Nazareth “Hair of The Dog”

Gatot Widayanto

Salah satu kontribusi musik adalah memberikan dampak emosi kepada kita secara individu. Setiap orang yang suka musik pasti ada suatu saat teringat sebuah alunan musik atau lirik atau groove dari suatu lagu yang pernag ia kenal dan mungkin ia sukai. Tadi bangun tidur kok tiba-tiba gak ada angin mamiri tahu-tahu saya kok nguweng-nguweng senandung (dalam hati) lagu berjudul Beggars Day dari Nazareth “Hair of The Dog”. Gak tahu apa sebabnya, yang jelas ya ujug-ujug hati ini riang senandung lagu ini tanpa mulut berbunyi apapun karena membayangkan mendengarkan suara Dan McCaferty melantunkan lagu ini via sound system dan saya manggut-manggut sambil membuka kemasan CD.

Ah ….mengapa tak membuatnya nyata?

Maka ,….saya tariklah rak kaset dan mendapatkan satu nan ciamik ini:

IMG-20140209-07370

IMG-20140209-07369

Jujur aja, saya menyukai album ini secara keseluruhan meski d dalamnya ada lagu yang njelehi karena seringkali diputar saat itu: Love Hurts. Wah ..eneg rasanya mendengar lagu satu ini. Namun karena urutan lagu yang sungguh mematikan maka saya gak merasa keberatan memutar album ini secara keseluruhan. Maka mengalunlah lagu demi lagu dari album ini dimulai dengan hentakan drums yang sejenis dan sama sebagung serta simetris dengan We Are an American Band nya GFR, maka Hair of The Dog membuka denga baik album ini.  Enak banget nih lagu baik dari aspek melodi, harmoni dan riff gitar serta bass yang berulang namun ada groove yang begitu indah aroma dan dinamikanya. Hidup terasa renyah karena musiknya lurus aja dan hentakan beat nya sungguh indah. Apaagi di bagian break yang melegakan “pap pap pap pap pap pap pap ….dhuk tak jreng jreng ….pap pap pap pap pap pap pap!” trus nyambung ke riff nan menawan. tak ada kebisingan sama sekali di lagu ini. Setelah itu Miss Misery juga yahud banget riff nya … tak kuasalah kaki menghentak bumi mengikuti lagu indah ini. Changing Times juga asik banget. Musik kemudian nyambung ke Beggars Day yang menurut saya musiknya mengalir santai dan melodinya pun sederhana membuat suasana hati sumringah. Whiskey Drinking Woman merupakan lagu yang sungguh menawan dan sering masuk dalam playlist saya. Musiknya mellow ada sedikit bluesy. Pokoke huwenak tenan lah! Album ini ditutup dengan sebuah lagu berdurasi panjang yakni Please Don’t Judas Me yang dulu tak ada di kaset rekaman Nirwana. Sekarang ini saya bisa menikmati juga versi CD nya. Karena durasinya 9 menit maka lagu ini bisa dikategorikan prog? Ha ha ha ha ha …

Pokoke Hair of The Dog ini adalah album yang mantap jaya, dirilis tahun 1975  (album ke 6) dan mewarnai kehidupan remaja saya … Jadi inget kaset Nirwana nih … Sayang gak tahu kemana tuh kaset, sekarang tinggal Lolita nya aja …plus CD tentunya

Salam,

G

 

16 Responses to “Nazareth “Hair of The Dog””

  1. Gatot Widayanto Says:

    Alhamdulillah … Gara2 postingan ini saya searching internet dan mendapatkan lagu yang selama ini saya pengen tahu apa judulnya dan dari album apa … ternyata di Wiki di album ini ada lagu bertajuk “Guilty” setelah Miss Misery. Wah … Jangan2 ini lagu yang saya cari? Saya hanya tahu bahwa lagu ini dibawakan oleh Nazareth namun tak tahu judulnya. Maka dengan rasa berdebar saya cari di MP3.li lagu GUILTY ini …

    Dan ….

    Ternyata BENAR!!! Yeeeaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhh ….!!!
    Lega ……..

    Sekarang mau cari liriknya dan juga di youtube. Semoga ada yah …

  2. Gatot Widayanto Says:

    Whoooaaaa …ada di youtube!!! Ini dia …lagu syahdu tersebut:

    GUILTY

    Yes baby, Ive been drinkin
    Shouldnt come by anymore
    But I found myself in trouble darlin
    And I have no place else to go.

    I got some whiskey, from a bottle
    Got some cocaine, from a friend
    And I had to keep on movin darlin
    Till I was back in your arms again.

    And Im guilty, I am guilty
    And Ill be guilty for the rest of my life

    How come Im never gonna do
    What Im supposed to do
    Seems like everything I do
    Never turns out right

    Thats how it is with me darlin
    You know I just cant stand myself
    But it takes a whole lot of medicine darlin
    For me to pretend that Im somebody else.

    (written by randy newman)

  3. Gatot Widayanto Says:

    Dulu di kaset Nirwana saya , rasanya lagu ini tak ada di daftar lagu dan ditaruh terakhir… Rasanya terpotong. Makanya gak tahu judulnya apa. Jaman radio M 97 sering diputar nih lagu … Wah ..bener2 syahdu nuansamatik tenan … Cerita tobat orang yang suka FLY nih …

  4. Gatot Widayanto Says:

    Ini versi studio yang lebih lembut:

  5. Wahyu Says:

    Kasetnya masih sulum Pak..salut

  6. andria Says:

    tadi sore saya ditelpon teman kuliah saya dulu yg sekarang tinggal di condet. dia kolektor kaset2 lama juga terutama team & rockshot. ternyata pas saya singgung ttg perekam Lolita dgn sigap dia bilang kl ada juga (kl tak salah grup Marble). semoga nantinya dia mau bergabung ke blog ini.

    • Gatot Widayanto Says:

      Whooooaaaaa …. Dicemplungkan ke sini aja mas Andria ….ditanggung ketemu sesama gemblungers …. JrèNg!

  7. andria Says:

    kl lagu Hair of the Dog malah awal tahunya dari album G n’ R pak

    • dOmme Says:

      Jadi ingat pernah ngotot dengan fan fanatik GNR. Dengan yakinnya dia bilang yang pertama membawakan lagu Hair Of The Dog adalah GNR… Soal nama pencipta dia katakan, bisa saja memang lagu itu diciptakan orang khusus untuk dinyanyikan GNR…
      Begitu aku tunjukkan kaset Nazareth, dia malah nanya, kok ada kaset yang bentuknya seperti itu…? Nggak pernah lihat kaset maxell dia rupanya. Hihihihihihihi…

    • Gatot Widayanto Says:

      Oh G n R ….bawain juga? Pasti keren dunk ….

  8. yuddi_01 Says:

    album “Loud n’ Proud” juga keren.
    Group Nazareth producer nya Roger Glover.

  9. herman Says:

    saya jadi inget waktu di jombang suka ngumpul di kamar temen, pernah disetelin hair of the dog…temen ini suka bikin kejutan kalau punya lagu baru siapa saja yang dateng dia setel lagu itu lalu kita disuruh nebak lagu siapa ini……dulu sering disetel lagu ini tapi karena sudah lama dan saya nggak punya album ini yang saya inget ada gitar di tengah lagu…pap pap pap pap….

  10. cosmic_eargasm Says:

    Wah asyik nian back to seventies nya mas GW. Dari dulu sy nggak mengikuti album2 Nazareth, paling banter cuma pernah punya kaset the best dan bbrp lagunya pada bbrp kaset kompilasi. Memang nomor2 ballad nya Nazareth keren2 (sy msh nyimpan kaset Nazareth “Love Songs” terbitan Billboard). Album ini menurut sy artwork cover nya paling nge-Prog diantara album2 nya yg lain. Mantap sekali mas GW msh menyimpan versi Lolita nya. Dgn postingan mas GW ini, sy jd ingin menyimak nomor2 pd “Hair of the Dog” (dulu awal tau lagu ini lewat kaset kompilasi yg ada ‘Love is Like Oxygene’ nya The Sweet, lupa judul kompilasinya apa).

    Thanks info link video nya via youtube mas..

    Nah iya, ‘Hair of the Dog’ pernah dibawakan oleh G’nR pada album “The Spagheti Incident” yg jg membawakan ulang nomor2 djadoel dr band lawas. Tret ini jg mengingatkan pada ide mas Herman bbrp wkt lalu🙂

    ::: Salam Djadoel :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

Leave a Reply

