Backmasking

Wahyu Triantono

Pak Gatot dan Bapak Bapak yang sudah ahli di bidang musik tentu sudah tidak aneh mendengar istilah backmasking. Pengertian backmasking sendiri (secara bebas) menurut saya memutar balik lagu (Reversed Playing/Played Backwards) dan setelah didengar ternyata ada pesan pesan terselubung..Pertanyaan : apakah memang benar ada kesengajaan dari seorang pencipta lagu untuk memuat pesan terselubung ketika diputar balik?
Yang paling disorot adalah lagu Stairway to Heaven nya Led Zeppelin, better by you better than me nya Judas Priest..dan masih banyak lagi tidak hanya musik rock, musik pop hingga hip hop pun ada..tapi yang paling banyak adalah musik rock..
Dalam suatu wawancara dengan Jimmy Page berkaitan dengan lagu stairway to heaven beliau mengatakan tidak ada maksud apapun dari lirik lagu stairway to heaven beliau hanya menulis lirik seperti air mengalir..dan yang lebih heboh adalah isu kematian Paul Mc Cartney tahun 1967 mulai dari cover abbey road sampai lagu revolution No. 9 yang apabila diputar balik menjadi turm me on, dead man..
Dari Pertanyaan diatas dapat saya jawab bahwa pencipta lagu ketika menulis lirik tidak pernah ada maksud tertentu untuk memuat pesan terselubung apabila diputar balik..mengenai isu kematian Mr.Paul apakah itu merupakan setingan saja seperti yang dilakukan artis artis Indonesia supaya ngetop? kalau The Beatles tidak perlu ngetop dengan setingan yang tidak bermutu karena the beatles sendiri sudah ngetop sak ndunyo beda dengan artis artis itu hehe…
Pak Gatot sekali lagi saya tidak bermaksud apa apa ketika menulis backmasking ini..hanya berbagi pengetahuan saja dan kelihatannya hanya musik rock yang paling sering dipojokkan, itu yang saya tidak terima..tapi sekali lagi karena adminnya Pak Gatot terserah Pak Gatot mau posting atau tidak….LONG LIVE ROCK N ROLL..

7 Responses to “Backmasking”

  1. apec Says:

    Mas Wahyu ,memang rumor backmasking pd lagu stairway t.sb heboh banget ..namun saya sendiri juga ndak paham mengenai kebenaran Hal tsb .

    • Wahyu Says:

      Maz apec lebih baik ga paham saya sendiri juga ga paham..itu kurang kerjaan aja mas..cuma yang dipojokan musik rock ini yang saya ga bisa terima..

      • Gatot Widayanto Says:

        Saya juga gak pernah memperhatikan ini dan gak tertarik muter balik .. Nggo opo? Kurang gawean wae …

        *Gatot Widayanto*

        *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

        On Sat, Feb 8, 2014 at 4:23 PM, Music for Life wrote:

        >

  2. Wahyu Says:

    Memang ada kelompok tertentu yang tidak suka musik rock makanya mereka dengan segala cara menyudutkan musik rock..yang lebih lucu lagi isu kematian Mr.Paul Mc Cartney..semua dihubungkan dan di pas pas kan mulai cover, lirik lagu yg diputar mundur hingga transformasi wajah Paul..tahun 67 Paul pake jenggot yang katanya itu bukan Paul hehehe..wis sing penting ngunjuk kopi sambil dengerin enigma..betul kan Pak Gatot..

  3. Wahyu Says:

    By the way video genesis reuni dengan Gabriel tahun 82 ada ga ya?

  4. andria Says:

    saya pernah membalik kaset yg ada lagunya Whitney Houston – All at Once. ada seperti menyebut “devil,devil” padahal ini lagu pop😀
    teman saya ada yg malah sdh memusnahkan kaset2nya, sayangnya saya terlambat diberitahu🙂 biar saya selamatkan jiwanya

  5. cosmic_eargasm Says:

    Wah sy malah baru tau istilah tsb dari mas Wahyu lho. Memang dulu sy jg sempat dengar rumor yg dikatakan oleh mas Wahyu dan mas Apec tsb, namun sy blm pernah mencobanya seperti yg dilakukan mas Andria. Bicara ‘Stairway to Heaven’ sy jd ingat kalo lagu tsb, Jimmy dituduh menjiplak lagu dr band apa lupa yg rilis akhir tahun 60 an. Memang, dulu sy pernah liat di Youtube dan juga persis intro nya. Apa hal tsb benar atau tdk sy jg nggak paham. Yg pasti sampai skrng sy suka dgn ‘Stairway to Heaven’ & Led Zeppelin. Tentang pihak2 yg sentimen dgn musik Rock biarkan saja mas, toh sy kira selera musik mereka sangat payah sekali kok😀

    Thanks info dan ulasannya mas Wahyu.

    Tema tulisan mas Wahyu ini memang selalu menarik dgn tema2 yg kadang tdk terpikirkan oleh sebagian orang, termasuk sy. Ditunggu postingan2 berikutnya yg pasti asyik mas Wahyu dan membuat blog yg sdh super gemblunk nya ini menjadi semakin kaya dgn tema tulisan yg menarik & lain dr pd yg lain.

    ::: Salam Musikal & Non Musikal :::

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: