Sisa-sisa Kaset Yess

Gatot Widayanto

Tak mau kalah dengan mas Khalil, mas Hardi dan mas Hendrik, saya juga menjarah kaset Yess di Ari yang sebenarnya sudah tinggal sisa-sisa dari akuisisi massal oleh mas Rizki dan mas DananG beberapa hari sebelumnya. Namun tak mengapalah … Masih mulyono juga kok …sekurangnya ada 6 kaset yg saya belum punya dan satu menggantikan yg sdh punya tapi tanpa foto.

Seneng memang liat sederet kaset Yess. A class of its own …regardless the artist and/ or the album. Yess gitu loh!

Jujur aja tak semua kaset ini saya ngeh musiknya karena bagi saya yang penting ya melengkapi koleksi hijau biru aja. Bahkan saya lupa bahwa sudah punya Memory Heavy Hits 6 ….ha ha ha ,… Tapi gak pa pa karena yang dulu tak ada fotonya.

1. Vangelis “Mask”

2. Andrew Powell “Ladyhawke”

3. Memory Heavy Hits 6

4. Gillan Glover “Accidentally On Purpose”

5. Supertramp “Brothers Where You Bound” (sudah punya rekaman Team)

6. Procol Harum “Best”

7. Isao Tomita “Plasma …” (kayak gak bakalan saya setel …nggo nduwen nduwen)

Saya baru coba Procol Harum dan sungguh membuat hati ini remuk redam mengapa dulu gak pernah beli kaset ini. Dulu terlalu sombong menganggap Procol Harum ini sebagai band prog karena musiknya tergolong ringan ringan saja. Makanya kaset ini tak pernah saya pegang buat dibeli. Baru malam ini saya coba dan mak jeglerrrrr ,….huwenak tenan …apalagi ada bunyi desis khas kaset.

16 Responses to “Sisa-sisa Kaset Yess”

  1. Budi Putra Says:

    Gigit jarilah saya sdh berhalangan hadir di progring, Yess nya hbs pula. Pdhl bulan ini udah diniatin utk memulai kembali koleksi kaset2 jadul…hehehe

  2. hardi.dokken Says:

    Pas ari buka kemarin belum terlihat yess bestnya procol hrm, kalau sy lihat pasti sdh sy sikat. Sejak sma sy sdh kesengsem sm lagunya : hamburg, a whiter shade of pale. Lagu yg terakhir banyak direkam ulang by penyanyi lain al group HSAS, Iff benette
    Versinya hsas lebih ngerock, gitarisnya neal schon vocalnya sammy hagar. Top lah pak koleksi Yess nya

  3. danangsuryono2112 Says:

    Pantesan mas Gatot tekun banget mencari…iya masih ada 2 kotak kaset YESS di Ari, disamping 2 deret di rak nya Ari, serta ceceran di tempat Budi, Udin, Gunawan Kim Varia serta Agus Bakrie. Saya blas gak dapat kaset di progring kemarin, tapi lumayan masih kebagian PH Rush Moving Pictures: Live 2011 di tempat Budi deeprock

  4. ananda badudu Says:

    selamat malam mas gatot, saya ananda badudu wartawan Tempo. Majalah kami berencana menulis artikel panjang (6 halaman) tentang kancah kaset Yess di dunia musik tanah air. kami menilai mas gatot sebagai kolektor dan saksi langsung perkembangan Yess kompeten dan kredibel untuk dijadikan narasumber. Apakah boleh sekadar bertemu dan ngobrol2 mas? saya sudah coba hubungi lewat handphone tapi tidak ada respon ya, saya dapat nomor dari mas pur wartawan majalah tempo juga. Apakah nomor sudah tidak aktif atau bagaimana saya tidak tahu. Jika berkenan, boleh saya minta nomor untuk kami kontak mas gatot. Terima kasih banyak sebelumnya. selamat malam

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Ananda,

      Salam kenal mas.

      Pertama, saya mohon maaf bila menghubungi saya tak saya angkat dan kemarin saya telat sekali membalas sms mas Ananda karen seharian penuh memimpin workshop dan sama sekali gak buka hp; baru malam hari saya buka.

      Kedua, saya masygul kok hari gini sebuah majalah yang top markotop sekaliber Tempo mau mengulas kaset …dimana tren dunia cenderung ke digital. Udah gitu Yess pulak yang sangat niche banget….meski warga gemblung di blog ini menyanjungnya. Jangan2 kita ini termasuk orang yang aneh mas ….jaman normal dulu kan Yess gak ngetop blas.

      Ketiga, kalaupun mas Ananda masih juga tetap ingin mengulas Yess, maka suatu kehormatan bagi saya dan teman2 di blog gemblung ini diberi kesempatan ngobrol dengan mas Ananda dari Tempo. Tentu saya semangat sekali mas. Mari kita atur. Insya Allah kalau kita ngobrol nanti saya telpon Ian Arliandy sehingga mas Ananda bisa bicara langsung dengan dia.

      Terima kasih sudah mampir blog gemblung ini mas … memang di sini warganya suka membahas kaset jadul ….

      Salam,
      G

      • khalil logomotif Says:

        Ajak ajak saya ya kalau mau ktemuan….

      • Gatot Widayanto Says:

        Temen2 gemblungers …

        Nanti sore (Rabu 26 Feb) jam 5 saya akan ketemu mas Ananda dan dua orang lainnya dari Tempo. Apa bisa temen2 gemblungers bisa hadir juga. Agendanya ya tentang kaset Yess. Tempatnya ya markas kita di CORELLI Prog Cafe, basement, Blok M Square.

        Siapa bisa? Mas Yuddi? Mas DananG? Mas Khalil? atau lainnya? Mas GT? Mas Hippie? Mas Cosmic?
        Paling tidak ya ada tiga orang dari kita juga gitu …

        Salam prog!

      • danangsuryono2112 Says:

        Saya kalo tidak ada acara dadakan, insya Allah saya ke Blok M mas

      • Gatot Widayanto Says:

        Thanks mas DananG … Ntar ketemuan ya. Mas Yuddi? Mas GT?

      • cosmic_eargasm Says:

        saya msh blm going home mas GW.. Salam sama mas Ananda.. tolong sampaikan komen saya yg dibawah kepada beliau.. Thanks🙂

        “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

      • Gatot Widayanto Says:

        Waduh ….miss teyus sama mas Cosmic nih … he he … Padahal saya pengen ketemu nih mas …

    • cosmic_eargasm Says:

      Salam kenal mas Ananda Badudu. Sy sangat gembira sekali apabila mas Ananda menulis artikel tentang kaset Yess. Sy lihat tulisan2 tentang artikel musik di majalah Tempo bbrp tahun terakhir ini tidak semenarik yg dulu2. Artikel Rolling Stones, Steve Vai, Metallica dll terbitan tahun kemarin menurut sy garing banget penulisannya. Tdk seperti artikel yg lama2 yg sangat keren2 bagus cara penulisannya dan jauh lebih bagus lagi, kalau penulisnya memahami seluk beluk musisi/band atau topik yg ditulisnya, jadi nggak garing. Maaf banget ya mas kalo kritik sy terlalu pedas. Itu semua jg demi kemajuan Tempo yg dulu sy sukai semua artikel2nya. Justru artikel diluar musik sangat enak dibaca, informatif dan nggak garing.

      Thanks mas Ananda🙂

      ::: You Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  5. cosmic_eargasm Says:

    Dari kaset Yess yg mas GW akuisisi tsb, cuma Supertramp dan Isao Tomita yg dari dulu sy nggak pernah punya. Procol Harum beserta seri the best lainnya rekaman Yess (semacam the best of: King Crimson, James Gang, Traffic, The Doors, Cuby+The Blizzards, Eric Burdon, Led Zeppelin dll)memang sangat layak utk dikoleksi. Dan jg berlaku utk rekaman Yess c-90 dgn disain yg lbh baru (ada the best of: Marilion, Camel, The Alan Parsons Project, Gandalf dll).

    Eits,ada kaset kompilasi terkerennya Yess, Memory Heavy Hits #6 yg ada ‘Space Oddity’, ‘Love, Please Close the Door’, ‘Sparkling in the Sand’, ‘Liberty and Justice’, ‘Atlantis’, ‘Children of the Mist’, ‘Sable and Pearl’, ‘Shanghai Noodle Factory’ dll yg nuansamatique ngguwebluak memorable djadoelnya itu. Ugh! Utk penggemar musik, pesan sy, jangan sekali-kali melewatkan ke 6 seri MHH yg menurut sy kompilasi paling kerennya Yess ini setelah “Special Slow” yg mega dahsyat itu🙂

    ::: Bravo Yess! :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

Leave a Reply

