Wind And Wuthering…..Karya Bertabur Pujian

Herwinto

Inilah salah satu masterpiece Genesis yang dahsyat, sebuah album yang lahir ketika Genesis telah ditinggalkan oleh windPeter Gabriel ikon Genesis saat itu, meski tanpa Gabriel namun album ini menjadi salah satu karya pembuktian betapa bertanggungjawabnya para personil yang tersisa untuk terus mengibarkan panji panji Genesis, walaupun keluarnya Gabriel merupakan awal bencana bagi Genesis dan malapetaka di ranah musik progresif. Kehebatan album ini bisa dilihat dari mengalirnya seabreg pujian yang ditujukan kepada album ini dan salah seorang yang dibuat ngguweblag gulung koming dan kemudian mengacungkan dua jempolnya sekaligus adalah seorang empu papan kunci tingkat atas yang semua progger pasti mengenalnya yaitu eyang Keith Emerson keybordis nya ELP, beliau katakan bahwa album ini benar benar karya yang sangat brilian. Kalau Emerson saja yang paham musik memuji muji album ini sebagai karya yang luar biasa mosok kita yang bukan siapa siapa malah meremehkannya benar benar kuwalat kita. Album ini memang luar biasa masih menunjukkan ciri khusus musik Genesis yang indah kaya akan nuansa akustik yang ”hacket banget”, dentuman drum Collins yang mantab, serta harmoni yang begitu nunjek. Dibuka dengan Eleventh Earl Of Mar yang sungguh rancak bersemangat namun dibungkus alunan keyboard Banks yang indah lagu ini sangat cocok untuk track pembuka, mantab sekali pembukaannya, sungguh warna art rock Genesis masih terasa kental, track kedua adalah One For The Vine yang benar benar dahsyat, inilah salah satu lagu kebesaran Genesis meski tanpa Gabriel, intronya lembut dan pelan namun siapa sangka kalau lagu ini tiba tiba menukik tajam berubah menjadi dahsyat menggemuruh dengan beat dan tempo yang cepat….byuuuh….ini lagu benar benar kuereeeen….hayooo penggemar Genesis harus jujur mengakui bahwa lagu ini benar benar huebaaat meski sekali lagi…..tanpa Gabriel!!!.
Track ketiga Your Own Special Way adalah cikal bakal lagu lagu pop Genesis…karya Rutherford ini memang manis dan enak…. Track keempat Wot Gorilla sebuah instrument yang benar benar keren…Track kelima adalah lagu wind2kegemaran saya…All In A Mouse’s Night yang benar benar mantab apalagi bagian penutupnya…byuuuh sayatan gitar Hacket benar benar indah melayang, Blood On The Rooftops adalah track keenam yang bernuansa sendu…diawali dengan petikan gitar akustik yang terdengar sangat klasik mengalirlah lagu yang bernuansa gelap ini…Track ketujuh dan delapan Unquiet Slumbers For The Sleepers dan ….In That Quiet Earth….adalah instrument yang bernuansa sedih mencekam kemudian berubah menjadi rancak dan ngerock dan ditutup dengan track kesembilan yang sungguh indah Afterglow. Inilah album terakhir Genesis bersama Steve Hacket sang arsitek musik Genesis, Steve Hacket adalah penyumbang besar bagi keindahan musik Genesis era awal….pemberi warna art rock Genesis dari segi musikalitas sebagaimana Steve Howe pemberi warna Yes. Salam!!

 

 

16 Responses to “Wind And Wuthering…..Karya Bertabur Pujian”

  1. andria Says:

    dulu di btempat mas gunadi jualan kaset di Bringharjo saya lihat 2 cd genesis, yg ini dan ‘and then there were three’. karena masalah dana akhirnya saya pilih yg ‘wind …’ krn jarang saya lihat & dapatkan.

  2. Apec Says:

    Lagu di album ini yg pertama kali nyantol di bagian inti hati saya adalah Afterglow….sebab saat itu belum ngeh dengan musik rumit dan entah mengapa,saya kok merasa teduh melihat cover album ini, sama teduhnya saat memandang cover yes yg Close to the edge..

  3. cosmic_eargasm Says:

    “Wind and Wuthering” masih bagus memang mas, seperti “Trick of the Tail” dan “… And Then There Were Tree” juga. Benar sekali apa yg dikatakan oleh mas GW, selama msh ada Steve Hackett, musik Genesis msh asyik, walaupun Peter Gabriel jg bnyk memberi aksen Prog nya.

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

    • cosmic_eargasm Says:

      BTW, gambar pohonnya mengingatkan pada kover Kreator “Endorama”🙂

      \m/

      ::: Metal Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  4. Hendrik Worotikan Says:

    Album Wind And Wuthering dari Genesis, pada masa itu termasuk salah satu ALBUM TERBAIK berdasarkan pooling koran musik Melody Maker.
    Dua teratas dari Wind And Wuthering adalah Works (ELP) dan Going For The One (Yes).
    Tujuh album yg berada dibawah WAW yaitu : The Song Remains The Same (Led Zeppelin), Hotel California (Eagles), Animals (Pink Floyd), Rumours (Fleetwood Mac), Stranglers IV (Rattus Norvegicus) (Stranglers), Low (David Bowie) dan Song In The Key Of Life (Stevie Wonder).
    Selain menempatkan Album terbaiknya, polling tsb juga memilih Genesis sebagai BAND TERBAIK DALAM SHOW.

  5. yuddi_01 Says:

    seperti lazim nya tulisan mas Herwinto memang paling2 dan membuat album bersangkutan lebih dashyat dan merangsang untuk kita simak baik2 sambil membaca tulisannya huruf demi huruf🙂

  6. hippienov Says:

    Bener mas Cosmic, mungkin aja Kreateor terinspirasi dengan album wind and wuthering tapi masih malu-malu memasukkan unsur musik “prog” ke album endorama, jadinya cuma gambar pohonnya aja yang dibikin mirip, biar ada nuansa prog nya kira-kira gitu kata Mille Petrozza, hehehe…

  7. hippienov Says:

    Dulu sebelum denger langsung album wind and wuthering aku sempat ragu karena Gabriel sudah gak ada lagi di album ini, paling yang aku sering denger cuma afterglow dan your own special way, sampai kahirnya teman kantorku merekamkan cd full album wind and wuthering dari file mp3 yang dia punya. Begitu aku denger, duar! meledaklah adrenalinku. Super duper tuobz!

  8. andria Says:

    terus terang saya dengar lagu Your Own Special Way terus menerus baru saat mengantar pak gatot dari Magetan ke Ponorogo. itu pun yg nyanyi John Wetton di kaset tribute to Genesis. kl tak salah saya malah nanya ke beliau kok John Wetton membawakannya jadi jauh dari kesan Genesis.

    • cosmic_eargasm Says:

      “A Fox Lies Down”

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: