Kue Moho dan Prog

Gatot Widayanto

Malam ini saya asik bekerja untuk menyiapkan rencana kerja tiga bulan ke depan karena besok ada rapat dengan mitra kerja saya yang dari ustrali. Lagi spanneng kerja kok trus dapet MMS dari Koh Win yang isinya begini:

Foto0601

 

—— MMS ——
From: +6281329467xxx
Received: Jan 20, 2014 7:19 PM

Menikmati IQ Ever ditemani kue moho seperti ini po ra ngguweblag tenan..

Belum juga sempet saya bales, ada susulan lagi:

Wah kayake sy lebih cocok dg IQ dr pada TFK mas..IQ benar2 menghujam…hadeeeh…sayang mas khalil ga suka IQ..:D

Saya ngguyu nguwakak membaca MMS dan SMS ini karena:

  1. Kok ya pas dengan selera saya, kue moho yang Jowo pol masuk dalam ranah musik prog?? Huopo tumoooon!!!! Ha ha ha ha ha …. Bagi saya memang kue ini super nuansamatik jadulsonic dbx system tenan. Masa kecil saya ya diwarnai kue moho ini selain nopia, cucur, kue thok, petholo, trimbolo gedang godog sama satu lagi ….kue koya bikinan Malang ….ha ha ha ha … Itu semua prog abis! Kalau kue moho ini khasnya warna putih dan ada olesan warna pink dari sombo (pewarna) di bagian atas yang merekah ranum …. Trus kalau makan kue moho harus siap air putih dua gelas karena kalau kagak, pasti akan seret dan di langit2 kita penuh dengan tempelan lumpur dari kue moho nan “ngethak” di langit2 itu .. wakakakakakakak … Lha lucu ya .. makannya aja sengsara kok kita dulu (termasuk saya) suka sekali sama kue moho ….
  2. Lha kok menyukai IQ musti tergantung apa mas Khalil suka atau tidak? Berarti apa? Mas Khalil sudah menjadi the most influential leader of this gemblung blog! Lha buktinya ….Koh Win takut menyukai IQ lebih dari The Flower Kings …. Ada2 aja nih … Pow ra lauwtju tenan blog gemblung ini? Memang harus diakui…mas Khalil ini pembuat trending topic di sini. Ingat kisah Pompeii nya yang merasuk sukma? Ayo mas Khalil ….nulis lagi! Ha ha ha ha …

Saya pribadi belum berani memutuskan lebih suka TFK atau IQ meski IQ ini suka membuat saya nangis gero2 menikmati alunan melodinya. Ini belum Koh Win mendengarkan Headlong ya … Aku takut kalau Koh Win menikmati Headlong akan jatuh tersungkur ke Bengawan Solo trus kintir … ojok sampek yo … Musti siapkan mental sebelum mendengarkan Headlong …

# Ini blog apa sih kok mencampur-adukkan kue moho dan nopia dalam kancah musik prog? Rasanya di dunia ini gak ada kegemblungan kebablasan seperti ini …. ya nggak? (3x) sambil alis mata naik turun 3 x juga … #

Salam,

G

 

 

 

 

 

 

24 Responses to “Kue Moho dan Prog”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Sebagai BUKTI bahwa saya pernah menulis tret tentang kue moho di milis Mediunan, berikut ini saya copas:

    ———- Forwarded message ———-
    From: Gatot Widayanto
    Date: 2011/7/30
    Subject: Moho
    To: mediunan79@googlegroups.com

    Tidak jelas apakah ini khas Madiun atau tidak tapi yang jelas, kue moho saya kenal saat saya masih kecil dan sering ikut ibu blonjo ke Pasar Sepur. Pasar ini tergolong legendaris karena letaknya cukup strategis, dekat pintu perlintasan kereta api dan di pinggir jalan utama perjalanan bus antar kota. Kue moho hanya salah satu dari puluhan jenis makanan atau tepatnya jajanan yang dijual oleh seorang embok2 yang jualannya berdekatan dengan embok penjual sego pecel.

    Kenapa Moho?

    Karena kue ini antik bentuknya dan menawan mata yang melihatnya karena warnanya yang kombinasi antara putih dan merah menyala. Warna merahnya sebenarnya terbuat dari pewarna yang saat itu biasa dikenal dengan istilah “sombo”. Wah, pokoknya menarik banget lah bentuk kue moho. Sekilas seperti bolu tapi beda rasanya ….

    Saya lupa harganya berapa, namun yang jelas kue moho harganya terjangkau oleh ibu saya yang tukang jahit. Biasanya ibu membeli bersamaan dengan jajan lainnya antara lain gethuk gedang, ongol2, cucur, bolang-balig atau jajan lainnya. Namun tetap bagi saya bahwa kue moho rasanya enak sekali. Sekali makan biasanya saya langsung nguntal tiga.

    Ah ….rasanya pengen makan kue moho sekarang …..tapi dimana ya di Jakarta dijual?

  2. andria Says:

    kue moho itu sepertinya ada lagunya pak, lagu anak2 jowo. cerita tentang anak yang menunggui adiknya & berharap ibunya pulang dari pasar bawa oleh2 kue moho.

  3. andria Says:

    potongan lagunya kira2 begini, depannya lupa:
    “sedela maneh
    ibu rawuh ngasta oleh-oleh
    gedang goreng, kacang Cino, jadah karo kue moho…..”

  4. HERWINTO Says:

    Ha ha ha wis samsoyo nggladrah kabeh……ini ceritanya memang kue jowo asli…dulu tahun 80 an saya masih SD sering diajak almarhum ibu ke pasar dan saya pasti dibelikan kue ini..rasanya maknyus tenan….cuma sekarang di Solo hanya tinggal satu tempat yang jual yaitu di kampung kuliner keprabon, selain itu gak ada….huenak tenan kue ini….kue klasik yang semakin langka seperti kaset….

  5. Budi Putra Says:

    Wah kalo orang jakarte blg ini namanya bolu kukus mas Gatot. Gak dijual bebas, biasa cuma ada kalo ada acara hajatan atau ulang tahun anak2. Ini memang kue jadul mas, mgkn munculnya bareng sm Yes….hahhaa. Tp anak2 skrg sdh gk doyan kue ini, yg msh suka di usia 50 th keatas…hahaha.

    • HERWINTO Says:

      Mas Budi bukan bolu kukus, kalau bolu kukus di toko toko kue maupun pasar tradisional masih banyak mas…justru bolu kukus adalah sub genre dari kue moho, salah satu sektenya adalah kue mangkok mas…kue mangkok masih mudah didapat…..kue moho sudah punah mas….di solo hanya ada satu tempat yang jualan…antriannya panjang kalau beli apalagi lebaran….

  6. andria Says:

    moho itu lebih dekat kekeluargaannya dengan bakpao kan ya pak Win?

    • Gatot Widayanto Says:

      Secara family tree memang moho lebih dekat dengan bakpao namun beda bentuk. Secara bentuk memang serupa bolu kukus namun beda banget …seperti power metal dengan eclectic prog. Jauh bukan?

      Singkat cerita …kita buktikan aja dengan menggelar progring di Solo yuk …

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  7. Budi Putra Says:

    Mas win, berarti kue moho asli progrock, kue mangkok genre neoprog dan bolu kukus bisa masuk genre symprock…krn rasanya yg pulen spt dengerin Promises-nya IQ. Kalo moho mas gatot bilang makannya perlu ditemanin segelas air krn seret, jdi kue moho ini benar2 pure progrock yg langka. Lantas kue mangkok masuk sekte mana ya? Kalo kue bakpao sdh sgt ngepop tuh….

  8. Budi Putra Says:

    By the way, itu foto kue kue moho menarik juga utk dibuat cover kaset progrock…unik!

  9. hippienov Says:

    Kue moho dan nopia didampingi dengan secangkir kopi tubruk atau kapucino atau teh manis hangat ditemani 2-3 batang rokok (bagi yang nicotine addict) sambil spin IQ-ever dengan background hujan yang gak pernah reda dari subuh tadi… Air mata dijamin berderai dan pikiran melayang ke cloud nine (kata George Harrison)….
    Have a sentimental rainy day with wonderful music from an almost underrated prog band called IQ…

  10. Didi Says:

    Ha..ha..ha..ha…ini kok kabeh pada ngomongin kue. Rasanya semua jenis kue pantas jadi cemilannya para gemblungers. Seperti halnya prog yg kaya akan warna. Saya usul juga deh agar roti gambang juga masuk kedalam warisan budayanya blog ini !

    • Gatot Widayanto Says:

      Woahahaha …. ngakak saya …. Karena saya juga suka kue gambang ….ha ha …

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  11. HERWINTO Says:

    Namanya juga blog gemblunk mas Didi….sms aja bisa jadi tret…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha ….

      Tapi jangan kapok kirim sms ya Koh Win ….

      Wis …pokoke iki blog gak mbejaji blas! Katanya prog ….kok moho??? Ha ha ha …

      Nggladrah management system ini ….! Kalau Steve Howe tahu bisa mutung dia ….mosok ulasan album Yes kok disandingkan dengan jajan pasar moho ….huopo tumon!!!

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  12. herman Says:

    Mas Budi….kalo kue moho termasuk ngeprog tapi waktu pertama merasakan nggak perlu nguweng nguweng kan?……hahaha…..saya cuma pengen nulis nguweng nguweng- nya mas Budi yang makin memperkaya kosakata gemblung…..

  13. Budi Putra Says:

    Iya mas Herman, gk nguweng-nguweng kalo ditemenin IQ. Tp kalo ditemenin starship trooper gk tau jg deh…hehehe.

  14. gt Says:

    Pagi ini di radio Morow ( Progressive Rock Radio ), di putar lagu dari KONCHORDAT , judulnya A Coming of Age,durasi lagu 9:30…wah benar2 mantap,kalau istilahnya mas GW..Nujek sampai keulu hati…hehehe.

    • Gatot Widayanto Says:

      Gara2 komen ini saya nyetel Morrow.com sekarang … he he he … Sudah lama tak menyimak radio ini ..

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

  15. prasetyoindro Says:

    ketika kue moho dihubungkan dgn IQ, semakin nyamleng rasanya ketika membuka situs progarchieves mas G mereview THE WAKE – LIVE AT DE BOERDERIJ, ZOETERMEER…

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha …. Itu saya tulis gara2 blog gemblung ini membahas IQ …gara2 Koh Win. Padahal udah lama banget …ha ha ha …

      Mas Indro gak ke Alila? Aku ada di sini mas …he he …

  16. cosmic_eargasm Says:

    Kue moho memang sudah masuk kategori rare-items. Setau sy memang didominasi warna putih dgn hiasan pink atau coklat (diluar 2 warna tsb sy blm pernah liat, yg paling populer memang yg pink). Mungkin skrng kalo dijual di Jkt, bs jd malah laris, karena kue ini memang termsk salah satu warisan pusaka bangsa, seperti kaset jaman normal dulu🙂 Kalo kue mangkok yg dari Malang itu versi kering nya bakpia Jogja. Selain itu cucur jg sdh termsk agak rare, tp mungkin msh bs dijumpai. Kalo Solo sy suka surabi nya yg pulen itu dan blm msk kategori rare, karena sepertinya sampai skrng msh bnyk yg jual. Nah, kalo kopi kothok (direbus langsung dicampur kopi dan gula)itu asli mana ya? Dan beberapa tahun terakhir ini di Jakarta bnyk bertebaran warung nasi kucing/angkringan ala Jogja/Solo. Kelihatannya menjadi sebuah trend baru setelah warung burjo/indomie dr Kuningan yg ada di mana-mana:-) Jangan2, ke 2 terakhir ini sdh dibuat franchise nya?

    PaK GT thanks infonya ttg radiomorrow.

    ::: Salam gemblunk :::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: