Lee Michaels “Live” – Yess

Eddy Irawan

Kaset Yess nomer urut 67 ini sangat langka ditemukan di pasar kaset bekas. Saya juga sengaja bikin tret ini karena di samping alasan langka tersebut, juga karena angka 67 ini adalah tahun kelahiran saya. Mas Prabu silakan meng-update data nomer kaset rilisan Yess dengan tambahan kaset ini: https://gwmusic.wordpress.com/2012/08/27/nomer-seri-kaset-produksi-yess/

image

image

Terlahir dengan nama Michael Olsen, pada 24 November 1945 di Los Angeles, California, Lee Michaels merupakan seorang musisi rock yang memainkan instrument organ Hammond, gitar dan piano serta menjadi vokalis sekaligus. Dalam setiap album, baik studio maupun live, Lee hanya ditemani oleh satu orang pemusik lain, yaitu Keith Knudsen. Keith merupakan pemain drum yang setia menemani Lee hingga tahun 1974 saat Lee menyatakan tidak lagi bermusik dan pindah ke Hawaii. Ironisnya, di Hawaii Lee mengeluarkan album ‘Lee Michaels in Hawaii’ pada tahun 1975 sebelum menghilang dari dunia musik. Keith justru karirnya makin menanjak. Setelah lepas dari tandem Lee, ia dipinang untuk bergabung dengan super grup ‘The Doobie Brothers.

Pada 1996, Lee muncul kembali ke dunia musik dengan mengeluarkan album baru yang bertajuk ‘Absolute Lee’ yang diedarkan oleh One Way Records. Namun album tersebut jeblok di pasaran. Lee belum kapok. Tahun 2008, dia mencoba eksis kembali dengan mengeluarkan album baru dengan judul ‘My Life’, dan tetap jeblok di pasaran. Kali ini Lee menyerah. Namanya gak pernah terdengar lagi sejak saat itu.

Album ‘ Lee Michaels Live’ yang diterbitkan Yess ini merupakan album ke-6 dari Lee Michaels yang dirilis tahun 1972. Di album ini, Lee memainkan 12 lagu yang dikutip dari 5 album sebelumnya. Anehnya, Lee tidak memainkan lagu hit dari album ‘The Fifth’ (1971) yang membuatnya menjadi terkenal yaitu lagu ‘do you know what I mean.’ Dia lebih suka membawakan ‘rock me baby’ dari album yang sama yang merupakan ciptaan BB King. Sayangnya, karena keterbatasan panjang pita, Yess gak memasukkan lagu ini. Lagu lain yang juga gak dimuat adalah yang berdurasi 10.56 menit ‘hold on to freedom’. Semua lagu dimainkan dengan enerjik, khas irama rock-blues-funky yang menjadi dasar genre Lee Michaels. Keith bahkan mendapat sesi khusus dengan memainkan ‘drum solo’ yang berdurasi lebih dari 6 menit. Lagu yang saya suka di album ini adalah ‘my lady’, ‘heighty hi‘, ‘oak fire’ dan tentu saja ‘stormy Monday’ yang sangat ngeblues, tepatnya white blues. (e)

5 Responses to “Lee Michaels “Live” – Yess”

  1. eddy irawan Says:

    Thanks Mas Gatot yg sdh menampilkan tulisan singkat ini. Tadinya sy mau bikin tulisan berseri ttg symphonic prog, trus nyari2 kasetnya, eh malah nemuin Lee Michaels.
    ya udah, itung2 sbg pemanasan

  2. cosmic_eargasm Says:

    Surprise mas Eddy!

    Sy baru liat dan baru tau skrng ini. Selama ini yg pernah sy liat kaset Lee Michaels “Live” rekaman Mona Lisa yg terdiri dari 2 seri (2 kaset). Sama seperti Rory Gallagher “Irish Tour” ada 2 kaset juga rekaman Mona Lisa. Mas Eddy memang benar2 mantap bin dahsyat koleksinya. Setelah Rush “Caress of Steel” ada lg yg super langka spt Lee Michaels ini di Yess. Sy pernah dengar jg Vander Graaf Generator “Vital Live” ada rekaman Yess nya, tp sy jg blm pernah liat sampai detik ini. Thanks postingannya yg luar biasa mas Eddy, thanks jg info ttg Lee Michaels yg jarang dikenal org ini. Satu2nya nomor Lee Michaels di playlist sy cuma ‘Think I’ll Cry’ yg nuansamatique. Jarang sekali sy putar, tp dgn adanya postingan ini, lgs sy putar. Permainan piano dan vokal LM sangat soulful sekali di nomor ini.

    BTW, mas Prabu kemana ya lama tdk muncul? Halo mas Prabu.

    Ditunggu tulisan berserinya ttg Symphonic Prog mas Eddy.

    Thanks!

    ::: Bravo Yess! :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  3. apec Says:

    sama seperti mas cosmic, saya hanya memiliki versi Monalisa yg 2 kaset tersebut..hampir tidak pernah menjumpai versi Yess

  4. Kiss in “Live” – Yess | Music for Life Says:

    […] “Live” rekaman Yess #66. Kalo pada tret terdahulu saya pernah posting tentang Yess #67 (Lee Michaels “Live”)  maka ini adalah album kelanjutan ‘live’ Yess. Majalah Rolling Stones menempatkan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: