess yang menggunakan pita Maxell kualitasnya selalu prima.

Kesimpulan:

  1. Kaset dengan pita Trusonic MBELGEDHESZ
  2. Kaset dengan pita BASF biasanya juga menyebalkan, biasanya Billboard dan AR pake BASF. Namun BASF yang rekaman Legend kok bagus. Juga saya punya BASF rekaman Legen lainnya juga bagus. Sepertinya beda tipe pitanya meski sesama BASF.
  3. Pita tak bermerek seperti yang digunakan Sinar Djaja untuk kompilasi Aktuil juga kurang bagus.
  4. Paling oye ya Maxell, TDK dan Sony.

IMG-20140226-07467

 

8 Responses to “Trusonic yang “ngik” dan BASF yang mendem”

  1. Hendrik Worotikan Says:

    Tak satupun sy punya kaset seri Bars in blues ini. Padahal sejak lama punya keinginan utk memilikinya. Dulu pernah liat di Buyung Tampur. Cuma nggak pas sama harganya. Hihihi…
    Sayang juga kalo kualitas pita rekamannya kurang bagus ya.. Banyak lagu yg belum saya tahu tuh Mas G.

    Wah, ada nama Mike Bloomfield pula. Menarik…

  2. kukuh tawanggono Says:

    Mas hendrik sungguh sayang ya,terutama yg bars in blues.andai suaranya masih ok ampuuuuuh tenan.susunan musisi didalamnya sungguh membuat air liur saya netes tes•••tes•••tes•••benar-benar menggugah selera.

  3. andria Says:

    kemarin di Bringharjo Yogya ada beberapa kaset jazz yg Billboard, ada juga Himiko Kikuchi dari Aquarius. kl Blues-nya yg Team cuma the best of Blues Brothers

  4. Budi Putra Says:

    Begitulah mas Gatot resiko membeli kaset seken (walau gak semua spt itu) tp herannya, kalo pengalaman sy… walau sdh menduga kasetnya gak bagus eh, malah dibeli jg. Ini sy alami saat membeli kaset Frank Zappa (hot rats) di jatinegara bbrp waktu lampau. Sy udh nebak kyknya pitanya gak bagus nih, ah coba aja siapa tau bagus…bener aja dugaan sy pas nyampe rumah di stel di compo suaranya mendem, dem dan ada bunyi desis pula kayaknya didalam kaset ada anak ularnya kali nih…hahaha…akhirnya sdh coba bongkar pasang diperbaiki ttp aja mendem suaranya. Alhasil cuma mandangin cover albumnya aja…hehehe.

    Begitulah suka dan dukanya membeli kaset seken. Tp dr sekian cerita yg gak bagus itu msh lbh byk cerita asiknya berburu kaset seken di lapak2.

    • Gatot Widayanto Says:

      Betul mas Budi … Bagaimanapun juga saya masih rawat kaset bars in blues ini karena langka dan masih mulus kasetnya. Paling tidak saya punya track list nya. Sayangnya saya sdh coba browsing tapi gak semua lagunya ada. Getun tenan aku …

  5. kukuh tawanggono Says:

    Mas gatot tadi siang saya ketemu teman dijalan(kebetulan dia ini maniak blues),terus saya lihat di dlm mobilnya kaset itu(bars in blues) tergeletak bersama sejumlah cd.waktu saya pegang kaset itu(saya jadi teringat tulisan njenengan) dia ngomong kondisinya masih bagus luar dalam lantas lha kok kaset itu diberikan ke saya.sepulang dari masjid(biasa menunaikan kewajiban shalat isya) ingin hati menikmati kaset itu,tiba-tiba ada teman datang main ke rumah.ya sudah saya ajak teman itu mendengar kaset hasil pemberian.ndilalah la kok teman saya itu kesengsem sama kaset itu.tanpa babibu langsung kaset itu dibawanya pulang sambil ngomong :”kaset iki tak ijolane karo kaset rekaman yess kuh tapi jupuken dewe ya.”
    Mau nolak itu ya ndak penak(maklum teman dekat mas)ya udah saya iyakan saja tapi saya juga ngomong:”di ijoli rong kaset ya” eee lha kok dia jawab” ya”.duuh rejekiku akeh dino iki he he he matur suwun mas gatot

  6. Pipil Says:

    Ada teman saya yang bisa membuat basf lhs, basf tipe lainnya dan trusonic jadi normal kembali suaranya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: