Memory Heavy Hits 6 – Yess

Gatot Widayanto

image

Alasan utama nyetel kaset jadul berisi lagu- lagu jadul pada jaman kaset dirilis tentu saja untuk mengenang dan mengapresiasi musik yang dicipta pada era itu. Kaset Memory Heavy Hits 6 ini pada jaman itu tak pernah saya lirik untuk dikoleksi mengingat orientasi koleksi saya saat itu masih pada level album musik prog atau terkadang rock. Kaset ini tak masuk dalam hitungan saya untuk dikoleksi karena lagu pembukanya Space Oddity yang sebelumnya saya kenal dari kaset kompilasi Top Oldies rekaman Pop Discotic. Setahu saya,  kala itu di jaman normal saya hanya beli MHH 4 dengan alasan ada lagu Summertime oleh Brainbox. Semoga saya gak salah.

image

Ternyata dugaan saya salah karena kriteria khas dari koleksi MMH versi Yess ini adalah pada aspek “heavy” nya karena memang kompilasi ini meski musiknya tak terlalu kompleks namun cukup berat komposisinya dan bukan lagu pop seperti biasanya. Ambil saja contoh Space Oddity yang memang cukup berat bila disandingkan dengan musik pop yang umum karena ada unsur space rock dan psikedelik nya.

Ursa Major yang nuansamatik dengan Liberty and Justice nya juga bukanlah lagu pop atau rock biasa namun ada unsur heavynya. Lagu ketiga dari Earth and Fire bertajuk Love Please Clise The Door pun juga sejenis.

Saya cukup terkesima dengan yang nama yang selama ini belum pernah saya kenal yakni Barry Rhyan melalui Eloise yang unik. Kalau gak koleksi kaset ini,  mana tahu nama artis ini. Wawasan saya sedikit bertambah. Yang sangat mengejutkan justru Tower of Power yang saya kenal dengan musik yang serba berkandungan unsur funky;  justru di lagu Sparkling in The Sand musiknya cukup ngeprog dengan tetap menyuguhkan brass section nya.

Atlantis nya Donovan sebelumnya sudah saya kenal dari kompilasi kaset Prambors dan memang unik lagunys. Sedangkan Bloodrock ,  Traffic,  War dan United Sons of America menyajikan lagu2 tak umum dan belum pernah saya dengar selama ini. Bener2 top!

Tadi malam saya setel kaset ini dengan kesan jadul yang kental dan bener2 nuansamatik . Apalagi kualitas rekaman dari Yess yang sangat prima didukung pita Maxell UD yang bener2 mantab! Ini masih belum saya setel di Tandberg ….woauuuwwww! Pasti bakal mencelat saya menikmati musik keren dari kompilasi ini.

Bravo jaman normal! Bravo Yess!!

12 Responses to “Memory Heavy Hits 6 – Yess”

  1. hippienov Says:

    Wah keren banget kasetnya Mas G… Foto cover depannya juga unik, seperti sudah menggambarkan gimana isi kasetnya. Rasanya aku belum pernah ketemu kaset ini. Kalo sempat ketemu pasti akan kusikat. Matursuwun mas untuk pencerahannya.

  2. cosmic_eargasm Says:

    Nah ini dia, akhirnya diulas juga. Seingat sy mas GW pernah mengulas MHH #6 ini dulu. Utk pilihan nomor2 ‘heavy’ memang seri MHH adalah kompilasi ter-elit nya Yess menurut sy. “Heavy Slow” levelnya msh di bwh MHH ini, walopun bnyk unsur2 Prog nya. Dari MHH inilah sy bnyk mengetahui band2 antik dgn lagu nuansamatique yg tdk konvensional. Dari Frijid Pink, Blond, The Keef Hartley Band, Beast, United Sons of America, Three Man Army sampai Tower of Power, Barry Ryan, Ursa Major, T.PSmoke, The Greatest Show on Earth, Asgard, Silverhead dan msh bnyk lg.

    BTW, Brainbox ‘Summertime’ ada di MHH #5 favorit sy mas yg ada ‘Take a Trip’ nya T.P. Smoke, ‘These Eyes’ nya Guess Who, ‘Nancy Gray’ nya Trapeze dll.

    Satu2 nya nomor yg tdk sy sukai di MHH #6 ini adalah ‘Findels Fantasy’ dari WAR nya Eric Burdon.

    ::: Bravo Yess! :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  3. kukuh tawanggono Says:

    Salam kenal mas gatot,saya kukuh dari bumi arema.melihat tulisan di blog kumpulan manusia jenius ini(diperlukan kemampuan yg tinggi untuk menikmati musik rock progresif)saya jadi batal meloak kaset-kaset koleksi saya bahkan sekarang mulai tertular mas gatot mulai memburu kaset rekaman yes.mohon maaf kalau baru masuk langsung nyerocos tanpa minta izin dulu,habis saking senenge ternyata ada juga yg sejenis dengan saya(pecinta musik yg rumit hingga telinga orang awam bisa keriting mendengarnya he he he)

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Kukuh,

      Salam kenal! Wah …seneng saya …nambah kenalan kera Ngalam maneh. Top lah! Monggo mas kalau mau mulai crita2 …. lha iki wong gemblung kabeh owk ….ha ha ….
      Barusan malah saya ketemu kera Ngalam di Corelli cafe, namanya mas Seno yang kenal baik dengan mas Semo yang dulu suka bawain Marillion di ngalam.

      Wis lah …pokoke wong gemblung do nglumpuk kabeh nang kene ….

  4. apec Says:

    SELAMAT DATANG DI BUMI GEMBLUNK NAN HUMBLE MAS KUKUH….
    SALAM,
    APEC
    SUROBOYO ( MALANG SUROBOYO GAK OLEH TUKARAN,HE..HE..)

    • kukuh tawanggono Says:

      Cocok mas padhos seduluran mawon,tirose ibu kulo kathah sedulur kathah rezeki lan barokah.matur suwun mas .

      • Gatot Widayanto Says:

        Aamiin …. Paling tidak kalau ke Jatim saya bisa mampir ke bro Apec, mas Edi Apple, mas Wahyu dan mas Kukuh …. enak to? Akeh dulur …

    • Gatot Widayanto Says:

      Oh ya …tadi saya ngomong di telp sama Ian Arliandy of Yess fame …. Dia bilang jaman dulu omzet kaset Yess Malang sama Surabaya itu sama. Lho …rak aneh ….wong Sby lebih besar kok omzetnya sama dengan Malang.

      Kesimpulan:
      Kera ngalam luwih ngeprog dibandingkan kera oyoborus ….

      Pripun niki?

      • kukuh tawanggono Says:

        Mator sembah nuwun mas gatot kulo sampun diterimo dados sedulur wonten blog jenius ngriki.malang itu memang suatu kota yg berisi para pecandu musik rock,bahkan peninggalan jaman kejayaannya masih ada sampai sekarang(contoh radio senaputra yg setiap hari memutar lagu rock baik yg era-era awal maupun era dulu setiap hari).bahkan mas gatot, scene underground di kota malang itu juga tumbuh amat subur.oh iya kisah saya juga hampir sama kaleyan njenengan,kulo kenal musik rock niku ya dari radio senaputra .mas gatot di malang ada orang yg amit sewu seperti njenengan,bahkan jadi legenda hidup di kota ini yaitu sam ovan tobing(mungkin njenengan sampun kenal).pengetahuan musik rocknya seperti kamus bahkan beliaunya ini berteman akrab dengan rock legend di tanah air(seperti ian antono,om abadi soesman,alm miky jaguar ,silvia sartje).sam ovan ini kerjanya jadi mc diradio senaputra pernah juga jadi pengurus di klub arema.gara-gara hal ini setiap isl mau digelar saya mesti untung besar,sebabnya arema setiap launching pasti nanggap godbless(band pujaan saya) he he he.matur suwun mas sampun diizini nulis wonten ngriki ,sepuntene menawi tulisan kulo kacau balau (maklum gaptek he he he),saya doakan mas gatot dan sedulur-sedulur kabeh wonten blog niki dianugerahi umur ingkang panjang lan barokah,rezeki ingkang kathah lan barokah,amin amin.sekali lagi mohon maaf apabila kata-kata saya ada yg tidak sopan

      • Gatot Widayanto Says:

        Aamiin ya Rabb! Suwun mas Kukuh.
        Iya mas …saya kenal mas Ovan Tobing namun sayangnya beliau gak kenal saya mas. Salam saya buat beliau ya mas.

        Cerita mas Kukuh ini nuansamatik sekali ya. Saya ikut hanyut menbacanya. Top sanget mas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: