Koleksi 234: Super Hits Action III – Perina

Gatot Widayanto

Malam ini saya menikmati kaset yang bagi saya saat itu sangat berkesan lantaran ada The Dance nya Uriah Heep yakni Super Hits Action III yang sebenarnya pernah diulas mas Hippie. Rasa kangenlah yang membuat saya ingin menikmati kaset yang sejatinya adalah koleksi berharga dari radio Djie Sam Soe Madiun ini. Kaset saya sendiri sudah raib dari dulu dan gak tahu lagi ada dimana.

image

Saya nikmati kaset ini dengan menggunakan walkman dan headset. Rasanya aneh juga karena sudah lama sekali tak menikmati musik dengan cara ini.

Saya mulai dengan side A yang dibuka dengan The Hymn nya Triumvirat yang nuansamarik itu. Kemudian nyambung ke The Dance yang bass gitarnya keren dan kocokan gitarnya enak di kuping. Meski saya kurang suka Wonderful Tonight namun lagu2 lainnya sungguh nyamlenk di kuping saya . Apa lagi ada Gentle Giant yang diambil dari album Civilian. Kloplah …..saya puwas sekali …..

Kaset punya saya yang versi ini dulu saya beli ketika berlibur di Jakarta. Jujur saja dulu yang sering saya puter ya The Dance nya Uriah Heep dan serasa gak sabar menunggu The Hymn nya New Triamvirat selesai karena ini lagu sunyi di belakangnya …hanya ada sedikit dentingan piano trus JRENG teng teng teng …masuk The Dance pake kocokan gitar nan muantab cek ecek cek ecek … enak tenan …. Namun terkadang kaset ini terputar sampai habis juga side A dan side B namun tanpa ditengok daftar lagunya .. Hanya inget ada Gentle Giant aja (mustinya mas GT saat ini sedang menikmati lagu ini juga dari CD Civilian).

Nah ….saat menikmati kaset ini sekarang kok lain … nuansanya tujuhpuluhan banget dan urutan lagu menjadi mematikan meski ada beberapa lagu yang mboseni. Namun karena tertata dalam satu tracklist dengan urutan yang keren maka jadi nikmat sekali kaset ini. It’s Over nya ELO begitu didengarkan dalam urutan ini begitu nikmat …..apalagi kompilasi ini ditutup oleh lagu bermelodi indah Many Rivers to Cross nya Eric Burdon. Udah lah ,,,,…. muwantab sekaleeee….!!!

33 Responses to “Koleksi 234: Super Hits Action III – Perina”

  1. kukuh tawanggono Says:

    Mas gatot yg wonderful tonight by eric clapton sungguh menggores kenangan di hati saya(gara-gara pergi ke rumah nona r pulangnya telat padahal hanya jam 8 malam,tiba dirumah langsung digebukki ibu pakai sapu lidi he he he whong ijik sekolah kok pacaran).

  2. apec Says:

    ha..ha…, baca komen-komen dari mas Kukuh ini terasa hidup, soale pengalamannya kuwi dramatis-dramatis, hidup anak muda bangett rasane

  3. Gatot Widayanto Says:

    Iyo …setuju ..komen nya mas Kukuh ini manteb2 dan nuansamatik … ha ha ha … Padahal lagu ini saya bosen banget karena dulu begitu sering diputer di toko kaset maupun di radio … Tapi karena ada kisah mas Kukuh di sini ….tambah nyamleng rasane …

    • kukuh tawanggono Says:

      Ha ha ha mas gatot kaleyan mas apec rasane sakite ngantos seminggu dan lebih serem lagi sama ibu habis itu cuma diboboki(diolesi)minyak buat nggoreng tempe aaaaaampuuuuuuun sakit tenan ha ha ha ha ha

  4. Budi Putra Says:

    Pas dah mas Kukuh nyemplung di blog gemblung ini…tambah mantab jaya blog ini. Yg pasti sy suka dg Eric Burdon, Many Rivers To Cross, dan The Dance, Uriah Heep…sedap sekali.

    • Gatot Widayanto Says:

      Bener mas Budi …. sepertinya mas Kukuh banyak sekali menyimpan kenangan thd musik …. Tugas kita nyentil hal2 yang bisa membuat memorinya menyeruak …. Mari kita gali lebih jauh lagi ….

      • Budi Putra Says:

        Siip mas Gatot,

        Tambah asik kita semua krn ingatan kembali menyeruak…gara2 bro Hippie bikin tret ttg Hendrix dan M97 FM trus buka2 archive lainnya ktemu tret mas Gatot ttg radio…kok tiba2 saya jd inget kalo dulu dikampung pernah ada radio amatiran…sblmnya blas smsekali gak inget ttg itu.

        Sama dg mas Kukuh kemudian, gara2 ktemu blog nuansamatik ini ingatannya keluar mengalir sampai jauh….hehehe.

        Ini blog memang spt resep, cara ampuh mengingat kenangan masa lalu…hahaha. Sptnya para pejabat di negeri ini perlu belajar dr blog gemblung ini biar gak lupa dg masa lalu alias sejarah…weiisss ngelantur…gak opo-opo, ini cirinya prog! Minimal dr gaya tulisannya dulu…hahaha.

      • Gatot Widayanto Says:

        Benar mas Budi … Mari kita saling bercerita agar ada yang tersentil dengan cerita kita dan kenangan langsung menyeruak keluar … Monggo …

      • khalil logomotif Says:

        Atau kita balik aja mas Budi, biar penghuni blog ini aja yg jadi pejabat untuk ngurusin negara ini…gimana?
        Mas Apec sdh pasti jadi mentri kesehatannya, mas Yudi menteri telekomunikasinya, mas Riski menteri keuangannya sekaligus gubernur banknya, mas Gatot menteri kesranya merangkap menteri transportasi, mas DananG menteri luar negerinya (spy bisa sering nonton konser), mas Herman menteri dalam negerinya, pak Alfi menteri hukumnya, koh Win menteri agamanya, mas Hendrik menteri pendidikannya (karena pernah jadi rektor di akademi dangdut dn fantasi indonesia), mas Hippie menteri pemuda olah raganya, mas Eddi menteri energinya, mas Cosmic…wah ini agak susah, soalnya masih misterius profailingnya (tapi nanti akan ada resepel..kocok ulang, bukan 7-11 tempat nongkrong ngopi)…hayo siapa lagi…mas Budi mau menteri apa? Tesnya sepele banget kok….cuma harus ikut fit and proger test doang! Mudahkan! Ngga perlulah pake tes IQ segala! Ngapain….IQ IQ an…
        Klw saya cukuplah hanya nerima lungsuran projek ganti logo departemennya ajah….heheheheh. Sori jam segini memang sering berkecendrungan sableng bin gemblung…heheheh! Soalnya lg padat merayap ini mas Budi..mendahului tenggat!

      • Gatot Widayanto Says:

        Saya baca komen mas Khalil ini sambil mesam mesem ….apalagi sambil nyetel Hasse Froberg Musical Companion “Everyday” di youtube …. atas rekomendasi mas Khalil …

      • khalil logomotif Says:

        Mas Gatot, insyaallah saya tgl 5 ada di jakarta untuk pruping aplikasi logo…perlu tambahan kopi arabika kah?

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Khalil,

        Semoga semuanya lancar dan sukses! Semua penghuni blog gemblung ikut mendoakan kesuksesan mas Khalil.

        Arabika dan Luwak masih ada mas … Insya Allah bisa ketemuan ya mas ..

      • khalil logomotif Says:

        Aaamiiiin!

  5. dOmme Says:

    Kadang…. (sebenarnya bukan kadang lagi), mendengarkan kompilasi semacam ini, malah menghasilkan suasana yang lebih nuansamatik… Satu kaset dengan beberapa artis berikut kekhasan masing-masing, bisa membuat suasana lebih menghanyutkan… Kompilasi memang wajib dengar….

    • Gatot Widayanto Says:

      Benar sekali bang Domme … Saya jadi keranjingan menikmati kaset kompilasi tanpa melihat tracklist nya biar terkejut pas ketemu lagu yg dikenal seperti di kompilasi seperti saya menjumpai Gentle Giant di sini ….

      Oh ya Stairway to Heaven memang lebih asik Led Zeppelin yang bawain ….

  6. Ongkie Says:

    terimakasih sekali karena saya akhirnya menemukan lagu Nervous Breakdown nya Patrick Moraz. selama ini saya hanya ingat samar-samar nada lagu nya, selebihnya nggak inget. saya hanya ingat lagu ini satu kaset dengan The Dance nya Uriah Heep, foto depan kasetnya ada sebentuk bangunan tower mirip piramid. sekali lagi, terimakasih.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Ongkie, salam kenal! Saya bisa jamin selera mas Ongkie ini jaman dulu sama persis dengan saya PLEG! Buktinya yang diinget hanya THE DANCE seperti saya .,…. ha ha ha ha …
      Bener mas ..sampul depannya adalah menara mercu suar yang sebenernya sampul dari album nya The Doobie Brothers …Livin’ On The Fault Line (1977). Opo tumon? Mosok gak ada lagunya Doobie di kaset ini namun ada covernya? Wis … Jiyannnn …aneh memang kaset jaman normal ini! Ha ha ha ha ha …

      Kalau mau lihat tongkrongan kaset luarnya, sudah pernah diposting mas Hippie di link ini di blog gemblung juga:

      https://gwmusic.wordpress.com/2013/01/31/super-hits-action-ii-iii-by-perina/

      Semoga terobati rasa kangennya ya mas …

      Album Patrick Moraz paling top ya The Story of I mas …

      Monggo diskusi di blog gemblung ini mas …
      \

  7. apec Says:

    Nah tuh kan, satu kasus lagi yg mirip kisahnya mas Khalil, menemukan blog ini krn berniat mencari lagu yg lama diharapkan..selamat berbahagia dan salam kenal mas Ongkie (krn saya belum kenalsebelumnya)

    • khalil logomotif Says:

      Another victim…..

      • Budi Putra Says:

        Mas Khalil nyambung sy menteri perkasetan aja mas, biar bisa punya koleksi kaset keluaran Yess yg banyak…hehehe.

      • khalil logomotif Says:

        Bearti itu di badan kearsipan dan kekayaan negara mas Budi. Boleh boleh aja jadi kepala disitu, asal logonya di retouch dulu….heheheheh
        Ngomong ngomong..yg jadi presidnnya siapa ya mas Budi? Soalnya kan klw mau jd mnteri, harus nunggu telpon..ky carli enjel

    • Gatot Widayanto Says:

      Boso Jowone KEBLONDROK mlebu blog gemblung … ha ha ha ha ha ….

      Jadi di sini sudah ada yang tersangkut gara2 Songs for Unknown Heroes dan karena Nervous Breakdown … belum lagi kisah Bro Apec .. ha ha ha ..

  8. Ongky Says:

    salam kenal kembali Mas Apec. terimakasih boleh berkenalan. juga dengan mas-mas yang lain yang ada didalam komunitas ini.

    pertama sekali dengar kaset ini ditahun 1979/1980 saat saya kelas 1 SMA di SMAN 11 Bulungan, Jakarta. lalu kaset nya hilang, dan, percayalah, kaset edisi ini sangat jarang/sedikit sekali, pada sat itu saya coba cari diberbagai toko kaset untuk beli lagi, tapi nggak pernah ketemu. semenjak itu sampai dengan tadi pagi saya terus mencari dan menggali dengan berbagai cara namun hasilnya nihil.

    baru sebulan yang lalu saya coba search dengan keyword sampul kaset, lalu, tadaaa … munculah gwmusic.wordpress.com. ini. jadi sebetul nya sudah dari sebulan yang lalu saya aduk-aduk disini dan tujuannya hanya satu, ya cari lagu itu (Nervous Breakdown – Patrick Moraz)

    The Dance termasuk yang saya cari, namun setahun yang lalu sudah saya temukan. tinggalah Si Patrick Moraz ini yang akhirnya ketemu tadi pagi, ini pun karena judul artikel dan sampul album kaset ini baru di upload tanggal 1 Maret kemarin. sekali lagi terimakasih.

    • khalil logomotif Says:

      Halaah mas Ongky…..persis sperti saya! Saya nyangkut gara gara song for unknown heroes..juga dari kaset kompilasi. Spertinya ini sejenis efek samping kutukan kaset kompilasi yak!

      Welcome my dear friend to the gemblung that never end

    • Gatot Widayanto Says:

      Wooouwww!!!!! Keren banget ceritanya mas Ongkie ini …..! Top banget! Rasanya kaset ini masih kadang ada di lapak Blok M Square mas. Silakan atur waktu kapan ke situ. Kalau sempat, kontak saya di 0811931175 mas .. Kalau jadwal kita pas, sekaligus kita bisa ber face-value di Blok M Square. Kalau gak dapet juga …kontak saja mas Hippienov di blog gemblung ini. Beliau punya yang volume II dan III mas. Di volume II ada lagu yang bikin saya nangis sesenggukan …judulnya “Musician” oleh SILVER. Edhan itu lagu!!!

      Kisah mas Ongky ini tipikal manusia2 gemblung ya … Juga mas Khalil yang nyangkut di blog ini dan kemudian muddling through alias tenggelam di dalam rawa-rawa tanpa bisa berkutik lagi hingga kelelep di blog gemblung ini … ha ha ha ha …

      Indahnya nambah teman ….

  9. Gatot Widayanto Says:

    Sungguh …kompilasi ini sangat nuansamatik bagi saya pribadi. Berharap suatu hari mendapatkan volume II nya yang ada Shylina dan Musician nan nuansamatik kemlitik itu …

    (sambil menunggu mas Hippie bosen memelihara kaset ini ..qiqiqiqiqi …)
    Becanda mas ….becanda penuh harap maksudnya …wakakakakakak …

  10. Gatot Widayanto Says:

    Coba uji nurani anda …nangis gak kalau mendengarkan lagu Musician oleh SILVER ini?
    kalau gak nangis berarti bukan humanbeing!

    —————————————
    Musician (It’s Not an Easy Life)
    ————————————–

    The rent’s due tomorrow
    Haven’t got a penny to my name
    I’m trying to build me a lifetime
    Think I’d better start a new frame

    Chorus
    And I think I’m learning first hand
    About what it’s like to be
    To be a musician
    And I can see
    It’s not an easy life
    It’s not an easy life to live

    Guess that I chose the hard road
    No use wondering why
    I had hopes I would make it
    Must have had my hopes up too high

    [chorus]

    And I keep on smiling
    Ooh, smiling
    Smiling to hide the pain
    Inside I’m crying
    Ooh, crying
    And it’s hard to explain

    [chorus]
    Read more at http://www.lyrics.com/musician-its-not-an-easy-life-lyrics-silver.html#HkRd2yi6AzvGYi8l.99

  11. Gatot Widayanto Says:

    Ha ha ….apapun profesi kita asalkan halal ya dinikmati aja mas ….he he

  12. Gatot Widayanto Says:

    Malam ini menikmati Days on the Road nya Little River Band …wah nuansamatik sekali …hanyut dalam gitarannya … Padahal du;u jaman punya kset ini jarang banget nyetel lagu ini …Sekarang terasa banget …

  13. Gatot Widayanto Says:

    Ada juga youtube nya:

    • kukuh tawanggono Says:

      Membaca lyrik lagunya silver itu kuping saya kok kaya dijewer mas gatot.saya terus mengukir sebuah pengakuan,tetapi ketika telah terbentuk saya hancurkan tanpa pernah coba melihat pada lembar-lembar jati diri yg selalu tertutupi awan hitam yg selalu mendiami nurani.terima kasih mas atas pencerahannya

      • Gatot Widayanto Says:

        Dulu saat saya mendengarkan lagu ini pertama kali ketika saya SMA di Madiun, hati saya pilu hancur lebur berantakan …. sedih banget lagunya.

        Apa lagi pas bagian koor sederhana:

        “It’s not an easy life to live …”

        Awal lagunya aja udah miris tentang tagihan kos2an yg jatuh tempo namun tsk punya sepeser uangpun. Pernahkah anda rasakan? Uuuuughhh….betapa beratnya hidup ….

  14. hippienov Says:

    Jadi kangen dengan kaset Super Hits Action III dan II, sudah lama aku gak puter… Nanti malam di rumah aku dengerin lagi ah… Matursuwun mas G sudah dibahas lagi kaset ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: