Wuthering Heights “Salt”

Andria Sonhedi

image

ini bukan ttg bukunya Emilly Bronte, lagunya Pat Benatar, apalagi filmnya Angelina Jolie. Wuthering Heights adalah grup power metal dari Denmark. sebelumnya saya mengira ini adalah grup dari Brazil gara2 ingat lagu Wuthering Heights yang dinyanyikan oleh Andre Matos dari Angra. Salt adalah album ke-5 mereka di tahun 2010 dan yang pertama kali dinyanyikan oleh Nils Patrick Johannsan (vokalis Astral Doors). banyak yang memuji album ke-3 mereka: Far from the Madding Crowd namun setelah saya dengarkan saya tetap memilih Salt karena musik2nya nyantol sampai sekarang. covernya bergambar rongsokan kapal kayu yang habis termakan garam laut. saya nggak tahu apakah songwritting macam gini bagus, tapi nyatanya dari lagu awal Away! yang cuma pendek hingga lagu terakhir Lost at Sea yang panjangnya sekitar 16 menit (diakhiri deburan ombak lamat-lamat) cukup membius saya utk betah mendengarkan. ada yang menyebut WH adalah folk metal karena ada unsur etnis di lagu The Mad Sailor (yang cenderung seperti nyanyian bajak laut yg pakai acordeonnya segala). ada juga yang menyebut progressive karena lagu Lost at Sea yang panjang tadi dan Salt sebagai konsep album. lagu The Desperate Poet adalah benar-benar power metal, benar2 membuat saya ngguweblak terutama karena riff gitarnya😀

terus terang saya mmg tak punya CD atau kasetnya (kl mmg ada) namun hanya punya mp3 doang. seandainya CD ini diterbitkan di Indonesia saya akan segera membelinya Abra macabra baby!

lagu2nya adalah sebagai berikut:

  • Away! 01:27
  • The Desperate Poet 06:28
  • The Mad Sailor 06:19
  • The Last Tribe (Mother Earth) 07:54
  • Tears 05:55
  • Weather the Storm 06:53
  • The Field 05:58
  • Water of Life 02:06
  • Lost at Sea 16:38

evil has no boundaries

7 Responses to “Wuthering Heights “Salt””

  1. andria Says:

    terima kasih pak gatot, saya kira masih besok🙂

  2. cosmic_eargasm Says:

    mas Andria, sy pernah punya cd nya tapi lupa album apa? seingat sy kovernya di dominasi warna biru lukisan pemandangan ada batu2 besar seperti stonehenge gitu dan msh ada obi (kertas kecil berupa keterangan, seingat sy ditaruh di atas, secara umum disamping). Tp pada dasarnya, sy kurang begitu antusias thd band2 bergenre Power Metal, maka dulu sy barter saja (lupa barter dgn apa). Nama “Wuthering Heights” secara otomatis lgs ingat dgn lagunya Kate Bush (yg sangat nuansamatique dan menjadi all-time-my-fave-playlist) sang vokalis bersuara unik yg ‘ditemukan’ oleh David Gilmour. lagu ini s juga sangat dahsyat sekali diinterpretasikan oleh Angra di album debutnya, “Angel Cry”. Band Prog Power Metal yg sy suka
    selain Angra, ada Stratovarius(walo blm dengar semua album2nya), Symphony X(“V – The Mythology Suite” & “Odyssey”), Rhapsody (nggak semua albumnya), Tad Morose, Jag Panzer(yg 2 terakhir termsk nggak ya?) dan pasti, Helloween lah.

    \m
    https://gwmusic.wordpress.com/wp-comments-post.php

  3. Noor Qodri Says:

    Belum pernah dengar Wuthering Heights. Dari narasinya Mas Andria rasa-rasanya band ini senafas dengan Running Wild dan Alestorm. Masuk ke sub genre dari power metal yaitu pirate metal. Temanya tentang bajak laut dan melodinya mengambil dari nyanyian tradisional bajak laut (paing tidak seperti yang ditonton di film). Eh ternyata rasa-rasa saya kayaknya tepat setelah cek di youtube.

  4. andria Says:

    ralat, ternyata Nils Patrick Johannsan sdh ikut di 2 album sebelumnya.
    pak Cosmic, mungkin yg warna biru itu album k-2 (setelah lihat intenet). dari beberapa album WH yg pernah saya download mp3-nya ya cuma album ini aja yg bisa saya terima😀

    pak Qodri: mungkin bedanya dgn Running Wild & Alestorm adalah cara nyanyinya pak. pak Nils bisa berubah-ubah gaya nyanyinya di album ini (entah sebelumnya) kl RW dan Alestorm rasanya monoton. saya suka lagu Wolves of the Sea dari Alestorm tapi lama-lama kok jadi monoton (terlepas itu bukan lagu mereka ternyata).

  5. Gatot Widayanto Says:

    Seorang teman memberi tahu bahwa link ini dahzyat dan bisa icip2 MP3 band segala macam. saya cari ternyata ada Wuthering heights dan saya PLAY aja lagu The Mad Sailor. Oh … ternyata musiknya mirip Rhapsody of Fire … Saya suka nih.

    Oh ya ..ini link nya …

    Monggo dicoba aja:

    http://mp3.li/index.php?q#.Utfr3PQW3Yw

  6. andria Says:

    sdh cukup lama saya tak memasukkan Salt di play list saya pak gatot, utk menghindari jadi mad karena mendengarkan Mad Sailor berkali-kalii.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: