Musik Yes Diambang Senja (4 of 10)

Herwinto

Keys To Ascension (1&2)…Topographic Ocean Jilid 2

Pasca merilis album Talk, Trevor Rabin keluar dari Yes untuk fokus bersolo karir dan keymemantapkan bisnis pribadinya, sementara Tony Kaye karena alasan kesehatan juga mengundurkan diri. Eh lha kok tidak dinyana Rick Wakeman dan Steve Howe masuk kembali ke Yes. Inilah untuk pertama kalinya setelah Tormato formasi terdahsyat Yes kembali terjadi, formasi ini Anderson-Squire-Howe-Wakeman-White adalah formasi klasik yang paling disukai, formasi ini menghasilkan album Topographic Ocean, Going For The One dan Tormato serta album live Yessongs dan Yesshows. Kali ini mereka kembali ke studio dan merilis dobel album Keys To Ascension 1 dan 2. Album ini layaknya Three Side Live nya Genesis yang di Indonesia akrab disebut Live And Studio, terdiri dari dua sisi yakni live dan studio.
Sisi live nya adalah lagu lagu yang sangat melegenda di masa kejayaan Yes dan ini telah saya bahas di Megahnya Konser Yes (3 of 10), kali ini saya akan mencoba membahas sisi studionya. Bukan tanpa alasan jika saya menyebut album ini adalah Topographic Ocean jilid 2 sebab begitu key2saya mendengarkan untuk pertama kalinya album ini sungguh saya langsung terpesona, album ini benar benar indah…dan lagu lagu di album ini benar benar panjang layaknya Topographic, juga musiknya benar benar YES!!! sound khas progresif 70 an benar benar disajikan disini. Mungkin Yes ingin mengobati kerinduan fans mereka akan lagu lagu klasik Yes 70 an setelah sejak 1983-1994 Yes diobrak abrik Trevor Rabin dengan musiknya yang new wave, maka di tahun 1995-1996 inilah mereka habis habisan ngeprog ria membuat album baru yang sungguh menawan. Di album ini kembali bisa kita nikmati petikan jernih gitar Steve Howe nan lincah serta liukan keyboard khas Rick Wakeman yang dahsyat. Ada tiga lagu utama di album ini yakni Be The One 9:50 (The One, Humankind, Skates), That That Is 19:15 (Togetherness, Crossfire, The Giving Things, That Is, All In All, How Did Heaven Begin, Agree To Agree ), Mind Drive 18:37 serta beberapa lagu yang agak pendek yakni Foot Prints, Bring Me To Power, Children Of Light dan Sign Language. Lagu lagu di album ini memang dibuat dengan harmoni yang lebih indah sehingga di telinga tidak nguweng nguweng namun khas musik Yes nan rumit dan megah tetap terjaga, silahkan nikmati Be The One….huenaaak banget…saya kalau mutar Be The One pasti tak ulang ulang sak dobole….kalau That That Is baru dengar intro gitar nya Steve Howe….hadeeeeh ngguweblag gulung koming….apik banget wis pembukaane….Mind Drive adalah sajian musik khas Yes yang sangat rancak sekali…saya juga menyukai Bring Me To Power mantab dah musiknya prog banget….ini termasuk album Yes yang menjadi favorit saya, di album ini mereka benar benar ” Tua Tua Keladi !!”, sayangnya CD dari album ini susah dicari, saya order berkali kali selalu nihil, hanya punya yang volume 1 dan yang volume 2 belum, dan kemarin oleh mas Yudi saya didonlotkan dan dibuatkan CD nya, ada cerita lucu ketika CD dah jadi, mas Yudi ingin tes hasilnya nah diputarlah album ini, demi mendengar lagu lagunya mas Yudi njumbul kaget setengah mati dengar lagu lagunya kok ternyata kereeeeen….ha ha ha…akhirnya mas Yudi buat CD juga untuk beliaunya sendiri…..Top dah…!!!

6 Responses to “Musik Yes Diambang Senja (4 of 10)”

  1. MH Alfie Syahrine Says:

    Inilah satu satunya album Live Yes yang belum saya miliki hingga sekarang …walau dah muter muter tapi ga dapet juga.

  2. hippienov Says:

    Nah ini dia labum live + Yes yang aku suka, kenapa aku bilang + karena disitu ada lagu-lagu barunya yang seperti kata Koh Win luar biasa ciamik. Lagu-lagu baru tersebut kemudian dijadikan satu ke dalam album “keystudio” yang covernya classic nuansamatik banget itu. Sayangnya aku gak punya album Keys To ascension (1 & 2) maupun Keystudio… Tuobz Koh Win…

  3. Budi Putra Says:

    Mas win, keren dah ulasannya. Bikin (saya) yang membaca jd penasaran pengen dengerin ini album…sayangnya, saya cuma punya t- shirtnya aja; lucu ya, blm pernah dengerin lagu2nya malah nekat punya t shirt nya, krn art banget desainnya jd saya beli itu kaos. Setelah baca ini rasanya perlu ngulik nih album…

  4. Gatot Widayanto Says:

    Pertama kali punya album ini dari Laser Disc nya.
    Kemudian dapet CD KTA 1 di Aquarius Pdk Indah
    Kemudian CD KTA 2 di Aquarius Pdk Indah juga….

    Studio tracks nya keren banget. Apalagi rekamannya juga sangat bagus. Saya coba sound system ya pake CD ini. Be The One ….kerennnn ….

  5. apec Says:

    Apalagi dapat bonus poster di CD KTA 1

  6. cosmic_eargasm Says:

    Thanks infonya mas Herwinto. Sepertinya sy ada album ini. Nanti sy cek lagi kalo sudah sampai di rumah.

    ::: Yes Rules! :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: