Asli atau Lip Sync?

Budi Putra

KD

Berawal dari kangen dengan King Diamond maka saya putarlah video live “Monster Of Rock”. Di video itu King Diamond adalah salah satu band yang tampil. Beberapa lagu dibawakan King Diamond dengan kualitas vokal yang menurut saya antara versi live dengan rekaman seperti tidak jauh berbeda. Persis, sis..!

Namun menginjak lagu “Welcome Home” saya menyaksikan ada sesuatu yang janggal, itu terlihat antara ketepatan vokal King Diamond seperti tidak pas dengan audio yang dihasilkan. Jadi terlihat sang vokalis bernyanyi seolah hanya seperti menggerakkan bibirnya mengikuti dengan lagu yang diputar melalui kaset atau media yang lain. Penilaian saya saat itu King Diamond seperti tidak bernyanyi sungguhan.
Wah, jangan-jangan Lip Sync nih, pikir saya… Apa mungkin vokalis sekelas King Diamond melakukan hal itu?

Nah, menurut kamus Wikipedia Lip Sync atau lip-synch (singkatan dari lip synchronisation) adalah sikap seseorang seolah benar-benar bernyanyi dengan menggerakkan bibirnya dibarengi dengan lagu yang diputar melalui kaset atau media yang lain. Ketepatan, kelancaran, dan penghayatan akan menentukan seberapa berhasilnya Lip Sync. Lip Sync dilakukan karena beberapa alasan, misalnya karena keadaan penyanyi yang bersangkutan tidak dalam kondisi baik, tidak memadainya sound system, kesulitan bernyanyi sambil menari, atau mungkin hanya untuk meringankan pekerjaan bernyanyi dipanggung saja.

Lip Sync masih sangat banyak dilakukan oleh penyanyi-penyanyi di dunia. Dari mulai penyanyi besar atau pun pendatang baru. Penyanyi yang sering melakukan Lip Sync kebanyakan adalah penyanyi yang pada penampilanya dibarengi dengan menari. Tapi di Cina Lip Sync sudah tidak diperbolehkan karena dianggap sebagai penipuan.

Nah, kembali ke King Diamond menurut saya untuk bernyayi dengan cara atau karakter vokal King Diamond mesti dibutuhkan power yang sungguh maksimal. Perpaduan antara nge-growl dan melengking bak “beauty and the beast” ini bukanlah perkara yang mudah. Maka akan terlihat pula dari gerak bibir dan penghayatan dalam bentuk bahasa tubuh sang penyanyi akan terlihat jelas—wong, mas Andi Deris (Helloween)saja masih terlihat megap-megap ketika membawakan Future World pada saat konser di Woodstock, Finlandia.

Mungkinkah King Diamond melakukan Lip Sync pada konser itu? Seperti Mili Vanili yang menggemparkan itu…hahaha—waduh kok King Diamond disamakan dengan MV, maaf ini perumpamaan saja bro. Atau mungkin karena vokal King Diamond yang berfalseto itu sehingga akan menyulitkan ia bila dinyanyikan dalam bentuk live…?

Semoga saja penilaian dan penghilatan saya yang keliru mengenai hal itu. Karena bagaimana pun King Diamond adalah salah satu band heavy metal era 80an yang saya gemari, terutama untuk album Conspiracy dan Them.

Mohon petunjuknya mas and bro gemblungers…trims.

9 Responses to “Asli atau Lip Sync?”

  1. Budi Putra Says:

    Mas Gatot yg baik trims sdh di posting ulasan singkat ini. Sy td krm 2 email, sy pikir yg prtma kynya gak masuk, krn loadingnya smpt trhnti jd sy krm ulang. Sekali lg matur nuwun…

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Budi ….sama2 mas. .. Email hanya saya terima satu kali mas dan itu berarti yang kedua ya mas.

      • Budi Putra Says:

        Iya mas Gatot, ini yg pertama. Tp ok mas, isinya sama kok. Cuma sy penasaran bikin ulasan ini akibat nonton live-nya KD. Trims mas Gatot, hujan pg ini enak sekali kalo tidur lg ya…hehehe.

  2. andria Says:

    saya tak tahu apa yg menyebabkan di akhir 90-an Nikki Sixx (Motley Crue) perang mulut di media (Metal Edge) dgn Lars Ulrich (Metallica) termasuk lypsinc tidak. Lars menuduh Motley Crue membodohi penonton dgn musik rekaman (saya lupa istilahnya) dan mereka cuma mangap2 doang utk ngepaskan. Nikki Sixx menjawab kl sebelum menyanyikan lagu tadi sdh bilang penonton dulu, bahkan Queen & Pink Floyd juga melakukan.

    • Budi Putra Says:

      Iya mas Andria, awalnya sy enjoy aja…power vokalnya sama dg versi rekaman…spt lagu Slepless Night, Welcome Home, Abigail…mantap nih, ucap sy.

      Wah, kalo bener lip sync gak asik ya, biar gak maksimal kualitas vokalnya dipanggung…sbg penonton kt puas.

      Menurut cerita teman sy kalo Led Zeppelin konser mesti lagu2 live dg versi rekamannya beda, maksud teman sy jd keliatan orisinalitasnya.

    • cosmic_eargasm Says:

      Saya kok jg pernah baca tentang hal tsb, tapi lupa dan memang sudah lama sekali. Ternyata persaingan band di luar negeri jg sengit ya mas hehehe..

      ::: Metal Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  3. andria Says:

    pernah mbaca komentar Ace Frehley (ex KISS), ada suatu saat dia main tanpa cacat tapi penampilan teatrikalnya jelek ada kritikan mainnya jelek. pernah dia tdk puas dgn permainan gitarnya tapi pertunjukan teatrikalnya bagus oleh penonton dipuji2. katanya itu yg membuat dia pengin keluar dari KISS. dia ingin penonton benar2 menghargai permainannya bukan aspek non musikalnya (api, koreografi dll).

    • cosmic_eargasm Says:

      Wah thanks banget infonya mas Andria. Memang, jaman internet blm ada dulu, info2 di majalah luar amat sangat berharga sekali ya mas.

      ::: Metal Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  4. cosmic_eargasm Says:

    Mas Budi, sy blm pernah liat King Diamond live, apalagi yg Monster of Rock. Tp masak KD pakai lip sync ya mas? Hal tsb berbanding terbalikn dgn disini, di acara ‘Dahsyat’ di TV memang semua artis diwajibkan lip sync. Sampai2 Padi dicekal tdk boleh tampil di acara tsb karena mereka dulu menolak lip sync🙂 tapi standart kita memang nggak bisa dibandingkan dgn standart luar ya mas hehehe.

    Thanks infonya mas.

    ::: Metal Rules! :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: