Guitars That Rule The World

Andria Sonhedi

gw_guitar rule1

gw_guitar rule 2

Guitars that Rule the World adalah kompilasi instrumental gitar yang dipersembahkan oleh majalah GuitarWorld (majalah kesayangan saya). isinya adalah karya 13 gitaris dari beragam record label dan beragam corak . Joe Bosso yg memberi kata sambutan adalah mantan editor in chief majalah GuitarWorld di era 80-an yg tahun 1991 keluar utk serius terlibat di industri rekaman. album ini keluar di tahun 1992, cover sampulnya adalah Kim Thayil (Soundgarden)

side A
Reb Beach kala itu adalah gitaris Winger dan belum pernah membuat solo album, lagu ini juga blm pernah dia masukkan di album Winger
Richie Sambora dari Bon Jovi
Yngwie Malmsteen menampilkan lagunya yg ada di album Fire & Ice
Paul Gilbert masih di Mr. Big saat itu
Eliot Easton adalah gitaris
Zakk Wylde adalah gitaris Ozzy saat itu, lagunya  bercorak southern rock yg ditingkahi lengguhan sapi & kokok ayam jago🙂
side B
Nuno Bettencourt masih di Extreme saat itu
Alex Scolnick masih di Testament tapi sdh bersiap pergi memperdalam jazz
Richie Kotzen belum masuk Poison (atau mlh sdh keluar?)
Albert Collins sang gitaris blues membawakan lagu khusus utk mendiang Stevie Ray Vaughn
Dickey Betts & Warren Haynes dari Allman Bros.yang membawakan southern blues (Dickey adalah pencipta lagu Jessica)
Reeves Gabrels dari Tin Machine, nantinya akan bergabung dgn David Bowie
Earl Slick adalah solo gitaris & pernah kerja bareng para mantan Stray Cats di Phantom, Rocker & Slick (pernah ada kasetnya dulu)

10 Responses to “Guitars That Rule The World”

  1. hippienov Says:

    Waduh mas…nangis aku liat kaset ini. Dulu jaman kuliah aku pernah punya kaset ini. Sebenarnya itu kaset temenku terus aku pinjam tapi “long term” alias gak pernah aku kembalikan sampai kita lulus dan parted ways… Dasarnya bukan milik sendiri akhirnya kaset inipun rusak setelah beberapa lama kemudian. Aku jadi sedih ingert “dosa” ku sama temen kuliahku dulu dan sedih kok bisa rusak kasetnya. karena setelah rusak, aku gak pernah ketemu lagi kaset serupa… Takjub banget di album ini Alex Scolnick gak main metal/speed di lagu kompilasi ini. Album ini top banget mas…aku suka…

  2. Rizki Says:

    Membaca ttg kaset ini mengingatkan saya pada album kompilasi gitar lainnya yang dimotori oleh drummer rock terkenal Carmine Appice. Album tersebut berjudul Guitar Zeus dan berisi gitaris2 top spt Yngwie, Steve Morse, Paul Gilbert, Neil Schon, Bryan May, Slash dan juga Elliot Easton yg disebut diatas (dari band new wave/rock Cars). Selain Carmine yg bermain diseluruh lagu sekaligus sbg produser, album tsb didukung oleh bassist Tony Franklin, teman mainnya di Blue Murder, dan Kelly Keelings pada vokal.

    Udah lama saya tidak dengerin album ini jadi lupa mana lagu2 yg menonjol. Terima kasih Mas Andria krn tulisannya telah mendorong sy utk mendengar kembali album tsb
    Salam

    • cosmic_eargasm Says:

      Mas Rizki, thanks infonya. The Cars memang dulu nggak ngetop disini, tapi sy liat dulu bbrp album dan the best nya ada pada jaman normal. Tp sy jg nggak beli sama sekali, seingat sy sempat diulas di majalah Hai.

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

      • Rizki Says:

        Kalo soal Cars, yg saya tahu cuma dua hal saja – lagu “Drive”, lagu pop yg memang enak didengar dan super model Paulina, istri dari salah satu pemainnya dan posternya banyak menghiasi dinding kamar anak laki2 zaman th 80an🙂

      • cosmic_eargasm Says:

        wah sekali lagi thanks infonya mas Rizki.. sayang dulu saya nggak mengoleksi poster nya.. yg saya ingat gambar album nya ada wanita di dalam mobil itu.. cuma ya blm dengar lagu2nya.. dulu sy lebih tertarik dgn Duran-Duran dan U2🙂

        “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

      • Rizki Says:

        Sama Mas, ketika era new wave sy jg lbh tertarik Duran2 (dari album Notorious dst) dan U2 (new year days) ….

      • cosmic_eargasm Says:

        2 band itu keren menurut saya.. dan tentunya mas Rizki juga ya🙂 saya waktu itu awal bpunya the best Duran-Duran, kalo U2 yg “Unforgetabble Fire” sama yg live nya (lupa judulnya)

        “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

      • cosmic_eargasm Says:

        baru setelah itu saya hunting album Duran2.. “Rio”, “Seven and the Ragged Tiger”, “Arena” sampai “Notorious” (keren ada brass sectionnya ya mas.. ). begitu jg U2.. hunting album2 nya “The Joshua Tree” terus yg lama2 “Boy”, “War”.. seingat saya kaset saya dulu rekaman team Golden Series deh.. wah d ingat lg nnih.. punya Golden series yg U2.. kalo Duran2 nyampur2.. Billboard, Contessa, Aquarius dll..

        “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  3. andria Says:

    anu pak Hippie, kaset itu juga sama riwayatnya dgn yg punya sampeyan 😀
    bedanya yg ini saya jaga keutuhannya
    @pak Rizki: saya yg guitar zeus cuma punya yg vol 1(cd), sayangnya tak ada lagu yg benar2 menonjol utk kuping saya

  4. cosmic_eargasm Says:

    Ini dia, padahal kmrn2 sy bathin, eh akhirnya muncul juga. Mantap mas Andria. Sy dulu jg sempat punya yg ini. Stlh mendengar nomor dari Nuno Bettencourt (gitarisnya Extreme) di kaset ini, awalnya dulu sy sempat merasa terjebak membeli kaset album solonya “Schizoponic” yg style nya alternative bgt, namun lama2 dinikmati ya enak jg dgn hiasan permainan melodi khas ala Nuno. Benar kata mas Hippie, permainan Alex Skolnick di kaset ini walo nggak metal tapi tetap asyik. Editor-in-chief majalah Guitar World penggantinya Joe Bosso adalah Brad Tolinsky dan kelihatannya bertahan sampai skrng. Lama jg sy nggak mengikuti majalah tsb. Yg sy suka ada bonus poster bolak-baliknya, utk partitur lagu nya jg bgs, tp sy kira kebanyakan. Dan ada kolom lesson dari gitaris2 dunia. Majalah gitar edisi Future Publishing bbrp tahun yg lalu jg bnyk bermunculan.

    Thanks mas Andria, postingannya msh melanjutkan tret sy tentang seri gitaris.

    ::: Six String Rules! :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

Leave a Reply

