Tahukah Anda? … It All Starts Here!

JRENG!

Dari pada sepi nyenyet gara2 semua sibuk acara keluarga, termasuk saya … Ini saya iseng2 aja nulis tret (emang di blog gemblung ini ada yang serius? rasanya semuanya iseng2 ya … hoa ha ha ha ha ha …). Tulisan inipun dipicu oleh istilah mas Budi yang “nguweng nguweng” …sebuah rangkaian dua kata yang merupakan pengulangan namun maknanya sungguh dalam dan membuat ngguyu kepingkel-pingkel (L.O.L – red) ngantek njungkel .. Ha ha ha ha … Selain itu juga dipicu oleh sebuah lagu dari IQ bertajuk It All Stops Here …maka …JADILAH tret iseng-iseng ini.

Berawal darai kegilaan atau kecintaan terhadap musik atau lagu tertentu maka di blog ini muncullah istilah istilah nyeleneh yang mungkin belum pernah terdengar sebelumnya dan akhirnya membudaya. Anehnya ..kebudayaan baru ini (tak terlalu berlebihan bila saya tak mengatakan “peradaban baru” …) ternyata berkembang begitu cepat dan tersebar kemana-mana tanpa kita harus bertepuk dada bahwa semuanya berawal dari sini, dari blog gemblung ini. Kita pun tak pernah repot-repot mem”paten”kan penemuan istilah-istilah baru ini. Tul nggak? Marilah kita mulai …

  1. Mungkin terlalu berlebihan bila kita mengatakan istilah progressive music itu awalnya dari sini, karena saya telah menggunakannya di sampul kaset saya pada saat saya kuliah di Bandung dulu. Bahkan saya bikin stempel khusus buat kaset2 saya saat itu: “GATOT W HIDAYAT – Progressive Music”. Harus saya akui sejujurnya saat saya membuat istilah itu saya belum pernah dengar ada orang menyebut musik Genesis dengan istilah “progressive” namun orang nyebutnya symphonic rock atau art rock. Bukti lainnya adalah pada saat Marillion menjadi tipping point di Belanda tahun 1983 gara2 album perdana Script yang membuat heboh, majalah yang mengulas Marillion damanya adalah SYM-Info (singkatan dari Symphonic Rock Information). Saat itu saya mendapatkan kopi majalah tersebut dari Ian Arliandy yang mendapat kiriman langsung dari Roy (perwakilan Yess di Belanda). Salah satu artikel yang menggunakan bahasa Belanda bertajuk KOPSTUK FISH yang konon kabarnya adalah berarti “Fish yang menggunakan ikat kepala”. Pada tahun 1987 setelah Clutching At Straw dirilis dan saya hidup di Pulau Batam, saya mengirimkan surat fisik via pos (belum ada internet kala itu) ke Marillion memuji jenis musik mereka yang “progressive” dan telah banyak membantu karir dan studi saya di Bandung dan Batam. Saya salut karena Marillion berhasil menciptakan motivasi diri yang kuat bagi saya kala itu. …. Namun belakangan saya dengar bahwa istilah progressive sudah juga digunakan di Jepang sebelumnya. Wallahualam …. Sing penting saat saya membuat stempel, istilah itu murni tak pernah saya dengar sebelumnya. Istilah PROG music baru saya dengar santer dikatakan orang sekitar pertengahan 90an dan ngetop di 2000an.
  2. Istilah TOP MARKOTOP itu lahir tahun 2002 dari sebuah milis musik M-Claro. Orang yang sudah join milis tersebut pada sekitar tahun tersebut pasti kalau ketemu saya manggil nama saya dengan asosiasi TOP MARKOTOP. Di sekitar tahun 2007 di sebuah milis i-Rock! saya nambahin lagi istilah tersebut dengan imbuhan KEMLOTOP dan kemudian keponakan saya, Allen, nambahin lagi dengan BAROKOTOP. Semuanya cuman membuat supaya dramatik seperti Peter Gabriel atau Fish … ha ha ha …. Barulah istilah ini menggejala dan almarhum Basuki menggunakan ini di sebuah iklan, tanpa kemlotop barokotop.
  3. Istilah “JRENG” bukan murni dari saya, dan saya lupa siapa yang pertama kali pake itu dalam sebuah email ke saya (bukan milis). Dia mengawali dengan itu karena dia tahu saya tergolong ngerawk di pikirannya – karena dia bukan penggemar musik rock. Setelah itu saya konsisten menggunakan JRENG di setiap email saya bahkan dalam pekerjaan pun saya sering pake istilah JRENG! untuk menyemangati aja … Istilah ini sekarang menggejala di FB karena salah seorang yang dulu sering mampir di blog gemblung ini dan sekarang sudah jadi selebriti FB selalu menggunakan istilah ini.
  4. Kalau istilah NUANSAMATIK itu murni orisinil istilah yang saya gunakan dan biasakan untuk mencerminkan suatu keindahan musik yang tak sekedar dilihat dari keindahan komposisi namun juga nuansa yang dia ciptakan.
  5. Istilah NGGEBLAK, NGGULUNG KOMING, MBREBES MILI itu Jowo pol. Tapi saya sudah mulai menggunakan istilah itu untuk semua hal terkait kenikmatan paripurna menikmati musik yang saya suka. Memang bukan temuan saya…namun saya buat istilah itu umum dan banyak diketahui temen2 milis baik m-Claro maupun i-Rock dan kemudian di sekitar 2004 sudah mulai saya buat GLOBAL dengan definisi nya dalam bahasa Inggris. Pertama kali saya gunakan dalam review DVD Giant on The Box di situs DPRP.net dimana dulu saya sempat jadi reviewernya juga.
  6. Istilah MENDERITA KEPUASAN aslinya bukan dari saya namun dari radio Madiun: DJI SAM SOE yang saat di tahun 70an mereka siaran dalam radio amatir gelap. Kalau gak salah, pertama kali yang menggunakan ya Itok, kakak kelas saya, adiknya mas Pri sang pemilik radio Dji Sam Soe.
  7. Kemudian di blog gemblunk ini juga ada istilah yang dibuat temen2 sepeti Kasetipus Complex …saya lupa apa mas Hippie atau Bro Apec yang memulai, tapi saya yakin ini akan menjadi trending istilah di kancah musik nantinya … Kita lihat aja …. he he he … Paling tidak blog ini encatat bahwa awalnya ya dari sini …
  8. Trus belakangan ada istilah “nguweng nguweng” yang merepresentasikan musik yang ndak karuan ruwetnya buat dicermati. Seperti kita ketahui, ini istilah mas Budi Putra.
  9. Trus ada lagi istilah ROCK MBELING yang kira2 mencerminkan musiknya John Zorn, Frank Zappa atau musisi RIO Avant Garde lainnya …
  10. …hayo … apa lagi …ada yang ingat?

Ini semua belum termasuk mempopulerkan jajanan jadul macam nopia, moho, cucur, kue thok dan sebagainya … ha ha ha ha ha … Dasar blog gemblung!

21 Responses to “Tahukah Anda? … It All Starts Here!”

  1. eddy irawan Says:

    Setelah ikut blog ini, sy banyak nemuin istilah2 yg blm prnah dengar sebelumnya spt ‘nuansamatik’ itu. dan juga baru tau histori TOP MARKOTOP.

    Good Luck Mas G, semoga terus menjadi top trend setter!

  2. Budi Putra Says:

    Yg pasti dg istilah2 itu enggak akan membuat kita jd nguweng nguweng utk memahami musik; prog dan sekte2nya.

  3. Gatot Widayanto Says:

    ROCK MBELING itu istilahnya mas Edi Santoso … Ha ha ha ..

    • prasetyoindro Says:

      betul mas G, ketika sy silaturahmi ke cafe apple di njombang (gimana ya caranya ngetag di blog ini biar beliau tau hehe) , sy dituturi pakde edigimo ttg ‘rock mbeling’ ini sampe ke akar-akarnya..hehe

      • Gatot Widayanto Says:

        Aku pengen sinau rock mbeling ah … Dari mas Cosmic dulu ….trus ntar dari mas Edigimo …

      • cosmic_eargasm Says:

        Waduh, ilmu saya tentang Avant-Prog alias Rock Mbeling msh di bawah mas Edi Apple mas.. Msh bnyk sekali band2/musisi Rock Mbeling yg blm sy ketahui dan simak lebih lanjut.

        ::: Vote for Avant! :::

    • Edi Apple Santoso Says:

      angel tutur tuturane ……

      • Gatot Widayanto Says:

        Angel ra po po sing penting dituturi nas Edi …

      • cosmic_eargasm Says:

        Sayangnya, dari jaman normal dulu (baca: kaset) cuma segelintir saja label rekaman yg menerbitkan sub-genre Avant-Prog/Avant-Garde/Free Jazz. Namun paling tdk kita bisa tau keindahan musik mbeling nya Frank Zappa via kaset jaman normal tsb. Ada lg Pink Floyd “Ummagumma”(Yess), Roger Waters “Music from the Body”(Apple&Bootleg menerbitkannya). Kalo musisi lokal ada alm. Harry Roesli yg lumayan bnyk album2nya yg beredar dlm format kaset dan ph. Yg lain sy kira sedikit sekali, biasanya Avant-Prog yg bersifat ambient, minimalis, free jazz gitu, macam: Neil Ardley(Apple&Team Special Edition). Soft Machine “Third” pun dulu sy nggak pernah liat format kasetnya. Dan beberapa band Prog yg bertendensi Avant biasanya ada di kaset Apple & Team Special Edition.

        Hidup Rock Mbeling!

        ::: Vote for Avant! :::

  4. herman Says:

    wah karena saya gabung juga belakangan baru tau riwayat Top Markotop…seperti Jadulsonic sepertinya juga baru lihat di Blog ini…tapi pertama terkesan saya sama istilah nuansamatik…sepertinya gimanaa gitu lo…..

    • Budi Putra Says:

      Setuju mas Herman, sy gunakan kata nuansamatik saat menuliskan pengalaman sy di lapak kaset seken, Jogya. Sy mendalami istilah itu kok “sesuatu” dan nge-pas bgt dg suasana batin sy saat itu; melihat jejeran kaset seken kualitas tinggi dan terngiang dg tampilan CD box set, Jimi Hendrix dg warna ungu itu….indah bgt. Hbs borong kaset nongkrong di angkringan sambil nyeruput kopi plus rokok 1-2 batang….mantap, tap, tap!

      Dan, yg pasti istilah2 ini gak akan kt temui di situs progarchive sekalipun….hehehe.

      • Gatot Widayanto Says:

        Cerita seperti mas Budi ini enak banget dibaca karena kok rasanya pas banget dengan kita2 …. Jamannya belum ada download an hampir tiap hari saya nangkring di Duta Suara atau di Musik Plus hanya sekedar ndemok2 CD rock atau progrock sambil cari kenalan baru. Abis itu andok nasgor di seberang DS atau nyate di pojokan Sabang sambil ngobrol sama temen sealiran …. Biyuh …mantap tenan ….

        Sekarang gak ada lagi kayak gitu …. Makanya kita sambung rasa dan sambung jiwa di blog gemblunk saja ….sambil sebulan sekali mrogring ….ha ha ha ….

  5. herman Says:

    kata nilai muka belum disebut ya tadi….orang yang nggak tau akan bingung denger kata nilai muka….opo karepe pasti pada nggak ngerti…hahaha…tambah meyakinkan gemblunge…

    • Gatot Widayanto Says:

      Nilai Muka itu resmi milik Phil Collins .. ha ha ha .. Tapi di blog gemblun diartikan dengan kopdar yang sudah terlalu umum …Sinonim lainnya ya progring … ben ketoke nggajak …kerrrreeeen … ha ha ha …padahal ya nilai muka itu yang bener …

      Ayo mas Cosmic kita bernila-muka biar tambah guyub kemluyub koyok kulub … Wis gak nyambung blasss!!!

  6. Herwinto Says:

    Memang perlu dibuat ” kamus blog gemblunk ” agar wong londho juga mudheng bahasa kita…misalnya tentang NUANSAMATIK KEMLITHIK ULTRADINAMIK JADULSONIK…ini benar benar kata yang dahsyaaat….

    • Gatot Widayanto Says:

      Hua ha ha ha ha …. Aku ngguyu nganti kepoyoh poyoh iki …. Lauwtjuuuu tenaaaan ….!!

      # maap baru sempet baca dan bales komen soalnya rapat di Jl. Diponegori tadi sampe sore jam 5 trus langsung gowes pulang …. #

  7. Herwinto Says:

    Dari blog ini pulak saya dapat kata kata yang benar benar merepresentasikan sebuah rasa dalam menikmati musik yang benar benar menggigit yang tidak ada di tempat lain yakni…NUNJEK, NGGUWEBLAG, NGGULUNG KOMING, SESEK DODOKU, MATEK AKU, NANGIS SESENGGUKAN, KEJLUNGUP, KINTHIR, MAK BEDUNDHUK dll yang itu semua adalah jowo asli yang mengandung makna TERKEJUT SETENGAH MATI, HERAN, TERKAGUM KAGUM, MENYAYAT HATI DAN RASA… begitulah….

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha …. nanti kata2 ini saya masukkan di tret ya Koh Win. Baru inget saya ada istilah yg disebut Koh Win …

  8. cosmic_eargasm Says:

    Makanya kita semua sebagai gemblungers sangat patut bangga karena istilah2 yg benar2 fresh tsb memang kebanyakan lahir disini dan kebanyakan juga mas GW yg menciptakan istilah2 yg gemblunk & sangat mewakili tsb. Dan benar seperti kata mas Herwinto, kosakata2 tsb nggak akan pernah ditemui dimanapun selain di blog super gemblunk ini. Apalagi kosa kata2 yg dari mas GW tsb sudah go international. Makin keren pastinya. Point plus nya, ternyata mas GW sudah mencetuskan kata “Progressive” yg skrng sangat mendunia itu.

    Btw, dvd Gentle Giant “Giant on the Box” memang supermantapjayaraya! Bravo MFL! Bravo mas GW! Bravo gemblungers!

    ::: Salam Gemblunk :::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: