Vinnie Moore “Time Odyssey”

Andria Sonhedi

seperti yg dibahas trit sebelumnya, Vinnie Moore adalah gitaris di grup Vicious Rumors versi awal. saya tak tahu sebab dia keluar, mungkin kena demam Yngwie Malmsteen yg berani menerbitkan album berorientasi gitar. awal mulanya saya tahu nama VM di tabloid Citra yg sedang menyambut kedatangan Yngwie Malmsteen ke Indonesia tahun 1990. saya lupa siapa yg diwawancarai, tapi dia bilang lebih cocok dgn Vinnie Moore & Vernon Reid. karena blm ada internet maka saya jelas tak tahu siapa itu Vinnie Moore (kl Vernon Reid tahu)

belakangan setelah kaset2 impor keluaran Shrapnell/RoadRunner masuk ke toko Kota Mas Yogya saya baru tahu kaset2 Vinnie Moore: Mind’s Eye & Meltdown. saat saya dapat kaset Mind’s Eye saya benar2 ngguweblak, karena kata sang musisi Indonesia tadi benar. mungkin secara original Yngwie lebih awal memulai neo classic gitar listrik, tapi album Mind’s Eye ini beda karena rasanya lebih ‘amerika’ daripada kaset Rising Force -nya Yngwie yg lebih kental tema musik klasiknya.

gw_v moore

gw_v moore3

saya heran kok antara Mind’s Eye & Meltdown tak ada kaset Vinnie Moore yg direkam Shrapnell via RoadRunner. setelah saya dapat kaset ini baru saya paham bahwa Vinnie Moore pernah pindah ke Squawk Record (di bawah label Mercury). kaset ini saya dapat tak sengaja di jalan Surabaya sekitar tahun 1998, maklum pas kondisi tampak samping tulisan Vinnie Moore tak langsung terbaca. tulisan di kasetnya sdh tak tampak, cuma tersisa sedikit dan untungnya bertuliskan Vinnie Moore jadi saya langsung percaya.

di kaset ini juga saya pertama kali kenal Jordan Rudes (“s”-nya tertulis satu, tapi itu mmg benar dia). saya awalnya heran, kok Vinnie pakai keyboard segala. sdh gitu membiarkan si Jordan memasukkan komposisinya di lagu Message in a Dream dan Prelude/into the Future. Maklum saya juga bukan ahli menilai kehebatan seorang kibordis🙂
Bertahun-tahun kemudian saya menemukan nama Jordan di album Dream Theater, bahkan DT rela nungguin proyek solo Jordan selesai demi memasukkan jadi anggota tetap. Vinnie Moore sendiri saat ini jadi gitaris tetap UFO

album Time Odyssey ini hampir mirip album Mind’s eye, bedanya ya ada sentuhan Jordan Rudes tadi. saya bahkan menyetel lagu April Sky (pakai kaset ini tentu saja) pas acara ngunduh mantu pernikahan saya .

evil has no boundaries

22 Responses to “Vinnie Moore “Time Odyssey””

  1. Gatot Widayanto Says:

    Kalau denger nama Vinnie More …saya jadi ingat pertemanan saya dengan Michel, Kodrat, Akbar dan …(aduh lupa satu lagi namanya siapa) …. Mereka ini saya kenal karena sering blusukan di Duta Suara dan Musik+ …. Awal 2000an rasanya …

    Dari merekalah saya kenal nama Vinnie More ini ,….

  2. andria Says:

    ternyata pak Apec pernah nulis kaset ini juga bulan april tahun lalu🙂

  3. hippienov Says:

    Sebelum dapet VR “soldiers of the night” aku belum pernah denger permaian Vinnie Moore, kalo namanya sudah pernah dengar tapi baru di VR “soldiers” aku denger permainan gitarnya yang ciamik. Sayang Vinnie cuma mampir di album soldiers aja, setelah itu dia cabut dan membuat album solo.

  4. apec Says:

    Ha..ha…yg membikin kaset ini memorabik ya tentu saja saat disetel Di prosesi unduh mantu ,sangarrr kuwi mas andria Dan saluttttttt

  5. cosmic_eargasm Says:

    Mas Andria, sy dulu sempat dengar album ini sekilas di teman sy. Kalo album Vinnie Moore yg sy sempat punya dan suka adalah “Mind’s Eye” rekaman Roadrunner Malysia. Tp herannya kaset sy dulu yg ini termsk paling awet dan prima pitanya dibanding yg lain, mungkin keluaran awal2. Yg “Meltdown” kover warna biru itu jg sempat punya. Seingat sy, rekaman lisensi jg menerbitkannya. Thanks pencerahannya tentang Vinnie Moore mas Andria.

    BTW, musik pengiring ngunduh mantennya dahsyat sekali mas. Mantap sekali pokoknya. Jd ingat jg kalo “Scene” nya Marty Friedman jg jd ‘Soundtrack’ ngunduh manten mas Andria. Top! Nggak semua org bisa begini.

    Salut!🙂

    ::: You Rules! :::

    \m/

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience” John Zorn

    • Gatot Widayanto Says:

      Pancen oye ya mas Andria ini mas Cosmic!

      Semoga pernikahan lanngeng selamanya … Aamiin … Dan juga sakinah, mawadah warrohmah …

      • cosmic_eargasm Says:

        hehehe.. iya mas GW..

        amin2 ya robbal al amin..

        “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

      • andria Says:

        terima kasih lho😀
        kl isteri saya lebih suka lagu2 yg disukai masyarakat umum (saya termasuk tdk umum)

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Andria … Masyarakat umum naiknya angkutan umum … Kalau masyarakat tak umum ya naik tak umum …misalnya sepeda … ha ha ha ha …

  6. Wahyu Says:

    Kalo mas andria ngunduh mantu nyetel vm jadi ingat waktu saya jadi manten..ngunduh mantu juga waktu itu saya nyetel album covernya John lynn turner..hehe..

    • cosmic_eargasm Says:

      Joe Lynn Turner maksud mas Wahyu.. wah keren juga mas Wahyu ini.. mantap mas..

      ::: You Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience” John Zorn

      • Wahyu Says:

        Eh iyo mas Joe lynn turner..pokalise rainbow..huasik loooppp. Pokoke..alhamdulillah sdh 17 taun perkawinan qta..masalahnya ojob ga suka ngerock..(

      • cosmic_eargasm Says:

        asyik aja mas Wahyu.. semoga langgeng ya.. Amin..

        “Death Alley Driver” mantap!

        “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Wahyu …gak masalah gak suka rock, yang penting bisa memahami bila kita nyetel rock …he he he …

  7. Wahyu Says:

    Terima kasih doanya mas cosmic..sudah 17 tahun sik belum paham2 Pak Gatot hehe..

  8. Noor Qodri Says:

    My Guitar Gently Weeps di sini adalah salah satu cover The Beatles terbaik yang pernah ada. Interpretasinya utk Air karya Bach melalui April Sky bisa membuat istri saya kesengsem. Eh waktu dulu masih pacar ding…

    • Gatot Widayanto Says:

      dan karena itu pula maka jatuh ke pelukan mas Qodri …menjadi istrinya …gara2 lagu tersebut …. LUWAR BIYASAAAA ….!!! Musti dibukukan nih ….he he he he ….

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah …gara2 komen mas Qodri, aku saat ini menikmati cover While My Guitar Gently Weeps nya via MP3.li … Wah nangis aku …. Lagu ini memang secara komposisi indah sekali ya ….Njungkel tenan!

    • cosmic_eargasm Says:

      saya juga suka sekali dgn nomor tsb, selain “Sexy Sadie” dari “White Album”

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  9. eriecks Says:

    Pak Andria, mau tanya soal album ini. apakah album ini juga dirilis lokal di indonesia dengan label roudrunner ?

  10. eriecks Says:

    Reblogged this on DOKUMENTASI……!!!!!!!!.

Leave a Reply

