Serangan Oemoem ke Djokdja: Finish What You Started

Andria Sonhedi

 

pak Hendrik pernah menulis kunjungannya ke Yogya dan sampai ketemu pak zamzani penjual kaset bekas terakhir di selatan Bringharjo. Beberapa kali sehabis Lebaran 2013 lalu saya melewati lapak pak zamzani (kami biasa manggilnya pak salmi) di malam hari seperti biasa saya datangi tahun2 sebelumnya, namun selalu tak ada. saya bertanya-tanya, apakah setelah pak Priyo (sebelah selatan pak salmi kl jualan) lalu pak Salmi ikut unplugged, mengemasi dagangannya lalu menjual lapaknya ke pedagang kaos yg mulai memenuhi sepanjang kaki lima sejak batas malioboro sblah utara hingga selatan jalan A Yani.

hari senin 13 Januari 2014 kmarin saya ijin kantor utk mengunjungi ortu saya di Yogya sekaligus perpanjangan STNK. Wl pada akhirnya perpanjangan STNK gagal namun saya berhasil ketemu Ayah saya (ibu ke BSD nungguin anak kakak saya) di Notoyudan. Sambil menunggu pulang jam 15.00 saya lalu pergi ke malioboro dgn pinjam motor ayah saya. seperti biasa kl siang, saya parkir di Ramai Mall krn arah berangkat maupun pulang dekat dari rumah. kebetulan juga teman SMP saya masih setia jaga parkir di sana shg sekalian bersilaturahim. dari sana saya tinggal jalan ke selatan menuju pasar Bringharjo.

Pertama yang saya cari adalah lapak pak Zamzani/Salmi. ternyata mmg benar, mas salmi sdh banting stir jualan kaos yogya. saat Lebaran kmarin sdh mulai krn pasokan kaset sdh jarang dapat. yang membedakan kios mas salmi dgn pedagang kaos lain adalah kaos hitam Cannibal Corpse buatan lokal di pojok😀

daripada pulang akhirnya saya melanjutkan berburu ke dalam pasar Bringharjo, tepatnya gang sebelah utara komplek pasar. rencananya kl tak ada saya akan naik ke tingkat 3 bagian belakang. siapa tahu ada yg jual juga. kios unggunan kaset pak Tris yang legendaris sdh tak ada, tempat di mana saya sering dapat kaset antik berharga murah dulunya. beberapa meter dari situ saya terkejut melihat sosok yang sdh saya lihat sejak sekitar tahun 1989 berjualan kaset di Bringharjo. beliau adalah pak Priyo, yg sebelumnya juga jualan malam di selatan pasar bareng pak Salmi. Ternyata pak Priyo juga baru 1 tahun ini jualan siang, lapak malamnya dia sewakan lalu dia ganti nyewa di dalam pasar. sekarang dia lebih banyak jual kaset2 indonesia krn pergantian iklim di negeri kita ini. saya nanya kaset Lolita tapi katanya cuma ada yg lagui klasik aja, entah pak Gatot suka yg gitu apa tidak :)  kaset rock/heavy metal sdh jarang, tinggal yg alternative, pop, jazz dan klasik yg masih banyak.

akhirnya saya milih 4 kaset lama: the best Deep Purple(Central), the Police 2 (Saturn), Styx – Caught in the Act(Alpine) & the best of Synthesizer-Art Rock (Aquarius). yang the Police itu ternyata 2 album dijadikan satu dan hebatnya ada lirik dan foto seperti jaman kaset royalty. sisanya 8 kaset adalah kaset2 jaman royalty yg dulu saya blm beli atau hilang (Extreme, G n R, Iron Maiden, Nuno, Warrant, Skid Row & Jon Bon Jovi) atau cuma ada cd-nya (Van Halen). hebatnya malah 4 kaset lama itu dihargai biasa sedang Iron Maiden, Skid Row, G n R & VH bisa lebih tinggi Rp 2.000.

