Polonaise dari Jon Anderson

Andria Sonhedi

 

saya pernah diajak teman SMA saya nonton pagelaran piano di UGM, lupa tahun berapa yg jelas saya masih kuliah. Bertempat di auditorium Kedokteran Umum pertunjukan ini sepertinya gratis, lha wong saya cuam diajak🙂

sebenarnya teman saya ini penggemar jazz kontemporer, sedikit Dream Theater (tahun itu baru sampai 3 album aja) dan pernah belajar gitar otodidak. Mungkin utk meluaskan wawasan serta mengapresiasi pianis yg asalnya kl tak salah dari Belanda. Mungkin karena tahu saya juga mengumpulkan kaset klasik maka cukup layak utk diajak nonton. Teman saya ini laki2, namanya Andi🙂
Untungnya pak atau mas pianis tadi punya cara utk menyampaikan pesan lagu yg dia mainkan, sebelum main dia menceritakan komposer utk lagu yg akan dimainkan sekaligus latar belakang terciptanya lagu tersebut. pas di lagu Polonaise karya Chopin saya baru tahu kl Frederic Chopin bukan orang Prancis tapi justru orang Polandia. diceritakan bahwa lagu polonaise ini adalah lagu kerinduan Chopin akan bumi Polandia yang dia tinggalkan karena suasana politik yang dia anggap membahayakan. sesudah itu pak pianis segera memainkan lagu Polonaise yang sambil saya dengarkan saya juga mengingat-ingat kalau Jon Anderson (Yes) juga punya lagu dengan judul itu. sayangnya saya tak akrab dengan lagu itu.
begitu sampai rumah saya segera mencari kaset Jon Anderson saya. ternyata di kaset the very best Jon Anderson rekaman Ego Records mmg ada. Selama ini saya cuma mendengarkan lagu Deborah, Christie, Love By the Sun, I’ll find my way Home atau the Hymn aja😀
lagu ini ada di album Private Collection dari Jon & Vangelis (katanya dulu Vangelis adalah calon kuat pengganti Rick Wakeman tapi akhirnya Patrick Moraz yg masuk)
gw-jon and
ini liriknya:

If you just take my sense of freedom
If you just take away my home
You can’t ever hope to win me
This I’ll tell you for sure
 
There is strength in the common people
For the people is all we really are
Young and old, the wisest and the lowly
Each indeed is ‘Holy’ in the ‘Light of Love’
 
When the ‘Word’ comes
I will be waiting
Like a dove that shines he prays for peace
Some have waited what seems a lifetime
Some are waiting now to be released
 
For the moment we have this freedom
We will choose the way our hearts will move
All the people lost will find their way
Give that chance today
Hear and I will pray
 
No not for nothing hearts will not be broken
As long as we are open
Our hearts will make us free
Free for the Earth man
Free for the millions
In the ‘Glory’ all will come to ‘Truth’
No aggression, that we leave behind us
To be replaced
By ‘You’

For tomorrow another morning
For tomorrow another day
In our children there’s that sense of freedom
Help them use it wisely
I will pray

kl pas suasananya hening bulu kuduk saya meremang mengikuti lirik lagu ini, apalagi dgn suara khas Jon Anderson. sebuah lagu perjuangan universal utk mereka yang tertindas.

11 Responses to “Polonaise dari Jon Anderson”

  1. cosmic_eargasm Says:

    wahhh.. kaset theb best nya mas Andria satu persatu mulai dikeluarkan nih..

    kalo yg ini sy nggak pernah punya mas.. :Christie: nya John Paul Jones keren sekali yg ndinyanyikan oleh Jon itu.. dulu sy pernah punya rekaman Yess nya.. “Olias of Sunhillow” nya Jonj uga mantapjaya . yg duet bersama Vangelis jg keren..

    “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience” John Zorn

  2. andria Says:

    saya blm bisa mengendapkan album Olias pak Cosmic, mungkin blm membumi seperti lagu2 Jon di album2 solo berikutnya. atau jangan2 kualitas mp3 saya yg buruk ? 🙂

  3. Wahyu Says:

    Ada yang lebih bisa menghipnotis mas andria..dengar aja band enigma pasti melayang..dijamin..

  4. andria Says:

    apakah Enigma-nya Michael Cretu kah, yang ada lagu Return To Innocence?

    • wahyu Says:

      iyo bener mas andria enigmanya michael cretu..

    • cosmic_eargasm Says:

      ingat Michael Cretu pasti ingat ‘Song for Unknwon Heroes’ dan ‘Moonlight Flower’

      “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

      • Gatot Widayanto Says:

        ingat Song for Unknown Hero pasti ingat mas Khalil Logomotif . .. kalau gak ya kebangetan …

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch On Feb 8, 2014 8:47 AM, “Music for Life” wrote:

        >

      • cosmic_eargasm Says:

        hahahaha.. pastilah mas GW.. sy ingat sekali kalau mas Khalil pertama kali tersangkut disini ya gara2 lagu tsb..

        sip mas..

        “Powerful Secrets are revealed through Intensity and Extremes of experience.” John Zorn

  5. prasetyoindro Says:

    juoss kasetnya mas andria..klo lagu jon anderson yg sy suka judulnya boundaries, ada jg di album the best jon anderson rekaman team record..namun sayang krn kasetnya basf ferro super IEC I c-90 kualitasnya gak bagus, klo diputar sering mbliyut…

  6. andria Says:

    lagu Boundaries ada di kaset ini juga pak Indro (sayang saya lupa motret list-nya) dan saya juga suka. ada juga lagu Shine (sepertinya dgn Mike Oldfield).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: