Marty Friedman “Scenes”

Andria Sonhedi

gw_marty scene1

gw_marty scene 2

sebelum saya beli kaset ini bayangan saya adalah solo thrash gitar, setidaknya mirip yg dilakukan mantan gitaris Megadeth lainnya Chris Poland. saya pertama melihat kaset ini di toko Kota Mas Yogya, bersama gitaris2 Shrapnell Record lainnya. untunglah Indo Semar Sakti sebagai pemegang lisensi RoadRunner indonesia sigap memasukkan kaset dahsyat Marty ini ke Indonesia. maklum pita kaset perekam singapore jelek, contohnya kaset Scenes milik temannya teman saya kusut saat diputar di kos waktu itu. yang jelas saya termasuk beruntung tidak beli yg versi impor.

4 dari 8 lagu di kaset ini diproduksi Kitaro sisanya oleh Marty dan Steve Fontano. album ini merupakan album solo ke-2 bagi Marty Friedman. saat itu dia memang masih jadi gitaris Megadeth shg tak heran k-3 temannya disebut-sebut di ucapan terima kasih.

seperti saya bilang tadi orang yg biasa mendengarkan musik Megadeth akan terkejut mendengar komposisi lagu di album ini yang bertolak belakang. sentuhan musik ala Kitaro membuat album ini dimasukkan genre New Age, wl belum tentu penggemar Kitaro akan cocok dgn gitaran Marty atau gebugan drum Nick Menza. kibordis Brian Becvar berhasil membawa suasana oriental di sebagian besar lagu2 album ini. Tibet, Angel, Valley of Internity adalah contohnya. petikan gitar Marty terkadang mirip bunyi alat musik Jepang koto. Satu-satunya lagu yg keras adalah Trance di bagian akhir kaset ini.

13 Responses to “Marty Friedman “Scenes””

  1. cosmic_eargasm Says:

    nah ini dia mas..

    saya dulu juga sempat koleksi format kaset dan CD nya..
    ada 1 lagu dari “Dragon’s Kiss” yg diaransemen ulang dgn cantik di album ini..

    wah.. seri gitaris nya mas Andria sudah mulai dikeluarkan satu persatu nih..🙂

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

    • andria Says:

      judulnya Thunder March, di album Scenes ini dibalut aransmen baru yg lebih slow berjudul Triumph. lagu ini juga termasuk saya pakai utk menyelingi organ tunggal pas ngunduh mantu saya dulu itu. pikir saya dulu masak kok yg mantenan tak boleh menikmati barang satu-dua lagu yg dia sukai.

      • cosmic_eargasm Says:

        Nah iya mas Andria.. hahahahaha.. bener banget mas..

        ::: You Rules! :::

        “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  2. apec Says:

    Lagu Triumph kalo bagi saya dan anak saya merupakan suatu memori yg layak dikenang hingga mereka dewasa nanti . Apa pasal?Krn sampe saat ini,kalo bagi menidurkan mereka ,sejak bayi , adalah dengan menyenandungkan nada dari Triumph ..
    Selain itu,sejarah mendapatkan kaset ini juga seru ,krn membelinya pake utang dulu pd orang tua yg anaknya saat itu saya beri les privat .kaset ini dibeli di Popeye Jogja

    • cosmic_eargasm Says:

      Hahahaha ada2 saja mas Apec ini. Selalu ada “behind the scene” dalam dunia perkasetan.

      Asyik mas🙂

      ::: You Rules! :::

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  3. hippienov Says:

    Keren mas Andria..aku ndak punya album ini tapi ada album sebelumnya: introduction kalo ndak salah judulnya. Seperti kata mas,di album itu gitaran Friedman jg ndak seperti di Megadeth,pdhl ak pikir akan full speed n thrash.tp malah ak suka..

  4. Noor Qodri Says:

    Marty Friedman sangat senang dengan yang berbau Jepang-Jepangan. Sekarang dia tinggal di Jepang dan jadi selebriti di sana. Tidak hanya muncul di acara musik di televisi tapi juga muncul di acara memasak. Mei ini akan keluar album terbarunya, Inferno. Didengar dari singel pertamanya, http://youtu.be/VloECYg6bWc kali ini nggak jepang-jepangan.

  5. andria Says:

    sangat menyentuh ceritanya pak Cosmic🙂

    pak Hippie, Introduction itu album berikutnya & masih kena pengaruh Scenes

    pak N Qodri, saya pernah lihat juga di Yutub di acara Rock Fujiyama, ada yg episode bareng Paul Gilbert & bareng Herman Li & Sam Totman DragonForce

  6. hippienov Says:

    Walah, introduction itu setelah scenes toh mas? maaf aku salah…matursuwun koreksinya mas…

  7. prasetyoindro Says:

    mas andria…klo misalnya tidak berdosa, ibarat berhala, kaset ini udah saya sembah…nikmat tiada tara mendengarkan marty friedman album scenes ini..

  8. andria Says:

    benar pak indro, ini album Marty yg paling saya sukai

  9. Gatot Widayanto Says:

    Saya gak pernah mendengarkan. karena penasaran, saya search pake Media Drug …ada! Nah …sekarang sedang saya puter album ini …. He he he …Enak ya, gak punya kasetnya tapi bisa dengerin musiknya …tanpa punya MP3 nya …

    Hidup MEDIA DRUG!!!!

    Album Dragon’s Kiss juga ada lho … Hebat ya …

Leave a Reply

