Napalm Death “Scum”

Hippienov

 

Hallo lagi Mas G dan rekan-rekan semua, gara-gara Terrorizer “World Downfall” aku jadi nafsu membagi pengalaman punya album metal yang lain dan rasanya gak fair kalo tidak melirik juga Napalm Death setelah membahas Terrrorizer. Kali ini aku coba sedikit ngebahas album Scum yang merupakan album debut mereka.
Napalm Death termasuk group beraliran grindcore seperti Terrorizer dan Scum merupakan debut album mereka.
Album ini termasuk juga album “wajib punya” buat anak metal di jamanku dan susahnya minta ampun nyari album ini karena aku yakin sekali gak pernah dirilis lokal. World downfall nya Terrorizer akhirnya sempat dirilis lokal tapi Scum sama sekali gak pernah. Album Napalm Death scum-frontbaru dirilis lokal di album Harmony Corruption. Entah apa alasannya album Scum tidak dirilis lokal, mungkin karena musiknya yang super parah ancur minah, hahaha…
Dulu salah satu toko kaset yang rajin menyediakan album-album metal import VSP Malaysia adalah Duta Suara Sabang, dan aku inget mereka punya buku katalog album-album yang ada di kasir lantai bawah dekat pintu. Itupun kalo gak “blitzkrieg” gerak cepat dijamin bakalan ketinggalan keburu disamber metalhead lain.
Kebetulan banget waktu itu aku pas dapet Scum dan rasanya wah bangga banget bisa megang kaset itu, keren bro dapet Scum nih…gitu pikirku dalam hati. Walau harganya lebih tinggi dibanding harga kaset lokal, no problem…yang penting punya.
Seperti biasa aku gak kasih tau temen-temen sekolah kalo aku punya Scum, tujuannya karena aku low profile (wakakakak…), bukan…yang betul adalah biar kasetku gak dipinjem-pinjem temen, bisa berabe nanti.
Walah album Napalm Death “Scum” bikin kaget pas pertama kali denger, musiknya kasar sekali seperti tanpa studio mixing/editing. Vokalisnya bernyanyi dengan gaya growl/kumur-kumur scum-backdiiringi screaming gaya manusia purba jaman batu. Kayaknya cuma Napalm Death yang pernah punya vokalis dengan gaya nyanyi screaming kayak gitu.
Lagu-lagunya relatif berdurasi pendek sekali, sehingga satu album bisa memuat 30 lagu sekaligus, wow… Bahkan yang bikin takjub lagu “you suffer” kayaknya hanya berdurasi sekitar 30 detik saja. Aneh banget lagu ini, gak ada intro langsung masuk dengan dentuman drums bersama raungan gitar beserta “growl” sang vokalis, bikin kaget… dan sebelum rasa kaget itu hilang kita akan terkejut lagi karena lagunya tau-tau sudah selesai-finish begitu saja. Bener-bener uedyan dan ternyata lagu “you suffer” ini tercatat dalam Buku Rekor Guinness sebagai lagu berdurasi terpendek di dunia dan sepanjang masa. Tuobz…
Di album Scum, Jesse Pintado belum masuk jadi gitaris Napalm Death dan membernya adalah:
Side A:
Nik Napalm – vocals/bass
Justin Broadrick – guitars
Mick Harris – drums
Side B:
Lee Dorrian – vocals
Jim Whitely – bass
Bill Steer – guitars
Mick Harris – drums
Formasi ini kemudian berubah pada album “harmony corruption” saat Shane Embury masuk bermain bass dan Jesse Pintado pada guitar. Justin Broadrick pergi dari Napalm Death dan membentuk band “eletronic” metal bernama Godflesh dan Bill Steer ke Carcass. Belakangan Bill malah membentuk band yang musiknya psikedelik rock ala Jimi Hendrix tapi tetap aktif di Carcass. Sedangkan Lee Dorrian dan Nik Napalm aku gak tahu kemana mereka selepas Napalm Death.
Tapi di album Harmony Corruption sound Napalm death sudah lebih polished, gak ada lagi kegilaan mereka seperti di album Scum tapi justru kegilaan Scum inilah yang bikin aku suka dengan musik mereka.
Selain Scum aku sempat punya harmony corruption dan utopia banished tapi dua album ini akhirnya aku jual dan hanya Scum yang aku simpan. Scum pun akhirnya rusak termakan usia dan sekarang aku hanya punya cd kopian Scum yang aku dapatkan dari temen-temen MBC Medan.
Buat yang penasaran dengan antiknya musik Napalm Death di awal karir mereka boleh mencoba dengerin Scum. Dijamin bukannya headbang malah kriting,hehehe…
Matursuwun Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan dan untuk rekan-rekan yang sudah meluangkan waktu membaca tulisan gemblungku ini.
Multinational Corporation…
hippienov

15 Responses to “Napalm Death “Scum””

  1. hippienov Says:

    Matursuwun mas G sudah muncul postingan gemblungku ini… Mungkin dari semua postingan yang pernah muncul di blog postingan Napalm Death/Scum adalah yang paling berantakan, hehehe… Ya sekedar meramaikan wacana di blog… Suwun Mas G.

  2. Budi Putra Says:

    Weidihhh…keluar juga nih album. Mulai dr lagu2nya, desain cover, sampai t shirtnya gak ada cacatnya ini band…super ekspress musiknya, disinilah kelebihan album scum, Napalm Death. Dahsyat ulasannya mas hippe!

    • hippienov Says:

      Iya mas bener banget album ini super cepat dan walau production nya berkesan minimalis tapi justru ini yang bikin scum jadi album grind core klasik sepanjang masa. Bender gak mas?

  3. andria Says:

    Lee Dorian di Cathedral pak Hippie, kl Nick Bullen/Napalm membentuk Scorn

    • hippienov Says:

      Suwun mas infonya, o ke Cathedral toh.. padahal dari dulu sering liat kasetnya tapi gak per ah kebeli, he he he… kalo scorn aku gak belum pernah denger, gimana musiknya mas?

      • andria Says:

        Scorn saya lupa, lha cuma donlot mp3🙂
        Cathedral yg lama saya malah jarang menyimak, tdk growl sepertinya jadi saya hindari. sepertinya album baru mereka, the Last Spire enak didengar.

    • cosmic_eargasm Says:

      Oh Lee Dorian di Cathedral ya mas. Ingatan sy kok malah di Paradise Lost hehehe. Sy dulu tau kasetnya, tp nggak sy beli. Susah jg dari dulu kok semua genre sy suka, jd boros dan hrs pandai2 memanage pengeluaran utk belanja kaset😀

      BTW, memang jebolan Napalm Death keren2 dgn tetap bermusik dan benar kata mas Qodri kalo diantara mereka adalah pionir bagi sub-genre baru yg diciptakannya.

      Thanks infonya tentang Cathedral mas Andria.

      \m/

      ::: Metal Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  4. anton Says:

    kok kebetulan pas baca ini, anak saya mainin kaset cathedral yang forest of equilibrium. langsung aja saya setel, sayang suaranya dah mulai mendem

    • cosmic_eargasm Says:

      mantap sekali mas Anton..

      \m/

      ::: Metal Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  5. cosmic_eargasm Says:

    Mas Hippienov, dahsyat sekali postingannya. Album ini setau sy masuk major label utk pertama kali. Sy sempat dengar bbrp album indie nya masih memainkan punk dgn durasi pendek2 yg kemudian menginspirasi mereka utk menciptakan sub-genre Grindcore yg sdh termsk dlm Extreme Metal dan menjadi salah satu tonggak Death Metal, termasuk Brutal Death Metal dan Hyperblast sbg puncaknya.
    Oh ternyata yg dimaksud mas Qodri tempo hari Bill Steer yg kemudian membentuk Carcass yg Gore Metal itu? Memang gore nya seputar kedokteran. “Swan Song” adalah satu2nya album Carcass yg terasa lain tp asyik. Regenerasi Grindcore setau sy ada pada band era skrng Nasum(sdh bubar) dan Misery Index. Oh iya, benar kata mas Andria Nick Napalm membentuk Scorn bersama Mick Haris jg, namun sy nggak mengikuti sama sekali. Nomor pada “Scum” yg asyik dan paling sy ingat adalah ‘The Kill’🙂

    \m/

    ::: Metal Rules! :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  6. andria Says:

    Jeff Walker Carcass membuat grup Firebird yg bercorak blues

    • cosmic_eargasm Says:

      Thanks infonya mas Andria.. saya baru tau ..

      ::: You Rules! :::

      \m/

      ::: Metal Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  7. hippienov Says:

    Nah Firebird bener itu… aku pernah baca Steer main jenis musik yang beda banget dengan biasanya di Firebird. Sayang aku belum pernah denger gimana musiknya.

  8. kukuh tawanggono Says:

    Nuwun sewu,mas hippie jos tulisannya dan mas gatot paling top atas dimasukkannya tulisan yg membahas grup paling brutal di dunia grind .napalm death itu adalah sebuah band yg menjadi kawah candradimuka bagi para personilnya(kaya wayang ae ker he he he).begitu mereka keluar dari band tersebut(ada yg ke carcass,terrorizer,yg lainnya saya lupa mas, maklum ini band yg jaman stm sering saya ikuti perkembangannya tapi sekarang sudah jarang saya putar rekaman -rekaman mereka)mereka menjadi sosok yg benar-benar memberi karakter pada tiap band dimana mereka bermain.memang kalau didengar suaranya sama saja(ngorok n ancur-ancuran)akan tetapi bila kita rasakan ada perbedaan soul antara ketika mereka main di napalm death dan ketika mereka main di band mereka masing-masing.mereka ini termasuk legend lo mas dikalangan teman-teman underground.mohon maaf pabila kata-kata saya kurang berkenan matur suwun.(saya menulis comment ini dalam gudang mas,mumpung sepi dan teman -teman pada kirim barang- barang ke toko jadi daripada diam dan bisa-bisa kesambet sing mbau rekso gudang ya udah nulis commen aja)apa hubungane he he he

  9. andria Says:

    pak kukuh cobalah ngirim tulisan ke pak gatot (gatotprog@gmail.com). kl nggak ada gambar kaset/cd-nya biar nanti yg lain2 nambahi

Leave a Reply

