Helloween “Walls of Jericho” – Hins

Andria Sonhedi

gw_walls

lagu Helloween pertama kali yang saya dengar adalah Ride the Sky yang berasal dari album Walls of Jericho. Saat itu saya masih kelas 1 SMA  & masih mau mendengarkan radio🙂

ada teman SMA saya yg cukup maju dalam selera musik, Kusumanto Sigit namanya. dia termasuk yang sukses meracuni teman2 sma saya untuk mau mendengarkan Helloween. Saat itu Rush, Judas Priest & Iron Maiden masih lebih digemari. Ada satu orang adik kelas kami yang beruntung membeli Helloween – Keeper of the Seven Keys Pt. 1 keluaran Billboard yg kemudian jadi barang pinjaman berjamaah, maklum saat itu baru saja penutupan kaset non royalty. si Kus sendiri saya tak tahu dia punya apa tidak karena belum pernah memperlihatkan kasetnya.

saya sebenarnya sering mencoba kaset Helloween di toko Kota Mas Yogya, tapi malah beli kaset lain yg saya anggap lebih penting. belakangan saya menyesal karena sampai saat ini saya belum pernah dapat kaset Helloween -Keeper Pt.1 baik rekaman Hins, Rockline atau Billboard.
Untunglah saya ingat kl pernah lihat album Helloween yang lain di lapak kaset pak Budi di barat pasar Bringharjo. maka saya jadi rajin ke pak Budi utk nyari kaset Helloween tadi. tak beberapa lama (mungkin cuma ukuran minggu) saya dapat juga kaset tadi persis seperti yang pernah saya lihat.  Helloween – Walls of Jericho (Hins) versi awal adalah memakai kotak bening dgn lirik lagu menyatu seperti booklet. versi sebelum hapusnya kaset non royalty kotaknya menjadi plastik putih seperti kaset2 rockshot/Hins saat itu.
Lagu2 di album Walls of Jericho dinyanyikan oleh Kai Hansen (vokalis yg nyambi jadi gitaris, atau sebaliknya juga bisa) makanya masih banyak jeritan2 ala heavy metal era 80.
lirik2nya masih sangat serius dan memberontak, maklum masih muda dan mungkin bahasa Inggris mereka blm bisa membuat tema2 yang lebih variatif. bisa didengarkan di lagu Heavy Metal is the Law, Metal Invaders, Gorgar, atau Guardian.
ada sebuah lagu agak panjang (7 menit)  yg membuat bulu kuduk saya meremang berjudul How Many Tears yang berisi cerita ttg perang dingin Rusia & Amerika. setelah gitar ngebut di depan lalu di tengah lagu suasana turun, tapi cuma sejenak lalu gebukan drum alm. Ingo Scwihteberg mengajak para gitaris ngebut lagi. di kaset ini masih ditambah (syukurlah) lagu2 dari  EP Helloween.
gw_hellow uk
album Live in the UK adalah keberadaan terakhir Kai Hansen di Helloween. Vokalis sdh diambil alih Michael Kiske,  termasuk How Many Tears tadi yang dinyanyikan dengan cara Kiske namun tetap membuat bulu kuduk meremang. kaset ini adalah kaset Helloween pertama kali yang resmi masuk Indonesia. di pasaran harga kaset2 Helloween lama mulai meninggi dan bisa 3 x harga kaset baru🙂

42 Responses to “Helloween “Walls of Jericho” – Hins”

  1. hippienov Says:

    Uedyan, merinding aku liat kaset Hellowen LIve in The UK. Aku dulu beli kaset ini di Duta Suara mas, bareng 3 orang teman SMP ku yang lain. Sayang kaset ini sudah hilang dan sampai sekarang aku kerepotan cari di loakan. Pernah dapet tapi kondisinya parah, satu lagi ketemu tapi harganya ya ampun muahal banget, gak kuat ngangkat…

    Yang masih aku inget, kita berempat ke DS Sabang, Johan-Stanley-Norman dan aku.
    Aku beli Helloween/live in the uk; Johan beli Anthrax/state of euphoria dan Stanley beli Judas Priest/ram it down. Norman seingatku beli Fine Young Cannibals/she drives me crazy.

    Those good old days when we were young boys, so much younger than today…

  2. hippienov Says:

    O ya mas Andria, ada satu lagi album atau mini album Helloween sebelum Walls, kalo gak salah judulnya “Helloween”… Aku masih simpan kaset VSP nya, nanti coba aku cek pas pulang kerja… Keren postingannya mas… aku suka… Metal Rules!

  3. andria Says:

    benar pak Hippie, itu EP Helloween yg 4 lagunya ada di side B. dulu saya pengin beli sekennya tapi krn sdh punya lagunya (dulu saya kira kaset2 tak akan menghilang dari pasaran) tak jadi saya beli.

  4. hippienov Says:

    Wah sayang gak dibeli mas… aku jujur dulu gak pernah liat kaset ini, setauku album yang paling “tua” ya walls of jericho, nah pas jalan-jalan ke suatu lapak loak ketemu kaset ini, judulnya Helloween/helloween, aku heran kok ada kaset ini ya?… ya udah tak sikat wae mas… sayang kualitasnya sudah gak terlau bagus lagi…

  5. Budi Putra Says:

    Ini dua album Helloween yg saya punya semasa SMP, album favorit selain Keeper of Seven Keys I dan II. Sayangnya hingga lulus SMP blm pernah sy dapatkan album Keeper I dan II krn sulit sekali mencari kedua album seri tsb. Pernah ada di Duta Suara Sabang, itu pun cuma Keeper I dan sy hrs mengalah sm teman krn dia udh siap dg dananya. Mau gak mau saat ini sy hanya dpt versi mp3 nya via mp3lemon.

  6. Gatot Widayanto Says:

    Seru banget bicara Helloween ini … Saya juga penggemar lho …meskipun telat ya .. ha ha ha …

    Untuk musical history mas Hippie, monggo kunjungi tret ini:

    https://gwmusic.wordpress.com/2012/03/29/a-musical-journey-of-hippienov/

  7. Budi Putra Says:

    Mas Gatot, biar telat yg penting menikmati…hehe.

    Trilogi Walls Of Jericho, Keeper Seven Keys I & II, sgt patut utk dinikmati. Kalo Live in UK, sempet booming pd 9oan krn radio Bahana FM jg kerap memutar album live ini pd malam tertentu…seru bgt krn musiknya yg ceria. Selain itu album (live) satu2nya resmi di jual di Indonesia pasca non royalti. Makanya nyari album Keeper I dan II, plus T shirt nya dimana ya?

    • Gatot Widayanto Says:

      Saya kenal Helloween setelah mati klenger paska ngguweblak menikmati indahnya Kamelot “Karma”, mas Budi …. Sejak itu saya baru tahu bhw power metal itu ternyata manis melodik. Barulah saya serbu semua CD Helloween .

      Tahun 2004 saya nonton konsernya di Ancol, nyewa bus sama temen2 metalheads. Memorable.

      Eh tahun 2008 malah jadi MC konser Helloween di Tennis Indoor . Ha ha …

      • Budi Putra Says:

        Wah, mantap bgt ya mas Gatot…keren. Tp cuma 4 album Helloween itu aja yg sy suka…mgkn krn ada nilai historisnya…yg lainnya sm sekali gak ngikutin. Sempet nonton konser Helloween via DVD (versi Kiske dan Andi Deris), vocal Kiske dan Andi Deris jauh bgt…Kiske lbh mantap tarikannya!

      • andria Says:

        ya pak Budi, wl kita disebut nostalgis yg cengeng😀 tapi saya lebih suka Kiske

    • Gatot Widayanto Says:

      You’re the keeper of the seven keys ….
      That lock up the seven seas …

      Yeerraaaaahhhh …..!!!

      Metal rulezzzz ….!!!

  8. hippienov Says:

    Wah nuansamatik sekali mas G jadi MC konser Helloween…sayang aku gak ikut nonton waktu itu.

    Memang menurutku juga album Helloween yang sangat memorable ya sebatas sampai “keeper of the seven keys II”
    Album pink bubbles go ape bisa dibilang gagal. Aku juga ndak gitu suka album ini, paling cuma “heavy metal hamster” yang lumayan aku suka.
    Setelah itu “chameleon” muncul dan banyak yang mengutuk Helloween karena mencoba main “progressive”. Helloween yang metal menggunakan alat musik tiup di album itu, tapi aku malah suka album itu meski gak terlalu keliatan lagi power metal nya.

    “Master of the rings” dirilis dengan vokalis baru Andy Deris, Helloween balik lagi ke alamnya dan meskipun aku suka tapi harus penyesuaian dengan tipikal vokal Andy yang jauh beda dengan Kiske yang sering melengking sedikit false itu. Nomor-nomor “why”, “perfect gentleman”, “sole survivor” adalah diantara nomor-nomor di album itu yang aku suka.

    Lanjut ke “the time of the oath”, wow! album ini luar biasa banget…dari lagu pertama samapi terakhir gak ada yang gak aku suka dan akupun sudah mulai terbiasa dengan vokal Andy.

    Nah setelah itu seiring dengan kenalnya aku progrock dan makin intensifnya aku hunting album-album rock jadul, maka Helloween pun mulai aku tinggalkan dan album “better than raw” terdengar terlalu bising untuk kupingku dan tidak terlalu menarik lagi.

    Namun aku gak serta merta meninggalkan Helloween, aku masih beli “metal jukebox”, “the best, te rest, the rare” dan malah terakhir aku order ke amazon Helloween “keeper of the seven keys I dan II sekaligus yang expanded edition… Habisnya kalo diitung-itung harganya lebih murah dibanding yang dijual di toko cd lokal, dan lagi kaset keeper of the seven keys I & II ku rusak, jadinya aku putuskan untuk beli cd nya sekalian, hehehehe…

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Hippie,

      Itu kenangan yang luar biasa karena memang saya mengerjakannya dengan senang sekali, hati riang gembira penuh dengan siulan suka cita. Saat saya diemail oleh promotor utk menjadi MC jawaban saya spontan “Mauuuuuu ……!!!” sambil dalam hati mbatin mau bekerja secata profesional dan menganggap penonton sebagai layaknya peserta workshop.

      Selama satu bulan penuh saya menyiapkan semua hal terkait menjadi MC konser Helloween ini mulai dari pemahaman lagu2 nya melalui lirik dan ulasan2 di internet sampe menyusun konsep nya. Yang paling seru adalah konsep dialog dengan sekitar 5 ribuan metalhead yang hadir dan mengajak mereka koor bersama menyayikan penggalan2 lagu Helloween. Puncaknya adalah atraksi keris yang saya gunakan di panggung dengan gsya sok teatrikal ….ha ha ha …. Seru pokoknya!

      • cosmic_eargasm Says:

        Wah mantap banget mas GW, selain pernah menjadi MC even Dragon Force, ternyata Jg pernah jd MC even Helloween (yg line up nya tdk sy suka)=

        Top mas!

        \m/

        ::: Metal Rules! :::

        “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  9. diansyah Says:

    Maaf ikutan curhat… Kenangan sy dengan helloween adalah album live in uk punya teman kakak sepupu saya. saat itu sy masih di smp (tahun 91 an), sy jg baru belajar main gitar dan bercita2 jadi gitaris band. Bikin band bersama teman2 dan ngulik lagu ‘ngepop’ future world dari album ini dengan nyanyi ngaco2 liriknya karena gak ada teksnya di kaset itu. Nyari lirik lagu saat itu bisa mengorbankan tape atau kaset hehe. Bangga banget saat bisa mainin intro lagu itu meski pas masuk interlude gitar tidak pernah khatam. Maklum nguliknya di gitar akustik. Pikir saya saat itu Intro lagu ini sama wibawanya dengan intro ‘seek and destroy’ dari metallica. Lagu lainnya yang ngepop di live in uk adalah dr stein dan I want out, covernya juga cukup lucu dan gambar2 labu sering sy buat di buku2 catatan sekolah. album yang selanjutnya pink buble go ape memang lebih ngepop lagi dengan singel number one dan your turn. Tapi beberapa lagu seperti mankind dan going home masih menyisakan ciri helloween. Oh ya, di amrik konon ada band lain yang namanya mirip, halloween. Yang ini sy belum tahu…

  10. apec Says:

    Waktu awal2 ngoleksi kaset,album Wall of Jericho rekaman Hins Collection merupakan incaran para pemburu kaset ..saat itu kaset baru seharga 15 rb,kaset bekas rata2 masih kisaran 6 rb rupiah .saat itu,kaset Guruh Gypsi masih dihargai sekitar 15 rb-25 rb,tapi Halloween tersebut sdh ditawarkan 50 rb rupiah Di Bringharjo. Namun saat ini Gurus Gypsy menjulang .ke langit

  11. andria Says:

    ya pak Apec, pas jaman itu lagu2 Indonesia lama masih tak ada yg nyari. Helloween yang box putih utk Walls & Keeper 1, Slayer- Reign in Blood juga mahal.

  12. hardi.dokken Says:

    Wall of jericho versi rockshots ada 2. Yang di posting itu versi pertama. Versi kedua yg model box, warna sampul didominasi merah, tidak belang2. Versi 1 sy dpt di beringharjo. Versi 2 sy dpt di lapak taman puring, penjualnya gak tahu kalau itu brg langka, makanya dia kasih harga 15.000. Langsung sy bayar

  13. cosmic_eargasm Says:

    “Walls of Jericho” terbitan Rock Shots ini dulu sy pernah punya. Kira2 skrng setara dgn harga kaset rekaman Bootleg atau Apple. Kalo Yess mungkin yg Hatfield and the North, Pulsar, Nektar dll. Kalo sy dulu awal tau Helloween malah “Keeper of the Seven Keys pt 1” rekaman Rock Shots yg kemasan kotak tebal. ‘A Tale That Wasn’t Right’ memorable sekali bagi sy. Bekangan dpt “Walls of Jericho” ini, ‘Ride the Sky’ dulu yg paling sering sy putar, kagum dgn permainannya, jg vokal Kai Hansen yg mantap. Lalu dpt “Hellowen EP” & “Keeper of the Seven Keys pt.2” terbitan VSP yg pitanya nggak bgs dlm jangka waktu yg lama stlh 2 kaset sblmnya. “Live in UK” sy sempat sering punya bbrp kali, jg “The Best, The Rest, The Rare” yg kover warna orange itu. Stlh kecewa beli “Pink Bubble Go Ape”, sy praktis tdk mengikuti Helloween lg, sampai ada “Metal Jukebox” yg ada ‘Hocus Pocus’ nya itu sy tertarik utk memilikinya. Bagi band2 Prog Power Metal era 90an ke atas sampai skrng menganggap Helloween sbg dewa mereka. Hal tsb terwujud dlm kaset “Tribute to Helloween” kalo tdk salah bertitel “Keeper of Jericho” yg setau sy dirilis dlm 2 kaset dgn rentang yg lama antara pt.1 dan 2 nya. Kaset ini dulu begitu laris sekali, sampai2 di setiap lapakers pasti ada. Ah jd ingat jg dgn Megadeth yg asyik membawakan ‘Paranoid’ di album “Tribute to Black Sabbath”Ada band Down nya Phillip Anselmo dgn style sludge nya di kompilasi ini.

    Kai Hansen msh aktif sampai skrng dgn band nya (lupa apa nama bandnya, seingat sy Primal Fear sih), Kiske kalo tdk salah di Pink Cream 69. Mantap tret nya mas Andria ini, stlh seri gitaris lgs dilanjut dgn Old-School Speed Metal yg bnyk digemari sampai skrng. Kalo vokalnya Inga Rumpf (Frumpy/Atlantis/8 Days in April) bisa bikin klepek2, maka benar seperti kata mas Andria, vokal Michael Kiske benar2 sangat bisa bikin merinding! ‘How Many Tears’, ‘Helloween’, ‘Dr. Stein’ dan lainnya yg jg tdk kalah keren. Sama seperti mas Budi maupun bbrp penggemar Helloween lainnya, albumnya yang essential dan yg paling sy suka adalah “Walls of Jericho”, “Keeper of the Seven Keys Pt.1 & 2” “Helloween EP” dan “Live in UK”.

    Bicara debut album, selain Helloween EP dan Megadeth “Killing is My Business… And the Business is Good” juga ada Iron Maiden “s/t” yg mantap dan langka. Sampai skrng jg kaset importnya msh saja menjadi buruan para kolektor metal, dikarenakan pada jaman normal dulu ke 3 album di atas tdk ada label lokal yg merilisnya. Masih lumayan Loudness “The Law of Devil’s Island” (album pertamanya)msh ada Hins Rock Shots nya, juga Metallica “Kill ’em All” ada Rock Shots & Rock Line nya. Nggak tau jg dgn Motorhead.

    Thanks mas Andria.

    \m/

    ::: Metal Rules! :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

    • topantopian Says:

      Kai Hansen masih aktif di Gamma Ray, dia juga join band dengan Kiske di Unisonic. Unisonic boleh dibilang unik karena personilny adalah gabungan antara Pink Cream 69 (mantan bandnya Andi Deris) dengan mantan Helloween.

      Kalo Primal Fear adalah band power metal miliknya Ralf Scheeper, doi adalah mantan vokalis Gamma Ray di 3 album pertama.

      Untuk Helloween, favorit saya adalah Chameleon, meskipun tidak menampik jika Keeper I&II adalah opus mereka.

  14. andria Says:

    @hardi.dukkun: Har, itu asli apa palsu Helloweennya? 🙂 kok murah temen. Endi tulisan ttg Dokken-e?

    @pak cosmic: motorhead banyak dulu kasetnya, cuma sepertinya orang Indonesia jarang yg suka. kl album2 awal mungkin mmg tak ada. tapi bisa aja tanyakan mas Hardi, dia punya banyak kaset rock lama. bahkan Rock ‘n roll swindle-nya the sex pistols aja punya yg versi rekaman indonesia lama.

    • cosmic_eargasm Says:

      Benar mas Andria.

      Album Motorhead yg paling bnyk diterbitkan oleh Billboard, cuma seingat sy, album2 awalnya tdk ikut diterbitkan, cuma bbrp ditambahkan pada side B pada bbrp albumnya terbitan Billboard tsb yg dulu sy sempat punya. Seingat sy “Iron Fist”, “Another Perfect Day”, yg lainnya lupa. Kalo yg Team Rock Line cuma “Orgasmatron” saja, lagu ini jg pernah dibawakan oleh Sepultura. Ada jg the best nya rekaman Aquarius, Team dll (yg sy malah nggak sempat punya sama sekali).

      ::: Lemmy Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  15. hardi.dokken Says:

    Dijamin asli, taman puring dulu blum spt skarang. Dulu kebanyakan yg jual kaset gelar dagangannya di dlm taman n luar taman spanjang pagar. Yg jual kaset tsb kayaknya debutan, jadi belum tahu kalo itu brg langka. Motorhead sy ada 2 album: rock n roll sama orgamastron label rockline by team record
    Dulu sempat punya the bestnya juga rekaman private colection, gak tahu skarang ada dimana

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Hardi ini pemburu kaset beneràn. Top dah!

      Mas … Sabtu hadir ya di progring …jam 11 di Corelli Cafe, Blok M Square, basement

    • Gatot Widayanto Says:

      Kayaknya mas Hardi musti ke Blok M Square ya …. Ayo mas …hari Sabtu siang jam 11 ya …. kita ketemuan ….

    • cosmic_eargasm Says:

      Benar sekali mas Hardi, dulu para pedagang di Taman Puring jualannya di dalam taman dan sekitar luar pagar, sampai akhirnya dibuatkan tempat seperti skrng ini, tp sempat kebakaran bbrp kali, namun ya pulih kembali seperti sediakala. Wajar saja kalo dulu mereka nggak tau pasaran harga kaset. Tp sampai skrng pun di Tampur msh tergolong murah dr pd di tempat lain, tapi ya itu, nggak bnyk pilihan. CD2 pun tdk bnyk. Paling di Ary yg skrng hijrah ke blok M Squire, eh Square🙂

      ::: Salam Djadoel :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  16. andria Says:

    lha ya itu, the best motorhead rekaman private colection. saya pernah mau beli tp dana menipis🙂

  17. hardi.dokken Says:

    Maaf pak telat bls. Insya ALLAH pak datang
    Tapi jujur aja pak sy hanya bisa menilai musik dlm 2 kriteria : enak dan tidak enak
    Kalau soal ngumpulin kaset memang sesuatu yg selalu menyenangkan

    • Gatot Widayanto Says:

      Wha ha ha ha …. Itu sudah top mas Hardi … dari pada semuanya enak, duit bisa jebol …

      Kalau semuanya tak enak? Gak suka musik namanya … ha ha ha …

      sampe besook mas Hardi Dokken …. Kalau nyasar, ini mas HP saya: 0811931175

  18. Yuana Prastha Says:

    Dilepas alias dijual gak mas helloween walls of jericho keluaran hints/rockshot nya?hehehehe, bls ya?

  19. Yuana Prastha Says:

    Dijual ga helloween walls of jericho kluaran hints/rockshotnya?

  20. Yuana Prastha Says:

    Dijual helloween walls of jericho nya

Leave a Reply

