Steve Morse “4 Minutes To Live”

Andria Sonhedi

gw-steve morse

lagu 4 minutes to live ada di album Stressfest-nya Steve Morse di tahun 1996. saya cuma punya 3 album SM buatan Indonesia: Coast to Coast, Structural Damage dan Stressfest. saya tak tahu apakah di luar 3 album itu masih ada lagi yang sempat dikasetkan di sini. beberapa kali saya nemu kaset SM di Yogya tapi ternyata rekaman penjualnya sendiri (ada yg bilang rekaman indie).

     di kaset ini walau ada beberapa lagu yang enak didengar, entah karena banyaknya melodi (Stressfest, yg menyaingi Yngwie dalam hal banyaknya not yg bisa dipetik ) atau lagu balada eyes of a Child, saya paling suka lagu ini. istilahnya pak gatot mungkin bisa mbuat mbrebes mili.
     di lagu instrumental (dan memang total 1 album instrumental) ini Steve berhasil menggambarkan  bagaimana orang yg tinggal sesaat lagi utk hidup. entah karena sakit, kecelakaan atau terjebak di tempat yg dia tak bisa lolos dari maut. dibuka dgn gedogan bass drum seperti detak jantung  yg melemah, lalu diikuti rythm gitar setelah itu Steve mulai menyayat dengan melodi gitarnya yg ngelangut. . kembali ke lagu, rasanya kita dibawa ke 4 menit yang tersisa,  utk mengingat-ingat masa lalu kita dengan hati sedih. semacam lagu” Come Back to Me” dari Ayreon, cuma bedanya di sini dirasakan sendiri bukan dengan teman. lagu ini amat mengena kl pas kita tidak dalam tergesa-gesa mendengarkannya. biasanya kl pas ingin ngebut dgn lagu ceria lagu ini saya lompati di player saya

11 Responses to “Steve Morse “4 Minutes To Live””

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Andria,

    terima kasih ulasannya. Saya malah belum pernah denger album ini.

    # ditunggu ulasan Live After Death nya Irma #

  2. andria Says:

    beberapa orang lebih suka mendengar Steve Morse di album Kansas – Power atau Dixie Dregs pak. ada lagi lagu Colateral Damage dari album Coast to Coast, pertama kali dengar saya langsung ngguweblak pak😀

  3. hippienov Says:

    Matursuwun pencerahannya koh Win… Aku gak pernah mengikuti perjalanan karir Steve Morse sampai-sampai rasanya selama ini aku gak pernah ngeliat kaset yang diposting koh Win, padahal ini kaset lisensi…pastinya dulu sempat ramai dipajang di toko-toko kaset.

  4. hippienov Says:

    Wah salah nama, tak pikir postingan koh Win, harusnya mas Andria. Mohon maaf mas Andria. Maklum terpengaruh udara dingin jadi lemot, hehehe…

  5. hippienov Says:

    walah kok dulu aku bisa kelewatan? Jangan-jangan aku belum kenal siapa Steve Morse waktu itu jadi sudah liat tapi dilewatin begitu aja…my bad…

  6. cosmic_eargasm Says:

    Mas Andria mantap msh nyimpan kaset Steve Morse. Setau sy memang cuma 3 album yg disebut mas yg dulu pernah ada kaset lisensinya. Jd ingat, dulu sempat punya cd “Major Impact”. Di album tsb SM membawakan komposisinya dgn pengaruh dan style dari musisi2/band2 yg dikaguminya, hal tsb diterangkan pada liner note di halaman booklet inlay cd nya. SM termasuk gitaris lawas yg mengikuti perkembangan jaman jg secara teknologi. Gitarnya secara eksklusif diendorse oleh Ernie Ball Music Man Steve Morse signature series lebih dari 1 dekade yg lalu.

    ::: Six String Rules! :::

  7. BenUcim Says:

    steve morse gitaris idola saya,, selain gitaris2 virtuoso lainnya macam vai, satriani, holdsworth, srv, hendrix dll,, pertama kali lihat steve morse di dvd deep purple total abandon, langsung suka, dia bisa maen cepet namun enak,, langsung saat itu juga nguber2 kasetnya yang menurut saya sangat susah nyarinya, memang benar lisensi indonesia cuma ada 3 kaset tersebut, dan sepertinya stresfest album terakhir yang ada versi kasetnya, setelah itu hanya cd, saya sendiri punya komplit cd beliau, plus kaset mulai album pertama “introduction” ampe structural damage, stresfest malah belum punya. mudah2an ada agan2 yang bisa bantu saya mencari terimakasih

  8. andria Says:

    saya malah belum punca cd-nya semua pak Ben😀
    ada juga Steve di proyek Angelfire (dgn Sarah Spencer), Dixie Dregs, Living Loud, Flying Colors atau Kansas-Power

  9. BenUcim Says:

    itu proyek2 beliau ya mas? keren yang flying colors sama portnoy

Leave a Reply

