David Gilmour s/t

Hippienov

cover_11071462010

Meskipun aku ngaku-ngaku salah satu fans Pink Floyd dan (mengklaim) punya koleksi albumnya (walau cuma sedikit sekali) tapi untuk solo project para member PF aku nyaris gak mengikuti dan gak paham, hanya proyek solo Roger Waters yang aku masih sedikit “ngeh” dan beruntung sempat beli kaset kompilasi the best nya serta kaset amused to death. Sedangkan untuk album-album Floydian lainnya aku gak pernah ngerti karena kebetulan juga jaman kaset lisensi album beliau-beliau kayaknya gak pernah nangkring di toko-toko kaset langganan.

Sampai kira-kira minggu lalu saat temenku di MBC Medan merekomendasikan album David Gilmour “self titled”. Wah menarik nih pikirku, kok selama ini aku gak pernah inget ya sama gitaris gondrong nan flamboyan ini (dulu gondrong tapi sekarang sudah nyaris cepak dan lemu, hehehe…) Lalu aku coba gugling dan dari mah wiki dapet pencerahan kalo album ini adalah album debut solo Gilmour yang dirilis tahun 1978, diproduseri oleh Gilmour sendiri dan album ini disebutkan “mostly consists of bluesy, guitar oriented rock songs” kecuali untuk lagu “so far away” yang balada dan dominan pianonya. Dalam pembuatan album ini dibantu oleh Rick Wills (ex-Peter Frampton) pada bass (kalo gak salah Rick Wills juga main di Foreigner ya?) dan Willie Wilson (koncone Gilmour wingi nang Jokers Wild) pada drums.

Singkat cerita saat cd mau dikirim aku bilang ke temenku di MBC kalo aku sama sekali gak ngerti gimana musik Gilmour di album solonya iini, aku cuma tau Gilmour di Pink Floyd. Kemudian temenku bilang kalo Gilmour di album ini lebih bereksperimen dan gak “plok” sama dengan dia saat di PF. Okelah, worth to try… akhirnya cd nya aku terima dan saat aku dengarkan betul juga musiknya ada unsur blues dan nyaris gak ada suara kibor seperti lagu-lagu PF. Tapi entah aku terbiasa denger Gilmour main di PF atau memang benar kalo secara keseluruhan musik di album ini masih cukup terasa Floyd nya… Malah aku sepertinya mendengar komposisi musik yang mirip dengan beberapa lagu Floyd, tapi aku belum dapat lagu PF yang mana. Bahkan suara mixing album Gilmour ini mirip dengan hasil mixing album PF terutama era Dark Side sampai The Wall.

Pendek kata setelah mendengarkan album ini in its entirely, aku suka sekali karena disini aku bisa jelas menyimak permainan gitar Gilmour yang sangat mengalun indah. Vokal Gilmour menurutku sangat cool, enak didenger (tentunya beda dengan indahnya suara Jon Anderson). Gilmour bernyanyi steady tanpa harus naik turun (teriak-kalem) seperti yang suka dilakukan Roger Waters. Dan aku lebih suka suara Gilmour daripada suara Waters.. All in all this album is cool and good enough if you like 70s guitar oriented rock album with simplicity without any keyboard and synth complex works.

Akhir kata, belakang ini aku terus menerus terkejut dengan album-album nuansamatik yang bikin aku ngegeblak or at least tersedak, dimulai dengan Koh Win dengan IQ (ever/frequency/seven stories/martin orford) kemudian Vicious Rumors (2 album pertama mereka) dan sekarang David Gilmour. Entah kejutan apa lagi yang akan menghampiriku nanti…

Matursuwun Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan dan untuk rekan-rekan yang sudah mampir membaca. Jika topik ini sudah pernah dibahas sebelumnya mohon dimaafkan, karena buatku ini pengalaman pertama menyimak solo album Gimour. Pertanyaanku sekarang apa album-album solo Gilmour lainnya juga seperti album “self-titled” ini atau berubah ya?

 

Studio Album, released in 1978

Songs / Tracks Listing
Side 1
1. Mihalis (5:48)
2. There’s no way out of Here (5:10)
3. Cry from the Street (5:13)
4. So far Away (5:50)
Side 2
5. Short and Sweet (5:26)
6. Raise my Rent (5:32)
7. No way (5:32)
8. It’s deafinitely (4:27)
9. I can’t breath Anymore (3:08)

Total Time: 46:06

Lyrics
Search DAVID GILMOUR David Gilmour lyrics

Music tabs (tablatures)
Search DAVID GILMOUR David Gilmour tabs

Line-up / Musicians
– David Gilmour / guitar, piano, keyboards, vocals

with
– Willie Wilson / percussion, drums
– Rick Wills / bass, Backing vocals
– Mick Weaver / piano (on “So far away”)
– Carlena Williams / Backing vocals
– Debbie Dass / Backing vocals
– Shirley Roden / Backing vocals

Releases information
Lp Columbia-PC 35388-Can-1978

PS: Foto yang aku attach diambil dari wikipedia karena lupa ngejepret album yang aku punya tadi malam, harap maklum, hehehe…

I can’t breathe anymore… hippienov

9 Responses to “David Gilmour s/t”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Hippie …. Maaf foto tak saya muat karena wordpress gak mau format bmp. Dari tadi gagal upload melulu. Akhirnya saya delete foto baru mau.

    Ntar dicoba lagi ya…

  2. Gatot Widayanto Says:

    Yang About Face lebih gak enak dari album ini. Terakhir ada albumnya yang Island …saya preorder CD nya … OK juga …lembek musiknya ….he he he

  3. hippienov Says:

    Matursuwun mas G sudah dimuat tulisanku, dan ada tambahan info dibagian akhir tret, muanteb tenan… matursuwun ya mas…
    Walah gak jadi lah nyari “about face”, kata mas G elek…
    Island lembek mungkin terpengaruh usia Gilmour yang makin senja mas, udah habis terkuras energi nya pas main di PF,hehehe…

  4. cosmic_eargasm Says:

    Mas Hippienov, sy dulu sempat punya kasetnya rekaman Mona Lisa. Nomor yg memorable bagi sy ‘There’s No Way Out of Here’. Yg sy tau ada Perina Saturn jg menerbitkannya. Yess nggak menerbitkan album ini, tp malah “About Face” yg nggak asyik itu.

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience” John Zorn

  5. hippienov Says:

    Mas Cosmic,ini album Gilmour pertama yg ak punya gara2 rekomendasi tmn.walaupun katanya ini adalah album eksperimen musik Gilmour tp menurutku musiknya tetap ada aroma floyd nya.
    Mas G jg blg about face kurang nendang,jdnya urung niatku hunting kasetnya mas😀

  6. hippienov Says:

    Walah iya mas, mas Kris menulis “about face” November tahun lalu… kalo ketemu kaset Yess nya tak sikat juga lah… Alasan utamanya ya karena faktor “Y-E-S-S” nya, hehehe….
    Suwun

    • cosmic_eargasm Says:

      menurut saya nggak semua band/musisi yg dirilis Yess bgs2 kok mas Hippie.. bbrp ada yg jelek jg..

      tapi beda dgn mas Kris yg berpatokan pada “Yess Factor”

      halooo mas Kris.. lama nggak muncul nih.. gmn kbr? semoga sehat selalu..

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience” John Zorn

  7. hippienov Says:

    Iya mas Cosmic, aku setuju dengan pendapat mas. Gak semua album Yess dijamin keren, semuanya kembali ke selera pribadi masing-masing dan seberapa fanatiknya kita dengan Yess…

Leave a Reply

