Underrated Bands from Super Seventies #17: BODKIN

By: cosmic_eargasm

Salah satu ciri khas dari band-band 70an adalah permainan dari sound hammond organ yang sangat menonjol sekali. Hal tersebut juga ada pada Bodkin, band underrated yang mengusung style Vintage Heavy Prog dengan sound yang raw dan terasa klasik serta khas sekali pada era 70an. Band yang berasal dari Inggris ini digawangi oleh:
*Mick Riddel: lead guitar 
*Doug Rome: hammond organ 
*Dick Sheddon: drums 
*Bill Anderson: bass guitar 
*Zeik Hume: vocals 

#BODKIN (front cover)#

#BODKIN (back cover)#
Meskipun album dari One-Shoot Band ini cuma berisi 5 nomor saja, namun semuanya terasa sangat dahsyat sekali dengan permainan istimewa dari hammond organ yang bernuansa gelap dan gitar yang beraroma Blues dengan sound yang raw, diperkuat dengan style Prog/Rock Jamming ala Atomic Rooster, Uriah Heep maupun Deep Purple yang terselip pada:

1. Three Days After Death Pt.1(09:28) sangat istimewa dengan durasi panjangnya. Riff cadas dari gitar yang diiringi hammond sound membuka dengan mid-tempo yang menawan. Unison pada semua instrumen menandai perubahan tempo untuk menjadi slow dengan nuansa gelap hingga vokal terlantun. Sayatan dan kocokan gitar yang raw juga terasa menyatu dengan nuansa lagu. Tema awal dengan sempurna menutup bagian pertama ini.

2. Three Days After Death(7:11) dibuka dengan tema yang lain yang tidak kalah menawan dari bagian pertama membuka nuansa bagian ke dua ini untuk melaju lebih cepat lagi. Hentakan demi hentakan saling beriringan untuk segera menuntaskan lagu yang kemudian melambat. Ditutup dengan apik lewat hentakan ritmis dari semua instrumen dan tema awal pun mengakhiri part ini dengan menyisakan rasa penasaran lagi untuk kembali memutar ulang lagu yang terdiri dari 2 bagian dan berdurasi cukup panjang dan kental sekali nuansa Prog nya ini.

3. Aunty Mary’s Trashcan(10:41)
 asyik dan dinamis dengan durasi paling panjang bernuansa cadasnya Vintage Rock yang diselimuti dengan aroma Progressive yang menonjol.

4. After Your Lumber(05:14)
 masih dengan nuansa Vintage Heavy Prog yang asyik dengan bagian vokal dan melodi gitar yang repetitif.

5. Plastic Man(06:00) dibuka oleh permainan hammond yang mengingatkan pada style Jon Lord yang kemudian diikuti dengan permainan riff gitar bergaya Blues-Rock dengan aroma Acid Psychedelic yang khas. Melodi hammond sound terasa sangat dahsyat dan istimewa sekali di nomor penutup ini.

Meskipun total durasi 1 album yang dirilis pada tahun 1972 ini kurang dari 40 menit, namun pendengar dibuat hanyut dan terasa terhipnotis oleh ke 5 komposisi dahsyat ini. Dan keinginan untuk memutar ulang dari awal lagi begitu kuat.

Walaupun semua lagu didominasi oleh permainan dahsyat hammod dan gitar, namun peran ke 3 personil lainnya juga terasa kuat. Tarikan vokal Zeik Hume sangat gagah dan bisa menyatu dengan semua komposisi dan aransemen lagu. Betotan bas Bill Anderson yang terasa natural juga terdengar asyik. Gebukan drums Bill Sheddon sangat mantap sekali dengan skill nya yang memadai.
Musicianship dari Bodkin begitu terasa kompak dan bersenyawa dengan setiap lagu yang sangat berkarakter. Sayang sekali mereka lantas bubar setelah merilis album self tittled ini dan masing-masing personil sibuk dengan proyek musikalnya masing-masing.
Sebenarnya banyak pihak yang menginginkan Bodkin bisa bersatu dan merilis album lagi. Namun mereka berkata, hanya waktu yang bisa menjawabnya, seperti yang tertulis pada inlay cd yang dirilis ulang oleh Akarma Records pada tahun 2000 yang silam.

Penggemar Uriah Heep, Deep Purple, Atomic Rooster dan band-band Vintage Heavy/Symphonic Prog jangan sekali-kali melewatkan album dahsyat yang masuk dalam kategori rare-items ini.

Thanks mas GW yang budiman dan tetap nge-Prog dan nge-Rock🙂

::: Long Life Prog & Vive Le Rock! :::

10 Responses to “Underrated Bands from Super Seventies #17: BODKIN”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, thanks Bodkin (bukan Bokin lho hehehe) sy sudah tayang. Disain kovernya cukup sangar utk ukuran band Heavy Symphonic Prog 70an, tapi konon album ini terbit dalam 2 disain kover, yg satunya sy blm pernah liat. Yg ini cukup mengingatkan pada band2 Death atau Black Metal era skrng yg berbau blasphemy🙂

    Dan selama ini format kaset pada jaman normal album ini belum pernah saya temui..

    Di sebuah forum pernah ada yg mengatakan Bodkin adalah the Dark Side of Uriah Heep.

    ::: Stay Prog & Keep Rockin’ :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  2. cosmic_eargasm Says:

    ‘Three Days After Death’ ini adalah nomor paling favorit sy. Dahsyat dgn hammond sound yg memadukan permainan Heavy dan Dark Symphonic Prog:

    ::: Stay Prog & Keep Rockin’ :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  3. cosmic_eargasm Says:

    Kalau nomor ‘Aunty Mary’s Trashcan’ ini atmosfer Dark Heavy Symphonic Prog nya begitu menonjol. Sy kok otomatis lgs teringat dgn komposisi dahsyat dari Greenslade.

    ::: Stay Prog & Keep Rockin’ :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  4. cosmic_eargasm Says:

    Intro pada nomor ‘Plastic Man’ ini mengingatkan pada permainan Jon Lord:

    ::: Stay Prog & Keep Rockin’ :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  5. andria Says:

    mirip cover kaset Venom, mgkn besok bisa coba donlot mp3nya

    • cosmic_eargasm Says:

      Mas Andria, kalo suka dan familiar dgn musiknya Atomic Rooster, Uriah Heep dan Deep Purple (era 70an) dijamin langsung suka dgn style musik dahsyatnya Bodkin ini. Iya mas, kovernya mengingatkan pd bbrp album Venom🙂

      \m/

      ::: Metal Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  6. prasetyoindro Says:

    mas cosmic, terus terang di blog glembung ini sy yg paling suka dan sy cari adalah artikel ttg Underrated Bands from Super Seventies..antik2 bukan main…sy skrg lg dengerin album bodkin-bodkin 1972, band ini adalah salah satu yg mengejawantahkan hammond organ driven dgn sempurna…salam…

    • cosmic_eargasm Says:

      Wah thanks banget sudah menunggu mas Indro🙂 Sy menulis tentang band2 underrated ini, selain jarang/tdk pernah disebut atau diulas juga ternyata bnyk sekali band2 underrated yg berkarakter dan lagu2nya dahsyat(tp ada jg bbrp yg biasa dan nggak bagus), nggak kalah dgn band nomer 1 dunia yg bnyk dikenal seantero jagat. Selain itu, band2 mainstream yg dahsyat2 sudah terlalu bnyk di ekspos, diulas, ditulis dll yg tentunya di blog super gemblunk ini bnyk spesialisnya. Dan sy jg malah mendpt bnyk tentang hal2 yg blm sy ketahui sblmnya dan terlewatkan=

      Ayo mas Indro, ditunggu tulisannya juga nih🙂 pasti bnyk jg yg sy belum tau dari pengetahuan mas Indro tentang band2 lainnya🙂

      ::: Salam Gemblunk! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  7. hippienov Says:

    Wih…uedyan mas Cosmic…aku kayaknya kesengsem sama band ini, padahal baru ngebaca ulasannya sudah bikin ngiler. Yang bikin aku tertarik adalah faktor hammond organ nya itu mas, aku suka band yang pakai hammond, vintage banget…
    Aku coba tanya2 temenku ah sapa tahu punya Bodkin. Suwun mas Cosmic…

    • cosmic_eargasm Says:

      itu ada 3 lagu samplernya dari youtube mas Hipiie, kalo ada waktu silakan di play utk bisa dengar dulu. oya kalo mas Hippie mau, nanti coba saya kirimkan fileMP3 ke emailnya mas Hippie.. emailnya apa mas? Thanks..

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: