Gunung Kelud

Material vulkanis dimuntahkan dari Gunung Kelud di Jawa Timur. Batu pijar dan abu menyembur hingga ketinggian 3000 meter.

“Material vulkanis berupa abu, batu dan pasir disemburkan. Kemungkinan juga lava pijar,” kata Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Bandung, Gede Swastika, kepada detikcom, Kamis (13/02/2014).

Gede yang juga ikut mengungsi ke lokasi yang lebih aman itu, belum bisa memastikan keluarnya awan panas atau wedhus gembel. “Belum bisa pantau, saya ngungsi. Besok baru bisa dipantau,” katanya.

Gunung Kelud di perbatasan Kediri, Blitar dan Kabupaten Malang ini meletus Pukul 22.15 WIB atau selang tak lama setelah status dinaikan dari Siaga (level III) menjadi Awas (level IV).

Semoga tak ada korban jiwa dari musibah ini. Koh Win mengabarkan di rumahnya hujan abu deras. Magetan,  rumah mas Andria,  subuh tadi juga hujan abu. Semburan abu tadi pagi sudah sampai di Yogya. Menurut NET tv Gunung Kelud sudah meletus 30 kali sejak 1919. Gunung ini aktif.

Semoga mas Edi,  bro Apec,  mas Wahyu atau temen2 lainnya selamat dan sehat. Mari kita doakan agar bencana tak tambah parah. Aamiin.

Jl. Sumatra Madiun (tempat tinggal saya dulu) pada pagi hari sekitar jam 8, 14 Feb 2014.

Jl. Sumatra Madiun (tempat tinggal saya dulu) pada pagi hari sekitar jam 8, 14 Feb 2014.

 

16 Responses to “Gunung Kelud”

  1. andria Says:

    saya di Blora cuaca cerah. tapi justru nanti sore ini balik magetan semoga jarak pandang sdh baik

  2. wahyu Says:

    surabaya hujan abu..

  3. Edi Apple Santoso Says:

    njombang udan awu ….. td malem suarane krungu tekan kene …

  4. Budi Putra Says:

    Semoga teman2 sy yg di Kediri diberikan keselamatan…Amin.

  5. HERWINTO Says:

    Solo, Klaten, Jogja dihajar hujan abu dan pasir deras sekali…saat ini jam 8.40 suasana menjadi gelap dan suara dentuman beberapa kali menggemuruh….mohon doanya….

  6. apec Says:

    Om G,saya masih di Madinah ,tp kabar mengenai hujan abu sampe Surabaya sudah dikabarkan istri saya tadi malam juga lihat TV one via internet ..semoga kejadian alam ini menjadi I’tibar buat kita ,jangan anggap sebagai bencana ,.tp sebagai peringatan dan tentu saja semoga kejadian ini bisa menjadi penghapus dosa dan kesalahan kita selama ini..Mengapa kejadian alam semacam ini bisa beruntun di negra kita mulai Sinabung, banjir Manado , Jakarta dan jalur Pantura , longsor Jombang, Situbondo, …Wallahualam…semoga rekan2 kita juga tetap dibawah pandngan-Nya..Jadi ingat Triumvirat..

  7. apec Says:

    Om G,saya masih di Madinah ,tp kabar mengenai hujan abu sampe Surabaya sudah dikabarkan istri saya tadi malam juga lihat TV one via internet ..semoga kejadian alam ini menjadi I’tibar buat kita ,jangan anggap sebagai bencana ,.tp sebagai peringatan dan tentu saja semoga kejadian ini bisa menjadi penghapus dosa dan kesalahan kita selama ini..Mengapa kejadian alam semacam ini bisa beruntun di negra kita mulai Sinabung, banjir Manado , Jakarta dan jalur Pantura , longsor Jombang, Situbondo, …Wallahualam…semoga rekan2 kita juga tetap dibawah lindungan -Nya..Jadi ingat Triumvirat..

  8. apec Says:

    Kok jdi dobel ,padahal wis di cancel ..yg benar postingan yg kedua

  9. hippienov Says:

    Td pagi jam 5an ak dpt berita dr koh Win kalo klaten hujan abu dan pasir.ak blm ngeh kalo malam sebelumnya gn.kelud erupsi.akhirnya kita berdua sms-an u/ beberapa lama dan nama bro Apec, mas Andria dan mas Apple disebut krn khawatir akan keselamatan beliau2.syukurlah jika rekan2 semua selamat dan sehat walafiat.semoga Tuhan melindungi rekan2 semua.
    Mungkin ini murka Sang Pencipta karena manusia makin buta dan tuli dgn sabda alam..

  10. apec Says:

    Mas Hippie ,semoga bukan murka Tuhan ..semoga hanya peringatan dan sarana menghapus dose Dan kesalahan sebagai manusia yg di Sayang Tuhan semoga

  11. Gatot Widayanto Says:

    Setuju dengan bro Apec .. Ini adalah peringatan … Bahwa ada kekuatan maha dahzyat ….
    Kita harus banyak bersykur dan juga banyak bertobat ….

    Makasih pencerahannya, pak Dokter…

    # n.p. Riders on The Storm – Nektar “A Spoonful of Time”

  12. hippienov Says:

    Setuju bro… correction noted…

  13. hippienov Says:

    Mas G, Nektar juga tulis lagu riders on the storm ya? aku cuma tau riders on the storm nya The Doors… Suwun mas

  14. herman Says:

    sedulur yang di kediri memberikan informasi bahwa di Kediri hujan pasir dan kerikil….ketebalan timbunan di jalan antara 10 sd 20 cm…pagi tadi pada bersih2 rumah masing2……suara letusan yang terdengar di kediri menggelegar diikuti suara batu kerikil berjatuhan di atap …serem…. bahkan ada sodara yang dalam perjalanan dari Blitar to Kediri pada malam pk 11.30….suara letusan dan petir bersautan dengan jarak pandang terbatas….wiiih gak kebayang suasananya…..

  15. cosmic_eargasm Says:

    Subhanallah. Semoga semua diberi keselamatan dan msh dalam lindungan Allah SWT dan semoga pula keadaan cepat menjadi normal kembali. AMIN!

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  16. dOmme Says:

    Dust in the wind… All we’re just dust in the wind…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: