Marty Friedman “Introduction”

Gatot Widayanto

IMG-20140221-07398

Gara-gara sering diposting sama mas Andria, saya penasaran dengan album Scene dan kemudian saya coba dengerin pake Media Drug, lha kok ternyata musiknya gak metal blas …Jadi penasaran. Saya inget seorang temen claro, Gandhi Hadiwitanto, pernah ngasih ke saya kaset Marty album “Introduction” namun blas sama sekali tak pernah saya putar karena takut musiknya njelehi (maaf…kayak Joe Satriani, Steve Vai) yang seringkali kebanyakan albumnya cumak pamer skills dalam bermain gitar. Makanya saya gak begitu suka Joe Satriani atau Steve Vai …meski gak semua albumnya begitu. Saya suka gitaris yang sekaligus komposer seperti Steve Hackett yang seringkali bikin album namun tak hanya dia yang menonjol, musisi lain juga …bukan sekedar pengiring.

Kaset ini sore ini saya ambil dari rak dan ternyata udah berdebu karena memang gak pernah saya sentuh. Wah …ternyata musiknya asik lho …. Dua track pertama saja saya suka apalagi track ke tiga … Asik musiknya. Memang orang yang biasa tahu Marty dari Megadeth tentunya kecewa kok di album ini musiknya new age. Menurut saya ada prog nya lho. Makanya saya iseng browsing di ProgArchives …eh bener , ternyata Marty ini masuk di ProgArchives. Ternyata album ini Executive Producer nya Mike Varney yang selalu OK kalau jadi producer.

Terima kasih mas Andria…yang telah membantu saya untuk membuka hati dan menyimak kaset pemberian mas Gandhi ini …he he he …

 

Studio Album, released in 1995

Songs / Tracks Listing
1. Arrival (4:52)
2. Bittersweet (5:27)
3. Be (4:51)
4. Escapism (9:14)
5. Luna (5:17)
6. Mama (3:55)
7. Loneliness (4:08)
8. Siberia (4:19)

Total Time 42:09

Line-up / Musicians

– Marty Friedman / guitars
– Brian BecVar / Piano, keyboards, additional sound replacement
– Nick Menza / drums
– Charlie Bisharat / Violin on Bittersweet
– Sachi McHenry / Cello on Bittersweet
– Don Menza / Shakuhachi on Bittersweet
Alex Wilkinson / Additional orchestration

 

 

IMG-20140221-07400

6 Responses to “Marty Friedman “Introduction””

  1. hippienov Says:

    Wah tuobz… Mas G mulai tertular virus metal nya Mas Andria, hehehe… Aku juga tertular mas, Terrorizer, Vicious Rumors, Paradox, King Diamond dan yang baru siang tadi aku email Napalm Death…
    Tapi betul album ini bukan termasuk genre metal, jauh banget malah dari kesan metal. Buat yang berharap Marty akan main seperti dia mainkan di Megadeth pasti akan kecewa. Justru aku lebih suka Marty di album ini, asik musiknya. Tuobz Mas G…

  2. andria Says:

    lagu arrival pernah saya jadikan ringtone hp

  3. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW ternyata punya jg kaset sisi lain dari Marty Friedman ini ya. Cool deh🙂

    Selamat menikmati “Scene” & “Introduction”. Ada aroma nuansa nada2 tradisional Jepang di ke 2 album tsb yg sangat nuansamatique sekali.

    Thanks jg mas GW secara tdk langsung juga melanjutkan tret sy tentang seri2 album keren dari para gitaris dunia berbagai genre🙂

    ::: Six String Rules! :::
    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  4. Devara Says:

    pertama tau marty friedman pas denger kaset punya ayah ane,
    pertama kali denger rasanya aneh, tapi setelah ane perhatikan dengar seksama, om marty friedman ini gak sembarangan main teknik dalam gitar, sampe sekarang ane masih mengagumi karyanya

Leave a Reply