Kembali ttg pak Priyo, saya tahu beliau sejak sekitar 1989. saat itu saya mulai melebarkan sayap mencari lapak2 kaset seken selain di tempat alm. pak Budi🙂 dulu jalan selatan pasar Bringharjo kl malam lumayan serem juga karena hanya lampu temaram. rasanya ada 4 orang yg jual kaset bekas dari perempatan di timur sampai dengan jalan ke luar ke jalan raya Malioboro-A Yani. pak priyo berada di paling ujung barat itu. awalnya beliau cuma jualan berdua dgn adiknya dgn ukuran “etalase” kasetnya cuma utk 12 kaset, seukuran penjual rokok lah. dagangannya benar2 tak berkelas, dan saat itu yg rock cuma Blue Oyster Cult- Club Ninja rekaman Hins.  Pernah sekali ada kaset Metallica – Kill ’em All rekaman Team tapi saat saya balik (saya naik sepeda soalnya saat itu) sdh dibeli orang. pak Priyo sdh mengalami awal yg muram hingga puncak kejayaan kaset bekas di yogya. Sepertinya tahun 1992 adalah puncak harga kaset terutama thrash metal. pak Prriyo terrmasuk penjual kaset2 pilihan di samping Sonny van Donning, dan krn itu adalah mata pencahariannya maka harga2nya dibandrol cukup tinggi & tak bisa ditawar. Semenjak hadirnya mp3 bajakan dan surutnya penjualan kaset.maka kejayaan kaset seken mulai meredup juga. banyak rekan2 lain mulai unplugged sampai tinggal beliau dan pak salmi. mereka yg jaman dulu bisa menolak kaset2 yg dianggap tak bernilai jual sekarang menerima apa saja dijual ke dia. dan akhirnya pak Priyo seperti yang saya temukan di senin siang kemarin itu, melanjutkan his destiny. baiklah pak Priyo, seperti kata Van Halen, Finish What You Started

gw-pak priyo1
gw-pak priyo2
gw-pak priyo3
gw-pak priyo4
gw-pak priyo5

evil has no boundaries

20 Responses to “Serangan Oemoem ke Djokdja: Finish What You Started”

  1. andria Says:

    trims pak gatot atas dimuatnya ini.
    sbnarnya kmarin ada the very best Robert Plant (Team) C-90. cuma saya kok nggak terlalu suka album2 awalnya. sampai di rumah saya baru ingat kl ada penggemar rekaman Team di sini, seharusnya kmarin saya ambil aja dulu siapa tahu bang Domme belum punya jadi tak perlu repot2 ke Yogya.

  2. Budi Putra Says:

    Halo mas Andria, salam kenal ya…

    Ulasannya ttg Yogya dan hunting kaset jadul asyik bgt tuh mas. Kebetulan sekitar tahun 200-an sy sering mampir ke Yogya. Kalo sebelumnya ketika jaman mahasiswa dlm setiap bulan rutin nyambangi Gang Rode, markasnya aktivis mhsw Jogya, di jl. Sultan Agung dan hunting buku2 jadul di aduh kok lupa tempatnya ya, sblm kantor pos? Tp yg asyil kalo mlm nyambangi penjual kaset2 di sblh pasar Bringharjo, suasananya meminjam istilah mas GW, nuansamatik.

    Beragam kaset jadul maupun baru juga cd dijual disini. Sy pernah dpt kaset Saga Live dan Yes-Big Genator produksi Team dan Aquarius. Tp yg membuat suprise dan keleyengan kpl sy adlh koleksi cd Jimi Hendrix-Experience (box set warna ungu) dan bbrp cd lainnya di salah satu penjual kaset yg posisinya paling pojok. Sptnya lapak ini paling ramai dikunjungi krn koleksi dagangannya terbilang dahsyat-tenan.

    Karena penasaran sy sempat tanya ke penjual yg kalo dilihat usianya sebaya dg saya kala itu. “Mas ini asli cd box setnya? sambil sy pegang2 cd box set Jimi Hendrix yg dasyat ini…”Asli mas, bisa dilihat luar dalem,” kt penjual. “Kalo minat sy byk koleksi cd lainnya yg box set dirumah,” jelasnya. Stlh bincang ini perkenalan sy berlanjut. Kalo ada dana terkumpul sy kontak si A (sy lupa namanya) utk peroleh cd2 koleksinya. Bbrp kali sy mampir kermhnya di bilangan…lupa lg, tp biasanya janjian dan di jemput kawan baru sy ini utk mampir krmhnya…sekaligus liat2 koleksi kaset dan cdnya yg walah, walah, mantabs, tabs, tabs.

    Bbrp sy minati dan sy beli box set Jimi Hendrix-The Experience, The Doors-the best yg ciamik sekali bentuknya, Yngwie Malmsteen, King Crimson, dan bbrp cd dan kaset spt Dream Theater-Awake dan kaset jadul Focus. Kocek kantong terkuras habis disini demi memuaskan hasrat…hehehe. Namun pd perjalanannya krn trdesak kebutuhan ekonomi…hehehe, cd2 ini ke lego jg di teman2 penjual kaset sekitaran Taman Puring…

    Tp hasrat sdh terpuaskan dg (pernah) punya koleksi box set yg dasyat itu.

    Salam,

    Budi Putra

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Budi

      Senang sekali membaca komen mas Budi ini, mengalir ceritanya. Memang membahas hobi kita dalam musik ini banyak kekakuan aneh yang orang lain mungkin terheran heran kok kita sperti ini. Namun ya begitulah kita ini …. jaman kaswt bajakan aja kasarnya kita rela makan indomie asalkan bisa beli kaset rock kesukaan …ha ha ….
      Sekitar awal 2000 an saya juga suka melakukan hal yang sama dan hampir setiap sore pulang kerja sering nangkring di Jl Surabaya atau di Duta Suara ….

      Siip lah mas Budi. Ditunggu ulasan2 nya

  3. andria Says:

    salam juga pak Budi. saya juga punya boxset JH yg ungu itu, cuma lupa beli di siapa. saya juga heran kok penjualnya bisa punya banyak box set macam2. kemungkinan yg jual di pojokan dan ramai ya pak Priyo yg ada di gambar atas itu (rumahnya di sayidan katanya). bisa juga mas totok yg rumahnya di selatan alun2 kidul. selain itu mungkin mas Gunadi, kl mas salmi yg juga di pojok kiri biasanya jual yg sdh seken. penjual lainnya tarafnya masih di bawah mereka😀

    • Budi Putra Says:

      Iya mas Andria sy baru inget namanya Gunadi, msh muda tp koleksi dagangan kaset dan cd nya selangit. Sy jd inget lg dr Gunadi ini sy jg dpt cd satuan spt Helloween-Walls Of Jericho, Jason Becker, Symphony X, Black Label Society, Jethtro Tull, Dream Theater-Awake….dan sempet sy pamerin kpd temen sy yg buka lapak kaset seken di Taman Puring, Jaksel.

      • andria Says:

        kata mas totok, habis gempa Yogya mas Gunadi buka toko material bangunan utk memasok pembangunan pasca gempa & berhenti jualan kaset/cd. ada rejeki juga dari bencana🙂

  4. prasetyoindro Says:

    halo mas andria, salam kenal…melihat gunungan kaset itu rasa2nya jd teringan gunungan nasi kuning di acara grebeg mulud kemarin hehehe..ngiler jaya, oke noted insya Allah klo ke jogja bisa jd tempat ampiran…

    • andria Says:

      salam kenal juga pak indro, sekarang jualan kaset seken cuma ada siang hari aja. kl suka artis2 Indonesia agak lama (yg lama jelas sdh diborong kolektor) tempat pak Priyo lumayan banyak. kl kaset barat harganya antara 12 – 15 ribu. yg Indonesia tak tahu krn tak pernah beli

  5. Budi Putra Says:

    Wah hebat mas Gunadi…kangen pengen dolan ke Yogya…tp skrg udh gak ada lg lapak kaset seken spt dulu lg ya…tinggal kenangan. Dulu selesai nyari kaset idaman lgsg nongkrong di angkringan…satu bungkus nasi kucing plus teh manis anget khas Yogya dan ditemani sebatang rokok….mantabs, tabs, tabs

  6. cosmic_eargasm Says:

    Thanks infonya mas Andria.

    Ternyata pak Priyo msh buka tp pindah tempat ya mas dan paling tdk msh ada lapakers kaset bekas lah walopun tinggal 1 yg bertahan. Pak Priyo memang termsk senior disana. Kalo lapakers di Jogja pd kenal internet, sy kira masih pada jalan kok, seperti blok M Square yg makin ramai dan bgsnya lg, barang selalu ada terus yg baru. Bbrp lapakers di Tampur dan Jasur jg msh bertahan. Dan biasanya di Jogja atau bbrp daerah lain pasti ada lapakers kaset bekas setiap ada even musik non-mainstream. Btw, setau sy, mas Gunadi sudah lama buka toko bahan bangunan, bahkan semasa msh buka lapak kaset dulu.=

    Membaca judul tret mas Andria, jd ingat kaset VH “OU812” sy dulu rekaman Alpine nih..

  7. dOmme Says:

    Geram rasanya kalau baca postingan seperti ini. Geram karena iri… Iri karena susah sepertu dulu lagi melanglang buana ke Tampur, Jasur, Jatinegara, hingga menyusuri stasiun demi stasiun kereta untuk melacak lapak kaset… Makanya kalau ada postingan perambahan seperti ini, jadi pusing lah …
    Sudah bisa aku bayangkan bagaimana rasanya berada di depan lapak kaset… Sedangkan lapak Majid di Medan, yang kasetnya jarang berubah, tetap aja tak bosan aku datangi. Apalagilah andaikata misal seumpanya aku bisa “menyerang” langsung lapak-lapak kaset di Jakarta, Bandung dll… Wah…

  8. Rufus Says:

    Very nice post. I just stumbled upon your weblog and
    wanted to say that I have really enjoyed browsing your blog posts.
    In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

  9. solar power system design Says:

    Monocrystalline silicon solar cells, which are made of highly-pure silicon, are really efficient particularly in extremely
    sunny climates, each with reference to converting gentle into electrical energy and use of
    space. One disadvantage nonetheless is the fact monocrystalline silicon photo voltaic cells are
    the most costly. A photo voltaic electric fence works with the assistance of photo voltaic
    vitality.

  10. Costumes For All Occasions Fm59878 Psycho Half Mask Says:

    Good site you have got here.. It’s difficult to find high-quality writing like yours these days.
    I seriously appreciate people like you! Take
    care!!

  11. video lucu binatang Says:

    Aneh lucu mp youtube flv com free obtain olahraga aneh lucu mp youtube flv unlimited movies free obtain music
    videos prime movies well-liked videos cell aneh unik konyol lucu ajaib fakta dan nyata mirip agak aneh karena semua temanku mereka bekerja di grocery store sedangkan aku
    jasa foto dan video on aneh unik konyol lucu ajaib fakta dan nyata momen momen lucu dalam
    olahraga video lucu lagi important bola aneh tapi
    nyata olahraga tidak bisa lepas dari kehidupan manusia olahraga dibutuhkan untuk keseimbangan antara kesibukannya dengan menjaga kebugaran tubhnya video lucu pertandingan ping pong paling aneh yang
    pernah ada mirip mei anda pasti tahu olahraga tenis meja pemain pemain hebat dunia pasti
    akan bermain sepenuh hati dan dengan ability yang mumpuni namun penelusuran terkait dengan video.

  12. foam roller core exercises Says:

    Memory foam differs from traditional mattress materials in that it is completely homogeneous
    – the same throughout. However, modern foam has been engineered to withstand all of
    the environments and applications we subject it to, meaning we
    can always have the reliability, cushioning, annd coating we require,
    everywhere we need it. Sign up to RESULTS 30 day Fat Loss Challenge
    and get a new body in 30 days.

Leave a Reply

