The Great Guitar Album #1: John Petrucci “Suspended Animation” by Sound Mind

By: cosmic_eargasm

image

image

Setelah banyak sekali menimba pengalaman bermusik lewat Dream Theater, band Progressive Metal yang cukup membesarkan namanya, serta beberapa proyek musikal lainnya, John Petrucci akhirnya terobsesi ingin membuat solo album yang berorientasi pada instrumental guitar-oriented. Dengan menggandeng Dave LaRue, bassist kenamaan dari Steve Morse Band dan Dave DiCenso yang memegang kendali pada drums maka terwujudlah album yang dirilis pada tahun 2005 yang silam dengan pendistribusian secara indie lewat label Sound Mind. Meskipun begitu kualitas mixing dan masteringnya sangat balance dan tidak kalah dengan rilisan major label ternama. Riff-riff dan lick-lick rock serta metal dengan tempo dinamis sangat terasa menonjol pada beberapa komposisi yang kesemuanya ditulis oleh Petrucci sendiri. Nada-nada catchy dan listenable juga disuguhkan pada hampir semua track.Tidak lupa ada nomor manis dengan isian melodi khas dan dinamis ala P= etrucci yang menjadi favorit saya pada nomor ‘Wishful Thinking'(07:29) yang asyik seperti untaian cerita dan ‘Lost Without You'(04:56) yang didominasi nada-nada blues. Selain itu ada nomor dengan aransemen yang terasa modern pada ‘Tunnel Vision'(06:34) dengan hiasan loop sequencer program dan drum elektrik yang dimainkan oleh Tony Verderosa yang juga sekaligus memainkan drum manual juga, serta iringan bas yang dimainkan oleh Tim LeFebvre. Pada kesempatan show Petrucci dengan G3 bersama Joe Satriani dan Steve Vai, nomor ‘Glasgow Kiss'(07:47) dengan tema riff yang catchy serta akrab di telinga dan ‘Damage Control'(09:13) dengan riff rock/metal yang kental dibalut mid-tempo yang dinamis dibawakan juga pada sesi Petrucci bersama Dave LaRue dan Mike Portnoy. Nada-nada timur tengah terasa pada ‘Animate-Inanimate'(11:37) yang berdurasi paling panjang pada album yang berisikan total 8 komposisi instrumental ini.

Overall, nuansa musikal seperti Dream Theater dan Liquid Tension Experiment memang masih terasa pada beberapa part dari permainan gitar Petrucci, namun secara sound terasa lebih bulat tone nya baik pada saat bermain di nada rendah maupun nada tinggi, karena pada album ini Petrucci sudah menggunakan gitar Ernie Ball Music Man 6 & 7 dawai JP signature series yang dirasa sangat pas bisa mengikuti kemauan sound Petrucci dan gitar tersebut tetap digunakannya sampai sekarang.

Thanks mas GW yang juga mengikuti Dream Theater sampai sekarang.

::: Stay Prog & Six String Rules :::

9 Responses to “The Great Guitar Album #1: John Petrucci “Suspended Animation” by Sound Mind”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Thanks mas GW.. suoerduperextra cepatsekali postingnya..

    oya apa k,rn sempat mampir ke Pak Ian Arliandy atau DY68 mas ?😉

    • cosmic_eargasm Says:

      maksud saya DU68.. wah maaf salah ketik terus nih..

    • Gatot Widayanto Says:

      Sebagai insan gemblung, harus super duper cepat mas …at speed of thought … The power of android mas …. ha ha ha …. Ini juga karena format email yang mas kirimkan ke saya selalu memudahkan saya untuk posting:

      1. Artikel di tulis di batang tubuh email

      2. Judul tret di baris teratas dari batang tubuh email. Ini membuat saya amat sangat mudah posting.

      Siiiip….

      Saya gak mampir Bandung mas …. Jakarta – Cilenyi – Jakarta. ternyata Jatinangor jauh dari Bandung.

      • gt Says:

        Kapan nich Mas GW,liputan pertemuan yg di solo di munculkan…kabarnya seru ya..nggak sabar nich..

      • Gatot Widayanto Says:

        maaf mas GT dan temen2 …

        Begitu sampe Jkt senin malam, hari selasa meski libur tapi saya disibukkan dengan menyiapkan materi wkshop untuk hari rabu dan kamis di Jatinangor. Jadi ….belum sempat menulis.

        Kalau Koh Win ada materi tulisan saya siap upload …

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  2. Wahyu Says:

    Bang Petrucci harusnya duet sama bang roma irama..pasti dahsyat..

    • cosmic_eargasm Says:

      hahahaha.. bisa saja mas Wahyu ini.. tp bang Rhoma yg lawas mantap jg lho.. Deep Purple sound.. dan gitarnya Richie Blasckmore banget.. belakangan malah pakai Steinberger, gitar tanpa head, seperti raket saja kalo dimasukkan ke chasingnya😉

  3. Этот неловкий момент онлайн hd аЙЁ Says:

    Лучшие фильмы!

    Смотрите фильмы

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: